20 Agustus 2021

Nonton bluMusical, Makin Termotivasi untuk Fokus dan Disiplin Meraih Mimpi

Tags

aplikasi blu by BCA Digital


Zaman dulu, Agustusan kalau nggak ada lomba bakiak kok nggak rame. Eh, kemarin malam, pas nonton bluMusical di Youtube blu by BCA Digital, ada lomba bakiak!

Kenapa bakiak? Lomba bakiak punya filosofi mendalam loh. Tentang bagaimana kerja sama dalam mencapai mimpi dan tujuan, melangkah tanpa ragu menuju target, disiplin dan fokus, seperti semangat perjuangan para pahlawan '45.

Nonton bluMusical ini jadi salah satu penyemangat juga. Seolah diingatkan akan mimpi-mimpi anak muda zaman sekarang. Punya mimpi tapi ragu dan tak tahu mulai dari mana untuk mencapainya.


Apa Itu bluMusical?

bluMusical ini semacam pertunjukan musikal yang diisi gerak dan lagu oleh Yura Yunita dan kawan-kawan yang menceritakan tentang anak-anak muda yang punya mimpi-mimpi masa depan tapi bingung dari mana mewujudkannya. Banyak yang takut ini itu dan ragu untuk memulai. Acaranya seru lho.

Dalam acara bluMusical ini dihadirkan bintang tamu para entrepreneur muda yang memotivasi dan menginspirasi, yaitu:
  • Raymond Chin, CEO dan co-founder dari Ternak Uang, yang juga punya Youtube dan Podcast 20Under20 yang sering berbagi tentang topik entrepreneur di usia muda.
  • Jehian Panangian Sijabat, manager para talent muda dan influencer internasional untuk marketing bisnis di Indonesia yang juga punya bisnis di bidang food and beverages (FNB) bernama Menantea.
  • Eva Alicia, cewek kreatif yang punya passion melukis, content creator yang juga berbisnis costumized jewelry bernama She Wears Gold.

nonton bluMusical


Dari tiga bintang tamu ini, beberapa tips yang bisa dipelajari dan dipraktekkan, di antaranya:
  1. Tiap orang itu unik. Masing-masing orang punya skill, talenta, dan tujuan berbeda. Nggak perlu membandingkan diri dengan pencapaian orang lain.
  2. Bukan masalah berapa nominal uang di rekening kita, tapi seberapa jauh kita berkembang, apalagi jika bisa bantu orang lain untuk berkembang juga.
  3. Tak perlu berkecil hati dengan pencapaian diri karena semua orang punya timeline masing-masing. Tetap fokus membangun diri, ambil peluang yang ada agar tak menyesal di kemudian hari dan nikmatin prosesnya.
  4. Perlahan tapi yakin, itu kuncinya. Dan #YangPentingLakuin karena mimpi setinggi apapun kalau ngga dilakuin juga nggak akan tercapai dong.
  5. Beda dari yang lain, itu juga jadi nilai plus.

Senada dengan pesan yang disampaikan saat nonton bluMusical ini untuk #MulaiLangkahmu, saya makin termotivasi untuk membangun lagi mimpi yang tak selesai.

Selain itu saya juga makin fokus mengembangkan Rumah Tsabita agar menjadi usaha maju di bidang make up rias pengantin dan tailor.

Saya bersyukur Rumah Tsabita berkembang cepat dan menjadi jalan rejeki buat banyak keluarga yang bekerja dan terlibat di dalamnya. Sebagai owner, saya harus bisa mengatur keuangan sebaik mungkin agar bisnis tetap sehat dan semakin maju.

Makin besar usaha, tentu butuh pengelolaan keuangan yang tepat pula. Jangan sampai tercampur antara dana usaha dengan dana pribadi.



blu by BCA Digital

Nah, sebelum nonton bluMusical ini, saya sudah download aplikasi blu. blu adalah aplikasi BCA Digital yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).Aplikasi blu adalah produk mobile banking dari BCA Digital, yang merupakan anak perusahaan dari Bank Central Asia (BCA), dan merupakan bagian dari BCA Group. blu adalah platform perbankan next-generation.

