27 Oktober 2021

Tips Merintis Bisnis Kosmetik Sebelum Resign dari Pekerjaan Kantor

Tags

 



Menjalankan bisnis dan usaha sendiri memiliki banyak keuntungan dibandingkan menjadi karyawan, terutama dalam hal fleksibilitas waktu. Tak heran banyak pekerja kantoran dan profesional muda yang mengundurkan diri dari pekerjaannya untuk mulai merintis bisnis sendiri.

Salah satu bisnis menggiurkan yang tak pernah surut peminatnya adalah bisnis kosmetik. Semakin hari semakin besar peluang untuk sukses di bidang ini. Bagaimana tidak? Semua orang, tua muda, lelaki perempuan, semua ingin merawat diri agar tampil menarik.

Penampilan menarik memang sudah menjadi bagian dari kebutuhan hidup saat ini. Saat semua orang dapat terhubung dengan orang-orang dari seluruh penjuru dunia melalui media sosial, tak bisa dipungkiri jika memiliki penampilan yang menarik bisa meningkatkan kepercayaan diri dalam pergaulan dunia maya.

Untuk memenuhi kebutuhan perawatan diri inilah, banyak uang dihabiskan untuk membeli kosmetik dan skincare. Keuntungan pebisnis kosmetik pun berlipat ganda.

Nah, peluang sukses di bisnis kosmetik ini yang tak disia-siakan para artis tanah air seperti Ashanty, Aurel Hermansyah, Prilly Latuconsina, Felicya Angelista, dan lain-lain. Artis-artis tersebut terjun ke bisnis kosmetik dan memiliki brand sendiri.

Selain keuntungan berlipat ganda, pebisnis kosmetik memiliki waktu fleksibel yang bisa dialokasikan untuk keluarga. Menariknya, bisnis ini bisa dijalankan secara offline maupun online. Kabar baiknya lagi, kita bisa berbisnis kosmetik dengan brand milik kita sendiri!

Tertarik untuk memulai bisnis kosmetik dengan brand sendiri dan segera resign dari pekerjaan kantor? Eits! Tunggu dulu! Simak tips merintis bisnis kosmetik sebelum resign dari pekerjaan kantor di bawah ini.



1. Kalkulasikan Modal Bisnis


Tips pertama serta hal dasar yang wajib diperhitungkan sejak awal memulai bisnis kosmetik sendiri adalah seberapa besar modal yang harus dipersiapkan.

kalkulasikan modal awal merintis bisnis kosmetik

Merintis bisnis kosmetik sendiri pastilah memerlukan modal yang dapat menguras tabungan. Ketika besar tabungan untuk modal belum mencukupi, jangan terburu-buru untuk resign. 

Targetkan uang yang harus ditabung setiap bulan dari gaji, yang akan dipergunakan untuk modal merintis bisnis kosmetik. Kurangi pengeluaran tak penting dan targetkan pula berapa lama uang harus sudah terkumpul sebelum benar-benar resign.



2. Memiliki Vendor Terpercaya


Tips kedua dalam merintis bisnis kosmetik adalah memiliki vendor terpercaya. Pastikan untuk memilih jasa maklon kosmetik yang terpercaya seperti ADEV.

Pastinya kita ingin memiliki brand kosmetik dengan produk yang aman dan legal bukan? Konsultasikan dengan vendor hal-hal apa saja yang harus dilakukan agar dapat memiliki produk dengan brand sendiri. Tentukan pula produk unggulan apa yang akan dibuat untuk bisnis kosmetik yang ingin dibangun.

Vendor ini juga yang nantinya dapat membantu kita membuat sampel, desain kemasan, pengurusan perizinan (POM, HKI, dan Halal), produksi kosmetik yang anda inginkan, sampai produk siap anda pasarkan. Jangan sampai salah pilih vendor karena itu akan sangat merugikan bisnis yang akan kita rintis.

PT ADEV Natural Indonesia sudah dipercaya lebih dari 15 tahun sebagai produsen kosmetik. Ratusan brand kosmetik telah bekerja sama dengan ADEV sebagai vendor maklon kosmetik dan sukses di pasaran.

