26 Oktober 2023

Usaha Jasa Make Up dan Rental Baju & Kostum Pun Butuh Aplikasi Kasir Android

Tags

Usaha Jasa Make Up dan Rental Baju & Kostum Pun Butuh Aplikasi Kasir Android


Usaha Jasa Make Up dan Rental Baju


Bisnis autopilot? Menurut saya nggak ada itu bisnis autopilot. 


Bagi orang yang sudah terjun berbisnis, baik bisnis kecil apalagi besar, baik jenis usaha jasa maupun barang, pasti sudah merasakan bahwa sebuah usaha tidak akan bisa dilepaskan begitu saja berjalan sendiri atau orang sering menyebutnya autopilot.


Jangankan usaha yang sudah besar dan berkembang, usaha kecil-kecilan saja tetap harus terus menerus diurusi dari A sampai Z agar berjalan baik dan mendatangkan keuntungan. Meski sudah ada managemen masing-masing bidang, pemilik tetap harus memegang kendali.


Apa Usaha yang Selalu Menguntungkan?


Menurut para motivator, usaha yang menguntungkan adalah usaha yang dijalankan. Iya dong, kalau hanya dibayangkan, direncanakan, mana bisa memberi keuntungan?


Nah, sekedar sharing, berdasarkan pengalaman selama menjalankan usaha, jenis usaha yang menguntungkan, tahan banting dan minim kerugian menurut saya adalah jenis usaha jasa.


Contoh usaha jasa yang banyak kita temui di antaranya adalah jasa bengkel sepeda motor, jasa servis hp dan elektronik, jasa jahit baju, jasa laundry, dll.


Kenapa menguntungkan? Seperti namanya, usaha jasa berarti menjual jasa yang meliputi tenaga, waktu, keahlian, dan pelayanan. Selama keahlian kita masih dibutuhkan, selama ada waktu dan tenaga, selama pelayanan kita disukai orang, selama itu pula bisnis akan tetap mendatangkan keuntungan.


Yang sering terjadi, usaha jasa tidak terlihat keuntungannya, karena:

  • Pengelolaan keuangan yang tidak tertata. 
  • Keuangan pribadi bercampur dengan keuangan usaha.
  • Grafik pemasukan dan pengeluaran usaha yang tidak jelas.
  • Tidak disiplin dalam mencatat sirkulasi uang.


Menjalankan Usaha Jasa Make Up dan Rental Baju


Alih-alih membuat bisnis auto pilot, saya menjalankan usaha jasa yang memanfaatkan aset. Aset adalah barang atau benda yang memiliki nilai ekonomi yang setara dengan nominal uang.

Selama aset dirawat dengan baik, ia akan terus menerus mendatangkan keuntungan. 

Aset milik saya dalam hal ini berupa baju untuk acara khusus, seperti gaun dan kebaya pengantin, kebaya tunangan, gaun pesta, baju adat tradisional berbagai daerah di Indonesia, kostum profesi anak, seragam keluarga, dll.

Sejak 2017, saya membuka usaha jasa make up dan rental baju & kostum. Sampai hari ini, usaha yang juga bernaung di bawah bendera Rumah Tsabita ini, sudah berkembang pesat dan selalu ramai didatangi pelanggan untuk berbagai keperluan.

Makin berkembangnya usaha jasa make up dan rental baju di Rumah Tsabita, pada awalnya tak lepas dari keresahan para pelanggan yang membutuhkan jasa make up dan rental baju & kostum untuk berbagai keperluan yang worth it.


Kenapa Usaha Jasa Make Up dan Rental Baju?


Setidaknya inilah alasan saya membuka usaha jasa make up dan rental & kostum.

1. Harga kosmetik yang mahal, dan umumnya orang tidak punya skill ber-make up.


Untuk bisa tampil cantik full make up dalam suatu acara, seperti acara pesta, acara wisuda, karnival, dll, tentu membutuhkan kosmetik yang lengkap. Tak cukup dengan hanya bedak, lipstik, dan pensil alis saja yang dibeli. Melainkan satu rangkaian lengkap kosmetik.

Setidaknya produk kosmetik yang perlu dibeli adalah: cleanser, toner, primer, foundation, contour, loose powder, compact powder & two way cake, eyebrow pencil, eyeshadow, eyeliner, mascara, eyelash + lem, lipstick, lip gloss, highlighter, setting spray, dan face mist.

Bisa dibayangkan berapa budget yang harus dikeluarkan jika harus membeli semuanya, sedangkan pemakaiannya hanya untuk waktu-waktu tertentu saja.

Kalaupun sudah memiliki kosmetik lengkap, jika tidak ada skill ber-make up, tidak akan maksimal pula hasil make up-nya.