Keamanan dan kredibilitas Bank Central Asia (BCA) membuat saya yakin bahwa perusahaan pembuat aplikasi blu ini terpercaya. Hal ini yang bikin saya nggak ragu memilih tabungan online blu di antara makin maraknya aplikasi sejenis yang juga menawarkan berbagai kemudahan dan promo menarik yang menggiurkan.

Aplikasi blu by BCA Digital ini akan saya gunakan untuk mengelola dana pribadi. Jadi, transaksi untuk keperluan pribadi dan keuangan keluarga tidak akan menggunakan dana usaha.

Tabungan online blu ini sangat simpel dan bisa dilakukan di mana saja. Pendaftaran dan proses registrasinya sangat cepat. Tim Halo blu sudah stand by sejak jam 6 pagi hingga jam 10 malam untuk melayani konsumen.


tabungan online blu



Cara Daftar blu


Nah, cara mendaftar aplikasi blu by BCA Digital ini adalah:

1. Download aplikasi blu melalui Play Store dan App Store. Support untuk android maupun iOS kok.

2. Untuk mempermudah proses pendaftaran, siapkan KTP, ATM BCA jika sudah menjadi nasabah BCA, NPWP jika sudah punya, serta koneksi internet yang lancar.

3. Mulai registrasi dengan memasukkan nomor handphone yang aktif. Lalu ikuti langkah-langkah yang tertera.

Mulai dari memasukkan email, kode referral jika ada, membuat password yang unik (memuat huruf besar dan kecil, minimal 8 karakter, ada simbol, ada angka), memfoto KTP elektronik, mengisi data pribadi termasuk memasukkan nama ibu kandung, sampai dengan foto selfi. Sama seperti mendaftar bank offline lah ya. Hanya saja ini dilakukan secara online bisa di rumah atau di mana saja asal masih terkoneksi internet.

4. Bagi nasabah BCA bisa memasukkan nomor hp yang terdaftar di e-banking BCA. Bagi yang belum menjadi nasabah BCA pilih non nasabah. Ikuti kembali petunjuk selanjutnya.

5. Langkah terakhir, bersiap untuk dihubungi tim Halo blu. Tekan tombol Hubungi Sekarang, lalu tim Halo blu akan melakukan video call. Kita akan diminta menunjukkan KTP dan wajah untuk perekaman. Prosesnya sangat cepat.

6. Tunggu maksimal 3 jam sampai rekening aktif. Kenyataannya nggak sampai satu jam sudah aktif kok.

7. Jangan lupa verifikasi emailnya ya. Dapatkan juga kode referral kamu.

8. Selesai. Kita sudah punya rekening blu dan siap melakukan transaksi.


Sayang kode referral saya LASMI7666 yang seharusnya aktif sampai 31 Agustus, sekarang ini sudah nggak berlaku. Tapi masih banyak promo yang menarik, seperti diskon 30% untuk pembelian produk Nike di bli bli, diskon 25% bayar belanja dengan blu, gratis biaya transfer untuk top up Gopay, dll. Oh ya, blu juga bisa untuk top up OVO lho.

Cocok sekali blu ini untuk rekening dana pribadi ya. Memudahkan kita untuk berbelanja kebutuhan pribadi dari rumah, plus dapat banyak promo. Kalau saya sih pasti lebih banyak belanja make up, skincare, dan pernak pernik fashion. Hehe....


download aplikasi blu




Cara Top Up blu

Cara top up blu juga mudah. Bisa dari transfer ATM Prima atau ATM Bersama. Atau dari aplikasi mobile banking bank pribadi dengan cara:
  1. Pilih transfer antar bank.
  2. Pilih Bank BCA Digital di daftar bank penerima. (Khusus untuk pengguna BRIMO tertulis Bank Digital BCA pada daftar bank penerima transfer). Masukkan kode bank 501.
  3. Masukkan nomor rekening akun blu.
  4. Masukkan nominal yang akan ditransfer untuk mengisi rekening blu.
  5. Lanjutkan prosesnya sampai selesai.


