02 Maret 2021

Beberapa Efek yang Dirasakan Tubuh Setelah Suntik Vaksin Covid 19

Tags

efek samping vaksin


Pekan lalu tepatnya hari Rabu, 24 Februari 2021 suami saya, Mas Jo, mendapatkan vaksin covid-19 tahap kedua. Pada vaksinasi tahap kedua ini, sasaran kelompok penerima vaksin meliputi petugas pelayanan publik (perangkat desa, BUMN, BUMD, dan pemadam kebakaran), pegawai pemerintah, petugas keamanan, wartawan dan pekerja media, tenaga pendidik (guru dan dosen), sektor pariwisata (staf hotel, restoran, dan tempat wisata), lansia, dll. 

Setiap orang akan mendapatkan dua kali suntik vaksin. Jarak antara suntikan dosis pertama dan kedua setidaknya 3 minggu atau lebih. Mas Jo dijadwalkan untuk suntik vaksin dosis kedua pada 10 Maret 2021 pekan depan tepat 3 minggu setelah suntikan pertama.

Banyak yang merasa khawatir akan efek samping dari vaksin korona yang digunakan ini. Saya yang tidak termasuk sasaran vaksinasi ini pun merasa penasaran, apa yang dirasakan setelah mendapatkan vaksin?



Reaksi tubuh setiap orang setelah mendapatkan vaksin tentu berbeda-beda sesuai kondisi fisik dan mental masing-masing. Nah, berikut ini beberapa efek yang dirasakan pasca divaksin covid:


Mengantuk


Efek mengantuk ini banyak dirasakan oleh penerima vaksin tahap pertama yaitu teman-teman tenaga medis. Banyak teman bidan dan perawat yang berkata pada saya mereka merasa tegang sebelum menerima vaksin. Setelah mendapatkan vaksin, rasa kantuk langsung menyerang.


Nyeri di tempat suntikan


Ini efek yang sangat umum. Bagi kami perempuan yang memilih program KB suntik hormon pun, biasanya merasakan nyeri di tempat suntikan. Begitu pula pada bayi dan anak-anak yang mendapatkan vaksin apa saja melalui suntikan, akan merasakan nyeri. Rasa nyeri akan makin terasa jika pada saat disuntik pasien merasa tegang sehingga otot-otot lengan mengeras. Rasa nyeri ini akan hilang dengan sendirinya setelah 2 atau 3 hari.


sasaran vaksin tahap 2
Mas Jo setelah mendapat suntik vaksin covid 19


Sakit kepala


Beberapa teman yang sudah mendapat vaksinasi korona ini juga mengatakan sehari pasca divaksin mereka merasakan sakit kepala yang juga akan segera berangsur-angsur hilang. Sakit kepala yang dirasakan pun bukan sakit kepala hebat.


Nyeri otot dan pegal-pegal


Efek nyeri otot dan pegal-pegal ini yang dirasakan Mas Jo suami saya setelah dua hari mendapatkan vaksinasi. Namun, nyeri otot yang dirasakan masih dalam batas wajar dan tetap bisa beraktifitas normal seperti biasa. Dua hari kemudian, pegal-pegal itupun sudah tidak dirasakan lagi.


Mengigil dan demam


Penerima vaksin corona juga ada yang merasakan efek ini: menggigil dan demam ringan. Reaksi ini juga umum terjadi saat tubuh menerima vaksin jenis lain. Demam ringan ini juga akan segera hilang dan tidak memerlukan obat.


kriteria penerima vaksin corona
ceklis sebelum vaksinasi



Selain lima hal di atas, ada juga efek yang sering dirasakan oleh penerima vaksin corona antara lain: diare, kelelahan, alergi terhadap salah satu komponen dalam vaksin. Pada calon pasien yang memiliki riawayat alergi parah, pasien tidak bisa divaksin untuk menghindari kemungkinan efek samping yang lebih serius. Selain itu, orang yang sedang sakit dan mengalami gejala covid-19, baru bisa mendapatkan vaksin setelah gejala-gejala tersebut sudah sembuh.


Baca juga:



Saat Harus Mendampingi Anakku Operasi Bedah



Bagi saya yang sedang hamil trimester ketiga dan termasuk rentan terhadap penyakit, saya sangat aware dengan pemberian vaksin ini. Saya rajin mencari tahu apa dan bagaimana sebenarnya vaksin covid 19 ini. Apalagi di tengah pemberitaan yang bermacam-macam di berbagai media, membuat kita harus cerdas memilah mana informasi yang benar dan mana yang tidak. 


