14 April 2021

Tips Puasa Sehat bagi Ibu Hamil dengan Produk Pilihan Lebih Sehat

Tags

"Puasa itu menyehatkan."

Pernah dengar kan ya ungkapan di atas? Nah, saya juga ingin tetap berpuasa ramadhan ini meski usia kandungan sudah memasuki 36 minggu agar sehat.

Ibu hamil, apalagi hamil trimester ketiga minggu-minggu jelang kelahiran itu memang 'spesial'. Maka persiapan untuk berpuasa pun juga spesial. Berikut ini tips puasa sehat bagi ibu hamil:


Persiapan Mental



1. Niat


Karena segala sesuatu bergantung pada niat, maka saya niatkan puasa kali ini untuk ibadah dan berserah diri. Apalagi jelang kelahiran calon debay yang makin dekat ini, saya harus menyiapkan mental pula agar bisa menjalani kelahiran nanti dengan baik. Insya Alloh, niat yang sungguh-sungguh akan menjadikan puasa di saat hamil terasa lebih mudah. Ini jadi tips pertama dan utama puasa sehat bumil.


2. Ikhlas dan tidak terpaksa


Meski ibu hamil mendapatkan keringanan untuk tidak berpuasa ramadhan dengan mengganti fidyah dan puasa qodho, tapi saya ingin tetap berpuasa dengan ikhlas. Hal ini tentu karena kesehatan saya selama kehamilan cukup baik. Tidak ada keluhan yang mengkhawatirkan bagi ibu maupun janin. Makanya, saya memberanikan diri berpuasa atas kemauan sendiri. Dengan berpuasa ikhlas dan tidak merasa terpaksa, insya Alloh, puasa pun menjadi lancar.


3. Gembira


Menjalani puasa dengan gembira juga bisa menjadikan puasa kita lebih menyehatkan loh! Sebab perasaan gembira berkaitan dengan hormon endorfin, yaitu jenis hormon dan senyawa kimia dalam tubuh yang mengendalikan luka dan stres. Hormon ini termasuk salah satu hormon kebahagiaan. Endorfin berasal dari kata endogenus (di dalam tubuh) dan morphine (pereda nyeri opioid). So, berpuasa dengan gembira juga merupakan salah satu tips puasa sehat bagi ibu hamil dong ya.


Frisian Flag Purefarm Pilihan Lebih Sehat



Persiapan Fisik


1. Sehat ibu dan janin


Pastinya, sebelum memutuskan berpuasa, bumil harus memastikan kondisi kesehatannya terlebih dulu. Jika ibu dan debay-nya benar-benar sehat, puasa akan lebih menyehatkan bagi bumil. Namun, jika puasa malah membahayakan bagi ibu hamil dan atau janin, lebih baik ibu hamil tidak berpuasa.

Saya pun pergi ke dokter kandungan sebelum memasuki bulan puasa. Selain untuk memeriksakan kehamilan, juga untuk mendapatkan suplemen dan vitamin khusus ibu hamil sebagai bekal berpuasa.


2. Asupan makanan sehat bergizi


Tips puasa sehat berikutnya untuk mempersiapkan fisik bagi ibu hamil tentu saja dengan memberikan asupan makanan sehat bergizi bagi tubuh. Karena selain bumil harus menjaga kesehatannya sendiri, juga untuk menjaga kesehatan calon dedek bayi.


Kebutuhan Makan Harian Bergizi seimbang


Kalau dulu kita mengenal istilah empat sehat lima sempurna, kini berdasarkan pedoman gizi seimbang dari kementrian kesehatan, kita memiliki pedoman sekali makan yaitu Isi Piringku berupa: makanan pokok + sayuran + lauk pauk + buah-buahan, ditambah air putih.

