13 Juli 2020

Belajar SEO On Page Pemula Secara Online

Tags


kelas seo on page mas bahrul

Apa Itu SEO On Page?


SEO on page adalah optimasi SEO yang dilakukan dalam blog itu sendiri dan bukan hanya di dalam artikelnya saja. Kaitannya akan sangat erat dengan keyword.

Di umur blog berapa lama kalian mulai belajar SEO on page? Saya baru kemarin, sekitar dua minggu yang lalu. Padahal umur blog Lasmicika ini udah hampir masuk tahun kedua Oktober nanti loh! Ahihi ....

Tapi ada yang bilang, lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali, kan? Serius, belajar SEO buat bloger pemula ini penting banget buat kesehatan blog. Lebih penting dari pertanyaan "di umur berapa kamu tahu pemeran iklan Neo Na*asin itu mamanya Nagita Slavina?" Lol!

Kalau dengar-dengar tentang SEO pastinya udah lama ya. Sekedar "katanya-katanya" saja tanpa praktek.

Nah, beruntung banget awal bulan Juli ini saya bisa ikut kelas belajar SEO untuk pemula. Di kelas ini peserta bisa belajar SEO on page dan off page secara online meski sebenarnya kelas ini adalah kelas untuk menaikkan DA blog.

Yang jelas beda banget belajar SEO otodidak dibandingkan belajar dengan bimbingan pakar SEO langsung. Pemateri yaitu Mas Bahrul Ilmi (kami memanggilnya coach) yang mengisi kelas ini nggak bosan-bosan menjawab pertanyaan, selain juga memberikan materi-materi yang daging banget. Pastinya makin paham gimana cara optimasi SEO on page buat Blogspot maupun Wordpress.

Sekarang tahu dong, beauty bloger itu nggak hanya perlu belajar make up. Hehe ....


Keuntungan Belajar SEO On Page Bareng Mas Bahrul


Ada banyak keuntungan mengikuti kelas belajar SEO on page bareng Mas Bahrul ini. Antara lain:

1. Belajar SEO on page gratis

Yup! Bener banget. Kelas ini gratis alias tidak dipungut biaya. Para calon peserta mengisi form yang diunggah di media sosial Mas Bahrul Ilmi lalu dibuatlah grup WA bagi peserta terpilih.

Kriterianya apa biar terpilih masuk kelas ini? Saya sendiri kurang tahu apa kriterianya, tapi yang pasti saya merasa beruntung bisa masuk kelas ini sementara banyak bloger lain yang juga ingin belajar SEO yang nggak terpilih.

2. Belajar SEO on page secara online

Bagi bloger paruh waktu seperti saya yang sehari-hari lebih sering main bedak, lipstik, dan baju-baju, untuk menimba ilmu dengan tatap muka atau offline itu amatlah sulit. Padahal blog Lasmicika ini perlu dirawat dan di-optimasi SEO on page maupun off page-nya. Maka dengan mengikuti kelas belajar online seperti ini udah jadi keuntungan tersendiri pastinya.


3. Belajar SEO langsung dari master ahli / mastah


Di kelas ini ada beberapa master ahli yang bakalan ngebimbing kita belajar SEO on page. Yaitu:

1. Mas Bahrul Ilmi

Tahu dong, siapa Mas Bahrul Ilmi? Mas coach bloger Pontianak yang lebih akrab dipanggil Mas Baim ini udah melalang buana di jagad per-bloging-an sejak 2013. Meski awalnya fokus nulis di blog dan jadi content writer, Mas Bahril Ilmi mendalami SEO spesialist dan sekarang bekerja sebagai web content editor di salah satu agency digital marketing di Jakarta.

Ya, beda banget pokoknya belajar SEO on page versi pdf dengan belajar langsung dari ahlinya. Materi dari Mas Baim ini mantul, mudah dipahami, dan langsung praktik.

Oh ya, kalian yang pakai blogger maupun wordpress, nggak perlu bingung belajar di mari. Mas Baim menguasai optimasi SEO on page blogspot dan wordpress sekaligus loh!

Mas Bahrul ini juga yang pertama kali bikin saya sadar kalau blog Lasmicika itu nggak terbaca Header-nya. Jadi H1-nya itu nggak ada. Padahal, H1 itu vital banget, kaya bagian kepala gitu lah. Kebayang nggak, ada makhluk nggak ada kepala? Kan aneh kalau masih hidup. Wkwkwk....
Maklum, selama ini nulis hanya untuk hobi saja, nggak mementingkan SEO segala macam.

2. Mas Irwin

Mas Irwin ini yang paling suka bikin deg-degan para peserta karena takut di-kick mendadak dari grup jika kelewat batas deadline ngerjain tugas. Tapi dengan lecutan semangat seperti ini yang bikin peserta kelas terpacu untuk terus belajar keras dan nggak bermalas-malasan. Itu penting loh!

3. Mas Pewe

Ada juga Mas Pewe yang banyak memberikan tips dan trik nge-blog yang belum diketahui. Mas Pewe ini pula yang selalu sukses menunjukkan jalan yang benar manakala ada peserta yang mulai tersesat dan kebingungan dengan blognya sendiri. Wkwkwk....


