APA ARTI KATA MILENIAL, CURCOL, DAN KEPO? INI 21 ARTI KATA-KATA GAUL

Tags


Apa arti kata-kata curcol, kepo, woles, lol, itu sebenarnya, Sist? Ada yang belum tahu? Generasi Milenial harus tahu arti kata-kata gaul ini biar makin kekinian. Nah, sebenarnya arti kata milenial sendiri itu apa sih? Yuk, merapat dimari saya kasih tahu 21 arti kata-kata gaul yang harus kalian tahu, Sist.

Ngomong-ngomong, belakangan saya punya kesibukan baru, yaitu menulis novel. Novel perdana saya sudah tayang di Wattpad berjudul Sil[u]et memakai akun Lasmicika1

Kegiatan menulis sebenarnya bukan kegiatan baru buat saya. Itu sudah menjadi sebuah Mimpi Yang Tak Selesai. Saya sudah pernah menuliskannya juga curhatan ini di blog ini. Buat yang belum baca, bisa dilihat disana ya Sist.

Menulis itu masih sisi lain dari saya sebagai tukang, yaitu tukang cerita, hehe.. lol.

Nah, sehubungan dengan menulis ini, saya memerlukan informasi yang valid mengenai banyak hal. Diantaranya adalah arti kata-kata gaul yang kini lazim digunakan terutama di dunia maya. Sebagian besar kata-kata gaul ini bahkan menjadi fenomena dan sudah masuk dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia).

      Untuk seorang mamak bahagia yang ambivert macam saya, dimana lagi bisa saya dapatkan banyak informasi tanpa bertanya sama orang lain, misalnya mencari tahu arti kata-kata gaul yang akan saya pakai dalam tulisan saya? Tanya saja sama Mbah Google, begitu kan mantranya?
     Berikut ini saya rangkum dari berbagai sumber 21 arti kata-kata gaul yang banyak digunakan. Wah, lebih banyak dari Sifat Wajib Gusti Alloh kalo gitu ya,hahah, lol. Ngga lucu juga kan kalau diajak ngomong tapi tidak tahu artinya?  

     1. Milenial

Milenial (juga dikenal sebagai Generasi Y) adalah kelompok demografi setelah Generasi X (Gen-X). Tidak ada batas waktu yang pasti untuk awal dan akhir dari kelompok ini. 

Para ahli dan peneliti biasanya menggunakan awal 1980-an sebagai awal kelahiran kelompok ini dan pertengahan tahun 1990-an hingga awal 2000-an sebagai akhir kelahiran.
Milenial pada umumnya adalah anak-anak dari generasi Baby Boomers dan Gen-X yang tua.
Milenial kadang-kadang disebut juga “Echo Boomers” karena adanya booming (peningkatan besar) tingkat kelahiran pada tahun 1980-an dan 1990-an.

Untungnya diabad ke-20 tren menuju keluarga yang lebih kecil di negara-negara maju terus berkembang. Sehingga dampak relative dari “baby boom echo” tidak sebesar masa ledakan populasi pasca Perang Dunia II.
Artinya setelah tahun 1990 grafik peningkatan kelahiran semakin menurun.

Nah, sekarang kalian sudah tahu kan, apa arti kata Generasi Milenial? Arti kata Milenial bisa dicari di KBBI online ya Sist.

Jadi, kata milenial berkaitan dengan millennium, yaitu jangka waktu seribu tahun. Kalau kalian lahir antara tahun 1980-an dan 2000-an, kalian disebut Generasi Milenial.

Keunikan Generasi Milenial antara lain tidak dapat dilepaskan dari teknologi informasi terutama internet. Macam kita-kita ini lah, Sist.


     2. Hoaks

Sekarang ini kita menjadi makin ‘akrab’ dengan kata hoax atau hoaks yang ramai digunakan diranah media sosial. Apa itu hoax?

Kata Hoaks atau hoax (bahasa Inggris) sudah masuk dalam KBBI setelah peluncuran adanya pemutakhiran (penambahan lema) sampai bulan April tahun ini. Lema adalah istilah kata atau frasa masukan dalam kamus.
Bentuk kata ini tidak berubah kecuali pengalihan huruf “x” menjadi “ks” sebagaimana pedoman pemadanan  istilah dalam Bahasa Indonesia.

Adapun arti kata hoaks dalam KBBI sebagai ajektiva berarti tidak benar. Dalam penulisannya sebagai frasa, hoaks menggunakan kata yang diterangkan terlebih dahulu, misalnya menjadi “berita hoaks”
Namun, juga bisa berdiri sendiri sebagai nomina dengan arti “berita bohong”

Cukup jelas ya Sist.

