09 Januari 2020

Ganti Plat Nomor Kendaraan Bermotor dan Jadwal Samsat Keliling di Pemalang

Tags


ganti plat nomor di samsat online


Sudah tahun 2020, tapi saya baruuu saja tahu cara membayar pajak sekaligus mengganti plat nomor  sepeda motor. Haha! Yakan baru sekarang punya kendaraan atas nama sendiri. Sebelumnya selalu Mas Jo yang mengurusi karena kendaraan atas nama dia.

Jadi ceritanya, tadi siang saya ke kantor Samsat di Jalan Pemuda Pemalang, yang terletak persis berseberangan dengan SMP Negeri 2 Pemalang. Sendiri? Tidak lah, diantar Mas Jo. Saya belum diperbolehkan bepergian jarak jauh seorang diri.

Jadi ternyata, bayar pajak plus ganti nomor plat sepeda motor itu tidak membutuhkan waktu lama, kurang dari satu jam. Tepatnya sih 51 menit.

Di Samsat Pemalang ini, kita bisa membayar pajak sekaligus mengganti plat nomor kendaraan bermotor, mengganti plat nomor kendaraan mobil maupun sepeda motor.


Begini kronologinya.
((( kronologi )))


alur bayar pajak dan ganti plat motor
alur bayar pajak dan ganti plat nomor di Samsat Pemalang


1. Cek Fisik Nomor Mesin


Saya dan Mas Jo sampai di Samsat Pemalang jam 11.00 siang. Kami diarahkan untuk segera menuju Pos Pelayanan Cek Fisik yang terletak di bagian sebelah kanan area parkir. Di tempat ini sepeda motor akan dicek kesesuaian nomor mesin dengan nomor yang tertera pada STNK.
Pada bagian ini kita harus menyiapkan:
  1. STNK asli dan pajak yang masih berlaku
  2. Foto kopi KTP pemilik sesuai nama yang tertera pada STNK
  3. Foto kopi BPKB
Semuanya dimasukkan ke dalam stop map berwarna merah.

2. Pelayanan Cek Fisik


Setelah pengecekan nomor mesin selesai, selanjutnya kita diarahkan menuju loket pelayanan cek fisik kedua. Di sini berkas-berkas dalam stop map akan diperiksa oleh petugas.

3. Loket I


Setelah melewati pengecekan fisik dan pemeriksaan berkas, kita menuju Loket I di ruang utama Samsat. Loket I berada di sebelah paling kiri. Di Loket I ini kita akan menerima nomor antrian dan Tanda Terima SPOPD beserta rincian pembayaran.

Rincian yang tertera sudah meliputi Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), administrasi pembuatan STNK dan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB).

4. Loket Pembayaran


Loket pembayaran terletak di bagian tengah. Kita perlu menunggu beberapa saat sebelum dipanggil sesuai nomor antrian yang diterima pada loket I. Di loket pembayaran ini kita membayar uang sesuai jumlah yang tertera pada SPOPD.

5. Loket II


Setelah membayar uang di loket pembayaran, kita akan dipersilakan menunggu kembali untuk dipanggil sesuai nomor antrian yang sama. Di loket ini kita akan menerima Tanda pembayaran pajak dan STNK yang baru. Namun, surat pajak ini masih sementara berstempel STNK SUDAH DIAMBIL, PLAT / TNKB BELUM JADI, serta berstempel LUNAS beserta tanggal bayar.

Plat nomor yang baru, bisa diambil sekitar satu bulan sejak pembuatan. Karena hari ini pertengahan Januari, maka plat nomor motor saya yang baru akan bisa diambil pada pertengahan Februari.
Pengambilan plat nomor bisa diwakilkan dan tidak perlu membayar lagi.

Selesai sudah tahap pembayaran pajak sekaligus penggantian nomor sepeda motor saya hari ini. Dan tepat jam 11.51, saya keluar dari gedung Samsat.

ganti plat nomor kendaraan
kiri ke kanan: loket I, loket pembayaran, loket II


Tanpa Calo


Ada tulisan menarik pada bagian pengecekan fisik yang dipasang besar-besar. Isi tulisan itu adalah: PELAYANAN KAMI CEPAT. WAJIB PAJAK AGAR MENGURUS SENDIRI JANGAN LEWAT CALO.

