18 Agustus 2020

7 Tips Usaha Kuliner Hasil Maksimal Modal Minimal dengan Cara Daftar GoFood Online

Tags

cara daftar gofood online


Banyak yang beranggapan kalau mau membuka bisnis kuliner itu harus punya modal uang banyak dulu, harus punya lokasi strategis dulu, perlengkapan dan alat tempur yang komplit dulu, dll. Akhirnya maju mundur nggak jadi-jadi buka usahanya. Padahal, yang paling penting dari semua itu sebenarnya adalah membangun konsumen. Nah, zaman sekarang daftar GoFood saja sudah jadi satu langkah besar dan modal dasar loh, buat memulai usaha kuliner dan menciptakan konsumen.


Mengapa harus daftar GoFood? Sebab GoFood menguntungkan kedua belah pihak, ya penjual, ya pembeli. Ragam kuliner apapun, bisa menjadi mitra GoFood karena selera masyarakat pasti beragam soal makanan. Nggak harus makanan yang nge-hits, unik, dan antimeanstream kok. Jenis makanan tradisional pun banyak yang mendaftar GoFood. Mulai dari nasi uduk, seblak, gado-gado, ketoprak, dan lain-lain. Jenis kuliner seperti pizza dan aneka pasta, ayam goreng, dan berbagai minuman teh dan kopi pun makin memikat hati penggemarnya dengan cara daftar GoFood.



7 tips di bawah ini bisa ditiru loh untuk memulai usaha kuliner yang menghasilkan keuntungan maksimal meski modal minimal dengan cara daftar GoFood.


1. Tentukan jenis usaha kuliner yang spesifik 


Jenis usaha yang spesifik lebih mudah dicari oleh konsumen. Misalnya Es Durian (spesifik) lebih menarik perhatian konsumen daripada hanya membuka usaha Aneka Minuman (kurang spesifik). Makin spesifik akan makin menarik, apalagi jika usaha kuliner ini melayani pemesanan melalui aplikasi pesan antar makanan. 


Meski spesifik, bisa juga kok menyediakan beberapa pilihan varian rasa, seperti Es Cendol Durian, Es Campur Durian, dll. Jenis usaha yang spesifik akan mengurangi pengeluaran berupa printilan yang tidak perlu. Dengan begitu, modal bisa ditekan.


2. Tentukan target pasar 


Menentukan target pasar akan memudahkan pelaku usaha dalam menentukan harga, branding, dan strategi promosi, yang pada akhirnya juga memengaruhi modal. Target pasar konsumen milenial tentu berbeda pengemasannya dengan konsumen usia yang lebih dewasa. Begitu pula target pasar menengah ke atas akan berbeda pula dengan target pasar menengah ke bawah. Promosi yang tepat sasaran pada target pasar yang dibidik, akan memaksimalkan hasil dan menekan pengeluaran yang sia-sia yang sering bikin modal membengkak.


3. Branding yang sesuai target pasar


Nah, perkara branding ini tidak bisa dipisahkan dalam jenis usaha apapun. Termasuk dalam usaha kuliner, branding oleh pelaku usaha pun sangat penting. Tujuannya tentu agar jualan kita makin dikenal dan makin banyak pembelinya. Ya kan? Konon, branding menempati 75 persen dari promosi. Kalau branding-nya kuat, calon konsumen dapat langsung memesan begitu membuka aplikasi Gofood.


daftar gofood
pesan antar makanan praktis melalui aplikasi GoFood


4. Maksimalkan pelayanan dengan aplikasi pesan antar makanan


Inti dari sebuah usaha adalah menjawab kebutuhan konsumen. Kebutuhan konsumen di masa sekarang di antaranya adalah:


a. Ingin cepat


Mobilitas yang tinggi, aktifitas yang padat, kadang membuat sebagian besar orang tak sempat menyiapkan makanan sendiri. Kebutuhan konsumen ini pasti ingin mendapatkan makanan yang bisa segera dihidangkan dengan cepat. Nah, dengan mendaftar GoFood inilah, maka usaha kuliner bisa menjawab kebutuhan ini.