Mimpi Finansialku 

Nonton bluMusical ini bikin saya juga ingin segera mencapai mimpi finansial, yaitu mimpi yang besar yang berkaitan dengan uang. Di antaranya,

1. Bikin rumah pribadi dan kos-kosan.

Rumah yang saya dan keluarga kecil kami tinggali saat ini adalah rumah orang tua. Bapak dan Emak sudah sangat sepuh. Kini saatnya giliran kami merawat dan membahagiakan beliau berdua. 

Meski rumah ini besar dan bebas kami tinggali, tentu mimpi untuk memiliki rumah sendiri selalu kami bangun. Beliau berdua pun pasti bahagia jika melihat anaknya bisa punya rumah. Apalagi jika rumahnya juga sebagian dijadikan kos-kosan yang bisa menghasilkan uang.


2. Beli mobil

Anak saya sekarang sudah tiga, sudah besar-besar pula Si Sulung dan Si Bujang. Ke mana-mana sudah nggak muat naik di satu motor. Belum lagi bayi Meisya yang nggak bisa sering ditinggal karena baru 3 bulan dan masih ASI eksklusif.

Kami punya mimpi beli mobil. Selain untuk bepergian bersama keluarga, mobil ini juga bisa untuk berangkat dan pulang saat ngejob make up.

Selama ini kami selalu menyewa mobil jika liburan keluarga ataupun bekerja. Jika tak ada mobil, tetap harus menyewa ojek untuk membawa para asisten make up serta tas perlengkapan wardrobe. Karena itu saya dan suami ingin segera memiliki mobil. 

Dan, mobil kami pun bisa disewakan juga dong untuk tambahan uang bensin dan biaya perawatan. Haha, begitulah cara otak bisnis bekerja. Aset akan bekerja untuk pemiliknya.


3. Sekolahin anak-anak setinggi mungkin

Saya dan suami hanya menamatkan jenjang pendidikan diploma karena ketiadaan biaya. Oleh karena itu, kami ingin menyekolahkan anak-anak setinggi-tingginya. 

Perkembangan teknologi saat ini sedemikian maju. Anak-anak harus punya bekal sumber daya dan mental yang memadai dengan zaman mereka di masa depan.

Untuk itu, pendidikan adalah hal yang menjadi prioritas dan mimpi kami yang harus diwujudkan. Belajar di sekolah formal, pondok pesantren, kuliah, mengikuti berbagai les ataupun kelas-kelas pengembangan diri mereka, akan kami support penuh.
 
4. Bisa beli keperluan pribadi dengan uang sendiri

Saya ini punya banyak hobi. Ya hobi menulis blog, bertanam tanaman hias, hobi facepainting, juga yang lain.

Banyak pula pernak pernik keperluan hobi yang kadang dianggap kurang penting oleh suami. Jika terlalu sering meminta pada pasangan pun rasanya malu sendiri. Jadi saya ingin sekali bisa membeli benda-benda kesukaan dan membiayai hobi tanpa menggunakan dana usaha ataupun uang rumah tangga.


Mewujudkan Mimpi

Dari tiga mimpi besar di atas, banyak pula mimpi-mimpi lain yang ingin diwujudkan. Bagaimana caranya? Inspirasi saat nonton bluMusical sangat mengena loh, tentang gimana cara mewujudkan mimpi.

Mimpi besar pasti butuh biaya besar pula. Karena hidup tak cukup hanya mengandalkan hoki, maka saya memulai langkah dengan cara:

1. Menabung

Ada motivator yang bilang, menabung adalah hal merugikan karena nilai uang pasti turun. Jika ingin untung, belilah aset, begitu menurut motivator tersebut. Menurut saya pernyataan itu ada benarnya, tapi juga ada salahnya.

Benar, nilai uang akan selalu turun dari tahun ke tahun. Tapi kita akan sulit membeli aset jika tak menabung lebih dulu.

Jika rumah adalah aset, maka menabung adalah cara tepat untuk bisa memilikinya. Menabungnya di bluSaving dari blu. Jika tabungan sudah terkumpul, bisa mulai membeli material rumah sedikit demi sedikit. Lalu mulai menabung lagi uang hasil bekerja, gaji suami, uang dari menang lotre arisan, dikumpulkan untuk biaya tukang, konsumsi, dll.