Produk yang dibuat ADEV meliputi:

  • Skincare, seperti day cream dan night cream, eye serum dan face serum, milk cleanser dan face toner, peeling gel dan peeling spray, peel of mask dan wash of mask, micellar water, eyelash serum, face mist, serta face wash.
  • Body care, seperti body scrub, body butter, massage oil, whipped lotion, bar soap, liquid soap, hand cream, foot cream, body mist, eau de cologne, eau de toilette, serta eau de parfume.
  • Hair care, seperti shampoo & conditioner, hair serum, hair mask, hair tonic, hair mist, hair & beard oil, serta pomade.
  • Decorative, seperti lip cream, lip tint, serta lip serum.

pastikan kita memiliki vendor terpercaya

Klien yang telah bekerja sama merasa puas karena selain ADEV dapat memproduksi produk kosmetik yang lengkap, biayanya pun sangat terjangkau dengan minimal pemesanan yang disesuaikan dengan jenis dan spesifikasi produk. 

Selain melayani maklon perusahaan, ADEV juga melayani maklon perorangan lho. Syaratnya pun simpel; foto KTP Pribadi yang terlihat jelas, foto NPWP pribadi yang terlihat jelas, serta desain & logo jika sudah ada. 

Jika belum memiliki desain logo merek, kita bisa menggunakan layanan desain dari ADEV secara gratis, sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku.

Komitmen kerja samanya bisa dipertanggungjawabkan karena pastinya dibuatkan surat perjanjian.

Jadi, sebelum mendapatkan maklon kosmetik terbaik, jangan resign dulu ya.




3. Membangun Personal Branding


Saat kita memasarkan produk tertentu, tentu kita menyebutkan keunggulan produk tersebut. Namun, saat mulai merintis bisnis sendiri, apalagi memiliki produk dengan brand milik sendiri, maka kita harus mulai membangun personal branding.

Membangun personal branding bukan hal yang instan, tapi juga bukan hal yang sulit. Branding yang kuat adalah sesuatu yang bisa didapat dengan menampilkan citra diri yang konsisten.

Personal branding adalah sebagai apa kita ingin dikenal orang. Makin kuat personal branding, makin mudah kita merintis bisnis kosmetik.


4. Memperluas Jaringan


Tips merintis bisnis kosmetik berikutnya adalah memperluas jaringan seluas-luasnya, baik di dunia nyata seperti rekan kerja, teman komunitas dan hobi, maupun dunia maya melalui media sosial.

Jadi, sebelum resign, perbanyak dulu teman kantor dan kenalan baru. Semua orang potensial jadi customer. Kita bisa mulai memasarkan produk dari lingkaran terdekat, kan?


5. Membentuk Tim


Dalam merintis bisnis kosmetik, sebelum resign dari pekerjaan kantor sebaiknya kita sudah membentuk tim. Baik tim offline maupun online, nantinya akan menjadi ujung tombak pemasaran produk.

Kenali orang-orang yang memiliki engange tinggi di lingkaran pertemanan masing-masing, lalu rekrut menjadi reseller. Sistem endorsement juga bisa menjadi pilihan dalam memasarkan produk.

Kita juga perlu memiliki tim yang menguasai bidang IT yang memungkinkan pekerjaan lebih profesional dengan membuat website, akun media sosial khusus brand, landing page untuk memfasilitasi dan mempermudah customer dalam memesan produk, dll.



membentuk tim yang solid


Nah, itu dia tips merintis bisnis kosmetik sebelum resign dari pekerjaan kantor. Jika semua hal di atas sudah dilakukan, tak perlu ragu untuk segera resign dari pekerjaan kantor dan fokus membesarkan bisnis kosmetik sendiri.

Kerja kantoran maupun membangun bisnis, masing-masing memiliki tantangan tersendiri. Namun, siapa sih, yang tidak ingin memiliki kantor sendiri tempat kita mengelola produk dengan brand kita sendiri?

Siap menerima tantangan untuk satu langkah lebih maju?




Blog tentang kecantikan, make up, fesyen, mode, dan budaya

33 komentar:

  1. Wah aku udah keluar pabrik mbak dan malah nganggur, bukan keluar kemauan sendiri sih tapi pabriknya tutup karena korona.

