03 Januari 2021

Mudahnya Menjauhkan Diri dari Lemak Jenuh

Tags

makanan mengandung lemak jenuh


Pada intinya lemak berperan dan memberikan manfaat bagi tubuh kita. Namun, ada juga jenis lemak yang bagus dan ada juga yang jahat. Sebaiknya kita mengonsumsi lemak baik serta menghindari lemak yang jahat. Lemak yang memiliki potensi buruk untuk kesehatan badan banyak terkandung dalam lemak jenuh serta lemak trans. Karena itu, jauhkan diri dari lemak jenuh agar badan lebih sehat.


Badan kita menghasilkan lemak dari kelebihan kalori yang masuk di badan. Ada lemak yang kita makan serta berperan bagi sumber energi badan yaitu lemak makanan (dietary fat). Lemak makanan bisa datang dari hewan atau tumbuhan (minyak nabati). Tidak hanya menjadi sumber energi, manfaat lemak yang lain adalah menolong peresapan beberapa tipe mineral dan vitamin yang masuk di dalam tubuh.


Namun demikian, ada sisi buruk lemak yaitu memiliki kandungan kalori tinggi yang bisa memperbanyak berat badan dengan cepat apabila dikonsumsi terlalu berlebih. Oleh karena itu, kita harus mengetahui beberapa jenis makanan yang mengandung lemak jenuh dan harus dihindari.


Apakah itu Lemak Jenuh?



Lemak dihasilkan dari 2 macam molekul yaitu asam lemak serta gliserol. Jenis dan kandungan asam lemak ini yang memastikan efek lemak pada tubuh. Lemak jenuh adalah salah satu jenis lemak yang sebagian besar berasal dari hewan seperti daging unggas, daging merah, serta produk susu yang kaya lemak.


Lemak jenuh apabila dikonsumsi terlalu berlebih bisa meningkatkan risiko masalah kesehatan seperti bertambahnya infeksi, terciptanya plak di pembuluh darah, serta kekuatan insulin. Lemak jenuh berlebihan ini berkaitan erat dengan resiko terserang penyakit jantung, stroke, serta diabetes tipe 2. Hal ini berlangsung karena terdapat penambahan kandungan kolesterol ‘jahat' (LDL) pada darah.


Umumnya, kita menghindari lemak karena alasan untuk mengelola berat badan. Padahal, lebih jauh dari itu, lemak jenuh adalah lemak jahat yang sangat harus dihindari karena dapat menjadi penyebab timbulnya masalah kesehatan yang serius.


Lemak dari tumbuhan kebanyakan merupakan lemak tidak jenuh. Meskipun begitu, ada pula jenis tumbuhan yang memiliki kandungan lemak jenuh seperti minyak sawit. Lemak tidak jenuh dikatakan sebagai lemak baik, lantaran jenis lemak ini merupakan lemak yang bisa meningkatkan kandungan lemak sehat (HDL) dalam darah serta mengurangi kandungan lemak tidak baik seperti kolesterol dan trigliserida. Kajian memperlihatkan kalau kandungan HDL yang tinggi dalam darah bisa mengurangi resiko terserang penyakit jantung dan kerusakan sel berlebih akibat infeksi.


Tips Menjauhkan Diri dari Lemak Jenuh



Bagaimanakah cara agar kita bisa terlatih mengonsumsi makanan yang minim kandungan lemak jenuh serta lebih banyak lemak tidak jenuh? Di bawah ini adalah sejumlah tips yang bisa anda lakukan dengan mudah.

  • Ketika membeli daging, mintalah potongan daging yang kandungan lemaknya sedikit. Buang kulit daging sebelum diproses dan bersihkan lemak yang masih tersisa.
  • Pastikan hanya mengonsumsi produk buatan susu yang mengandung lemak yang rendah, seperti yogurt atau susu rendah lemak dengan lemak 1 %.
  • Umumnya, pria diminta tak mengkonsumsi lebih dari 30 gr lemak jenuh setiap hari. Sedangkan batasan maksimum buat wanita adalah 20 gr.
  • Saat mengolah, ukur minyak dengan sendok makan sebelum dituang ke dalam wajan penggorengan untuk memeriksa berapakah yang akan dipakai.
  • Ganti cara mengolah dari menggoreng menjadi memanggang, rebus, atau mengukus.
  • Tambah buah, sayur, serta kacang-kacangan di dalam menu makanan, serta menghindari konsumsi daging berlemak.


makanan yang mengandung lemak jenuh
tambahkan buah dalam menu makanan dan
 cemilan, hindari daging berlemak



Hal yang Bisa Dilakukan untuk Mengurangi Kadar Lemak Jenuh



Lemak jenuh memang berbahaya bagi kesehatan. Dengan memperhatikan pola makan, artinya kita sudah mengurangi resiko dari berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh makanan yang tidak sehat.


