06 Mei 2019

Asah Otak Dengan Puzzle IQ Pak Eko

Kalian suka permainan unik, menantang, dan anti meanstream yang bikin pintar dan senam otak? 

Saya beruntung bisa bertemu dengan Bapak Eko Witono dalam pameran buku di Pekalongan pekan lalu.



puzzle IQ

Saya dan suami sedang mencari buku-buku bacaan untuk menambah koleksi buku perpustakaan desa (Perpusdes) setelah sebelumnya berbelanja berbagai barang untuk dagangan kami. 

Yah, kami memang penganut mazhab sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui. Sekali pergi ke kota, dua tiga tujuan tertunaikan. Haha!

Saya sangat terkesan dengan konsep puzzle IQ milik beliau. Di antara tantangan generasi masa kini dalam era digital, puzzle IQ yang berbahan dasar kayu ini, menjadi oase yang menyejukkan.

Unik. Itu satu kata yang saya tangkap.

Puzzle IQ ini menjadi semacam ‘mainan’ padat berisi. Dapat mengasah otak dan kecerdasan, tinggi nilai estetika, ramah lingkungan, juga berbentuk unik menyerupai benda seni yang indah dijadikan pajangan.

Bisa buat kado yang unyu spesial fo yu


"A Smart Gift FromThe Smart City" Jogja Never Ending Learning and Shopping


Konsep Puzzle IQ ini sendiri adalah menyajikan teka-teki bangun tiga dimensi. 

Seperti puzzle pada umumnya, bagian-bagian puzzle IQ dapat dibentuk menjadi benda tiga dimensi berbagai bentuk dengan trik dan kunci yang bisa dipelajari.

Saya dan suami penasaran ingin mencoba. Semula saya pikir akan mudah. Ternyata awalnya sulit. Bahkan beberapa bentuk, sangat sulit bagi yang belum mengetahui triknya.

Puzzle IQ ini rupanya dirancang dalam beberapa level. Level pertama dan kedua relatif lebih mudah daripada level berikutnya. Tapi itupun sama sekali tak mudah, haha! Jangan buru-buru meremehkan.

Dua level tersebut merupakan permainan susun bangun tiga dimensi. Sedangkan pada level ketiga merupakan tehnik melepaskan tali dari tiang pancang. Masing-masing ada lagi tingkatannya sesuai tingkat kesulitan.

Level 1, tingkat dasar bisa diberikan pada usia PAUD hingga SD
Level 2, tingkat dasar 2, bisa diberikan pada usia SD hingga SMA
Level 3, tingkat lanjutan dan dewasa, tidak dianjurkan pada anak usia di bawah 12 tahun


Tak banyak yang memilih bisnis di bidang anti meanstream seperti beliau. Bapak sederhana kelahiran tahun 1968 ini sudah terjun dan menyeriusi bisnis puzzle IQ-nya sejak kuliah. Tahun-tahun itu saya masih SD atau SMP sepertinya.

Menurut Bapak kelahiran Surabaya ini, seseorang sudah dapat dikatakan sebagai seniman jika sudah ikut andil dalam Festival Kesenian Yogya (FKY). Maka sejak tahun 1998 beliau rutin mengikuti FKY setiap tahun.

Dulu, pada awal kemunculannya, beliau sempat membuat tutorial dalam laman web. Tutorial ini diperuntukkan bagi yang penasaran ingin mengetahui trik-trik puzzle-nya.

Suatu hari dalam pameran di Senayan Jakarta tahun 2001, seorang buyer dari Inggris melarang Pak Eko mengajarkan trik puzzle pada anaknya. Buyer tersebut berkata: “Biarkan dia selesaikan sendiri puzzle ini. Tak peduli berapa kali ia mencoba, berapa lama dia akan bisa, dia harus menyelesaikan sendiri masalahnya.”


Pak Suami bersama Pak Eko dan Puzzle-nya

Sejak itu Pak Eko memutuskan tidak akan membuat lagi tutorial dan trik kunci menyelesaikan permainan puzzle IQ-nya. Beliau pun menghapus tutorial yang sudah dibuat dalam web.

