Simbol OK, Ternyata ....

Tags

Simbol OK



Ingat simbol ini? Tiga anak cukup? Oke oce?

Cukup familiar ya, karena beberapa waktu lalu digunakan oleh sepasang gubernur n wakilnya yg sekarang sudah menjabat (dan wakilnya mundur untuk jadi calon lagi), utk berkampanye. Kita pun sering menggunakannya saat foto selfi, niatnya sih, biar ngga dikira kampanye capres, karena kan capres kita cuma dua pasang, hehe.

Ternyata, gestur ini tidak semuanya diartikan baik lho. Di Perancis justru menyimbolkan nol / kosong/ non sens.



Tahukah kamu asal simbol yg lebih dikenal sebagai pengganti kata "OK" dan "baiklah" ini?

Nah, di bawah ini saya rangkum dari berbagai sumber, buat pengetahuan ya...

1. Beberapa orang percaya gestur ini merupakan visual singkatan Old Kinderhook, NY, tempat kelahiran Presiden Amerika ke -8 Martin Van Buren. Sepanjang kampanye pemilu, ia banyak menyimbolkan OK dalam gestur sepeti ini.

2. Hipotesis lain terkait Presiden Amerika ke-7 Andrew Jackson, yg menggunakan gestur ini untuk memantapkan keputusan. Ia sering menuliskan "benar semua" (all correct) dalam cara jermal Oll Korrect disingkat OK.

3. Teori lain lahirnya gestur OK adalah MUDRA, sebuah gestur ritual agama Budha dan Hindu. Tanda ini menyimbolkan pembelajaran. Banyak karya seni/patung Buddhist menggambarkan Budha melakukan gestur ini.

Nah, sekarang kita tau asal muasal simbol ini. Jadi, kalo mau ikut2an, minimal kita tau lah dan bisa ngejawab dikit-dikit. Siapa tahu ada yang nanya, ya ngga?

Blog tentang fashion, beauty, dan budaya

2 comments:

  1. Beda budaya beda arti gesture ya. Dulu sempet belajar dikit ttg ini.Seru.

    ReplyDelete
  2. minimal ngga cuma ikut2an, tapi tau sedikit tentang hal2 yang bahkan sudah umum kita ikuti ya Teh

    ReplyDelete