    Berarti bikin brand kosmetik sendiri tidak susah susah amat ya, tinggal kerja sama dengan ADEV nanti bisa konsultasi apa saja tentang produknya.

    Sepertinya Brand Lasmicika Beauty boleh tuh.😃

    BalasHapus
  2. Merancang bisnis sendiri sepertinya menarik. Memang harus dipikirkan secara matang sebelum resign ya. Jangan sampai ekonomi keluarga jadi terguncang.

    BalasHapus
  3. Impian saya banget, mau punya bisnis sendiri supaya waktunya fleksibel. Jadi enggak harus ngitung-ngitung cuti suapaya bisa liburan.

    Saya baru tau kalau bisnis kosmetik ternyata bisa dilakukan oleh siapapun. Dulu mikirnya hanya orang yang memiliki pengetahuan di bidang kosmetik semacam ilmuan atau ahli kimia.

    Keren yah, berarti ADEV ini mempermudah orang-orang yang ingin membuka bisnis kosmetik.

    BalasHapus
  4. semua tips-tipsnya ini bermanfaat, kebetulan aku juga lagi merintis bisnis kuliner juga, cuma sayangnya saat ini masih dikerjain sendiri belum ada tim hehe..

    BalasHapus
  5. semua tips-tipsnya ini bermanfaat, kebetulan aku juga lagi merintis bisnis kuliner juga, cuma sayangnya saat ini masih dikerjain sendiri belum ada tim hehe..

    BalasHapus
  6. Bisnis kosmetik sekarang kayaknya menjanjikan yaa. Harus cari vendor terpercaya ya yang terpenting, noted siapa tau saya mau coba nanti

    BalasHapus
  7. Insight yang menarik untuk berbisnis kosmetik. Adev membuka peluang untuk siapa saja yang mau berbisnik kosmetik tanpa perlu memikirkan produksi. Dan sudah terpercaya hingga belasan tahun sih, lumayan kredibel.

    BalasHapus
  8. Duh.. jadi salfok sama kertas gepokan duitnya, kak! :D
    Tapi menarik, nih.. sebenarnya bukan untuk yang mau resign saja sih, ya. Mungkin bisa cocok juga bagi yang kepingin punya bisnis/usaha baru di bidang kosmetik. Nice share, kak!

    BalasHapus
  9. Membuka bisnis kosmetik dengan brand sendiri tentunya butuh modal yang lumayan. Baiknya memang jangan resign dulu. Selain untuk support modal juga harus menjadikan semua rekan kerja sebagai pelanggan setia, dong.

    BalasHapus
  10. Baru tau perusahaan maklon yg namanya ADEV inii. Bisnis ini memang sangat dibutuhkan sii di era sekarang. Semoga next bisa juga punya brand sendirii hihi.

    BalasHapus
  11. Seru ya sekarang siapa saja bisa jadi pebisnis kosmetik asalkan ada modalnya aja, hehe. Tapi salut sih, jadi makin banyak makeup dan skincare lokal dengan kualitas yang bagus dan merk yang beragam!

    BalasHapus
  12. Pingin sih mbak. Tapi belum besar nih motivasiku. Mungkin karna udah banyak banget skincare atau kosmetik bagus di Indonesia. Hehe. Padahal background pendidikan ku farmasi, punya basic ilmu buat bikin formulasinya

    BalasHapus
  13. wah iya, punya bisnis kosmetik brand sendiri bisa jadi pilihan yg tepat setelah resign ya mbak

    BalasHapus
  14. wah terima kasih sharingnya mba..bisa nih kuteruskan ke teman yg kemarin curhat lagi pengen resign dari pekerjaannya saat ini. terima kasih..

    BalasHapus
  15. Paling senang kalau ada inspirasi bisnis apalagi yang produknya kecantikan. Wanita banget ini mah. Bisa lebih tahu soal dunia skincare tapi dapat penghasilan juga.

    BalasHapus
  16. Sekarang ini produk kecantikan sedang banyak peminatnya ya, akan bagus juga bila saya buka bisnis kosmetik. Tapi pertama saya kudu membangun branding diri dulu nih, mungkin dengan menjadi make up content?