Menurut Pak Eko, Puzzle IQ ini memiliki filosofi yang dalam. Bahwa dalam setiap fase kehidupan, manusia akan diuji dengan masalah. Ia ditantang untuk menyelesaikan masalahnya sendiri. 

Pada usia dengan tingkat kematangan yang lebih tinggi, manusia akan melihat ternyata masalah yang dulu dirasakannya sangat berat, akan menjadi terasa ringan setelah berhasil menyelesaikan. Dengan begitu, saat dirinya diuji dengan cobaan dan masalah yang lebih rumit, mentalnya telah tertempa sebelumnya.

Bapak Eko Witono menyelesaikan studi di IKIP Yogya pada tahun 1990 Jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS). Selain membuka galeri kerajinan di rumahnya, secara rutin beliau aktif mengikuti pameran di kota-kota seluruh Indonesia, termasuk pameran buku Pekalongan. 

Selain puzzle IQ, Pak Eko juga membawa banyak buku-buku bertema pendidikan dan juga alat peraga pendidikan. Beliau dan istri kini tinggal di Jl. Kaliurang km. 7 Dusun Kayen RT 4 RW 44, Condong Catur, Depok, Sleman Yogyakarta.

buku-buku serta alat-alat peraga pendidikan milik Pak Eko

Mendongeng dengan boneka jari merupakan salah satu media pendidikan efektif untuk anak
Permainan ini untuk melatih motorik. Saya berhasil setelah mencobanya hampir dua puluh kali. Mungkin faktor U


Sebelum berpamitan, saya dan suami pun membeli satu paket Puzzle IQ seharga Rp 250.000,- yang berisi 13 item. Puzzle ini dapat dibeli terpisah mulai harga Rp 15.000,- hingga Rp 60.000,- per item. Beliau juga menerima pemesanan online dengan harga yang sama ditambah ongkos kirim. 

Tertarik? 

Silakan pesan sekarang juga melalui nomor telepon 081 668 9503.

Dan terakhir, jika sudah membelinya, saya ucapkan: “Selamat bermumet-mumet ria” Hehehe ....

Semoga beruntung bisa menyelesaikannya. 

Saya sendiri baru bisa menyelesaikan tugu tali setelah tiga hari mencoba . Yang lebih rumit lagi dari itu, belum saya coba lagi. 

Selamat mencoba!***

Blog tentang kecantikan, make up, fesyen dan mode, dan budaya

46 komentar:

  1. Keren banget ini...yang bikin lebih keren lagi.
    kayanya suami Mbak Susi Jepara juga bikin mainan-mainan edukatif seperti ini cuman dia ga mengkhususkan pada puzzle. Saya sudah pernah beli, tapi yang paling simple buat anak saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak. Mungkin ada seniman dan pengrajin lain yang juga memroduksi puzzle IQ ini. Makanya pak Eko sendiri tidak mau mematenkan karyanya.
      Bagi beliau, makin banyak yang tertarik mengembangkan usaha seperti ini makin bagus tanpa terbebani pelanggaran hak paten.

      Hapus
  2. Unik bener puzzle IQ punya pak eko ini ya mbak. Berbahan kayu dan 3 dimensi gitu. coz kebanyakan kan puzzle bentuknya datar aja.

    BalasHapus
  3. Kok mupeng banget aku mbaaa
    Pan kapan mau juga lahhh cuss ketemuan pak Eko dan shopping puzzle-nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sila kopdar dan borong puzzle pak Eko. Buat yg tinggal di Yogya dan sekitarnya.

      Hapus
  4. harga Puzzlenya terjangkau sih, gak gampang juga dibuat. Beli yang beginian lebih bermanfaat daripada membeli mainan anak yang mahal-mahal gak edukatif

    BalasHapus
    Balasan
    1. Merangsang kemampuan menyelesaikan masalah ya mba puzzle pak Eko ini.