Hal inilah yang membuat usaha jasa make up kian diminati dan jadi solusi bagi yang ingin tampil bermake up tanpa membeli semua kosmetik mahal.


2. Harga baju dan kostum yang mahal.


Baju yang dikenakan pada acara tertentu, seperti pada acara pernikahan, pesta, wisuda, karnaval, baju adat, dll, selain harganya mahal, juga tidak setiap hari digunakan. 

Jika membeli hanya untuk digunakan satu acara saja lalu disimpan lama, bisa dibilang tidak sebanding dengan harganya. Belum lagi jika ada acara lagi, maunya ya ganti lagi, baju yang dipakai. Tak mau pakai baju itu lagi itu lagi, meski baru dipakai sekali dua kali.

Pada anak-anak kecil yang harus mengenakan pakaian adat saat acara di sekolah, para ibu pun mengeluhkan baju yang dibeli kemarin mungkin sudah kekecilan untuk dipakai tahun depan. Belum lagi jika Si Kecil ingin kostum berbeda setiap ada acara. Bukan saja mahal, mencarinya pun susah karena tidak setiap toko baju menjual kostum karnaval anak.

Karena alasan inilah usaha jasa rental baju dan kostum selalu diminati.

Lebih praktis lagi jika jenis usaha jasa make up dan rental baju ini disatukan, pelanggan tak perlu pusing lagi mencari rental baju adat, rental baju profesi, rental baju pesta, rental baju tari, dll, ya kan?


Contoh usaha jasa
Usaha Jasa Make Up dan Rental Baju
sesuai permintaan dari klien



Utamakan Pelayanan dan Kepuasan


Jenis usaha jasa mengutamakan pada pelayanan demi kepuasan pelanggan. Untuk jenis usaha jasa make up dan rental baju & kostum yang saya kelola, pelayanan yang diutamakan adalah:

1. Make up dan kostum sesuai request


Hasil make up banyak jenisnya sesuai tema dan kebutuhan. Ada make up pengantin, make up wisuda, make up karnaval, make up natural, make up performance (make up panggung), face painting & body painting, make up karakter, dll.

Begitu pula dengan baju dan kostum. Sesuaikan dengan request pelanggan dan acaranya, agar tidak salah kostum.


2. Make up & kostum yang kekinian


Segala sesuatu ada masanya, ada tren-nya. Maka usaha jasa make up dan rental baju & kostum juga harus mengikuti perkembangan zaman.

Tren alis klasik, kini berganti dengan tren alis serat. Model kebaya, baju pesta, dress, juga harus selalu up to date agar pelanggan puas.


3. Tepat waktu


Momen pada acara-acara penting, sudah ditetapkan waktunya, baik hari, tanggal, dan juga jam acaranya. Terlambat melayani pelanggan, bisa terlambat juga mengikuti acara. Jangan sampai mood pelanggan rusak karena datang terlambat ke venue akibat pelayanan yang tidak tepat waktu. 

Komunikasi sangat penting dengan pelanggan. Atur waktu dan datang lebih awal ke rumah klien jika make up di lokasi. Jika klien yang datang ke gallery, berikan estimasi waktu pelayanan agar klien datang lebih awal.




4. Tetapkan harga yang bersaing


Siapapun akan senang jika mendapatkan pelayanan bagus dengan harga sebanding. Tetapkan harga jasa di awal agar klien bisa memperkirakan budget yang harus disiapkan untuk memakai jasa kita.

Selain memudahkan komunikasi dan harga tawar pada pelanggan, menetapkan harga jasa juga memudahkan kita mencatat keuangan usaha jasa pada aplikasi laporan keuangan.


Selama ini, pengelolaan keuangan saya pegang sendiri dengan mencatatnya secara manual. Namun, dengan makin kompleksnya bidang kerja di Rumah Tsabita, saya membutuhkan aplikasi untuk mencatat keuangan usaha jasa.

Aplikasi kasir android sangat membantu agar sirkulasi keuangan usaha jasa make up dan rental baju & koatum lebih tertata rapi, sehingga keuntungan usaha terlihat jelas.


iReap POS
Fitur pada iReap POS Lite



Aplikasi iReap POS Lite


Aplikasi kasir android iReap POS merupakan aplikasi yang memudahkan pemilik usaha, baik usaha barang maupun usaha jasa dalam mengelola keuangan usahanya.

Ada iReap POS Lite dan iReap PRO yang bisa digunakan sesuai kebutuhan.

Untuk jenis usaha jasa make up dan rental baju & kostum seperti yang saya jalankan, cocok menggunakan iReap POS Lite karena transaksi bisa dilakukan dengan satu hp android. 

