26 November 2021

Bisnis Kosmetik dan Skincare Cocok untuk Target Pasar Segala Usia, Kok Bisa?

Tags

peluang bisnis kosmetik


Dalam dunia perempuan, ada dua jenis golongan orang yang rajin memakai skincare dan kosmetik. Jenis yang pertama adalah mereka yang rajin skincare-an karena termotivasi oleh hal-hal di luar dirinya, seperti terbawa kebiasaan lingkaran pertemanan, tuntutan pekerjaan, atau mungkin karena pernah mendapat kritikan, atau mungkin juga karena ingin mendapat pujian, dan lain-lain.

Jenis yang kedua adalah mereka yang memakai skincare dan kosmetik karena motivasi dari dalam, sebagai salah satu bentuk self love, atau karena passion, bisa juga karena hobi, dan lain sebagainya.

Selain itu, ternyata, kosmetik dan skincare tak hanya digunakan perempuan saja, melainkan banyak juga digunakan oleh laki-laki. Alasan dan motivasi para laki-laki menggunakan kosmetik dan skincare pun hampir sama dengan perempuan.

Baik termotivasi dari luar maupun motivasi dari dalam, kedua jenis golongan pengguna kosmetik dan skincare di atas, sama-sama menguntungkan bagi pebisnis kosmetik dan skincare. Itulah mengapa bisnis kosmetik dan skincare sangat berpeluang untuk sukses.

Namun, karena bisnis kosmetik sangat luas, bagaimana cara kita mengenali peluang tersebut? Salah satu cara yang paling mudah adalah dengan menentukan produk unggulan berdasarkan usia target market yang ingin disasar.


Peluang bisnis kosmetik dan skincare berdasarkan usia


Berikut ini adalah peluang produk unggulan berdasarkan usia target pasar.

1. Target pasar remaja


Kulit remaja adalah kulit yang paling sehat. Kadar air dan minyak pada kulit remaja umumnya masih seimbang. Namun, perubahan hormon pada remaja dapat mempengaruhi kondisi kulit. Kulit wajah menjadi lebih berminyak, berjerawat, pori-pori membesar, serta komedo. Kulit tubuh pun lebih mudah berkeringat seiring aktivitas yang makin tinggi pada remaja.

Peluang bisnis kosmetik bagi remaja cukup besar terutama untuk pembersih wajah, anti acne, hand cream, body cream, body soap, eau de cologne yang ringan dan cocok untuk remaja.

Peluang produk lip balm dan lip serum juga bisa dikhususkan bagi remaja yang memiliki masalah bibir kering dan kusam.


2. Target pasar dewasa muda


Dewasa muda berada pada rentang usia 18 sampai 25 tahun. Pada usia ini kulit wajah dan tubuh mulai berkurang kelembaban alaminya. Masalah kulit yang dialami pun makin kompleks.

Peluang bisnis kosmetik dan skincare skincare untuk usia ini makin lebar. Di antaranya:

  • Skincare, seperti day cream dan night cream, eye serum dan face serum, milk cleanser dan face toner, peeling gel dan peeling spray, peel of mask dan wash of mask, micellar water, eyelash serum, face mist, serta face wash.
  • Body care, seperti body scrub, body butter, massage oil, whipped lotion, bar soap, liquid soap, hand cream, foot cream, body mist, eau de cologne, eau de toilette, serta eau de parfum.
  • Hair care, seperti shampoo & conditioner, hair serum, hair mask, hair tonic, hair mist, hair & beard oil, serta pomade.
  • Decorative, seperti lip cream, lip tint, serta lip serum.

target pasar produk kosmetik
bermacam produk kosmetik dan skincare sesuai target pasar

3. Usia dewasa


Pada dasarnya kebutuhan kulit di usia dewasa di atas 25 tahun sama dengan usia dewasa muda yang makin kompleks.

Kondisi kulit pada usia dewasa makin kering dan hilang kelembaban alaminya. Selain itu, banyak pula yang mengalami masalah kulit akibat perubahan hormon yang merupakan efek samping dari suntik hormon pencegah kehamilan.

Pada usia dewasa, peluang bisnis kosmetik dan skincare dapat dikhususkan jenis yang aman bagi ibu hamil dan menyusui yang ingin tetap merawat diri.


