17 Maret 2017

Menuju Kelas Inspirasi Pemalang 2017 #1

Kelas Inspirasi Pemalang perdana dilaksanakan pada bulan September 2017 tepatnya hari Sabtu tanggal 16.

Kegiatan ini akan diadakan serentak ditujuh (7) SD dan MI yang ada di Kabupaten Pemalang yaitu :

  1. SD N 1 Surajaya
  2. SD N 2 Banjarmulya
  3. SD N 1 Wanamulya
  4. SD N 2 Taman
  5. SD N 1 Jrakah
  6. SD N 6 Loning
  7. MI Darunnajah

Apa dan bagaimana Kelas Inspirasi itu?


Kelas Inspirasi adalah sebuah gerakan para profesional turun ke sekolah dasar secara serentak selama satu hari untuk memberikan gambaran tentang profesi mereka, yang saat ini masih menjadi cita-cita bagi anak-anak.

Telah dibentuk panitia Kelas Inspirasi Pemalang Pertama pada bulan Februari 2017 lalu. Panitia Lokal atau disebut panlok KI ini yang akan menjembatani bertemunya para profesional dengan anak-anak di 7 Sekolah Dasar di hari inspirasi.

Apa Saja Kegiatan Pada Hari Inspirasi?


1. Opening


Hari inspirasi dibuka dengan perkenalan para relawan dengan pihak sekolah. Untuk menambah keakraban serta kedekatan dengan siswa, dilakukan pula senam bersama atau yel-yel penambah semangat.


opening kelas inspirasi pemalang
opening KI dengan senam bersama

2. Mengisi kelas


Setelah itu setiap relawan pengajar atau disebut juga inspirator akan mengisi kelas selama beberapa menit, lalu bergantian dengan relawan lain. Mereka memberikan penjelasan tentang pekerjaan masing-masing dengan bahasa yang mudah dipahami anak-anak.

Penjelasan yang diberikan dapat didukung dengan alat peraga seperti gambar, buku, foto, boneka, atau perlengkapan lain yang mendukung. Para relawan dibebaskan memilih cara mengajar sesuai kreatifitas masing-masing.


alat peraga kelas inspirasi
relawan inspirator sedang mengisi kelas

alat peraga profesi kelas inspirasi
alat peraga sesuai profesi relawan

gambar peraga kelas inspirasi
peraga bisa pula berupa gambar

kreatifitas relawan kelas inspirasi
interaktif dengan siswa

siswa antusias di kelas inspirasi
siswa antusias mengamati peragaan dari relawan pengajar

3. Closing


Pada akhir hari inspirasi akan ada closing atau 'ritual' penutupan. Anak-anak menuliskan cita-cita pada secarik kertas kemudian menempelkannya dipohon cita-cita. Pohon cita-cita ini adalah simbol harapan anak-anak yang akan tumbuh dan berkembang layaknya pohon yang kokoh menjulang.

Pada beberapa kelompok belajar lain, pohon cita-cita dapat diganti dengan balon udara yang melambangkan semangat mewujudkan harapan dan cita-cita layaknya balon udara yang dapat melambung tinggi ke angkasa.

Selain pohon cita-cita dan balon udara, ada pula rombongan belajar dan siswa yang serentak membuat origami pesawat yang diterbangkan bersama-sama. Pernah pula ada rombongan belajar yang menuliskan cita-citanya dalam toples yang dikubur di area sekolah yang kelak bisa diambil saat cita-cita mereka sudah terwujud.

Semua rangkaian pelaksanaan pada hari inspirasi ini sesuai kreatifitas masing-masing relawan yang sebelumnya dibahas dan disepakati bersama melalui grup WA.

closing balon cita-cita kelas inspirasi
pohon cita-cita

closing hari inspirasi KI
balon cita-cita

Siapa saja yang bisa menjadi relawan pengajar atau inspirator?


Inspirator berasal dari berbagai bidang pekerjaan. Ada polisi, tentara, dokter, pemadam kebakaran, pilot, arsitek, guru, dosen, manager, pengusaha, pelukis, seniman, penulis, penyanyi, dan lain sebagainya.

