03 Juli 2021

Cara Jitu Belajar Bahasa Inggris Bagi Pelajar di Musim Pandemi

cara belajar bahasa inggris


Bahasa Inggris yang menjadi bahasa internasional sangat penting untuk dikuasai. Sejak jenjang pendidikan sekolah dasar, kurikulum di Indonesia sudah memasukkan mata pelajaran ini. Di beberapa sekolah pendidikan anak usia dini, Bahasa Inggris juga sudah diajarkan dalam porsi yang sesuai usia anak.

Pembelajaran Bahasa Inggris di sekolah yang umumnya hanya diberikan dua sampai enam jam pelajaran selama seminggu, memerlukan trik dan cara jitu tersendiri agar makin mudah dan cepat dalam menguasainya.

Cara jitu belajar Bahasa Inggris berikut ini sangat efektif lho, terutama bagi pelajar yang masih harus menjalani Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) akibat pandemi berkepanjangan.

1. Membuat Grup WA Berbahasa Inggris


Ini cara sederhana dan murah. Bahasa Inggris akan mudah dikuasai jika sering dipraktikkan. Namun, karena kondisi pandemik ini tidak memungkinkan untuk berkumpul dan melakukan praktik percakapan secara langsung, maka praktik berbahasa Inggris bisa dilakukan melalui grup WA.

Grup WA bisa dibuat bersama teman-teman satu kelas atau bersama keluarga. Jika ada saudara yang menjadi guru Bahasa Inggris, tentu akan sangat membantu. Akan lebih bagus lagi jika ada saudara dan keluarga yang tinggal di luar negeri dan menguasai Bahasa Inggris aktif dan pasif.

Dalam grup WA ini semua anggota diwajibkan menggunakan Bahasa Inggris baik ketika berbalas chat, voice note, maupun video call group.


belajar jitu




2. Mendengarkan Lagu Berbahasa Inggris


Mendengarkan lagu berbahasa Inggris juga bisa menjadi salah satu cara jitu belajar Bahasa Inggris lho. Apalagi jika lagu tersebut dinyanyikan oleh penyanyi favorit. Tak jadi soal jika penyanyi berasal dari Indonesia atau Korea, asalkan lagunya berbahasa Inggris, bisa menghibur sekaligus jadi sarana belajar. Lebih bagus lagi jika lagu berbahasa Inggris itu dinyanyikan penyanyi dari Inggris sehingga 'dialek' dan pengucapannya lebih 'original'.


3. Menonton Film Berbahasa Inggris


# Menonton film berbahasa Inggris dengan subtitle Bahasa Inggris


Menonton film berbahasa Inggris dengan subtitle Bahasa Inggris akan melatih kemampuan Bahasa Inggris pasif. Dengan membiasakan diri membaca subtitle Bahasa Inggris, pelajar akan terpacu untuk memahami isi dan jalan cerita dalam film dengan mencari arti kata demi kata dalam subtitle tersebut. Tak masalah jika harus pause berulangkali untuk membuka kamus kan?

# Menonton film berbahasa Inggris tanpa subtitle


Menonton film berbahasa Inggris tanpa subtitle apapun lebih menantang kemampuan berbahasa Inggris. Tanpa subtitle pelajar makin terlatih untuk mendengar kata dan kalimat dalam Bahasa Inggris.

Dalam hal ini, pilih film sesuai usia pelajar. Film asli Inggris punya keunggulan sendiri karena 'dialek' aslinya sedikit berbeda dengan film berbahssa Inggris asal Amerika ataupun film Asia yang sudah di-dubbing ke dalam Bahasa Inggris.

Wah, lagi-lagi cara ini juga bisa menjadi hiburan selama libur sekolah di rumah saja saat musim pandemi seperti ini ya.





4. Kursus Bahasa Inggris Online


Kursus Bahasa Inggris Online selalu jadi pilihan tepat untuk belajar Bahasa Inggris dengan cepat dan mudah di musim pandemi. Ada English Academy dari Ruangguru yang bisa jadi pilihan tepat untuk belajar Bahasa Inggris secara online.

Di English Academy ini ada banyak keunggulan, di antaranya adalah:

a. Pembelajaran berstandar internasional yang didukung kurikulum cambridge

Apa perbedaan kurikulum di sekolah dengan kurikulum cambridge?

Kurikulum di sekolah di Indonesia umumnya mengacu pada sistem nasional yang disesuaikan dengan KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) atau disebut juga kurikulum 2013. Artinya semua pelajar akan mendapatkan pelajaran yang sama sesuai jenjang pendidikannya. Seluruh Indonesia mendapatkan pelajaran yang sama rata.