b. Pesan antar agar menghemat waktu konsumen


Meski sudah ada warung yang menyediakan makanan matang, kadang untuk membelinya saja konsumen harus menyempatkan waktu keluar kantor yang menyita waktu. Maka dengan mendaftar GoFood, pemilik usaha kuliner bisa memberikan pelayanan pesan antar bagi konsumen yang tak bisa datang langsung ke lokasi.


c. Praktis dalam pemesanan


Konsumen menginginkan cara yang mudah dan memudahkan. Cukup dengan satu aplikasi mereka bisa mendapatkan kuliner yang diinginkan. Aplikasi pesan antar makanan yang bisa diakses melalui smartphone sangat memudahkan konsumen.


d. Banyak pilihan


Tanpa datang langsung ke tempat usaha, konsumen bisa memilih beragam jenis kuliner. Tinggal pilih melalui aplikasi pada ponsel, lalu tunggu pesanan datang dengan food delivery.


e. Transaksi aman


Transaksi yang aman menggunakan PIN validasi, sangat dipertimbangkan oleh konsumen. Semua transaksi otomatis terekam dalam data transaksi, sehingga miningkatkan kepercayaan konsumen.

Kelima manfaat itu yang menjadi alasan para pelaku usaha kuliner kini mendaftar GoFood. Bagi pemilik usaha pun tak perlu khawatir, sebab cara daftar GoFood online sekarang makin mudah kok. 


food delivery
food delivery agar usaha makin maju



5. Menjual produk yang bagus 


Sering dengar kan ya, bahwa produk yang bagus akan menjual dirinya sendiri. Jika dulu promosi paling murah itu dari mulut ke mulut, maka sekarang promosi paling efektif adalah melalui media sosial. 


Kehadiran media sosial memberikan kesempatan seluas-luasnya buat para pelaku usaha dalam menjual produknya. Namun, hal itu hanya akan efektif jika produk yang dijual memang bagus, tentu saja. Maka juallah produk yang bagus dan pertahankan kualitas. Konsumen yang puas akan merekomendasikan produk secara sukarela. Jadi, menjual produk yang bagus juga salah satu cara meminimalkan modal, terutama modal untuk promo sana sini. Ya tho?


6. Semua orang menyukai diskon


Siapa yang tak suka diskon? Pasti semua orang menyukai diskon. Pada dasarnya, konsumen ingin mendapat keuntungan dari produk yang mereka beli. Nah, dengan mendaftar GoFood, pelaku usaha bisa memberikan diskon pada konsumennya berupa voucher potongan harga ataupun bonus beli 2 gratis 1. Konsumen yang merasa beruntung akan lebih sering membeli lagi. 


7. Atasi komplain segera


Pada aplikasi GoFood ini, konsumen dapat memberikan masukan ataupun komplain pada pelaku usaha. Atasi segera komplain dari konsumen agar kepuasan dan kepercayaan tetap terjaga. Mengatasi komplain dengan cepat dan tanggap bisa jadi nilai plus juga loh


Tujuh tips memulai usaha kuliner di atas, bisa mendatangkan keuntungan maksimal modal minimal dengan cara daftar GoFood. Setiap pelaku usaha bisa mendaftarkan outlet-nya baik melalui website https://www.gojek.com/bisnis#!/registration maupun melalui aplikasi GoBiz kok.



Tahapan cara mendaftar GoFood


daftar gofood
cara daftar GoFood online


Berikut ini cara daftar GoFood Online

Langkah 1. Registrasi Online melalui website official Gojek atau aplikasi GoBiz. Pastikan semua data termasuk email dan nomor ponsel sudah benar ya.


Langkah 2. Tunggu hasil verifikasi data dari tim Gojek. Tunggu maksimal 5 hari kerja ya, jika gagal, lengkapi kembali data anda.


Langkah 3. Tanda tangan kontrak elektronik. Anda akan menerima email dari DocuSign yang harus ditandatangani oleh pemilik usaha.


Langkah 4. Proses pembuatan akun. Mohon menunggu ya, pada tahap ini sedang dibuatkan akun GoBiz anda maksimal 5 hari.


Langkah 5. Aktifasi akun GoBiz. Login melalui nomor ponsel outlet. Email pemberitahuan aktifasi akun dikirim ke email outlet yang didaftarkan ya, bukan email pemilik. Setelag login, akun GoBiz akan aktif dalam 1 x 24 jam.