Untuk jenis usaha jasa yang lebih besar dan banyak cabang, bisa menggunakan iReap PRO yang transaksinya menggunakan banyak hp android (di masing-masing cabang) yang semuanya dihubungkan pada kantor pusat dan pemilik.

Aplikasi iReap POS Lite ini mudah digunakan. Tinggal install pada hp android melalui Play Store. 

Kita tinggal memasukkan item barang atau jasa yang dijual beserta harga (data barang). Ada data transaksi penerimaan, transaksi pengeluaran, juga transaksi penjualan dan pengembalian. Dengan begitu iReap POS Lite sekaligus juga sebagai aplikasi laporan keuangan.

Aplikasi kasir android ini bisa langsung dihubungkan dengan printer untuk mencetak struk transaksi pembelian. Jadi lebih praktis lagi kan.

Keuntungan lain buat pemilik jika menggunakan iReap adalah adalah untuk mengetahui barang dan jasa yang paling banyak terjual, paling banyak menghasilkan laba/keuntungan, serta barang jasa yang paling tidak diminati. Dengan begitu, pemilik bisa mengalokasikan dana untuk memaksimalkan produk atau jasa yang paling laris dan juga sebaliknya.

Selamat membangun usaha! Yuk, wujudkan mimpi-mimpi membangun masa depan yang cemerlang!***


Blog tentang kecantikan, make up, fesyen, mode, dan budaya

12 komentar:

  1. Jaman saya nikah belum ada sewa kebaya. Sekarang jasa sewa kebaya udah banyak dan cantik2.
    Ya secara kebaya nikah kan cuma bisa dipake sekali, ya. Sebab biasanya kebayaa nikah itu berat dan glamor.
    Jadi sekarang lebih praktis sewa daripada jahit sendiri

    BalasHapus
  2. Mantep, Mbak Lasmi. Bakal makin maju dan berkembang kalau keuangan usaha dan stok barang udah terkontrol rapi dengan iReap. Btw, kapan ya bisa didandani sama Mb Lasmi? :))

    BalasHapus
  3. Sukses terus ya kak, bisnis idaman banget ini, insyaallah gak pernah redup karena jasa ini terus dicari pelanggan. Apalagi sudah terbantukan dengan app iReap POS Lite semua jadi lancar rekap keuangannya

    BalasHapus
  4. Wah pengusaha / pemilik bisnis jadi makin terbantu dengan adanya Aplikasi iReap POS Lite ya, manajemen keuangan usaha jadi lebih terpantau, apalagi aksesnya lewat hp, jadi lebih praktis lagi.

    BalasHapus
  5. Saya sangat setuju sekali kak, klien akan senang jika mendapatkan pelayanan bagus dengan harga yang sesuai.

    BalasHapus
  6. Mba, mulititalenta ya..masya Allah. Ga cuma jadi MUA, berbisnis dari asetnya , ngeblog pula, kompliiit. Semoga makin sukses!

    Btw, senangnya ya ada aplikasi kasir android yang sangat membantu agar sirkulasi keuangan usaha lebih tertata rapi, sehingga keuntungan usaha terlihat jelas.

    BalasHapus
  7. Usaha apapun di era digital ini emang harus digital juga ya mbak
    Misalnya dengan menggunakan aplikasi kasir seperti ini

    BalasHapus
  8. Wah, sangat membantu sekali nih aplikasi kasir iReap buat yg baru mulai usaha. Praktis dan mudah digunakan.

    BalasHapus
  9. Bangga banget punya teman blogger, Mbak Lasmi yang punya usaha make-up dan rental baju
    karena ini usaha yang sangat menjanjikan
    Semakin lama orang semakin praktis, daripada beli mending sewa baju aja
    Dan iReap POS sangat membantu usaha agar semakin berkembang

    BalasHapus
  10. Iya klo perayaan event tertentu suka cari² kostum yang sesuai dengan eventnya dan ini membantu banget soalnya ga perlu beli, sewa aja juga beres dan hemat hihii

    BalasHapus
  11. Jasa make up dan rental kebaya di daerahku lumayan rame mba. Soalnya gak hanya pas ada acara pernikahan aja, tapi saat wisuda, hari besar nasional seperti hari Kartini atau Sumpah Pemuda sampai acara karnaval pasti persewaan kebaya & make up full booked.

    BalasHapus
  12. wah kalau punya ketrampilan merias, memang membuka layanan jasa make up dan ditambah sewa kostum ini sangat menguntungkan ya mbak. Tentu dengan pengelolaan keuangan yang baik pula, dengan memanfaatkan aplikasi iReap POS untuk membantu pengelolaannya

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Ditunggu tanggapan dan komentarnya ya.