4. DA naik jadi bonus plus-plus saat belajar SEO on page


Blog Lasmicika ini awalnya 'terbelakang' dan terlambat dalam hal DA. Stag di angka 3 dan segituuu... terus, susah sekali naiknya. Ibarat hidup enggan mati pun tak mau. Baru juga beberapa hari belajar SEO di kelas ini, voilaaa! DA blog Lasmicika perlahan merangkak naik sampai ke angka 9.

Belum mencapai angka 10 sih, apalagi 15, tapi saya optimis aja, dengan optimasi SEO on page yang udah diajarkan Mas Bahrul dkk, DA blog Lasmicika ini bakalan terus naik. Belajar SEO bareng Mas Bahrul ini bikin saya makin paham cara ngodein si doi. Eh, maksudnya ngerti caranya bikin artikel di blog Lasmicika ini agar mudah ditelusur oleh Google.

Ada hubungannya antara kenaikan DA dengan SEO on page. Misalnya kita pernah promoin link artikel di media sosial agar orang tertarik untuk berkunjung. Artikel yang nggak SEO friendly, loading-nya lama dan pengunjung bisa kabur. Namun, kalau ternyata artikel kita menarik, SEO friendly, pengunjung akan betah dan ingin berkunjung lagi jika suatu saat share artikel di media sosial. Link blog yang ditulis pada profil dan bio media sosial yang sering mendapat klik, otomatis dapat menaikkan DA blog.

Selain itu, makin sering artikel kita nongol di pencarian Google, tingkat kepercayaan pembaca pun ikut tinggi.

Itu keuntungan belajar SEO on page di kelas gratis ini. Eh tapi ada kerugiannya juga lho.
Sudah belajar optimasi SEO sungguh-sungguh, eh, kok nggak puas juga. Kan rugi. Udah hukum alamnya begitu. Makin belajar banyak, maka makin kita ngerasa nggak tahu apa-apa. Ada lho yang menganggap itu sebagai kerugian.

Tapi, tak belajar SEO lebih rugi lagi. Nulis hampir tiap hari tapi hasilnya kurang maksimal karena 'nggak dilirik' mesin telusur.


Belajar SEO Bisa Seseksi Belajar Make Up


Di kelas ini saya juga belajar bahwa SEO adalah cara mendapatkan trafik jangka panjang. Jika artikel sudah SEO, maka kapanpun dan siapapun orang membutuhkan artikel yang ada di blog Lasmicika ini, dia akan mudah menemukannya di pencarian, walaupun artikel tak pernah di-share ke media sosial.

Seseksi itu!

Belajar SEO di kelas ini rasanya greget banget. Sama greget deh seperti saat saya mengikuti berbagai beauty class. Oh ya, di kelas ini saya juga diingatkan untuk konsisten dalam menulis konten yang sesuai dengan bidang keahlian, makanya belajar SEO kok bawa-bawa make up. (dzigh! kejedot ringlight)


Kabar baiknya, akan diadakan gelombang selanjutnya setelah kelas ini selesai. Namun, buat yang nggak sabar nunggu kelas gratisnya, ada loh kelas yang berbayarnya. Boleh tanya langsung informasi lengkapnya atau bisa juga daftar langsung sama coach mastah di kelas berbayar ini. Bisa klik langsung di flyer di bawah ya.

Kuy! Buruan. Kuota terbatas.

jago seo on page dalam 2 minggu



Blog tentang kecantikan, make up, fesyen dan mode, dan budaya

24 komentar:

  1. Dari kemarin penasaran sama artikel² yang bahas SEO on page dan off page ini.. Akhirnya bisa baca juga :). Btw Terima kasih infonya, Mbak. Saya kemarin daftar tapi ga kesaring :)))

    BalasHapus
  2. Pengen daftar tapi masih deg-degan kalau belum bisa bener-bener ngikutin dan praktek bener-bener. Ini para mastah berkumpul gini, pasti materinya keren banget. Semoga aku bisa ikutan nanti

    BalasHapus
  3. Belajar SEO penting bnget buat blog Kita y mba,,, aplg mentor nya sabar kyk mas pewe pernah japri dijawab dengn lengkap

    BalasHapus
  4. Iya banget, SEO ini ilmu yang gak pernah habis dan gak pernah bikin puas. Semakin dipelajari, semakin banyak tahu, semakin kepengen terus belajar. Selamat DA udah naik. Semoga makin besar :)

    BalasHapus
  5. Asyik banget memang belajar seo buat blog. Moga berhasil memraktikkan dan menuai hasil fantastis, ya.

    BalasHapus
  6. Belajar SEO itu abstrak ya. Makin kita mendalaminya, makin banyak kita haus ilmunya. Selamat ya mba, DA-nya merangkak tajam. Jempollll.

    BalasHapus
  7. Beauty Blogger juga harus paham SEO ya biar blognya banyak dicari dan dibaca, plus juga konsisten update blognya, minimal satu minggu sekali. Jadi penasaran sama kelas SEOnya.