4. Kosmetik dan Skincare khusus laki-laki


Kosmetik dan skincare khusus pria / laki-laki kini juga makin marak. Hal ini menandakan target pasar bagi pengguna kosmetik dan skincare khusus laki-laki juga berpeluang bagus.

Produk unggulan kosmetik dan skincare tentu harus disesuaikan dengan kebutuhan kulit pria yang cenderung berminyak, berkeringat seiring tingginya mobilitas dan aktivitas, serta aroma yang khas bagi laki-laki.

Peluang paling tinggi produk kosmetik dan skincare khusus pria antara lain: face scrub, body scrub, face serum, krim anti acne, hand and body lotion, parfume, dan cologne.


5. Kosmetik dan skincare khusus bayi, balita, dan anak-anak


Siapa bilang cuma orang dewasa yang butuh kosmetik dan skincare? Bayi dan anak-anak pun butuh perawatan untuk kulit mereka.

Usia anak-anak memang selalu ingin tahu, selalu ingin mencoba hal baru, penasaran, ingin meniru apa yang dilakukan orang dewasa, termasuk berdandan dan memakai kosmetik dan skincare. Banyak sekali anak-anak yang tertarik mencoba-coba produk dewasa milik ibunya, kan?

Bagaimana jika produk tersebut menimbulkan alergi pada kulit bayi dan anak yang sangat sensitif?

Nah, peluang produk bayi dan anak yang aman sangat terbuka lebar. Seperti sabun, shampoo, lotion, bedak, parfum dan cologne, dan lip tint.



Banyak sekali peluang untuk berbagai produk unggulan kosmetik dan skincare berdasarkan target pasar sesuai usia.

Jika tertarik dengan peluang bisnis kosmetik dan skincare dengan brand sendiri, pastikan kita sudah menentukan target pasar yang sesuai ya. Karena membangun bisnis kosmetik dan skincare dengan brand kita sendiri sekarang makin mudah. Pastikan kita tidak salah memilih maklon kosmetik terbaik.

PT ADEV Natural Indonesia yang berlokasi di Bogor, tepatnya di Kp. Curug Mekar, Kel. Curug Mekar, Bogor Barat, Bogor, Jawa Barat ini, sudah 15 tahun dipercaya sebagai jasa maklon kosmetik dan telah bekerja sama dengan ratusan brand kosmetik lokal yang sukses di pasaran.

PT ADEV Natural Indonesia yang berlokasi di Bogor ini mampu memproduksi berbagai produk perawatan tubuh mulai dari sabun batang sebagai produk unggulan, haircare, maklon skincare, bodycare, men’s corner (produk perawatan khusus pria), hingga kosmetik untuk bibir.

Komitmen PT ADEV Natural Indonesia untuk menjadi solusi bisnis kosmetik dibuktikan dengan adanya pabrik kosmetik golongan A dan selalu mengembangkan produk-produk kosmetik dan skincare berkualitas, berstandar BPOM, dan mengikuti standar CPKB (Cara Pembuatan Kosmetik yang Baik).

Tidak hanya itu, jasa maklon kosmetik ini juga memperhatikan legalitas produk untuk setiap konsumennya. Setiap customer yang maklon di ADEV akan dibantu pendaftaran izin edar (NA) produk ke Badan POM, sertifikasi halal produk ke LPPOM MUI, dan mendaftarkan merek (brand) ke Ditjen HKI sehingga hak cipta customer terlindungi.

Selain mengutamakan kualitas dan legalitas, ADEV juga sangat cocok untuk UMKM dan home industri kosmetik dan skincare skala kecil maupun skala besar karena menerapkan MOQ (minimum order quantity) rendah, mulai dari 1000 pcs, atau disesuaikan dengan jenis produk yang dipesan.

Informasi lengkap mengenai PT ADEV Natural Indonesia bisa diikuti melalui Instagram @adev.official ya.


produk kosmetik unggulan
tentukan produk unggulan bisnis kosmetik dan skincare



Itu dia peluang bisnis kosmetik dan skincare berdasarkan target pasar sesuai usia. Makin menggiurkan saja bisnis kosmetik dan skincare dari waktu ke waktu.

