12 Maret 2017

Seminar Bersama INEZ Cosmetics : Mendulang Ilmu, Mengukir Prestasi

Tags

lomba rias pengantin bersama inez cosmetics


Bertempat di gedung serba guna SLB Negeri 1 Pemalang yang berada di Jl. Dr. Cipto Mangunkusumo no. 3A Pemalang, Dewan Pengurus Cabang Pemalang Asosiasi Ahli Rias Pengantin Modifikasi dan Modern Indonesia "KATALIA" bersama INEZ Cosmetics mengadakan Seminar. Acara ini diadakan dalam rangka persiapan Uji Profesi Tata Rias Pengantin Betawi, Sunda Siger, dan Solo Putri Modifikasi.

Tempat ini sering digunakan untuk mengadakan seminar bersama Inez Cosmetics karena letaknya sangat strategis. Tak jauh dari pusat kota Pemalang, tepatnya di sebelah timur perempatan Sirandu, belakang Stadion Mochtar.

Acara yang diadakan pada hari Sabtu, 11 Maret 2017 ini menghadirkan nara sumber Sandralingga dari Martha Tilaar.

Acara dibuka pada pukul 09.00 WIB. Setelah menyanyikan lagu Indonesia Raya, panitia penyelenggara dari GESA memberikan sambutan.

GESA atau Generasi Sartika Sari merupakan perkumpulan multi bidang antara lain: perias pengantin, salon, penjahit, pengusaha kuliner, dan bidang-bidang keterampilan lain, di bawah naungan TUK Sartika Sari (Tempat Uji Kompetensi). Seminar hari ini adalah hajatan pertama GESA yang dibentuk enam bulan lalu.

Sambutan kedua disampaikan Ibu Umi dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Jakarta. Beliau memberikan arahan bagi peserta seminar yang besok akan mengikuti uji profesi di TUK Sartika Sari. Uji Profesi berbeda dengan uji kompetensi.

seminar bersama inez cosmetics
Ibu Sandralingga memberikan tutorial rias muslim

Sertifikat uji profesi yang dikeluarkan oleh LSP dapat digunakan untuk bekerja dan membuka usaha. Sedangkan uji kompetensi menitikberatkan bidang pendidikan yaitu bagi perias yang hendak membuka LKP dan menjadi instruktur atau pendidik.

Acara selanjutnya pidato yang disampaikan wakil dari dinas pendidikan kabupaten Pemalang, yang juga menandai dibukanya secara resmi uji profesi rias pengantin di TUK Sartika Sari. Beliau menyambut baik kegiatan-kegiatan yang bisa meningkatkan sumber daya perempuan. Beliau juga memotivasi peserta seminar untuk tidak menjadi kaum marjinal, yaitu orang-orang yang tidak mau memperbaiki taraf hidupnya. Dengan berbagai keterampilan yang dimiliki, para perempuan bisa membantu perekonomian keluarga dan masyarakat.

Seminar hari ini ditutup dengan doa. Namun demikian pada peserta belum beranjak dari tempat duduknya karena acara masih akan dilanjutkan dengan demo make up dan peragaan rias pengantin muslim, betawi, dan sunda siger modifikasi oleh nara sumber Ibu Sandra Lingga, serta ibu-ibu penguji dan assesor dari LSP Jakarta.

Tips dari Sandralingga


  • Saat peragaan make up muslim, Ibu Sandra memberikan tips dan trik pemasangan bulu mata palsu agar tampak alami yaitu dengan memasang bulu yang tak jauh berbeda panjang dan ketebalan dengan bulu mata asli sang model. Setelah itu lanjutkan bulu mata kedua dan seterusnya yang lebih panjang dan tebal, dengan memberi jarak 0,1 cm, lalu rekatkan dengan maskara.
  • Tips berikutnya adalah memakaikan bedak tabur di bawah mata sebelum memakai eye shadow. Tujuannya adalah apabila bubuk eye shadow yang tercecer di bawah mata saat riasan mata berlangsung, dapat disapu dengan kuas serta tidak menempel atau berbekas.

lomba rias pengantin bersama inez cosmetics
tim assesor memberikan pendalaman materi uji profesi

Peragaan berikutnya adalah tehnik rias pengantin Betawi dan Sunda siger. Masing-masing nara sumber tak lupa menyebutkan nama-nama aksesoris, rangkaian melati, dan juga busana pengantin untuk pendalaman materi uji profesi yang akan diadakan keesokan harinya.

Lomba Tata Rias Pengantin


Sesi berikutnya yang tak kalah ditunggu adalah lomba Tata Rias Pengantin Betawi, Sunda Siger Modifikasi, dan Muslim Modifikasi. Peserta yang berjumlah 16 orang itu datang dari berbagai daerah di seluruh Kabupaten Pemalang dan sekitarnya.

Waktu yang diberikan selama 1 jam 15 menit, dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Tiba akhirnya pengumuman pemenang oleh dewan juri. Juara I diraih oleh Krisna dari Comal. Anggota GESA sendiri meraih ketiga juara harapan yaitu juara harapan 1 Lasmiati dari Cikadu Watukumpul, juara harapan 2 Lastri dari Pakembaran, juara harapan 3 Nur Aeny dari Jojogan Watukumpul.

lomba rias pengantin bersama inez cosmetics
peserta lomba beserta model

lomba rias pengantin bersama inez cosmetics
Juara I Mas Krisna
lomba rias pengantin bersama inez cosmetics
Juara II
lomba rias pengantin bersama inez cosmetics
Juara III
lomba rias pengantin bersama inez cosmetics
Juara Harapan I
lomba rias pengantin bersama inez cosmetics
Juara Harapan II
lomba rias pengantin bersama inez cosmetics
Juara Harapan III

Inez Cosmetic sudah menjadi salah satu brand kosmetik lokal dengan kualitas yang tak kalah bagus dengan brand impor hi-end. Penata rias pengantin atau MUA banyak yang menggunakan produk Inez karena harga relatif ramah kantong, tapi hasilnya bagus dan worth it.

Review tentang bedak padat Inez Cosmetics Gold yang ada refill-nya bisa dibaca di sini.

Nah, itu dia rangkaian acara Seminar bersama INEZ Cosmetics dan lomba rias pengantin yang menjadi ajang mendulang ilmu sekaligus mengukir prestasi bagi penata-penata rias di Kabupaten Pemalang.***

Blog tentang kecantikan, make up, fesyen, mode, dan budaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Ditunggu tanggapan dan komentarnya ya.