12 Agustus 2023

7 Keunggulan Pantai Pasir Kencana Pekalongan yang Bikin Wisatawan Betah

Pantai Pasir Kencana Pekalongan


Nggak terasa, akhir liburan kenaikan kelas sudah berakhir. Saya dan keluarga pergi ke Pantai Pasir Kencana Pekalongan. Ini kali kedua keluarga saya pergi ke tempat ini. Memang wisata pantai nggak pernah ngebosenin. Sama seperti wisata alam lain seperti ke hutan, ke gunung, atau tempat wisata alam lain yang banyak dipilih untuk dijadikan tujuan wisata keluarga.

Pantai memang tetap jadi favorit terutama buat saya yang tinggal di daerah perbukitan. Tiap pergi ke pantai, hati terasa lepas dan lapang. Sejauh mata memandang, tidak ada penghalang pandangan.

Wisata pantai ini dekat dengan jalan raya. Aksesnya mudah. Sama seperti Pantai Laguna Barru yang juga selalu ramai dikunjungi karena mudah di akses, dekat dengan jalan raya dan permukiman.

Pantai Pasir Kencana ini sudah lama dikelola pemerintah kota. Waktu saya kecil pun, sudah pernah ke sini bersama keluarga dan teman-teman. Lama tak datang kemari, rupanya tempat ini baru saja dibangun dan dibuka kembali dengan konsep yang baru.


Kami datang menjelang sore. Karena belum lama dibangun, pepohonan khas pantai, seperti palm-palman, pohon kelapa ataupun tumbuhan lain, belum tumbuh cukup rimbun. Kebayang kalau kami datang siang hari, mungkin bakal terasa menyengat dan panas terik.

Tempat ini amat ramai dikunjungi oleh wisatawan. Bisa jadi karena ini hari libur terakhir, bisa jadi karena hari menjelang malam dan banyak yang ingin menikmati momen sunset, healing, atau memang setiap sore seramai ini?


Healing ke pantai
Wisata pantai untuk seluruh keluarga yang
ramah anak



6 Keunggulan Pantai Pasir Kencana Pekalongan 


Beberapa hal ini adalah daya tarik Pantai Pasir Kencana Pekalongan yang menjadikannya jadi tujuan berwisata. Pengunjung betah berlama-lama menghabiskan waktu di pantai ini. Pastinya banyak pula pengunjung yang datang berulang kali karena memang mengasyikkan.

Pada hari-hari tertentu, banyak komunitas atau instansi yang mengadakan event di tempat ini. Kebanyakan hari yang dipilih adalah weekend (Hari Sabtu dan Minggu) seperti senam bersama, berbahai lomba bagi anak-anak maupun dewasa, family gathering, dan lain sebagainya.

7 Keunggulan Pantai Pasir Kencana Pekalongan itu, adalah:


1. Akses yang Mudah


Pantai ini terletak di Jalan Pantai, Wonokerto, Panjang Wetan, Kec. Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jawa Tengah.

Tempat ini hanya sekitar 15 menit dari alun-alun Kota Pekalongan ke arah utara melewati Museum Batik Pekalongan, atau ke arah barat laut melewati UIN KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

Menyusuri pantai ke arah barat, dari pantai ini juga dekat dengan Wisata Mangrove Park Pekalongan. Lain waktu akan saya tuliskan juga mengenai tempat menarik ini.

Pantai Pasir Kencana bisa diakses semua jenis kendaraan sampai ke lokasi. Mulai dari kendaraan sepeda motor, mobil pribadi, bis ukuran sedang, sampai bis pariwisata besar yang berkapasitas 60 orang, 

Tempat parkir kendaraan pun tepat di samping pintu masuk. Jadi, nggak perlu khawatir berjalan terlalu jauh dari tempat parkir menuju ke pantainya ya.


2. View Sunset yang Memukau


Ngomongin view pantai senja hari memang selalu indah di manapun tempatnya. Apalagi jika ditambah dengan sunset yang terpampang di depan mata. Sungguh ciptaan Tuhan yang indah tiada tara.

Nah, di pantai ini spesial, sunset-nya sungguh memukau. Menikmati sunset sembari duduk-duduk santai di sepanjang pantai pada tempat yang sudah disediakan, wisatawan bisa puas menikmatinya sampai tenggelam sempurna di cakrawala tanpa halangan. Sunset di pantai jadi daya tarik tersendiri buat tempat wisata pantai ini.


Sunset di pantai
Sunset di Pantai Pasir Kencana Pekalongan 


Sejauh mata memandang, sungguh keindahan ciptaan Tuhan yang tak ada duanya. Sunset yang berlangsung singkat, bikin aku menyadari bahwa waktu ternyata berjalan amat cepat. Maka nikmati detik demi detik dalam hidup ini seutuhnya bersama orang-orang tersayang.


3. Konsep Kekinian


Bangunan yang paling mencolok dan menjadi icon baru pantai ini sebenarnya adalah sebuah panggung yang amat besar. Panggung ini didesain dengan unik dan kekinian. Berdiri gagah tepat di tengah area pantai.

Tata letak keseluruhan tempat ini memperhatikan nilai estetika dan tertata apik. Mulai dari  jembatan-jembatan kecil yang melingkar di atas kolam-kolam renang yang dijadikan arena bermain skuter, sampai ke penataan tikar-tikar sepanjang pinggiran kolam tempat pengunjung bersantai, semua ditata dengan apik dan kekinian. Ini juga salah satu keunggulan dan daya tariknya lho.