Beruntung sekarang ada Halodoc yang berisi info seputar kesehatan lengkap. Halodoc sudah terpercaya dalam bidang kesehatan. Di situs ini, ada layanan konsultasi dokter, baik dokter umum maupun dokter spesialis jika kita memiliki gejala kesehatan yang mencurigakan. Pastinya sangat bermanfaat dan membantu di tengah pandemi yang tak memungkinkan kita untuk datang ke rumah sakit setiap waktu untuk memeriksakan kesehatan. Jika membutuhkan rujukan ke rumah sakit, kita juga bisa membuat janji terlebih dahulu melalui aplikasi Halodoc.


kartu vaksinasi covid-19
penerima vaksin akan mendapat
kartu vaksinasi covid-19
untuk mencatat suntikan dosis 1 dan dosis 2



Nah, jika dilihat dari efek samping tersebut di atas, sepertinya kita tidak perlu khawatir ya, untuk bersedia divaksin saat vaksin siap. Organisasi kesehatan dunia (WHO) dan otoritas yang mengatur pemberian vaksin pun akan terus memantau penggunaan vaksin ini untuk memastikan bahwa semua berjalan dengan aman.***

Blog tentang kecantikan, make up, fesyen, mode, dan budaya

50 komentar:

  1. Wah, iya mb. Saya kemarin juga barusan dapat vaksin covid juga. Abis disuntik langsung ngantuk banget. Rasa pegal2 masih ada tapi dalam taraf normal. Untuk pusing alhamdulillah nggak sih. Makan aja yg enak2 trus minta dipijitin ana suami. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya malah belum mba. Baru suami.

      Untuk bumil pemberian vaksin ditunda sampai melahirkan.

      Hapus
  2. Wah enak sekali yang sudah divaksin ya. Meski efek sampingnya cukup beragam, tapi setidaknya sistem imun di tubuh lebih meningkat menghadapi serangan virus covid.

    Kalau pengangguran gak dapat vaksin dong ya??

    Aplikasi Halodoc ini lengkap juga ya, semua informasi kesehatan lengkap tersedia...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan tentang pengangguran atau bukan sih.

      Lebih tepatnya skala prioritas.

      Yang didahulukan adalah orang-orang yang harus tetap bekerja di luar dan berinteraksi dengan banyak orang, lansia n rentan terhadap penyakit.

      Bukan hanya di Indonesia, seluruh dunia menerapkan skala prioritas ini.

      Jika ingin mengecek apa kita terdaftar sebagai calon penerima vaksin bisa melalui pedulilindungi.id/cek-nik

      Masukkan nomor nik KTP kita untuk cek.

      Hapus
  3. Thanks infonya menambah pengetahuan dan percaya diri kalau nanti harus di vaksin

    BalasHapus
  4. Efeknya ini termasuk umum sebenarnya ya karena tubuh menyesuaikan hal baru di dalamnya. Namun pastinya senang ya karena imun jadi mulai terbiasa.

    Oh di Halodoc brt bisa konsul mengenai keluhan pasca vaksin ini kah berarti ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa banget mba, konsul mengenai keluhan pasca vaksin di halodoc

      Hapus
  5. Syukurlah ya semakin banyak warga Indonesia yang dikasih vaksin. Kemarin teman saya yang guru juga habis divaksin, katanya mengantuk berat. Tapi ekses yang lain sih hamoir enggak ada, jadi semoga aman sampai membentuk herd immunity buat warga lain yang belum divaksin. Tanya-tanya seputar kesehatan asyik ya lewat Halodoc karena praktis dan antiribet. Bisa online jadi ga perlu ke mana-mana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mba.
      Tetep jaga 5M juga meski sudah divaksin.

      Hapus
  6. Ternyata banyak juga efeknya setelah vaksin virus Covid 19 ya, Mbak. Dan kalau masih dalam tahap wajar sih, tidak masalah. Misalnya mengantuk, deman dan menggigil ringan dan sebagainya. Nah, yang perlu diperhatikan kalau ada orang yang punya riwayat penyakit, termasuk alergi. Jangan sampai setelah vaksin, malah menimbulkan penyakit baru.
    Terima kasih infonya, Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelum divaksin dilakukan pemeriksaan dulu kok, yang ada penyakit bawaan termasuk alergi, akan mendapat penanganan khusus.

      Hapus
  7. diriku kemarin mendapat suntikan pertama dan kedua efeknya hanya ngantuk dan laper. hehehe aman sih, hari ke 7 sempet ngalamin tenggorokan ngga nyaman tapi sebentar aja sih, 1-2 hari normal kembali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah

      Saya malah belum divaksin karena sedang hamil.

      Hapus
  8. Karena kondisi tubuh masing orang beda-beda, sama halnya kayak anak bayi yang di imunisasi. Pasti ada efek sampingnya. Tergantung kondisi tubuh masing-masing

    BalasHapus
  9. Penasaran sama vaksin nya, hehe, karena walau bagaimana pun upaya untuk pencegahan serta agar pandemi lekas berakhir harus terus digencarkan salah satunya dengan vaksinasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah!
      Salah saru ikhtiarnya ya vaksin ini ya.

      Hapus
  10. Aq sering liat bapak2 aparat polisi sampai perawat yang ketakutan saat mau di vaksin. Padahal ini semua dilakukan agar pandemi segera berlalu ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mereka phobia jarum suntiknya mba, bukan takut sama vaksinnya sih setahuku

      Hapus
  11. Suami juga barusan vaksin virus covid-19, tapi baru yang tahap pertama. Dan semua poin yang tertulis di sini dirasakan oleh suami. Sempat ketar-ketir juga sih pas pegang keningnya agak demam. Tapi kemudian kubuat relax, membayangkan waktu anak-anak dulu habis diimunisasi kan ya biasanya jadi anget. Alhamdulillah sekarang udah nggak nyeri. Tinggal nunggu tahap kedua.