      Hapus
  5. Beeehh puzzlenya, saya yang bentuk biasa aja wasalam, lah itu ada yang bentuknya aneh-aneh. Emang betul-betul merangsang daya pikir ya mainan puzzle ginian tuh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga mbak.
      Pas awalnya susaah bener.
      Setelah tau rumus dan kuncinya, jadi gampaaang, dan bosen dimainkan lagi. Maunya ganti dengan puzzle yang lebih rumit level selanjutnya.

      Hapus
  6. Wow, unik dan sangat kreatif, ya, Teh? Bener-bener merupakan oase di tengah ramainya permainan versi digital yang membuat anak mau pun dewasa tenggelam dalam gadget dan menjadikan mereka rentan terhadap radiasi.

    Sungguh salut dengan ide dan kreativitas Pak Eko. Semoga laris manis dan tentunya semakin diminati oleh banyak orang. :)

    Thanks for sharing, Teh!

    Btw, cakep nih jika opsi untuk kolom komentarnya juga diberi ruang bagi yang ingin menggunakan Name/URL. *Sekedar saran. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip!
      Sudah saya setting agar bisa menggunakan url.
      Makasih banyak saran dan komen nya mba Al

      Hapus
  7. Puzzle nya bagus yah dan unik, bisa ngasah otak nih beneran, anak - anak atau dewasa juga senang deh main puzzle ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak.
      Sok dibeli buat anak-anak atau ponakan puzzle pak Eko

      Hapus
  8. Rasabta saya akan kebelet pengen pipis jika harus mengerjakan puzle yang rumit karena alami penurunan daya ingat. Tapi suka banget dengan kinsepnya karena mematih otak. Jadi penasaran juga.
    Bahan dasar kayu gitu estetis banget. Terlihat halus permukaannya dan warnanya natural.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya teh.
      Dan bukan kayu sembarangan juga ternyata.
      Harus kayu jati atau kayu jenis lain yang keras.
      Karena kan puzzle ini dimainkan dengan ditarik, ditekan, kadang ada yang dibanting karena geregetan, hehe, jadi bahan bakunya kayu berkualitas agar tidak pecah.

      Hapus
  9. Masuuk pak Ekoo ! Keren banget ide nya. Saya beberapa kali menemukan yang sejenis ini kadang di bazar atau pameran buku. Tp ngga ngeh pak eko atau bukan . anak-anak pernah beli, tp level pemula aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin pak Eko, mungkin juga bukan.
      Suami saya juga katanya pernah beli mainan sejenis saat ada bazar di masjid Salman ITB tahun 2001, dan ternyata itu pak Eko juga.
      Beliau rutin mengikuti bazar dan pameran di kota-kota besar, termasuk di Bandung.

      Hapus
  10. Wah kreatif banget ya
    Bisa jadi hadiah atau oleh oleh favorite nih

    BalasHapus
  11. Oooh itu Puzzle IQ pa Eko toh namanya? Aku punya tuh yg kayu-kayu itu, ada 2 macam. Memang beli di Jogja sih. Mayan mengasah otak...Tapi lama-lama ya hafal. Harus cari yang model lain kayaknya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak.
      Kalau sudah hapal, jadi bosan. Harus upgrade level kesulitan berikutnya.

      Hapus
  12. Kalau mainan puzzle memang enaknya jangan dikasih kunci sih, Mbak. Jangankan kunci, kalau ada yang berisik memberitahu bahwa ini harus begitu, setelah ini kesitu, lalu begini, lalu begitu, saya sudah malas melanjutkan jadinya, hahaha ... Langsung deh, bibir mengerucut, lalu orangnya saya usir jauh-jauh, wkwkwk ... Beneran deh, melatih rasa nggak mudah menyerah kalau puzzle mah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya.
      Ibarat suruh ujian tapi dikasih kunci jawabannya, kan ngga seru, hehe :>

      Hapus
  13. Mainan begini sungguh menarik bagibsaya membelikan buat anak mba.
    Ada tetangga saya yang kalo pulang dari jawa selalu beli mainan kayu unik begini. Selain unik dan edukatif juga murah meriah.
    Di medan gak ada yang jual kecuali impor juga dari jawa. So pasti harganya juga mahal. Hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa beli online mbak.
      Satu set sekalian agar ongkir lebih ringan.