Memang, jasa calo terkadang meresahkan karena harus membayar lebih banyak dari biaya yang seharusnya. Namun, saya sendiri termasuk yang memaklumi jika masih saja ada yang menggunakan jasa calo untuk membayar pajak, perpanjangan STNK, maupun pembuatan nomor baru.

Umumnya mereka yang menggunakan jasa calo ini tidak memiliki banyak waktu untuk mengurusnya sendiri. Kalaupun harus membayar lebih, tentu sebagai tanda terima kasih pada orang yang sudah bersedia menggantikan waktunya yang berharga. Namanya juga tanda terima kasih, tentu sewajarnya saja, ikhlas sama ikhlas, tidak asal pasang tarif tinggi yang memberatkan.

Jadwal Samsat Keliling di Pemalang


Oh ya, sebenarnya sekarang ini ada Samsat keliling yang melayani perpanjangan SIM dan membayar pajak kendaraan bermotor. Namun, khusus untuk pembuatan atau penggantian plat nomor baru, harus datang langsung ke kantor Samsat.

Berikut ini jadwal Samsat Keliling di Pemalang:

bayar pajak di samsat keliling



Kita juga bisa mengecek pajak sepeda bermotor secara gratis loh! Ada aplikasi SAKPOLE e-SAMSAT Jateng (Sistem Administrasi Kendaraan Pajak Online) yang bisa diunduh gratis dari Play Store. Jadi, sudah tak ada alasan sebenarnya untuk telat membayar pajak dan mengurus surat kendaraan bermotor lagi dong.***



Blog tentang kecantikan, make up, fesyen dan mode, dan budaya

38 komentar:

  1. Agu agak ribet bagi waktu kl ngurus2 gini, jadi aku sering pakai jasa
    Ternyata gampang and simpel ya
    Tar dicoba urus sendiri hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kebanyakan alasan waktu sehingga orang memutuskan menggunakan jasa orang lain untuk mengurus pajak.
      Selama sama-sama ikhlas bertukar manfaat ya tak jadi soal.

      Hapus
  2. Saya belum pernah ngurus pajak dan ganti plat nomor kendaraan. Selama ini, karena plat kendaraan BK, dan masih atas nama ayah saya .. jadi selalu mengirimkan STNK ke Medan untuk minta tolong diuruskan oleh ayah.
    Tapi untuk satu lagi kendaraan ber plat B (kebetulan baru dibeli), suami minta bantuan orang lain mengurnya.

    Insya Allah ntar mau dicoba diurus sendiri untuk plat B nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga baru ini mbak. Karena baru punya kendaraan atas nama sendiri. Biasanya sih suami.

      Hapus
  3. Saya pernah mengurus penggantian plat nomor di daerah saya dan waktu itu cukup lama sih sehingga saya harus mengambil cuti kerja karena cukup menyita waktu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang untuk penggantian plat harus ke kantor Samsat langsung dan hanya bisa dilakukan di hari kerja.
      Ya, mau tak mau harus cuti bagi yang bekerja terikat waktu.
      Kalau pajak sekarang sabtu dan minggu.

      Hapus
  4. Wah jadi inget, dulu saya yang ngurus perpanjangan stnk, bikin sim dll utk keluarga
    Sekarang anak anak udah gede, gantian mereka yang ngurus 😁😁😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah bisa ngurus sendiri ya Ambu. Hehe.

      Hapus
  5. Asyik nih masyarakat di Pemalang kalau sudah disediakan informasi lengkap seperti ini. Jadi gak perlu repot-repot cari lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya tulis karena saya sendiri butuh dan kadang suka lupa. Jadi kalau ada yang nanya jadwal, tinggal buka blog. Hehe.
      Semoga bermanfaat.