   

     3. Meme

Sama halnya dengan kata hoaks, kata meme juga sudah masuk kedalam KBBI sebagai bentuk kata serapan dari bahasa asing. Kata ini secara ejaan tidak berubah, seperti kata yang sama dalam bahasa Inggris yang sebenarnya terbaca ‘mim’. Kita sering mengucapkannya dengan jujur sesuai ejaan hurufnya menjadi m-e-m-e.

Dalam kamus, arti kata meme adalah ide, perilaku, atau gaya yang menyebar dari satu orang ke orang lain dalam sebuah budaya.
Sementara itu, makna yang popular dimasyarakat yakni arti kata meme berarti cuplikan gambar dari acara televisi, film, dsb, atau gambar-gambar buatan sendiri yang dimodifikasi dengan menggunakan tulisan atau kata-kata untuk tujuan melucu dan menghibur.

 

     4. Otewe

Arti kata otewe bisa dijabarkan dari berbagai sumber sebagai kependekan dari On The Way dalam bahasa Inggris yang berarti dalam perjalanan.
Istilah otewa kini lebih sering digunakan dan identik dengan jalan-jalan, berkegiatan di luar rumah, atau piknik.

 

     5. Galau

Dalam KBBI arti kata galau atau bergalau adalah sibuk, ramai sekali, kacau tidak keruan (pikiran). Kegalauan  memiliki arti sifat galau.
Arti kata galau pada masa kini terlepas dari definisi sebenarnya yang diartikan oleh KBBI. Umumnya orang menggunakan kata galau untuk mengungkapkan perasaan bingung, seperti dihadapkan dengan dua pilihan atau banyak pilihan.

 

     6. OOTD

Apa itu OOTD?
Foto-foto OOTD sering kita temukan di mesia sosial akhir-akhir ini. Sebuah fenomena baru yang berisi foto-foto yang menarik bagi pecinta fashion. Mulai dari fashion editor, fashion blogger, model, selebriti, dan juga fashionista, rajin memosting gaya OOTD mereka.

Sebenarnya apa yang dimaksud OOTD?
OOTD adalah singkatan dari Outfit Of The Day, sebagai padanan kata untuk menunjukkan apa yang kita pakai beraktifitas pada hari itu.

Kebanyakan mereka yang memasang foto OOTD memakai aksesoris atau busana yang berlebihan yang dimaksudkan untuk menarik perhatian pembaca, namun tidak benar-benar digunakan untuk beraktifitas keluar rumah.

 

     7. Curcol

Curcol adalah singkatan dari curhat colongan. Artinya curhat yang dilakukan bersamaan dengan hal lain yang tidak berhubungan langsung. Biasanya terjadi tanpa sengaja atau keceplosan bicara.

 

      8. Kepo

Kepo adalah singkatan dari bahasa Inggris “Knowing Every Particular Object”. Keren ya ternyata? Arti kata dalam bahasa Indonesia artinya Mau Tau Aja.
Selain itu ada yang bilang kalau kepo berasal dari bahasa hokkian ke = bertanya , dan po (apo) = nenek-nenek. Jadi artinya nenek-nenek yang suka bertanya-tanya. Pengin tahu banget gitu deh, Sist.

Macam kaleyan-kaleyan inihh...nenek-nenek yang kepoin blog ini buat cari tahu arti kata-kata gaul. Huwahaha…!

 

      9. Unyu

Kalau ini sudah tahu ya? Unyu artinya lucu atau menggemaskan. Jadi, biar kesan lucunya lebih nampol untuk menggambarkan sesuatu, maka kata lucu diganti menjadi unyu. Biasanya akan diikuti dengan penggunaan emoticon.

 

     10. Lol

Lol sering diartikan sebagai emoticon ‘angkat tangan’. LOL atau lol adalah akronim dalam bahasa Inggris untuk “laugh out loud” (tertawa terbahak-bahak) atau “lots of luck” (semoga banyak beruntung) atau “lots of love” (banyak cinta).

Istilah lol berasal dari warganet dan menjadi elemen umum bahasa gaul di internet.

     11. Woles

Woles berasal dari bahasa Inggris slow yang dibalik dan dibaca dari belakang menjadi wols yang kemudian ejaannya menjadi woles. Arti kata woles sendiri menggambarkan sikap seseorang yang mampu menahan diri, santai, dan tidak mudah terpancing emosi.

 

     12. Dhudul/dodol

Dhudul berasal dari kata dodol yang kemudian diperhalus menjadi dhudul. Arti kata dhudul sendiri adalah bodoh atau ngawur. Biasanya digunakan sebagai kata umpatan yang bertujuan untuk candaan.