Dalam webinar bersama Frisian Flag yang saya ikuti pekan lalu, Selasa 6 April 2021, dijelaskan secara gamblang oleh ahli gizi Mbak Seala Septiani, S. Gz, M. Giz mengenai porsi menu makan harian bergizi seimbang dalam bentuk Tumpeng Gizi Seimbang berikut ini:


tumpeng gizi seimbang




Pilihan Lebih Sehat untuk produk susu kemasan


Nah, salah satu komponen dalam gizi seimbang di atas, terdapat susu yang merupakan kelompok protein yang penting untuk kesehatan. 

Susu merupakan sumber alami dari protein tinggi dan kalsium. Protein sangat penting untuk pertumbuhan. Sedangkan kekurangan kalsium dapat menyebabkan kepadatan tulang berkurang, meningkatkan resiko obesitas dan diabetes. Selain itu, susu juga sumber fosfor, yaitu salah satu mineral yang dibutuhkan untuk menjaga kekuatan tulang dan gigi, metabolisme energi dan protein, perbaikan DNA yang rusak, dll.

Sekarang ini banyak minuman susu kemasan yang beredar di pasaran. Sebagai konsumen, kita patut untuk lebih cermat membaca informasi pada kemasan produk. Selain memperhatikan tanggal kedaluwarsa, kita juga harus cermat membaca Informasi Nilai Gizi, klaim produk, peruntukan usia, dan cara mengonsumsi serta jumlah yang disarankan. Termasuk dalam hal ini tentu saja produk susu kemasan.

Yang menggembirakan, susu Frisian Flag Purefarm sekarang banyak sekali variannya, salah satunya adalah Coconut Delight yang enak dan sehat buat diolah berbagai minuman selama berpuasa.


webinar frisian flag



Frisian Flag sebagai merek susu legendaris, memastikan produk susu kemasan sebagai Pilihan Lebih Sehat. Dalam webinar yang juga mengahadirkan Dra. Rita Endang, Apt., M. Kes. (Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan BPOM) dan Andrew F. Saputro (Corporate Affairs Director PT Frisian Flag Indonesia) serta dipandu oleh MC Hendry Setiawan kemarin, Frisian Flag Purefarm memperkenalkan logo Pilihan Lebih Sehat pada kemasan produknya. Jadi, saya nggak perlu khawatir dengan kualitas poduk Frisian Flag Purefarm ini.

Makanya, selama berpuasa ramadhan nanti, demi memperhatikan gizi seimbang menu makan harian bergizi seimbang, saya mengonsumsi susu Frisian Flag Purefarm. Ini juga menjadi salah satu tips puasa sehat ya.


3. Sesuaikan aktifitas fisik


Tips berikutnya agar bisa berpuasa sehat bagi bumil adalah dengan menyesuaikan aktifitas fisik selama berpuasa. Saya sendiri sudah menghentikan aktifitas pekerjaan menjahit dan make up sejak usia kandungan 35 minggu. Jadi, selama ramadhan, aktifitas fisik sudah jauh berkurang.

Olah raga sebagai persiapan fisik sebelum melahirkan, saya pilih yang ringan-ringan saja, seperti jalan santai setiap pagi, atau naik turun tangga tiap sore. Yang pasti bukan aktifitas berat yang melelahkan.



Nah, itu dia beberapa tips puasa sehat bagi ibu hamil yang meliputi persiapan mental dan fisik. Semoga ramadhan kali ini kita semua disehatkan dan dimampukan untuk menjalankan ibadah puasa dengan sehat, lancar, dan mendaptkan pahala besar dari Alloh SWT. Aamiin.


tetap sehat selama berpuasa



Blog tentang kecantikan, make up, fesyen, mode, dan budaya

62 komentar:

  1. Wah ini sih susu favoritku dan anakku nih. Enak banget rasanya. Kemasannya jg praktis dan gampang disimpan. Harganya jg murah. Semoga ada inovasi rasa-rasa lainnya ya Frisian Flag. Hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada banyak varian lain juga kok.