      Hapus
  6. Terima kasih untuk dunia digital, karena apa-apa sekarang jadi lebih mudah ya

    BalasHapus
  7. Sekarang enak ya Mbak apa-apa dilakukan tanpa calo.
    Suamijuga Maret 2019 lalu habis ganti plat nomer.
    Cuma ya gitu, meski bagaimana tetep saja beberapa staff di sini kadang rada ngrepotin kata suami, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe...
      Namanya orang mbak, kadang ada error nya juga, malah lebih sering error daripada mesin.
      Apalagi kalau hari sudah sore dan kelelahan. Kadang suka terbawa emosi ya.

      Hapus
  8. Jadi keinget zaman aku juga urus sendiri. Waktu itu gak pakai calo juga dan aku masih mahasiswa semester awal jd msh lugu2 nyoba sendiri. Eh bapak yang ngurusin nomor rangka malak aku minta seikhlasnya aja huhuhu. Belakangan tahu itu gak bener dan bisa dilaporkan. Tapi kalau zamanskrng pungli keknya makin susah ya, moga2 sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mending kalau seikhlasnya gitu mbak. Artinya ngga matok harus bayar berapa.
      Kalau yang matok sekian ratus ribu untuk jasanya saja kan ngeselin.

      Hapus
  9. Senangnya sekarang memnag mudah mengurus pembayaran pajak kendaraan dan perpanjangan plat begini ya, Mbak
    bahkan di Jakarta gerainya ada di mal-mal ternama. Maka, sambil ngemal bisa ngurus ke sana

    BalasHapus
  10. Terima kasih Mbak ceritanya sangat berguna sekali biasanya yang mengerjakan pajak kendaraan itu suami siapa tahu nanti aku pun melakukan sendiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak. Siapa tahu kapan nanti harus ngurus sendiri jika suami berhalangan.

      Hapus
  11. Adanya mobil samsat keliling ini emang sangat membantu, kita gak perlu jauh2 ut bayar pajak kendaraan kita. Dan biasanya minim calo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul bang.
      Sangat terbantu Samsat keliling ini apalagi rumah saya jauh dari kota.

      Hapus
  12. Betul sekali mbak ditempatku juga saya lebih suka dengan Samsat keliling ketimbang kekantor samsatnya langsung, Karena tak perlu ngantri berjubel dan terhindar dari calo.😄😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas.
      Inovasi nya keren nih Samsat. Bisa cek online juga dan ada aplikasinya.

      Hapus
  13. wah, info yang menarik ini, bisa dicoba buat ngurus sendiri plat nomor kendaraan, biar nggak pakai jasa aorang lagi, terima kasih atas informasinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama.
      Kalau memungkinkan memang sebaiknya urus sendiri. Kalau susah atur waktunya, pakai jasa orang juga sebenarnya tak apa, itung2 bagi2 rejeki. Hanya saja harus bener2 ikhlas, nggak merasa ditodong tarif. Biar sama2 enak.

      Hapus
  14. Tanpa calo itu lebih enak
    Lah gampang ini kok urusnya
    Cek fisik ini yang sedikit harus sabar ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebetulan kemarin cepet sih. Padahal lumayan banyak antrian nya.

      Hapus
  15. wah baru aja bulan januari ini saya ngurus pajak 5 tahunan kendaraan saya....

    BalasHapus
  16. informasi penting nih, terlebih saya harus mutasi plat kendaraan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mutasi gimana prosedurnya tuh? Ganti kode kota, gitu? Seperti balik nama gitu, kah? Saya belum pernah.

      Hapus
  17. Wah infonya sangat akurat.. semoga bisa membantu warga Pemalang yang lagi bingung...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harapan yang sama, agar bermanfaat bagi warga yang sedang membutuhkan.

      Hapus
  18. Sekarang sudah lebih simple dibandingkan jaman dulu yang ribet. Semoga tambah lebih baik kedepannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas.
      Semakin banyak perbaikan di sana sini sektor pelayanan publik milik pemerintah.

      Hapus
  19. iya memang agak ribet klu ngga biasa apalagi ky aq baru pernah mau ngurus pajak & ganti plat nmr soalnya klu biasanya aq paling cuma pajak motor aja

    BalasHapus
  20. Kak, untuk tahu plat nomornya yang baru sudah bisa diambil atau belum gimana kak?

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Ditunggu tanggapan dan komentarnya ya.