Pada kurikulum cambridge lebih mengerucut pada mata pelajaran yang diminati oleh peserta didik. Artinya kurikulum ini membebaskan siswa ketika menyukai pelajaran tertentu maka mereka mengambil mata pelajaran itu saja. Jadi, pelajar akan lebih fun dalam belajar karena apa yang dipelajari adalah hal-hal yang disukai dan sesuai dengan minat.


b. Tersedia berbagai paket belajar sesuai tingkat usia dan kemampuan, yaitu:

* Runner (usia 7 - 10 tahun)
Titik pembelajaran pada paket ini adalah mengenalkan Bahasa Inggris sebagai subjek menarik untuk dipelajari.

* Sprinter (usia 11 - 14 tahun)
Pada paket ini English Academy akan mengasah teknik berbahasa Inggris anak mulai dari menulis hingga berbicara.

* Ranger (usia 15 - 18 tahun)
Paket Ranger akan mematangkan kefasihan pelajar dalam berbahasa Inggris.

* Explorer (di atas usia 18 tahun)
Level ini akan meningkatkan kepercayaan diri pelajar dewasa dalam berbahasa Inggris.


kursus bahasa inggris



c. Ada program khusus untuk persiapan menghadapi tes TOEFL iBT

Program online TOEFL iBT Complete Prep membahas materi berkualitas secara intensif selama 26 pertemuan dalam 2 bulan. Dalam program ini pelajar juga bisa berdiskusi langsung dengan guru terkait TOEFL iBT.


d. Pengajar internasional

English Academy memiliki tutor profesional berstandar internasional yang berpengalaman mengajar di Inggris dengan metode belajar interaktif.


e. Kelas online interaktif

Materi dan video belajar Bahasa Inggris yang menyenangkan bisa diakses oleh peserta kursus agar terampil beragam keterampilan berbahasa Inggris dengan cepat dan mudah. Metodenya meliputi cara belajar Listening, Speaking, Reading, dan Writing agar pelajar mahir menyerap informasi lisan, cakap dan percaya diri berbicara, dapat membaca efektif, serta mampu mengeluarkan gagasan dalam tulisan, semuanya dalam Bahasa Inggris.

Nah, itulah mengapa kursus Bahasa Inggris online di English Academy bisa menjadi cara jitu belajar Bahasa Inggris untuk pelajar.


5. Menggunakan Bahasa Inggris dalam Komunikasi Sehari-hari di Lingkungan Keluarga


Bagi pelajar yang ingin segera menguasai Bahasa Inggris, tidak perlu malu untuk menggunakan Bahasa Inggris saat berbicara dengan anggota keluarga. Anggota keluarga pun sebaiknya mendukung proses belajar dengan tidak menertawakan dan mengejek meski masih belum tepat dalam berbahasa Inggris.

Itu dia cara jitu belajar Bahasa Inggris bagi pelajar di Musim pandemi. Jadi, yuk mulai dari sekarang belajar Bahasa Inggris sungguh-sungguh. Karena di masa sekarang dan yang akan datang, kemampuan berbahasa Inggris mutlak dibutuhkan dalam era digital dan akses internet yang semakin mudah hingga jadi kebutuhan dan gaya hidup.***






Blog tentang kecantikan, make up, fesyen, mode, dan budaya

23 komentar:

  1. sekarang belajar bahasa inggris lebih mudah, banyak platform yang menyediakan salah satunya english academy ini sangat menarik karena punya pengajar (Master Teacher) yang berpengalaman dan berasal dari berbagai negara jadi belajar sama mereka seperti belajar sama bule hehe :)

    BalasHapus
  2. wah aku belum berani nonton film tanpa subtitle, biasanya tetap di setting bahasa Inggris jadi bisa belajar listening dan wording juga hehehe

    BalasHapus
  3. Saya nonton film berbahasa Inggris, tentunya subtitlenya pakai bahasa Indonesia, hahaha. Perlu kursus sih saya, biar bisa lancar bahasa Inggris. Mudah-mudahan, next time saya bisa belajar secara online di English Academy.

    BalasHapus
  4. Aku bisanya yang ada subtitlenya kalau nonton film, tanpa sub belum bisa. Tapi biar lebih tahu lebih dalam emang perlu ikut les online, ya. Kaya di ruang guru.

    BalasHapus
  5. English Academy dari Ruangguru emang tempat belajar bahasa Inggris paling top ya?

    Besutannya Belva Devara gitu lho, lulusan Harvard University dan Stanford University,2 universitas ternama sekaligus

    BalasHapus
  6. Saya suka belajar bahasa Inggris dengan cara menonton film. Seperti yang disebut di artikel di atas, yaitu nonton film berbahasa Inggris dengan subtitle Inggris. Kalau sudah terbiasa dengan percakapan, baru lepas dari subtitle.