      Selain full cream, sweet delight, dan coconut delight, ada juga beberapa varian pilihan lebih sehat lain, yaitu ketan hitam, californian strawberry, dan french vanilla.

      Hapus
  2. Alhamdulilah ...
    Udah lama nggak BW ternyata mbak Lasmi mengandung, Alhamdulillah
    Saya juga sellalu puasa mbak kalo kebetulan mengandung di bulan Ramadan
    dan dokter mengizinkan kandungan sudah melewati 3 bulan

    Rasanya lebih khusu mbak, karena nggak terganggu haid, makanan terkontrol, emosi juga

    Semoga mbak Lasmi dan calon bayi sehat, lancar di hari H
    cium sayang dari Bandung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Ambu atas doanya buat kami.
      Cium sayang kembali....

      Hapus
  3. Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadan ya mbak. Susu idola saat kecil dulu ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat berpuasa juga kang Didik.
      Brand legend ya emang.

      Hapus
  4. Frisian Flag Coconut Delight enak ya. Rasanya gurih santan tapu ga bikin enegh dan adem di perut juga. Syukaa syukaaa

    BalasHapus
  5. Wiihhh, asyiknya Mba, webinar sambil minum susu Frisian flag, segar rasanya ya, hehehe.

    Ini susu favorit kami juga, bisa dikreasikan macam-macam, pas banget nyetock Frisian flag di bulan Ramadan ini.
    Lebih sehat juga terutama bumil :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dikreasikan macam2 sajian selama bulan puasa ya.

      Hapus
  6. Loh Lasmi baru punya baby? Selamat yaaa.. sebagai ibu yang anaknya batita, kebayang perjuangan untuk ramadhan. Apalagi kalo menyusui.

    Untung tersedia Frisian Flag yang menjaga badan bugar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dalam waktu dekat mba Tanti. Masih menanti kelahiran.
      Mohon doanya yaa

      Hapus
  7. 2 kali hamil, 2 kali juga harus melewatkan puasa. Yang pertama, ramadhan datang pas saya baru hamil di bulan ke-1. Waktu itu ngalamin morning sickness dan sering mabok. Jadi terpaksa tidak puasa. Yang kedua, saya ngalamin kehamilan yang cukup berat. Tidak bisa makan/minum sempurna mulai dari awal hamil hingga melahirkan. Jadi semuanya dibayar dengan Fidiyah.

    Seandainya di masa-masa itu sudah hadir FRISIAN FLAG dengan berbagai variant ini ya, mungkin saya bisa pertimbangkan untuk tetap puasa. Karena susu-susu ini bisa membantu memberikan gizi yang cukup untuk ibu hamil selama beribadah puasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah ada keringanan untuk tidak berpuasa bagi bumil ya.

      Tuhan nggak akan memberatkan hambaNya, jadi sesuaikan dengan kondisi kesehatan kita. 😊

      Hapus
  8. Saya kalau hamil dan awal menyusui nggak puasa Mbak, hihihii. Susah makan soalnya. Siang saja harus dipaksa baru makan, apalagi pas sahur. 😅😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkq...
      Yang penting sehat ibu n bayinya dulu ya mba

      Hapus
  9. Ibu hamil pastinya harus selalu menjaga kondisi kesehatannya ya mba. Meskipun gak dipaksakan untuk berpuasa bagi ibu hamil namun tentu ada rasa kepengen seeekali ya. Bagus nih tipsnya bisa dibaca oleh ibu-ibu yang sedang hamil dan ingin coba berpuasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul.
      Asal kondisi memungkinkan aja maunya puasa

      Hapus
  10. Sekarang makin mudah menemukan makanan/minuman berkualitas ya..Sudah ada logonya..jadi bisa lebih mudah mengenali..gak ragu lagi buat angkut ke keranjang belanja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju mbak, hal tersebut memudahkan kita sebagai konsumen sehingga mengonsumsi produk yang sehat tanpa rasa khawatir

      Hapus
    2. Makin percaya untuk pilih frisian flag sebagai susu favorit keluarga ya mba.