Langkah 6. Login ulang dan mulai berjualan. Pendaftaran GoFood sudah selesai dan anda bisa mulai berjualan melalui aplikasi GoBiz.


Itu dia tips usaha kuliner hasil maksimal modal minimal dengan daftar GoFood online. Jika ingin usaha maju, pastinya pelaku usaha harus mengikuti perkembangan zaman kan, dengan cara memanfaatkan teknologi sebaik-baiknya untuk menjangkau konsumen dan mendapatkan hasil yang sesuai dengan harapan.


Ada yang baru memulai usaha kuliner, atau mungkin sudah mendaftar GoFood? Boleh share di kolom komentar ya tentang pengalamannya.***



Blog tentang kecantikan, make up, fesyen dan mode, serta budaya

20 komentar:

  1. wow thanks ya .... bermanfaat sekali ..suka deh sama model nya

    BalasHapus
  2. Saya kan sering sekali, wisata kulineran. Dan sering mendengarkan keluhan dari padagang yang ingin mendaftar gofood. Umumnya terkendala pada kartu pajak, pada belum punya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya bikin dulu harusnya. Warga Yang baik taat pajak

      Hapus
  3. Sejak ada gofood, aku sangaaaat terbantu dari segi makanan :D. Asistenku sih sbnrnya jago masak, tp kan ada waktu2 di mana aku pgn nyobain makanan lain, ato pas msh ngantor dulu, gofood lah penyelamat tiap makan siang, Krn jujurnya aku males panas2an kluar cari makan :D.

    Mungkin hrg makanannya jadi LBH mahal drpd beli lgs, tapi kan terkadang ada promo, trus udah tinggal enak ga ush kluar ngabisin bensin dll. Jadi sbnrnya, aplikasi ini bener2 nguntungin baik utk pembeli , penjual dan penyedia aplikasi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali mbak.
      Apalagi mak-emak pekerja yg masih di kantor tapi anak-anak di rumah udah waktunya makan siang. Tinggal gofood aja kirim ke rumah. Beres

      Hapus
  4. Jaman sekarang emang serba digital ya. Usaha jualan atau UMKM kalau ga daftar aplikasi malah bisa tertinggal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mba. Sudah waktunya mengikuti perubahan.

      Hapus
  5. Usaha kuliner terutama di masa pandemi gini emang paling mengandalkan jasa pesan antar makanan online yaa.. selain lebih praktis, juga pastinya lebih efektif dan efisien :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, bagi penjualpun ikut diuntungkan sekali.

      Hapus
  6. enak sekarang untuk promosi ya mas, tetangga saya cukup keluar 200 ribu aja dan dapat promo dari go food online,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudah2an tetangganya laris manis usahanya.

      Hapus
  7. daftarnya mudah juga
    sekarang bikin bisnis rumahan sendiri makin dipermudah juga dengan adanya gofood
    kehadiran gofood bener bener memudahkan hidup saya juga ini, laper tengah malam tinggal buka hape aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menguntungkan dari sisi penjual maupun pembeli ya mbak.

      Hapus
  8. Terima kasih buat tips-tipsnya, Mbak. Sangat informatif.

    BalasHapus
  9. Lewat go food sangat membantu untuk usaha Kuliner bisa lebih luas, karena mudahnya masyarakat order lewat aplikasi kece ini

    BalasHapus
  10. Daftar jadi mitra gofood emang menguntungkan banget ya mbak, bisnis kita juga ikutan di promosikan gitu jadi sama2 diuntungkan

    BalasHapus
  11. Ada temenku nih yang baru mulai usaha makanan ringan gitu. Eh sekarang dia menambah item jualan ya dengan jualan strawberry segar juga. Bisa juga kan yaa daftar gofood?

    BalasHapus
  12. Ku pikir daftar GoFood itu susah tapi setelah baca artikel ini ternyata simpel ya asal tau caranya...btw ini pake di survei ke tmpt dulu ga ya?

    BalasHapus
  13. aku tuh lagi kepikiran banget pengen nyobain usaha makanan terus daftar gofood. soalnya banyak keuntungannya.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Ditunggu tanggapan dan komentarnya ya.