 

     13. Mamen

Mamen berasal dari kata My Man yang artinya kawanku. Biasanya digunakan untuk menyebut sahabat karib/sobat, atau sapaan pada orang yang bertujuan untuk mengakrabkan diri dengan orang asing (sok akrab).

 

      14. Baper

Baper adalah akronim dari kata bawa perasaan. Arti kata ini berbeda-beda sesuai apa yang dirasakan oleh seseorang. Bisa menyenangkan, bisa juga menyedihkan.
Baper terjadi saat seseorang menganggap sesuatu dengan terlalu serius, berlebihan, sedang dalam masalah (kondisi hati yang sensitif), atau terlalu banyak berhayal.

 

      15. Mager

Mager adalah singkatan dari malas gerak. Kata ini menjadi makin popular sekarang ini ketika komentator bola menggunakan kata ini pada pemain sepak bola saat siaran langsung.
Arti kata mager kini umumnya untuk menggambarkan kondisi kelelahan, malas melakukan suatu hal, atau tidak suka melakukan suatu hal, tidak bersemangat atau kurangnya motivasi, sedang tidak enak badan, bahkan jenuh dan bosan dengan kegiatan yang itu-itu saja.

     16. Gabut

Berbeda dengan baper dan mager, kata gabut bukan merupakan singkatan, namun memiliki arti tersendiri yaitu kondisi sebagai keadaan badmood, bête, atau malas melakukan apapun.
Namun ada juga yang mengartikannya sebagai galau buta yang menggambarkan kondisi tidak karu-karuan, tidak bisa dijelaskan.

 

     17. TMT

TMT singkatan dari Teman Makan Teman yang biasanya berkaitan dengan cinta, misalnya perselingkuhan, pengkhianatan, atau menutupi hubungan cinta segitiga.

 

     18. Zupepe

Zupepe adalah plesetan dari sumpeh deh. Biasanya digunakan untuk meyakinkan lawan bicara akan sesuatu dan berisi penekanan.


19. Agan, Sist, Bro


Agan dalam jejaring atau forum digunakan untuk memanggil orang lain dengan panggilan juraga yang disingkat menjadi agan atau gan saja.

Sedangkan Sist dan Bro merupakan penggalan dari kata sister dan brother yang artinya saudara perempuan dan saudara laki-laki.
Panggilan-panggilan ini digunakan agar terdengar bersahabat dan akrab.

Macam saya sama kaleyan yak an Sist, sok akbar, eh, akrab, gitu deh.

      20. Ababil

Ababil itu bukan burung ababil yang menumpas pasukan bergajah ya Sist.
Ababil adalah sebutan yang merupakan akronim dari Anak Baru Gede Labil / ABG Labil.
Arti kata nya sudah tahu lah ya, yaitu sebutan bagi anak baru gedhe yang sedang mencari jati diri, rentan berubah-ubah suasana hatinya yang berpengaruh pula pada perilakunya dan mudah terbawa lingkungan.

      21. Cekidot

Cekidot adalah plesetan dari frasa dalam bahasa Inggris check it out. Arti kata ini menjadi : silakan dilihat, silakan didengar, silakan disimak.

Nah, sekarang kalian sudah tahu kan Sist, arti kata-kata gaul yang kerap kita dengar ataupun kita baca di media sosial? Ternyata arti kata-kata di atas tidak se-receh yang kita duga ya?

So kita ngga akan kesulitan memahami apa kata orang dan tidak akan salah lagi menggunakannya dalam kalimat sendiri baik dalam tulisan maupun percakapan sehari-hari.

Sstt…sebenarnya saya juga baru tahu yang sejelas-jelasnya hari ini lho. Kemarin-kemarin hanya mengira-ira saja arti kata-kata itu.

Sekian saja up grade pengetahuan kita hari ini, eh, malam ini. Tulisan ini saya buat saat tengah malam, tepatnya setelah menyelesaikan jahitan orang. Saya publish paginya. Maklum kerja masih tukang serabutan begini, sedangkan mood buat nulis malah muncul tiba-tiba dijam segini. Heuheuheu…

See you next time pada artikel-artikel saya selanjutnya. Terima kasih sudah membaca tulisan panjang berisi arti kata-kata gaul ini sampai habis. Terima kasih banyak juga yang sudi mengisi kolom komentar, komen ngga penting juga ngga papa, Sist.

Bye bye…!

Ketjup jauh.
Lasmicika

Blog tentang fashion, beauty, dan budaya