      Hapus
  11. Stok susunya banyak banget... Kalau belum dibuka bisa disimpan di suhu ruangan sih ya, gak harus di kulkas ya Mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa mba, asal tidak melebihi tanggal kedaluwarsa tetap aman dikonsumsi meski disimpan di suhu ruang.

      Hapus
  12. Aku suka buat buka puasa dikasih es biar tambah segar.
    Puasa itu perlu ikhlas dan gembira apalagi menanti minuman segar pas buka puasa hihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul.
      Melatih sabar juga ya menanti waktu berbuka meski minuman segar sudah menggoda, wkwk...

      Hapus
  13. Sehat-sehat selalu ya kak Lasmi.

    Daku suka nih varian coconut delight nya Frisian Flag, apalagi ada centang hijau nya, jadi makin senang karena terpercaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah
      Aamiin
      Bener banget mbak

      Hapus
  14. Bulan puasa Ramadhan membawa inspirasi berkreasi ketika membuat asipan makanan minuman bergizi, Frisian Flag membantu mewujudkannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih
      Kalo bulan puasa pada kreatif bikin macam2 sajian buat ber-takjil.

      Hapus
  15. wah salut mbak, usia kehamilan 36 minggu, walau memperoleh keringanan untuk tak berpuasa, mbak tetap semangat untuk menjalankan ibadah puasa.

    Saya juga suka frisian flag coconut delight ini, rasanya unik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sesuaikan kondisi kesehatan mba.
      Iya, unik. Susu tapi gurih n wangi kelapa ya

      Hapus
  16. Tetap semangat dan sehat ya bunda walaupun sedang hamil nih. Ini yang akan mendorong anak supaya belajar puasa sejak di kandungan

    BalasHapus
  17. Sebenarnya ibu hamil juga bisa berpuasa ya mbak
    hanya memang harus memperhatikan kondisi fisiknya
    dan juga tidak lupa selalu jaga asupan gizi
    klo bisa sih konsultasi dengan dokter kandungan dulu ya

    BalasHapus
  18. Hebat Mom. Dulu saya karena masih trimester pertama keseringan mual dan muntah jadi susah puasa. Belum pernah rasain puasa trimester ketiga. Semoga sehat2 selalu ibu dan debay ❤️

    BalasHapus
  19. Saya suka deh ma Frisian Flag yang Coconut Delight ini. Rasanya beneran light. Apalagi kalau dingin semakin segar

    BalasHapus
  20. Wah, kabar baik nih. Selamat ya mb Lasmicika. Semoga tetap sehat sampai melahirkan dan debay-nya juga sehat.
    Alhamdulillah ada Frisian Flag ya, menjaga asupan gizi bumil

    BalasHapus
  21. saran dan tips yang sangat bisa dicoba sendiri sama ibu-ibu hamil yaaa.. mangats moga puasanya lancar ya kak.

    BalasHapus
  22. Frisian Flag udah ngehits sejak zaman kecil aku dulu, sampai sekarang puluhan tahun masih tetap ada, bahkan terus berinovasi.
    Selamat berpuasa ya Mbak, semoga barokah dan lahirannya juga lancar. Aamiin.

    BalasHapus
  23. Susu favorit aku dari kecil nih🥰. Frisian Flag Coconut Delight emang enak si hihihi. Oh iya selamat berpuasa dan semoga lancar sampai lahiran ya mba, aamiin

    BalasHapus
  24. Catet, yang penting menjalankan puasa tetap dalam keadaan sehat ya mbak. Frisian Flag memang produk minuman favorit nih untuk semua kalangan termasuk akuh hehe.

    BalasHapus
  25. Ibu hamil kalau berpuasa aslinya gak masalah, ya. Asalkan asupan nutrisi untuk dirinya dan jabang bayi tidak kurang.