Peluang bisnis yang sangat bagus dengan modal cukup terjangkau, siapapun pasti bisa untuk maju. Jika kamu suka tantangan, penggemar kosmetik dan skincare, memiliki passion di bidang bisnis, manfaatkan peluang bisnis di bidang ini.***




Blog tentang kecantikan, make up, fesyen, mode, dan budaya

44 komentar:

  1. Maklon ini bisa jadi peluang usaha ya, persyaratan untuk minimal order nggak terlalu berat, apalagi pasar kosmetik dan skincare sangat digemari di pasaran, banyak banget produk baru bermunculan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba yuk, Kak. Aku juga pengen nih. Kesadaran (dan tren) orang ber-skincare sekarang ini kan jadi peluang yang bagus.

      Hapus
  2. Wah, ada peluang bisnis baru di bidang kosmetik. Memang sebelum memulai harus tentukan target konsumen dulu ya. Makasih informasinya

    BalasHapus
  3. Kalo saya sih biasanya perawatan wajah hanya standar aja, paling banter cuci muka pakai pembersih wajah. Udah gitu aja, yang penting wajah nggak kusam. Cowok juga perlu perawatan wajah dong, hehehe...

    Saya pribadi melihat bisnis kosmetik dan skincare semakin laris manis. Apalagi sekarang bisa jualan lewat online, tanpa harus punya toko fisik. Et tapi kalo mau lebih profesional lagi, bisa buka bisnis kosmetik dengan membeli brand sendiri lewat perusahaan ADEV. Keren nih, punya bisnis kosmetik maupun skincare bukan impian lagi saat ini....

    BalasHapus
  4. Whuaaa....kalo MUA yang nulis tentang bisnis skincare bodycare gini, mantep banget dah. Anak sulungku mungkin tertarik bisnis begini, karena dia kan emang care banget dengan perawatan kulit. Aku aja belajar dari dia :))

    BalasHapus
  5. wow emang bener mbak, makin menggiurkan aja bisnis kosmetik dan skincare dari tahun ke tahun. Wajar saja banyak artis yang menggeluti bisnis ini. Yang penting punya modal, ada target pasarnya serta jenis skincare seperti apa yang mau diproduksi...maka bisnis itu bisa menjadi peluang yang menghasilkan.

    BalasHapus
  6. Lah, kok aku baru tau ada perusahaan ADEV ini di Bogor.

    Bener2 jadi solusi untuk memulai bisnis skincare nih ya, mbak, ADEV ini. Apalagi bisa cocok untuk segala usia juga. Boleh juga ini informasinya, Mbak.

    BalasHapus
  7. Bisnis skincare memang terbuka untuk semu usia, target pasarnya sangat terbuka. tapi memang harus menentukan dari awal mau fokus ke mana agar hasilnya lebih terlihat.

    BalasHapus
  8. nah iya banget nih, tiga tahunan ini aku udh rajin skincare an dan ngerasain banget pentingnya skincare, body care makanya bisnis ini bakal terus berkembang yaa dan segmen pasar nya juga jelas

    BalasHapus
  9. Sekarang UMKM sudah mulai berkemvang. Udah banyak kosmetik yang dijual. Yang penting ada BPOM nya ya..

    BalasHapus
  10. wah iya, bisnis skincare dan kosmetik emang lagi naik daun ya mbak
    yang pengen punya bisnis kosmetik dan skincare sendiri bisa bermitra dengan PT ADEV ini ya mbak

    BalasHapus
  11. Pantesan yahh banyak banget skincare lokal yang menjamur sekaranggg. ngga heran ternyata ada latar belakangnyaa kek gini. asli jadi ikutan ngiler penginn bikin usaha sendiri juga hahaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha... Sama kak. Mana kita kita tuh kan skincare enthusiast ya. Jadi bisalah jadi sampingan

      Hapus
  12. wah mantap banget, ternyata emang ada perusahaan yang bisa diajak untuk bekerja sama dan membantu pengusaha pemula di bidang kosmetik mewujudkan produk koleksi sendiri. cakep banget nih

    BalasHapus
  13. Bisnis kosmetik saat ini memangsmemang naik daun ya...terbukti dengan banyaknya brand kosmetik lokal yang muncul. Aku juga pengen punya brand kecantikan sendiri tapi lebih ke wewangian sih soalnya aku suka banget pakai wewangian

    BalasHapus
  14. Peluang membuka usaha kosmetik dengan brand sendiri bisa diwujudkan bersama PT Adevi ya mbak. Asyik juga sih, membayangkan punya produk kosmetik dengan brand sendiri. Kira-kira berapa ya modal yang perlu disiapkan?