      Hapus
  14. Bagus yah puzzelnya ini. Terbuat dari kayu jafi pastinya awet. Apalagi manfaatnya itu lho. Bisa melatih daya berpikir anak. Terlebih kalau mereka bisa menaklukkan puzzel IQ ini sendiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belajar menyelesaikan masalah ya mbak. Untuk dewasa seperti kita juga bagus.

      Hapus
  15. Wah makasih ya mbak..
    Aku save nomornya..
    Pgn beli in anak..
    Selain bentuknya unik, juga besar manfaatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan mbak.
      Datang langsung ke rumah pak Eko jika tempat tinggalnya dekat. Biar puas milih2 variasi bentuknya.
      Jika tidak ya bisa dipesan online.

      Hapus
  16. Unik yaa permainannya mau coba ah untuk anak tersayang yang level 2 nya. Karya anak bangsa wajib kita dukung.

    BalasHapus
  17. Waahh sayang tutorialnya gak ada lagi. Tapi kalau nyerah gak bisa nyelesin puzzle kyknya perlu nemuin Pak Eko lagi ya haha.
    Btw kalau ada edisi yang diwarnain keknya bakal lbh menarik lagi ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngga perlu tutor lagi lah mbak. Biar ada usaha gitu.
      Idenya boleh juga diwarnai. Boleh tuh pesanan cutom langsung sama Pak Eko.

      Hapus
  18. Sangat jarang saat ini ditemui puzzle IQ ini, permainan menantang yg mengasah otak, bentuk nya unik2 pula.. 😍 saya juga jadi ingin memainkannya huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo beli mbak.
      Upgrade ketrampilan menyelesaikan teka teki hidup. #eh

      (((teka teki hidup)))

      Hapus
  19. Bagus bagus banget puzzlenya aku juga pengen belikan anakku. Kalau di sekolahnya banyak sih disiapkan buat anak2 bermain. Mantap nih kalau anak2 distimulasi terus pakai puzzle IQ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mbak.
      Untuk dewasa juga ada. Saya saja belum tentu bisa menyelesaikan juga dalam seminggu atau sebulan.

      Hapus
  20. Eh mainannya lucu lucu, harganya pun terjangkau yaa.. Bagus nih jadi mainan edukatif pengisi liburan si kecil (walau liburan tinggal sebentar lagi...)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dimainkan sepanjang waktu dan kapanpun kok mbak. Ngga harus nunggu liburan :)

      Hapus
  21. aku juga seneng sama permainan kaya gini. merasa tertantang aja. waktu di Bali aku beli puzle satu pack yg isinya beberapa permainan puzzle yang berbeda2 buat ponakanku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya tuh mbak.
      Selain menghibur juga melatih kesabaran dan konsentrasi ya.

      Hapus
  22. Aku mbayangin bagaimana detailnya dan harus telaten banget dalam proses pembuatannya. Dengan harga segitu dapat 13 item menurut saya itu cukup murah. Bayangin aja coba kalau bikin sendiri... bisa-bisa nggak akan jadi puzzle seperti ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak. Dan pastinya itu ada rumus tertentu kan ya. Kesesuaian bentuk dan ukuran agar bisa terhubung satu sama lain dan bisa dibongkar pasang. Asli njlimet sih ini.

      Hapus
  23. Dulu kayanya pernah lihat mainan ini diacara televisi dan tertarik untk beli tp gak tahu harus beli dimn, mksh ya mbak infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, kebetulan puzzle IQ pak Eko ini bisa dipesan online mbak. Silakan dihubungi langsung pak Eko-nya.

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung. Ditunggu tanggapan dan komentarnya ya.