Secara rinci, kita bisa mengikuti tips berikut sebagai panduan untuk mengupdate pilihan makanan agar bisa bertambah sehat.

  1. Hidangan prasmanan: pilih makanan yang tak bersantan buat menghindari lemak jenuh. Utamakan memilih santapan sayur, ikan, serta daging ayam ketimbang daging merah.
  2. Pizza: tentukan pizza dengan topping yang lebih sehat seperti ikan, udang, serta sayur, ketimbang keju serta daging merah.
  3. Spageti: pakai daging cincang rendah lemak untuk campurannya.
  4. Kentang goreng: pakai minyak zaitun buat menggorengnya.
  5. Telur: ketimbang digoreng, telur lebih bagus direbus.
  6. Pasta: sauce keju atau cream mempunyai kandungan lemak jenuh yang makin tinggi ketimbang sauce tomat.
  7. Yoghurt: pilih yang rendah lemak serta rendah kandungan gula.
  8. Kopi: kurangi secara bertahap, pilih yang tidak memiliki kandungan susu
  9. Cemilan: ketimbang cokelat, donat, atau biskuit, lebih bagus pilih buah-buahan, kacang-kacangan, serta yoghurt rendah lemak sebagai camilan.


makanan yang mengandung lemak jenuh
Lalapan dan ikan bakar menu andalan kami saat makan di luar.
Selain pola makan, refreshing dan menghindari stress bikin kita sehat



Kesimpulan



Pada prinsipnya, untuk jauhkan diri dari lemak jenuh cobalah untuk memilih makanan yang diolah dengan tepat seperti sayur, buah, ikan, kacang-kacangan, sejumlah bijian, minyak zaitun, keju, serta daging rendah lemak. Tidak hanya itu, hal yang penting diketahui adalah bahwa penyakit bukan hanya disebabkan dari pola makan, tapi juga dari aktifitas sehari-hari termasuk bagaimana mengelola emosi dan mencegah depresi, olahraga teratur, serta waktu tidur yang cukup.***




Blog tentang kecantikan, make up, fesyen, mode, dan budaya

33 komentar:

  1. Harus benar-benar cari makanan sehat ya kak demi tubuh yang sehat dan kuat. Apalagi jaman sekarang banyak banget tuh makanan yang mengandung lemak jenuh kayak junk food.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu.
      Kadang ngga bisa lepas sepenuhnya sih dari junk food. Tapi minimal kita imbangkan porsinya ya jangan berlebih.

      Hapus
  2. Daku kalau minum kopi inginnya yang plus susu atau pakai krimer. Wah ternyata kudu dikurangi nih biar nggak banyak lemak jenuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga belum sepenuhnya lepas mba, tapi iya betul, mulai banyak dikurangi aja dan diimbangi aktifitas fisik.

      Hapus
  3. Saya pecinta daging lemak nih, apalagi makan pake bakso, ternyata cukup berbahaya ya kalau mengonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak berlebihan, okedeh tetep makan daging tapi dikontrol dan diimbangi makan sehat lainnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup! Betul banget!
      Diatur porsinya dan diimbangi aktifitas fisik juga.

      Hapus
  4. Ternyata ada batas konsumsi lemak jenuh ya untuk perempuan dan laki laki setiap harinya. Dan perempuan batas konsumsinya lebih sedikit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan untuk lingkar pinggang melebihi 80 cm juga musti lebih aware lagi dengan asupan lemak jenuh dalam makanannya.

      Aku termasuk juga ini karena lingkar pinggang udah 83 cm.

      Hapus
  5. Waduuh.. saya tiap hari mengonsumsi lemak jenuh nih. Pantas badan makin melebar. Yang paling sering saya konsumsi tenti jenis camilan kayak roti, keju dan lainnya.