    BalasHapus
  15. Kalau dipikir-pikir, menentukan target pasar ini penting banget untuk kelangsungan usaha ya kak. Gak lucu kalau jual produk dewasa tapi ditawarkan ke remaja. Gak laku

    BalasHapus
  16. aku liat bisnis skincare memang lagi meluas luasnya, semua orang berlomba lomba mencoba skincare demi penampilan yang lebih cantik... dan dalam hatipun jadi tertarik pengen punya usaha skincare juga, yaa walau jadi reseller nya dulu.:)

    BalasHapus
  17. bisnis skincare peluangnya besar ya, dari remaja ke dewasa, lakik dan wanita butuh skincare, apalagi selama dirumah pas corona meningkat, skincare tetap dilakuin, jadi nggak ada habisnya semua masyarakat butuh skincare.

    BalasHapus
  18. Saya jadi ingat, teman laki-laki semasa sekolah dulu yang juga hobi pakai kosmetik dan skincare. Enggak lalu menyerupai perempuan, sih. Mungkin lebih ke sebagai salah satu bentuk self love.

    Saya coba share informasi ini ke teman saya itu ya, kak. Siapa tahu malah berjodoh menjalani bisnis sesuai passionnya.

    BalasHapus
  19. Wah pantesan ya banyak pengusaha baru yang lahir dari usaha skincare, kayak ms glow dan pansaka yang lagi ngetren itu. Tapi kayaknya modal mereka juga gak dikit deh Kak. Denger-denger ms glow itu beli brand dari Korea seharga 5M di twitter. Betul atau nggak tapi emang modalnya harus banyak dulu deh kalau mau langsung besar.

    BalasHapus
  20. Betul mbak, bisnis skincare ini punya pasar yang luas. Soalnya masalah kesehatan kulit pasti berlaku untuk manusia, hehehe. Laki-laki dan anak-anak pun sekarang juga sudah mulai butuh memperhatikan kesehatan kulitnya.

    BalasHapus
  21. bisnis kosmetik dan skinker lokal sedang menjamur loh, buktinya banyak artis bikin brand or produknya sendiri, jadi ini masih menjadi bisnis yang menggiurkan

    BalasHapus
  22. keren ih PT ADEV Natural Indonesia

    membuka peluang usaha yang sebelumnya pasti gak terpikirkan

    karena industri kosmetik kan gak mudah

    BalasHapus
  23. Bravo untuk PT.ADEV Indonesia mampu memproduksi berbagai jenis skincare untuk segala golongan.Jarang ditemui skincare for men &baby,saat ini lebih banyak dikhususkan untuk female.Semoga ke depannya ada modal boleh juga nih aku ikut bergabung

    BalasHapus
  24. Bisnis skincare menjamur ya, banyak banget pelaku baru. Tapi tetap saja laris manis. Tinggal tentukan saja mau bidik pasar yang mana.
    Saya yang awalnya ga peduli dengan wajah dan badan aja sekarang rajin beli skincare. Saya suka yang semua usia, btw.

    BalasHapus
  25. Dan mungkin aku adalah salah satu millenial cowok yang suka dengan skincare wkkwkww. Nggak semuanya ku pakai sih kak, hanya pelembab, facial wash, face mist, sunscreen, parfum, deodorant, dan lip balm, hehehe...

    BalasHapus
  26. Bisnis kosmetik dan skincare tampaknya sedang marak dan cukup banyak orang beken yang sukses dengan bisnis ini. Seperti istrinya Juragan99, itu wow banget ya penghasilannya dari bisnis ini. Ternyata perlu menentukan target pasar berdasarkan usia supaya bisnisnya mudah dibawa kemana nantinya ya.