Berbagai profesi ini sudah menunjukkan beragamnya minat dan kemampuan anak. Setiap bakat dan kecerdasannya dapat diarahkan sejak dini.

Kelas Inspirasi tentu saja bukanlah job fair yang berlomba-lomba mencari 'pengikut' di bidang pekerjaan yang digeluti. Tujuan utama Kelas Inspirasi adalah menginspirasi anak-anak untuk bersemangat mengejar cita-cita. Maka yang lebih utama untuk dibagi oleh para inspirator adalah pendidikan karakter.


Harapan Bagi Siswa


Diharapkan setelah hari inspirasi berlangsung, hal-hal yang akan diingat anak adalah :

1. Budi pekerti


Cita-cita mulia hanya bisa diraih oleh mereka yang berbudi pekerti baik. Patuh pada guru, berbakti pada orang tua, santun berbahasa, dan kasih sayang pada sesama.


2. Cita-cita bukan tujuan


Setiap profesi dimasa depan bukan merupakan tujuan hidup ini, melainkan hanya jalan atau cara, untuk beribadah dan juga berbagi manfaat pada sesama. Inti dari setiap pekerjaan adalah menjadi 'manusia yang berguna' bagi nusa bangsa dan agama.


3. Tangguh


Terkadang hidup tidak berjalan sesuai yang diharapkan. Maka melalui kelas inspirasi ini, diharapkan kelak anak-anak makin tangguh manakala apa yang dicita-citakan belum mendapatkan jalan. Mungkin karena keterbatasan ekonomi, atau ada hal lain yang menjadi kendala.

Para inspirator bisa memberikan bekal, memberi inspirasi bahwa jika satu jalan tertutup, seribu jalan masih terbuka lebar untuk menggapai cita-cita. Pantang menyerah, itulah karakter manusia tangguh yang akan meraih masa depan gemilang.


Hari Refleksi


Setelah dilaksanakan Kelas Inspirasi di sekolah, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan refleksi pada siang harinya.

Tujuannya adalah merefleksikan kembali tujuan diadakannya kegiatan ini. Dalam forum ini akan dibahas pula kesulitan yang dialami relawan, apa saja yang perlu dibenahi dan ditingkatkan di sekolah tersebut, solusi apa yang bisa dilakukan untuk perbaikan kegiatan belajar mengajar ataupun sarana sekolah, dan apa saja kekurangan kinerja panlok yang dapat menjadi bahan evaluasi pada kegiatan KI berikutnya.

Baik kegiatan pra Hari Inspirasi, kegiatan di Hari Inspirasi, maupun kegiatan refleksi, selalu berlangsung penuh keakraban dan kekeluargaan. Canda tawa tak luput menyertai dalam suasana yang tetap serius penuh kesungguhan dalam semangat untuk berbagi.

 Pada akhirnya, Kelas Inspirasi tidak hanya memberi manfaat bagi anak-anak Sekolah Dasar, namun juga membawa kebahagian bagi semua yang terlibat didalamnya.

Itu dia cerita seputar Kelas Inspirasi Pemalang yang pertama. Adakah yang sudah pernah ikut Kelas Inspirasi juga di kota kalian? Boleh share ya di kolom komentar. ****


>> Simak terus info Kelas Inspirasi Pemalang dan nantikan open recruitment relawan pengajar dan relawan dokumentator di www.kelasinspirasipemalang.org

>> Dokumentasi diambil dari : Kelas Inspirasi Bandung, Kelas Inspirasi Tegal, Kelas Inspirasi Pekalongan, dokumen pribadi.



Blog about fashion, beauty, and culture

2 komentar:

  1. Insha Allah tahun ini aku berencana ikutan kelas inspirasi Pekanbaru mbak. Doian ya mbak supaya bisa jadi bagian kelas inspirasi. Btw, thanks sharingnya ;)

    BalasHapus
  2. Waah, kereen!
    Ikut juga ya di kelas inspirasi pemalang,,ditunggu partisipasinya kakak!

    Salam Inspirasi !

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Ditunggu tanggapan dan komentarnya ya.