Menabung akan sangat menguntungkan jika memiliki tujuan dalam menabung. Bukan sekedar mengumpulkan uang tanpa rencana uang tersebut akan digunakan untuk apa.


2. Urunan atau iuran

Khusus untuk rencana membeli mobil, sepertinya saya perlu urunan alias iuran. Ada fitur bluGether yang bisa menampung dana bersama sampai 25 orang.

Jadi, dalam satu rekening ini bisa diisi uang iuran mobil oleh saya, suami, dan dari dana usaha yang disisihkan. Wah, praktis juga ya.


3. Menyimpan dana pendidikan

Bisa dibilang, biaya pendidikan anak sampai ini bagi kami masih ringan. Si Sulung sekarang kelas 9 SMP. Tahun depan dia sudah SMA. Otomatis biaya akan bertambah.

Ada bluDeposit yang bisa menyimpan dana dalam jangka waktu tertentu. Depositnya juga bisa mulai dari 1 bulan, 2 bulan, dst, dan tak ada biaya pinalti jika pengambilan sebelum jatuh tempo, minimal 10 juta dengan suku bunga 4%. Wow.... Menarik! Dan pastinya menguntungkan secara finansial. #YangPentingLakuin.

4. Mencari tambahan pemasukan

Nah, saya mulai menekuni blog sebagai sarana mendapat tambahan pemasukan uang dari internet. Selain untuk membiayai blog ini sendiri, seperti bayar sewa domain, beli kuota data, uangnya bisa juga untuk membeli ini itu termasuk kosmetik, baju, dan pernak-pernik hobi.

Tabungan online blu bisa untuk melakukan berbagai transaksi keuangan serta tarik tunai di semua ATM BCA.

Fitur yang ada di aplikasi blu sangat sesuai untuk memulai langkah meraih mimpi. Saya yakin ke depan fitur di aplikasi blu by BCA Digital ini akan makin berkembang dan makin lengkap. Manfaatkan promo yang sedang berlaku pada periode tertentu untuk mendapatkan banyak keuntungan dari blu. Jadi nggak perlu ragu lagi untuk #MulaiLangkahmu bersama blu.

Nonton bluMusical selain menghibur dan juga memberikan pengetahuan finansial, di sana juga diperkenalkan fitur-fitur dalam aplikasi blu. Makanya saya langsung bisa merancang untuk apa saja fungsi fitur tersebut di atas.

Karena disajikan dalam gerak dan lagu, jadi penonton seperti sedang menonton pertunjukan musik biasa, tapi sebenarnya kita dapat banyak sekali pengetahuan dan juga inspirasi untuk menggapai mimpi masa depan. Guest star-nya juga nggak main-main lho, mewakili sosok sukses di masa kini dan sesuai dengan tren anak muda yang bisa sukses tanpa terpatok skema lama: sekolah, lulus, cari kerja, sukses. Sekarang untuk bisa sukses secara finansial, kita bisa memulai dari bidang apa saja, dari mana saja, dan kapan saja.

Kecerdasan finansial memang salah satu keterampilan hidup yang perlu dimiliki semua orang sebagai bekal sukses. Kemampuan mengelola keuangan akan memengaruhi impian yang ingin dicapai. Dan, yang terpenting adalah segera lakukan saat ini juga mimpi apapun yang kita punya. Pesan ini disampaikan secara mengena di bluMusical ini.

Ya, kalau bukan kita yang mulai mengatur keuangan untuk mencapai mimpi dan tujuan, siapa lagi? Kitalah yang memimpin diri sendiri menentukan prioritas. Kita adalah pemimpin yang bertanggung jawab atas kondisi keuangan kita sendiri.