    BalasHapus
  17. Alhamdulillah sekarang mau bikin brand kosmetik ga harus punya pabrik sendiriya dan yang penting jelas legalitasnya

    BalasHapus
  18. Via vendor terpercaya ini sangat membantu buat yang ingin merintis bisnis kecantikan dari awal. Sehingga bisa mendukung pastinya

    BalasHapus
  19. Saodara sya juga ada yg bisnis kosmetik, tpi blm bisa ngatasin yg namanya Kalkulasikan Modal Bisnis.. Jadi pas resign dan dagangan sepi, disitu lah ujian nya.. Tp alhamdulillah skrng udh nemu celah nya, jadi lancar..

    BalasHapus
  20. aku salfok sama uang dari BNI Tegal, kamu domisili Tegal toh mbak? Salaammm! Btw aku melipir juga nih ke adev.co.id enak ya udh terjamin BPOM RI dan ada pendampingan buat bangun bisnis kosmetik dari ahlinya jadinya ga worry sama kandungan2 produk yg akan di develop nih

    BalasHapus
  21. Banyak hal yang harus dipertimbangkan saat hendak memulai bisnis, ya. Perlu kehati-hatian dan memiliki ilmunya. Dan sepertinya bisnis kosmetik ini salah satu usaha yang menjanjikan saat ini.

    BalasHapus
  22. Bagus nih tips dari Mba Lasmi, jangan sampe resign dulu sebelum bener2 bs jalan ya bisnis kosmetiknya. Adev keren banget konsepnya, membuka kesempatan buat temen2 yg mau merintis brand kosmetik sendiri yaa

    BalasHapus
  23. jika semuanya diperhitungkan dan dipersiapkan dengan matang tentu akan jauh lebih mudah menjalankannya. sudah ada rencana matang

    BalasHapus
  24. Bagus banget kalau ingin bisnis sendiri udah bisa mempercayakan semua ke Adev ya mba. Tinggal kita yakin buat cobanya aja lagi buat membesarkan bisnisnya

    BalasHapus
  25. Benar. Kosmetik ini perlu diperhatikan benar-benar BPOM nya. Jangan sampai kita menjual barang di dalam negeri yang tidak sesuai aturan pemerintah

    BalasHapus
  26. Jasa Maklon kosmetik dari Adev bisa jadi peluang buat siapa saja yang mau merintis bisnis kosmetik sendiri, apalagi kalo kitanya emang gemar dengan kosmetik dan punya pengetahuan tentang kosmetik. Wah mantap banget ini

    BalasHapus
  27. Aku pernah liat nih Adev di Bogor hehehe. Ternyata bisa membantu kita untuk establish produk dan brand sendiri ya. Menarik...

    BalasHapus
  28. Wah baru tau produsen kosmetik aku. Jadi praktis ya saat ingin bangun brand sendiri. sungguh menarik ;) jadi buat yg mau resign memang harus pikirkn strateginya biar sukses dalam penjualan brand sndiri ini. Keren.

    BalasHapus
  29. wah saya udah terlanjur keluar nih, mbak. Tapi tentunya masih bisa lah ya mulai usaha kosmetik ini. Tak ada kata terlambat untuk memulai sesuatu.

    BalasHapus
  30. Wah kalau begini, makin banyak kosmetik anak bangsa yang berkualitas ya. Enggak kalah sama brand impor. Kayak punya Felicya Angelista itu (eh bener nggak ya nulis namanya). Merek Scarlet sampai bisa menggaet artis Korea papan atas.

    BalasHapus
  31. temanku ada yang menggunakan jasa Maklon untuk membuat produk kosmetik brandnya sendiri. Memang benar yaa, banyak jalan menuju roma, begitu pula dengan memilih pekerjaan. Mau ngantor atau berbisnis memang ada tantanganya sendiri..

    BalasHapus
  32. Terima kasih tipsnya. Sekarang ini bisnis kosmetik memang banyak yang menjanjikan karena banyak peminatnya.

    BalasHapus
  33. Jaman sekarang kalau mau merintis bisnis kosmetik mudah banget, ya. Gak perlu punya perusahaan dulu, karena bisa dipercayakan ke jasa maklon kosmetik ADEV.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Ditunggu tanggapan dan komentarnya ya.