    BalasHapus
  8. Nah, iya, saya pun ikutan kelas ini. Menarik banget pembelajarannya. Meski banyak tugas per harinya. Alhamdulillah ada hasilnya, DA jadi naik.

    BalasHapus
  9. Wah beruntungnya bisa ikut kls seo on page secara gratis...
    Tinggal konsisten praktek ilmunya

    BalasHapus
  10. Banyak sekali blogger pemula yang menyangka SEO itu sulit.
    Padahal kalau sudah mau menyimak, sebetulnya SEO itu sederhana.

    SEO On Page sendiri lebih mudah daripada SEO Off Page.
    Untuk membuat tujuan SEO tercapai, memang harus mempelajari SEO On Page dan Off Page.
    Tapi dengan melakukan SEO On Page saja, 70% tujuan SEO sudah tercapai.

    Mas Punto, Mas Irwin, dan Mas Baim adalah orang-orang yang selalu saya dengarkan pendapatnya.
    Mereka menjelaskan SEO dengan cara yang sederhana, mudah dimengerti.
    Kalau mau paham SEO, cobalah berteman dengan mereka.

    BalasHapus
  11. Beruntung ya bisa ikutan kelas onlinenya nih, apalagi coachnya kece gitu, duh saya jadi ingin bbelajar juga nih sama pakarnya

    BalasHapus
  12. Perlu banget nih belajar SEO biar DA naik.

    BalasHapus
  13. Setelah beberapa kali kunjungan ke blog ini, saya sempat bingung dengan isinya karena gado-gado yang beda dari blog lain.
    Menurut saya potensial.
    Ya, isinya akan banyak diminati karena informatif. Cara menyampaikan sesuatu luas banget cakupannya.

    Dari fashion, beauty, sastra, kuliner, parenting, jalan-jalan,bahkan marriage. Dengan sentuhan yang memahami bidangnya.

    Selamat telah berada di tempat yang tepat untuk belajar karena blog yang potensial ini memang harus dirawat dan dikembangkan. Ada banyak ilmu yang bermanfaat dan cara penyampaian yang khas Teh Lasmi

    Terus kembangkan potensi diri agar blog ini tumbuh berkembang pula seiring waktu.

    Saya sayangnya sekarang tidak punya waktu untuk belajar kembangkan blog karena terlalu sibuk urus follow loop Instagram Indonesia Saling Follow. Bukan perkara sederhana dan ada hal yang dikorbankan.
    Namun seiring waktu saya harap semoga bisa luangkan waktu untuk kembali urus blog. Setelah situasi memungkinkan. DA masih tetap berada di kisaran stagnan. Jarang diperbarui. 😁

    Senang bisa baca artikel bermanfaat ini. Urusan SEO masih jauh dari kemampuan saya. Setidaknya saya bisa paham arti SEO off page dan on page.

    Saya terlalu sibuk di Instagram,sih, hi hi.

    BalasHapus
  14. Wah..wah..itu coach nya memang udah mahir banget soal SEO
    Aku ketinggalan terus mau daftar
    Udah beberapa kali belajar ko Yoo..masih ga maksimal aja. Pingin mengulik lebih jauh rasanya

    BalasHapus
  15. Beruntung banget ya mba kita keangkut kelas ini, materinya daging bangettt!
    SEO itu tricky tapi emang worthed banget sih untuk diaplikasikan

    BalasHapus
  16. Sejujurnya bagi blogger pemula seperti saya, SEO itu terdengar 'mengintimidasi', :D
    But you said it's sexy.
    Semoga bisa segera menyusul terlibat di dalam keseksiannya.

    BalasHapus
  17. Aku juga belum pernah belajar SEO mbak.. masih Stag di 5 nih DA ... awalya 6... malah turun jadi 5 beberapa bulan ini -_-

    BalasHapus
  18. Beruntung banget mba bisa belajar langsung dengan para mastah blogger... Daging banget pasti ilmu ilmu yabg diberikan

    BalasHapus
  19. Seneng bisa sekelas sama mbak. Sekelompok lagi. Ilmunya memang Keren.

    BalasHapus
  20. paket komplit ya mba, gratis, online, sama mastah dan da naik pula..keren..

    BalasHapus
  21. Wah komentarnya langsung banyak begini, baru belajar beberapa saat saja sudah banyak yang komentar, apalagi nanti kalo sudah serius, sepertinya bakal mengalahkan Tribunnews.😊

    BalasHapus
  22. Wah makin seru aja nih kelas Naikin DA untuk gelombang 2 karena ternyata Coachnya juga bertambah ya.. kalau saya waktu ikut kelas Ini yang jadi Coach baru Mas Irwin dan Mas Pewe saja dan emang saya akui ini kelasnya mantulll banget. Saya baru awal ikut DA masih 10 sekarang alhamdulillaah udah mau ?menyentuh angka 2 :)

    BalasHapus
  23. Saya jadi ingin ikut belajar bareng nih
    DA saya anjlok drastis

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Ditunggu tanggapan dan komentarnya ya.