Seperti quote favorit saya saat nonton bluMusical kemarin: perlahan tapi yakin, yang penting dilakuin, beda dari yang lain, kitalah pemimpin. Kalau saya sih, inginnya hidup ini bukan hanya untuk bekerja, tapi juga punya banyak waktu untuk jalan-jalan bersama keluarga, ibadah dengan tenang, membahagiakan diri, keluarga, dan orang tua, juga menikmati hobi. Makanya, semangat kerja keras dan kerja cerdas membangun mimpi finansial.

Semangat menggapai mimpi untukku dan untuk kalian!


aplikasi blu by BCA Digital
transaksi mudah dari mana saja


Yang mau nonton bluMusical juga, bisa banget ya di sini.






Blog tentang kecantikan, make up, fesyen, mode, dan budaya

14 komentar:

  1. Suka banget sama poin no 2 di atas:

    Bukan masalah berapa nominal uang di rekening kita, tapi seberapa jauh kita berkembang, apalagi jika bisa bantu orang lain untuk berkembang juga.


    Bisa jadi quote favoritku untuk lebih berkembang lagi.
    Terima kasih blumusical.

    BalasHapus
  2. eh ada bang ian, manajernya jerome polin yutuber kesukaan anak-anak. emaknya ikutan ngefans, hahha..
    blu ini makin lama makin keren ya mba lasmi, aksesnya mudah, transaksi apa=apa jadi gampang. kepikiran ingin punya blu jadinya

    BalasHapus
  3. Wah kayaknya bluMusical ini memang bisa bikin kita jadi termotivasi ya mba untuk menggapai mimpi mimpi kita. Oh jadi kalau kita mu nonton bluMusical perlu download dulu ya mba aplikasi blunya 😊

    BalasHapus
  4. Aq tertarik buat download aplikasi blu dari BCA ini juga mbak, biar jadi kekinian juga dong pastinya

    BalasHapus
  5. Makin keren aja BCA. Semakin memudahkan nasabah untuk menabung. Tertarik juga saya buka rekening di Blu

    BalasHapus
  6. Wah, enak juga kalau pakai blu ya? Lebih simple, aman dan nyaman tentunya. Ditambah lagi kita bisa dapat promo dan diskon juga. Ah, jadi pengen daftar blu juga nih

    BalasHapus
  7. Aku kalo lihat promo diskon jadi semangat. Mau deh download aplikasi Blue dari BCA, apalagi udah ada tabungan BCA juga. Tinggal siapin kartu ATM dan NPWP ya, oia sama jaringan internet yang bagus jga dong pastinya.

    BalasHapus
  8. wahh saya jadi penasaran nih sama aplikasi blu ini. Sepertinya harus saya download nih

    BalasHapus
  9. keren ya BCA

    gak hanya menerbitkan tabungan online blu, juga bluMusical

    lengkap deh fasilitas untuk milenial

    agar mereka semakin produktif

    BalasHapus
  10. Banyak anak muda yg takut utk melakukan hal yg dia inginkan. banyak pertimbangannya shg keinginan sulit tercapai. acara yg keren dg narasumber yg keren juga. ini memotivasi anak muda utk dapat berkarya dan menjalani hidupnya. Ternyata utk daftar di aplikasi Blu mudah sekali ya. dana pribadi jadi aman dan belanja pun banyak diskonnya dg aplikasi blu. lumayan bisa berhemat ya.

    BalasHapus
  11. Passion yang kita miliki bisa terus digali, masukan dari para narasumber bisa mendorong kita untuk yakin bisa wujudkan cita-cita. Ceki-ceki ah tayangan blumusical nya

    BalasHapus
  12. seru sekali acara blu musical nya kak
    saya juga sudah download aplikasi blu by BCA Digital ini
    sudah jadi nasabahnya juga

    BalasHapus
  13. Jadi penasaran sama blu BCA ini, apakah hanya untuk kalangan muda? Nanti aku mau cek, kebetulan anakku sebentar lagi udah bisa punya tabungan sendiri tanpa harus pakai nama ortu lagi

    BalasHapus
  14. Kak Saya belum mendaftar Blu. Setelah baca rangkaian artikel ini bakalan daftar ah sekeren ini ternyata Blu ya Dan gampang juga ternyata

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Ditunggu tanggapan dan komentarnya ya.