    BalasHapus
  7. iya banget sih practice makes perfect mba, aku pun ada grup program bahasa inggris, text in english terus seminggu sekali kaya ada zoom meeting buat conversation based on theme in english, lumayan banget kan mengasah dan membiasakan diri dalam bahasa inggris. Tapi kalau butuh sertifikat macam TOEFL emang harus kursus sih ya belajar grammar sama tenses juga kan tuh

    BalasHapus
  8. wah di ruang guru ada belajar bahasa inggris ssesuai tahapan usianya ya? aku penasaran sama harga kursusnya berapa ya

    BalasHapus
  9. Wah, belajar bahasa Inggris menjadi lebih menyenangkan. Idenya keren ya, bisa bantu banget buat meningkatkan kemampuan bahasa Inggris.

    BalasHapus
  10. Belajar dari pengalaman,
    pas belajar anak anak beda beda type banget, si gede cocok dengan metode ini, nonton film, buat WA grup gitu

    si tengah maunya belajar teteuupppp sendirian dan rahasia (ga boleh temennya tau) - tapi so far dia berhasil sih, nilainya emang dari dulu bagus bagus

    kalo si bontot, huaaaah kudu dipantengin guru!

    BalasHapus
  11. Guru ku waktu SMA juga pernah bilang, jika ingin belajar dan menyukai bahasa inggris ya teknik nya sama dengan apa yang dituliskan diartikel ini. Aku juga menerapkan teknik ini dan alhamdulillah 1 atau 3 kosakata sudah ku pahami..

    BalasHapus
  12. Belajar Bahasa Inggris jadi lebih menyenangkan lewat English Academy. Memang butuh platform yang cocok juga sih buat belajar Bahasa Inggris. English Academy jadi salah satu rekomendasinya

    BalasHapus
  13. Dari keempat cara jitu itu aku udah pernah nyoba semua kecuali menonton film tanpa subtitle. Waktu itu aku cobain nonton film tanpa subtitle yg ada gak ngerti, mungkin belum terbiasa aja kali kak

    BalasHapus
  14. Nonton film Hollywood tanpa subtitle juga jadi saran guru bahasa inggrisku dulu, setelah lama gak digunakan kayaknya skill bahasa inggrisku menurun banget, kayaknya harus coba English Academy nih.

    BalasHapus
  15. nah ini anakku lagi ikutan dulu nih belajar bahasa inggris via online di wag and via zoom, nanti mau cb juga sih cobain di english academy ini

    BalasHapus
  16. bahasa inggris ini memang penting banget ya buat dikuasai. kalau aku sukanya belajar bahasa inggris dengan nonton film pakai subtitle bahasa inggris jadinya sekalian belajar deh nontonnya. tapi kayaknya memang lebih afdol kalau kursus soalnya bisa praktik

    BalasHapus
  17. Pas SMP suka banget pelajaran Bahasa Inggris dan pengen kuliah jurusan Bahasa Inggris tapi gak diizinkan ortu, Semoga kelak anakku bisa jago deh Bahasa Inggris hehehe

    BalasHapus
  18. Belajar Bahasa Inggris itu penting ya mbak
    Apalagi klo belajarnya di English Academy
    Mudah dan menyenangkan

    BalasHapus
  19. Aku selalu membiasakan nonton pakai bahasa dan subtitle inggris. Ini membantu sekali melatih kemampuan listening, hehe

    BalasHapus
  20. Dulu paling takut sama bahasa inggris. Bingung beda tulisan beda pengucapan, tapi skarang ngrasain betapa pentingnya bisa bahasa internasional. Aku jadi terinspirasi dari artikel ini untuk buat grup wa khusus brbhasa inggris.

    BalasHapus
  21. Toss Mba Lasmi,, saya juga punya tuh grup WA berbahasa Inggris, 2 grup pula. Salah satunya saya sebagai adminnya. Awal2 sih pada bersemangat, makin ke belakang semakin jarang yang aktif. Lebih baik pada masuk level explorer English Academy aja ya hehe

    BalasHapus
  22. Percaya atau nggak, anakku yang kecil yang baru masuk SD taun ini, udah bisa baca beberapa kalimat berbahasa Inggris tanpa diajari karena suka nonton video di platform video itu hehehe. coba ya besok bentaran lagi aku kursusin di English Academi pasti makin casciscus deh skillnya merokett.

    BalasHapus
  23. Saya punya grup wa english, tapi lama2 vakum juga. Butuh kreasi agar anggota gak bosan kali ya

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Ditunggu tanggapan dan komentarnya ya.