    Bisa banget nih minum Susu Frisian Flag, pilihan yang lebih sehat.

    BalasHapus
  26. Artha Nugraha Jonar17 April 2021 21.32

    Alhamdullilah, semoga kak Lasmi dan calon bayinya tetap sehat. Frisian flag susu dari aku kecil. Pastinya dengan meminum susu teratur bagus buat tubuh kita.

    BalasHapus
  27. Bener, kak. Niatkan dulu. Dan harus gembira. Kalau bawaannya bad mood terus, ya bakal lemes hahaha

    BalasHapus
  28. Bayangin kesegaran coconut delight, Kak. Segarnya alami, bisa bikin fresh lagi ya pas malam, jadi tarawih makin semangat. Memang sekarang mah era kudu bijak pilih makanan atau minuman. Harus paham kandungan suatu produk yang jadi jaminan pilihan lebih sehat--seperti Frisian Flag susunya keluarga Indonesia. Ya sebagai ikhtiar agar ga gampang sakit selama pandemi. Selamat berpuasa, Kak!

    BalasHapus
  29. Jadi inget dulu pas hamil di bulan Ramadhan, bener-bener harus jaga stamina biar ga lemes, susu frisian flag tuh dari zaman kecil sudah teruji kualitasnya

    BalasHapus
  30. Lima tahun awal pernikanan, aku hamil dan menyusui untuk anak2.
    Alhamdulillah sejak 3 tahun lalu sudah selesai dan bisa puasa full (kecuali dayang bulan, hehe).


    Penting bagi bumil busui untuk jaga asupan nutrisi saat puasa Ramadan ya kak

    BalasHapus
  31. Jadi inget pas hamil kemaren hampir nggak bisa ikut puasa karena kondisi badan yang nggak memungkinkan kak..

    BalasHapus
  32. Yang penting gizi terpenuhi ya... Semangat puasanya ya mbak, semoga sehat selalu...

    BalasHapus
  33. selama ibu memang tidak sakit dan mampu mencukupi kebutuhan gizinya dengan baik sih ngga apa apa untuk berpuasa. Intinya jangan memaksakan diri ya kak

    BalasHapus
  34. penting banget tipsnya untuk bumil di bulan puasa ini, Mbak. selamat puasa, semoga lancar dan semangat dengan Frisian Flag Coconut Delight yang lebih sehat.

    BalasHapus
  35. Saya dulu hamil malah puasa terus. Lemes sih tapi bawaannya bukan laper malah pengen tidur mulu jadinya kuat deh puasanya ^^

    BalasHapus
  36. Bagus nih tipsnya bisa dibaca oleh ibu-ibu yang sedang hamil dan ingin coba berpuasa.

    BalasHapus
  37. Frisian Flag ini memang sudah terkenal dari dulu mbak, sekarang makin banyak varian rasanya
    enak buat menemani buka dan sahur

    BalasHapus
  38. Alhamdulillah sekarang aku juga lagi hamil kak, dan pastinya biar puasa lancar pastikan asupan gizi terpenuhi dengan baik agar saat hamil tetap berjalan lancar.

    BalasHapus
  39. frisian flag coconut delight ini punya rasa yang unik banget menurutku, enakd an menyegarkan

    BalasHapus
  40. 3 thn lalu istri hamil anak keempat, pada usia udah 39. Karena khawatir kesulitan melahirkan jadinya istri puasa, biar babynya gak gede2 amat. Soale abang2nya lahir dgn berat 3,5 kg. Susah payah waktu itu

    BalasHapus
  41. Wahhh dari kecil suka banget sama susu ini, baik yang cair ataupun yang bubuk.. Sampe gede pun masih suka minum, soalnya enak banget.. Rekomendedd bngt lah wuehehee karena cocok untuk semua usia

    BalasHapus
  42. Sehat-sehat selalu puasanyaaaaa ibuk :D

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Ditunggu tanggapan dan komentarnya ya.