    Ada yang bilang vaksin tahap kedua efeknya bisa dua kali lipat dari yang pertama ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selama tidak ada tanda kontraindikasi terhadap vaksi berupa alergi berat (sesak napas, bengkak, urtikaria seluruh badan), suntik vaksin kedua tetap aman dilakukan.

      Hapus
  12. Kira-kira kalau aku antrean keberapa ya? Hehe. Beberapa teman yang ASN, guru sudah di vaksin juga. Ternyata efek sampingnya mengantuk ya kak.
    Btw kalau ada alergi gimana ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang alergi berat akan ditangani khusus dan dilakukan di RS

      Hapus
  13. wah aku belum divaksin untuk umum belum ada vaksin gratisan yaa? kalo vaksin covid yang berbayar berapa yaa? ada yg bilang jadi lumpuh karena vaksin covid...itu hoaks yaa? untung ada halo doc yaa jadi kita konsultasi semua kecemasan kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya.

      Bisa cari tau berita yang terpercaya di halodoc

      Hapus
  14. Semoga dengan semakin banyaknya orang yang sudah divaksin, penyebaran virus bisa berhenti dan pandemi bisa segera berakhir, ya...
    Aamiin Ya Rabbal'allaamiin

    BalasHapus
  15. Wah iya nih penting tau efek samping setelah vaksin biar tidak khawatir. Kami belum dapat jadwal nih

    BalasHapus
  16. apakah setelah di vaksin lebih dari seminggu kita terhindar dari covid-19 dan tidak pake masker? penasaran deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fungsi vaksin adalah untuk meningkatkan perlindungan n kekebalan terhadap virus. Tidak menjamin 100 persen bebas penyakit.

      Tapi... tugas manusia tetep harus ikhtiar n doa kan ya. Jadi tetep ikhtiar pakai masker n protokol kesehatan lain meski sudah divaksin covid.

      Vaksin apapun cara kerjanya ya seperti itu sih, imho

      Hapus
  17. Kalau punya alergi, rasanya perlu cwk ricek soal alerginya kah?

    Suami saya baru dapat jadwal saja sih dari kantor.

    Semoga nanti efeknya nggak terlalu bahaya. Kalau efeknya mengantuk ini, kira kira berapa lama ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul. Sebelum disuntik akan diperiksa dulu.

      Mengantuknya masih batas wajar sih katanya

      Hapus
  18. memang klo habis vaksin ada ya efeknya
    suamiku bsk ada jadwal vaksin, semoga efeknya g banyak
    bsk satu kantor dinasnya di vaksin

    BalasHapus
  19. Makanya katanya penderita Asma sebaiknya gak divaksin ya kak, soalnya kan biasanya asma muncul karna alergi. Aku asma soalnya, tapi bukan berarti bebas vaksin kan ya? Tetap aja aku mau divaksin kalau dibolehin dokter.

    BalasHapus
  20. Now we can understand why anak-anak akan rewel pasca imunisasi yes. Karena bahkan orang dewasa pun mengalami efek yang sama setelah divaksin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba.
      Efek ini tanda2 vaksin sedang bekerja dan tubuh sedang beradaptasi.

      Hapus
  21. Banyak juga efek yang mungkin bisa timbul setelah divaksin ..
    Jadi keingetan dulu waktu SD divaksin BCG jadi demam berhari-hari 😊.

    Apakah sebelum divaksin covid-19 seseorang di test dulu kemampuan tidak tubuhnya mendapat suntikan vaksin, kak ?.
    Soalnya yang kutau infonya, penderita alergi tidak bisa disuntik vaksin covid 19.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul. Ada tes kesehatan dulu sebelum disuntik

      Hapus
  22. Untuk masyarakat umum seperti nya masih agak lama ya dapat vaksinasi.

    Ternyata ada beberapa efek samping setelah di vaksin, salah satunya mengantuk, sakit kepala, nyeri otot dan juga pegal. Kalo nyeri habis disuntik ya wajar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya.
      Mudah2an ikhtiar ini bisa menekan angka kasus positif n pandemi segera berakhir

      Hapus
  23. pertama kuaminkan dulu, semoga kehamilan tm 3 nya ini sehat wal afiat sampai tiba saatnya si debay lahir ya kak...begitu pula mamanya

    kedua, aku save dulu bagaimana tanda tandanya usai vaksin, siapa tahu kelak akan tiba giliranku mendapat vaksin...

    BalasHapus
  24. banyak banget efek sampingngya, semoga usaha vaksinasi ini membuahkan hasil yang baik

    BalasHapus
  25. Banyak juga ya efek sampingnya Mbak.
    Tapi demi kesehatan, nggak apa-apa sih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lumayan banyak.
      Tapi asal badan sehat, tak terlalu mengganggu aktifitas.
      Ya, demi kesehatan.

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung. Ditunggu tanggapan dan komentarnya ya.