    Mulai nguragin nih. Harus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Diganti rujak atau buah lebih sehat mbak.

      Tetep ngemil tapi ganti menu, hehe...

      Hapus
  6. sebenarnya klo mau hidup sehat kita harus mau berubah y mba..
    mulai dari mengganti makanan kita, pilih makanan yg tdk mengandung lemak jahat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan lupa olah raga dan refreshing, biar sehat jiwa raga.

      Hapus
  7. Kalau makanan instan apalagi kebanyakan memang diberi lemak supaya terjangkau dan gurih, memang bagusnya kita masak sendiri biar terjaga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, ini bisa juga. Masak sendiri biar bahan2nya bisa kita atur n pilih yang bagus.

      Yang jelas ngga akan pakai minyak bekas berkali2 pake ya, buat bikin gorengan, hihi...

      Hapus
  8. iya sih. Kita menghindari lemak karena biar nggak makin gendut. Tapi ternyata masih suka makan makanan yang digoreng sembarangan. Duh, harus diubah pola pikirnya nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga dikit2 mulai cari alternatif makanan yang lebih sehat.
      Lama2 akan terasa manfaatnya di badan.

      Hapus
  9. Terima kasih atas tipsnya. Selama ini saya gak terlalu detail ketika ingin mengonsumsi makanan-makanan tersebut. Setelah membaca artikel ini, jadi tambah wawasan baru lagi nih.

    Meski demikian, kita masih bisa mengonsumsi lemak tersebut, namun dengan cara dan campuran yang tepat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul.
      Singkatnya, hidup seimbang aja ya mas.

      Hapus
  10. Lemak ada yang baik dan kurang baik ya kak. Kita tetap butuh saupan makanan mengandung lemak tapi dari jenis tertentu alias lemak sehat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul.
      Lemak dari bahan tumbuhan lebih bagus dan diperlukan tubuh, seperti minyak zaitun.
      Lemak dari ikan juga bagus dibandingkan lemak dari daging merah.

      Hapus
  11. Nah saya suka gitu, beli daging lemaknya kalau bisa ga ada
    Sampai penjualnya hafal dan biasanya disisain di hari tertentu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, keren, sampai penjualnya hapal loh!

      Hapus
  12. noted. hindari makan daging berlemak dan perbanyak buah yaaaa.. bener banget sih tapi segala sesuatu yang berlebihan itu emang ngga baik yaaa.. inget inget umur, emang mending mulai hidup sehat ajaaa

    BalasHapus
  13. Kalau kata Dokter Zaidul Akbar sih santan itu sehat asal nggak dimasak. jadi abis peras gitu air santan bisa langsung dicampur atau diminum. Nah kalau buat masakan ya susah ya kayak nggak nyatu gitu tapi kalau buat minuman OK saja.

    BalasHapus
  14. Membaca prasmanan jadi nyengir sendiri karena masih suka ambil yang asal aja, duh kalau pola makan dan idup nggak diatur memang nih bisa kena colongan sana sini. Harus jangan berlebihan dan seimbang yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk...
      Ya kan prasmanan sebulan sekali, jadi ngga papa pilih daging lah.

      Di rumah kan juga ngga tiap hari makan daging.

      Seimbangin sama menu lain aja.

      Hapus
  15. Tapi kadang kol goreng itu enak sekali mba hahahhaa, ayo ayo latihan konsumsi sayuran segar/kukus

    BalasHapus
  16. Aku akhir2 ini malah sering ngopinya capuccino, heu...
    Kudu pinter2 nyari alternatif buat makanan kita lebih sehat ya... Tapi kalo pizza meski aku suka topping seafood tapi berasa kurang kalo gak pakai keju dan daging merah. Godaan makanan enak emang

    BalasHapus
  17. Masih suka bakso mercon euyy, gimana ya..wkwkwk. Insyaallah dikurang2in deh dan diimbangi dengan asupan buah-buahan juga.

    BalasHapus
  18. Intinya kalau mau mengjauhi diri dari lemak jenuh kita memang harus memperhatikan baik2 pola makan ya dan berkomitmen menjauhi makanan yang bersantan, dll

    BalasHapus
  19. aku baru baru ini loh doyan alpukat, wkkkkk ternyata enak ya, dan lagi banyak bgt khasiatnya

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Ditunggu tanggapan dan komentarnya ya.