7 Khasiat Black Garlic, Nomor 5 Generasi Micin Harus Tahu

Tags

Pernah dengar tentang Black Garlic, kan? Siapanya Black Pink, ya kira-kira? Kabarnya, bawang putih hitam atau black garlic banyak sekali kegunaannya.

Sejujurnya, saya baru saja mendengarnya kemarin tentang bawang putih hitam. Yang pertama kali terbersit di otak saya adalah: bawang putih kok hitam? Jadi ini bawang putih atau bawang hitam? Apa keduanya adalah spesies bawang yang berbeda?

Black Garlic siap santap dalam kemasan

Bawang putih hitam ini saya dapatkan dari teman abang tertua saya. Beliau membuka restoran dan memproduksi sekaligus menerima pesanan bawang putih hitam.
Karena unik, saya langsung kepoin dong semua tentang bawang putih hitam ini sama beliau.
 

BAWANG PUTIH HITAM


Bawang putih hitam adalah bawang putih yang sudah diawetkan. Proses pengawetan bawang putih hitam dilakukan dengan memanfaatkan reaksi mailard. Proses itu akan mengubah warna bawang putih menjadi hitam serta mengubah sifat kimia. Ini juga akan mengubah rasanya menjadi lebih manis dan aroma tidak terlalu kuat. Tekstur bawang juga terasa lembut dan kenyal seperti agar atau dodol.

Rasanya? Saya sudah mulai makan sejak kemarin. Rasanya dominan manis, pahit atau sepet di lidah, sedikit asam. 

Kesimpulannya; enak. Saya suka walau agak aneh menurut orang serumah. Haha! Mungkin memang saya menyukai keanehan. Lol.

jika belum dikupas hampir tidak ada bedanya dengan bawang putih biasa
setelah dikupas, isinya benar-benar hitam, empuk kenyal mirip agar atau dodol

 

KHASIAT


Nah, apa saja sih kegunaan bawang putih hitam ini?

Pada dasarnya bawang putih hitam ini memiliki kandungan zat gizi yang sama dengan bawang putih. Namun, reaksi mailard mengubah zat-zat tertentu menjadi lebih kuat. Misalnya kandungan alisin pada bawang putih berubah menjadi senyawa antioksidan.

Berikut ini 7 manfaat bawang putih hitam yang menakjubkan.

1. Mencegah dan Mengatasi Berbagai Penyakit Kanker.

Bawang putih hitam mampu membunuh sel-sel kanker hingga benar-benar mati. Bawang putih hitam juga menghambat sinyal-sinyal yang mendukung pertumbuhan dan penyebaran sel kanker dalam tubuh seperti pada kanker paru-paru, kanker serviks, leukimia, dan lain-lain.

2. Menjaga kesehatan jantung.

Bawang putih hitam mengandung zat yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) serta meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam darah.

3. Menurunkan tekanan darah.

Kandungan organosukfur dapat melebarkan pembuluh darah sehingga tekanan pada dinding arteri menurun. Bagi penderita hipertensi (tekanan darah tinggi) mengonsumsi bawang putih hitam secara rutin dapat menjaga tekanan darah dalam kisaran normal.
 
4. Sumber antioksidan.
 
Senyawa antioksidan yang terdapat pada bawang putih hitam sangat efektif untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh, mengurangi resiko kerusakan kulit, kerusakan sel dan jaringan tubuh, juga mengurangi kerusakan organ-organ tubuh.
 
5. Melindungi sel-sel otak
 
Monosodium glutamat (MSG) atau penyedap rasa dalam makanan yang familiar kita sebut micin, pada beberapa penelitian dinyatakan dapat merusak sel-sel otak. Walau kita sudah berusaha menghindari, tanpa disadari kita mungkin masih tetap mengonsumsi makanan yang mengandung micin. Nah, bawang putih hitam ini sangat bermanfaat untuk melindungi sel-sel otak dari kerusakan akibat konsumsi MSG.
 
6. Mencegah obesitas.
 
Bawang putih hitam dapat menurunkan lemak dalam perut dan sel-sel lemak. Jika dikonsumsi secara rutin, berat badan akan berangsur ideal.

7. Menjaga kesehatan hati dan mengatasi radang.
 
Kandungan dalam bawang putih hitam yang kaya antioksidan dan zat-zat lain yang bersifat antiinflamasi, dapat mencegah lepasnya sitokin. Hal ini sangat baik untuk mengobati jenis peradangan, nyeri otot, radang sendi, dan kerusakan hati, serta meningkatkan metabolisme hati. Hati sebagai organ yang berperan penting terhadap pembuangan racun akan dapat berfungsi dengan optimal.
 
Selain tujuh manfaat di atas, masih banyak kandungan dan manfaat bawang putih hitam yaitu sumber mineral dan vitamin, mengatasi alergi, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengatasi infeksi, diabetes, juga melindungi tubuh dari serangan penyakit.

MEMBUAT BAWANG PUTIH HITAM

 

Selain tersedia dalam bentuk siap saji dan siap makan, sebenarnya kita bisa membuat sendiri bawang putih hitam di rumah.
 
Siapkan alat-alatnya sebagai berikut: 
  • Magic jar
  •  Kardus, potong seukuran lebar panci magic jar
  •  Tissue makan

Cara membuat:
  • Masukkan kertas kardus sebagai dasar pada bagian bawah panci magic jar. 
  • Lapisi dengan tissue makan.
  • Tuang bawang putih
  • Nyalakan magic jar tanpa menekan tombol COOK dan biarkan nyala lampu tetap pada posisi WARM.
  • Biarkan pada posisi ini hingga 10 sampai 40 hari.
  • Bawang putih sudah menjadi bawang putih hitam (black garlic) dan siap dinikmati.
Mudah kan?
Yuk, dicoba!

Blog tentang fashion, beauty, dan budaya

2 comments:

  1. Jadi bawang putih hitam dimakan sebagai cemilan gitu? Bukan untuk lauk atau dimasak lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, hanya dikupas lalu dimakan sebagai camilan. Tidak dimasak lagi.

      Delete