    BalasHapus
  27. iya, bisnis skincare dan make up emang lagi hapening ya mbak
    cocok nih buat beautypreneur

    BalasHapus
  28. Jujur baru ngeh kalo seseorang memakai kosmetik karena ada motivasi dari luar dan dari dalam. Kalo saya kayaknya masuk kategori dari dalam dan itupun baru beberapa tahun terakhir. Better late daripada never khan ya hehe. Dan saya setuju kalo bisnis makeup memang menggiurkan karena pasarnya luas dan ga heran kalo ada perusahaan makloon kosmetik kayak Adev

    BalasHapus
  29. Saya kira skincare dan kosmetik hanya khusus untuk perempuan.ternyata bisa untuk semua kalangan

    BalasHapus
  30. Bisnis kosmetik makin menggiurkan di zaman skrg ya kak... Apalagi kita bisa mengembangkan bisnis kosmetik dgn mudah, menggunakan adev ya kak...

    BalasHapus
  31. Baru tau ternyata bisnis skincare itu marketnya kebagi antara anak muda sama orang dewasa, aku kira kayak rilis produk ya rangenya bisa dipakai dari anak muda sampai dewasa

    BalasHapus
  32. Peluang untuk berbisnis kosmetik ini menurut daku bagus menang, karena pasti digunakan siapa saja, tinggal pengkhususan sesuai usianya

    BalasHapus
  33. Tak heran karena peluang bisnis kosmetik dan skincare berdasarkan target pasar sesuai usia ini semakin menggiurkan, maka bisnis kosmetik dan skincare dari waktu ke waktu makin berkembang. Apalagi sudah ada jasa maklon seperti ADEV yang memberi kesempatan pada semua untuk memiliki bisnis skincare sendiri

    BalasHapus
  34. Banyak banget pengusaha muda sukses dengan mengeluarga kosmetik dan skin care. Artis-artis juga mulai mengusung brannya masing-masing. Peluang yang bagus banget emang.

    BalasHapus
  35. Nah ini dia. Pas lagi melamun, kadang-kadang suka terpikirkan, zaman sekarang ini di mana-mana orang pada ngomongin SKINCARE, memang bisnis ini terlihat menjanjikan sekali. Dan mnariknya, ternyata pasarnya saat ini bukan hnya untuk wanita dewasa, tp juga kalangan remaja perempuan dan laki-laki.

    BalasHapus
  36. Saya lihat skin care untuk pria juga banyak. Seperti produk perawatan wajah, sampai badan. Produk ini pastinya menyesuaikan jenis kulit pria yang cenderung kasar ketimbang kulit wanita.

    BalasHapus
  37. Pelunag pasara bisnis kosmetik dan skincare begitu terbuka lebar ya, kita bisa ambil kesempatan baik ini. Apalagi sudah ada jasa maklon seperti ADEV yang siap membantu nanti

    BalasHapus
  38. Bisnis kosmetik memang peluangnya besar banget ya, Mb. Apalagi kalau ada maklon kosmetik yg bisa diajak kerjasama seperti ADEV ini.
    Pengen sih tapi perlu membulatkan tekad kuat. Aku skincare-an aja karena dibelikan suami, kalo engga ya.. buluk :D

    BalasHapus
  39. Saya aja yang sudah bapack-bapack juga pake skincare lo... Minimal sabun muka khusus sama serum untuk kelopak mata bagian bawah... Maklum sering melek'an utk ngeblog, hehehe... Pasar skincare zaman sekarang memang lagi booming...

    BalasHapus
  40. Wow...mantaps nih kalau kita bunya dana yang cukup bisa buat brand kosmetik sendiri ya.Apalagi skincare untuk pria tidak begitu banyak.Bravo untuk PT.ADEV

    BalasHapus
  41. Bisnins kosmetik skincare memang sudah menjamur ya. Kini ga perlu pusing lagi siapa saja bisa berwirausaha dengan bantuan PT. ADEV sehingga dimudahkan jalannya. Ga cuma untuk wanita, skincare juga mulai banyak dilirik kaum adam.

    BalasHapus
  42. Skincare saat ini banyak yg membutuhkan ya. semua kalangan usia menggunakan skincare utk merawat kulit dan kecantikan. orang peduli akan kebutuhan tubuhnya sekaligus berguna utk menunjang rasa percaya diri.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Ditunggu tanggapan dan komentarnya ya.