09 September 2023

Manfaat Baca Buku Biografi Orang Sukses dan Hebat, Ketularan Sukses?

Tags

Manfaat buku biografi


Kalian punya kutipan favorit?


"Tidak ada orang malas yang sukses, dan tidak ada orang sukses yang malas."


Itu kutipan yang saya ingat-ingat betul agar makin semangat membangun bisnis maupun kehidupan sehari-hari. 

Kutipan dan kata motivasi seperti ini seringnya saya dapatkan dari buku yang saya beli di bazar, misalnya. Tapi semenjak pandemi, saya belum pernah pergi ke bazar buku. Hampir 4 tahun ternyata. Alasannya karena belum ada lagi bazar buku sejak merebaknya pandemi sih sebenarnya.


Ya, salah satu jenis buku yang paling saya cari adalah buku tentang jejak perjalanan karir orang-orang sukses dan hebat. Dari kisah mereka itulah kita bisa belajar banyak.



Manfaat Membaca Buku Biografi Orang Sukses dan Hebat


Setidaknya, ada 3 hal yang bisa kita ambil dari buku biografi orang sukses.


1. Pelajaran hidup


Hidup ini singkat. Terlalu singkat untuk merasakan terlalu banyak kegagalan sebelum meraih sukses. 


Banyak yang bilang kegagalan adalah sukses yang tertunda. Tapi jika kita bisa sukses tanpa gagal lebih dulu, tentu lebih baik. Bagaimana caranya?


Salah satunya ya mengambil pelajaran hidup dari orang-orang sukses. Jika tidak ingin gagal, maka saya harus begini dan tidak boleh begitu, semacam itu kira-kira. Meski dalan implementasinya, pasti berbeda hasilnya tiap orang.


2. Motivasi


Roda kehidupan itu berputar, memang benar sekali. Kalau kita menyadari hal ini, hidup akan dijalani dengan lebih "tertata". Setidaknya saat berada di atas kita tidak lupa diri, dan ketika di bawah kita selalu punya motivasi untuk bangkit lagi.


Kesempatan kadang bisa terlewat, keberuntungan kadang belum berpihak. Tapi, optimisme jangan pernah hilang. Untuk itulah buku-buku biografi orang besar dan buku motivasi dari orang sukses itu perlu untuk dijadikan bahan bacaan.


Mereka sudah start lebih dulu, sudah pernah gagal dan jatuh, lalu bisa tetap maju berjuang dan meraih kejayaan, itu jadi motivasi. 


3. Tips dan Kiat Sukses


Karena orang hebat sudah pernah mengalami bermacam hal, mereka biasanya memiliki tips dan trik agar berhasil jadi orang sukses. Ada yang ditulis secara gamblang dalam buku, ada pula yang harus kita serap. 


Tips dan kiat sukses mereka sebenarnya sudah jadi rahasia umum. Sebut saja:

  • Disiplin
  • Fast respon
  • Expert di bidang tertentu
  • Memiliki keunikan dan ciri khas
  • Konsisten
  • Managemen waktu
  • Bangun pagi
  • Dll

Hal yang sudah jadi rahasia umum seperti disebutkan di atas, jika ditulis dalam buku motivasi atau buku biografi orang sukses, akan berdampak besar karena biasanya ada pengalaman di balik suatu kejadian.

Apalagi jika ditulis dengan bahasa yang ringan dan diselingi humor, akan mengena sekali.

Tokoh hebat pun sesuai dengan bidangnya. Ada tokoh politik, ada pegiat seni, pebisnis, tokoh agama, pembuat film, atau juga make up artist sukses, dll.

Itulah mengapa saya suka membaca buku biografi dan buku motivasi. Termasuk ketika di bazar buku Pekalongan dan bazar buku Pemalang beberapa waktu lalu, saya pun membeli beberapa buku kumpulan biografi.

Seiring dengan kemajuan zaman, biografi tokoh hebat tidak hanya bisa didapat dari buku. Melalui kanal video, web, bahkan aplikasi media sosial, kita bisa tetap mengambil banyak pelajaran dari orang hebat sesuai bidang yang kita sukai dari seluruh penjuru dunia melalui internet.


Lebih canggih lagi, karena di media-media yang terhubung dengan internet ini, informasinya akan terus diperbarui. Kita bahkan bisa mengikuti keseharian mereka dalam beraktifitas sehari-hari. Tidak menutup kemungkinan kita bisa berkomunikasi langsung dan mendapatkan motivasi serta tips dan trik lebih cepat.


Meski belum ada lagi bazar buku tempat saya bisa berburu buku biografi, saya tidak kekurangan bahan dalam mencari sumber informasi dan motivasi.


Dan dari sekian banyak manfaat membaca buku biografi dan buku motivasi, serta mengikuti kisah hidup orang sukses, akan makin bermanfaat lagi jika dipraktikkan. Agar semua yang kita baca tak sekedar jadi pengetahuan tapi juga jadi solusi permasalahan hidup dan pekerjaan. Ketularan suksesnya? Penginnya begitu. Kalaupun belum juga sukses, minimal efforts-nya sudah ketularan. Setuju?


Btw, sukses bagi setiap orang itu beda-beda ya. Menurutmu, apa arti sukses bagi kalian?***



Blog tentang kecantikan, make up, fesyen, mode, dan budaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Ditunggu tanggapan dan komentarnya ya.