4. Harga Tiket Terjangkau


Tiket masuk ke pantai ini cukup terjangkau
  • Tiket masuk hari kerja Rp 15.000,-
  • Tiket masuk akhir pekan dan hari libur Rp 20.000,-
  • Sewa skuter Rp 20.000,-
  • Parkir mobil Rp 5.000,-
  • Parkir motor Rp 3.000,-
  • Parkir bus Rp 10.000,-
Selain itu kita bisa membawa makanan dan minuman sendiri dari rumah untuk dinikmati di sini.

Jika ingin jajan, banyak booth penjual makanan dan minuman dengan harga yang juga terjangkau. Seperti sosis bakar atau goreng, seharga Rp 5.000,- saja per piece.

Cukup ramah kantong bukan?


5. Ada Live Music


Nah, keunggulan lain dari pantai pasir kencana, di panggung besar ini, pengunjung dapat menikmati live music dari band lokal yang membawakan bermacam lagu dan bermacam genre.

Mulai dari musik gambus modern, pop, RnB, dangdut, campursari, dsb. Pengunjung bisa juga request lagu yang ingin dimainkan.

Jika band sedang istirahat, musik tetap diputar dengan kualitas sound system yang bagus. Pengunjung yang ingin senang berkaraoke, bisa menyumbangkan suara emasnya untuk menghibur wisatawan lain. Tertarik menjajal kemampuan tarik suara? Datang saja ke tempat wisata pantai ini.


6. Fasilitas Lengkap


Fasilitas di tempat ini, yaitu:
  1. Parkir luas
  2. Toilet
  3. Mushola
  4. Panggung utama + perlengkapan sound system
  5. Kolam berenang + tempat bilas
  6. Penyewaan skuter + jalur dan jembatan arena skuter
  7. Kursi bantal santai + tikar
  8. Food court berbagai tenant dan counter

Tempat wisata seru
Para ibu bersantai mengawasi anak-anak
berenang di kolam dangkal



7. Bisa Berenang


Karena Kota Pekalongan termasuk wilayah pantai utara yang memiliki ombak laut cukup besar, pengunjung tidak diizinkan berenang di laut. Namun, bagi yang ingin berenang, terdapat kolam-kolam dengan berbagai tingkat kedalaman sesuai dengan usia, mulai dari yang paling dangkal untuk anak-anak sampai yang terdalam untuk dewasa.

Kolam ini asin ya gaes, karena airnya air laut. Meski begitu kolam ini terpisah, tidak menyatu dengan laut.

Tepian pantai di Pantai Pasir Kencana Pekalongan ini sendiri dibatasi semacam benteng yang cukup curam dari bibir pantai saat air laut surut. Pengunjung tidak dapat bermain ombak dan hanya bisa menikmati view gelombang laut dari pinggiran benteng.

Sebelum tempat wisata pantai ini dibangun seperti saat ini, dulu pun pengunjung tidak diperbolehkan bermain di tepi pantai dan hanya menikmati pemandangan dari bibir pantai yang dibatasi pagar. Tepian pantai dipenuhi baru-baru besar yang berfungsi untuk pemecah ombak. 

Nah, meski pantai utara berombak besar,di Pantai Pasir Kencana ini pengunjung tetap dapat berenang di kolam-kolam yang tersedia.

Oh iya, meski tidak bisa berenang di laut, kita tetap bisa bermain pasir pantai di area terbuka yang disediakan khusus area berpasir.


Wahana wisata pantai
Bisa sewa skuter buat anak-anak




Dengan segala keunggulan ini, nggak heran Pantai Pasir Kencana Pekalongan jadi wisata unggulan yang jadi icon baru Kota Pekalongan. 

Pergi ke tempat wisata seperti ini bisa jadi sarana bonding dengan keluarga. Jika setiap hari sibuk dengan aktifitas masing-masing, maka kesempatan seperti ini bisa dinikmati secara utuh untuk menjalin komunikasi lebih intens satu sama lain.

Memilih tempat yang akan dikunjungi bersama keluarga juga perlu ada beberapa pertimbangan. Kita bisa cari informasi lebih banyak mengenai apa dan bagaimana tempat tujuan wisata itu dari Beranda.co.id yang berisi berbagai topik, salah satunya tentang tempat wisata.

Beranda.co.id adalah sebuah portal berita online yang menyajikan berita terkini tentang dunia bisnis dan wirausaha untuk Milenial dan Gen Z, yang menyajikan berita terbaru dan informasi yang relevan bagi yang ingin terus mengembangkan diri baik dalam karir maupun bisnis.

Selain itu banyak pula artikel menarik lain mengenai bidang ekonomi, olah raga, UMKM, kesehatan, teknologi, serta berbagai berita terkini.


Beranda
Beranda.co.id kanal berita online lengkap



Berita yang ditulis di beranda.co.id sesuai dengan topik dan kondisi kekinian yang saat ini sedang hangat dibicarakan. Bahasanya mengalir, mudah dicerna, diksinya menarik dengan gambar yang relevan.

Cukup dengan satu kanal ini saja, berita terkini dan berbagai informasi dan pengetahuan menarik bisa didapatkan. Cari info tempat wisata menarik pun bisa.

Bagaimana dengan kalian nih? Kalo liburan, biasanya direncanakan dulu jauh-jauh hari atau spontan saja sesuai kata hati? 

Boleh share di kolom komentar ya.***


Blog tentang kecantikan, make up, fesyen, mode, dan budaya

1 komentar:

  1. Kalau lihat Foto-fotonya sepertinya pantainya memang bagus dan bersih jadi pengen ke pantai ini tapi jaraknya sangat jauh dari tempat saya.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Ditunggu tanggapan dan komentarnya ya.