26 Maret 2021

Bumil Sehat, Jaga Imunitas Keluarga dengan Suplemen Herbal

Tags

jaga daya tahan


Senin lusa, usia kandungan saya memasuki 33 minggu. Alhamdulillah, sampai hari ini masih sehat, bisa beraktifitas dan bekerja dengan baik walaupun sedang hamil. Meski sebagian besar pekerjaan dikerjakan di rumah, untuk pekerjaan job make up pengantin saya dan suami masih harus tetap keluar rumah.


Semenjak pandemi covid-19 setahun terakhir, memang banyak sekali yang berubah. Bukan hanya ritme kerja, tapi juga cara pandang kita terhadap segala hal. Dalam pekerjaan make up pengantin dan resepsi pernikahan, contohnya. Dulu, tidak terlalu memikirkan jumlah orang yang menghadiri pesta, makin banyak makin baik, tapi sekarang malah harus dibatasi.


Dari pemerintah daerah setempat sendiri sudah menetapkan protokol kesehatan terkait penyelenggaraan pesta pernikahan yang harus saya perhatikan sebagai salah satu vendor penyelenggara. Hal ini tentu saja untuk menekan angka penyebaran virus sehingga tingkat penularan bisa menurun.


Protokol kesehatan 5 M yang dianjurkan pemerintah, seperti memakai masker dengan baik dan benar, mencuci tangan menggunakan sabun di air mengalir, menjaga jarak dengan orang lain, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilitas dan interaksi, sekarang ini bukan lagi menjadi anjuran, melainkan sudah menjadi gaya hidup sehari-hari. Menjaga kesehatan diri dan keluarga menjadi prioritas setiap orang termasuk saya yang sedang hamil dan memiliki kerentanan lebih rendah terhadap penyakit. Kondisi hamil pun membuat saya belum bisa mendapatkan vaksin sampai melahirkan nanti.


Beruntung sekali saya berkesempatan mengikuti webinar bersama Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) Dr. (Cand.) dr. Ingrid Tania, M.Si. (Herbal) yang mengupas tuntas tentang cara menjaga kesehatan keluarga dan sistem imun. Selain dr. Ingrid, dalam webinar ini hadir pula Mas Agie Avionico Gaudart, S. Farm., Brand Manager Imugard.


Menurut dr. Ingrid, sistem imun/kekebalan tubuh adalah semua mekanisme tubuh untuk mempertahankan keutuhannya terhadap bahaya dari luar maupun dalam tubuh sendiri. 


Berbagai kuman, virus, bakteri, dll yang ada di lingkungan hidup dapat masuk ke dalam tubuh dan menjadi sumber penyakit. Jika sumber penyakit ini tidak dapat disingkirkan dari dalam tubuh, maka akan menyebabkan kerusakan jaringan dan infeksi.


Makanya, menjaga sistem imun dan kekebalan tubuh sangat penting untuk menjaga kesehatan.


Imunomodulator



Imunomodulator adalah zat atau subtansi yang dapat memodifikasi respon imun, mengaktifkan mekanisme pertahanan alamiah maupun adaptif serta dapat mengembalikan ketidakseimbangan sistem imun yang terganggu.

Indonesia yang kaya aneka rempah rempah dari alam, memiliki banyak jenis tumbuhan yang memiliki khasiat imunomodulator. Contohnya tumbuhan meniran, daun kelor, dan kunyit. Tumbuhan herbal Indonesia memang sudah terkenal, ya, memiliki khasiat luar biasa bagi kesehatan tubuh, termasuk dalam fungsi meningkatkan sistem imun.


Peran Imunomodulator Herbal



Dengan keunggulan berbeda yang dimiliki tiap tumbuhan herbal Indonesia, kita dapat mengambil manfaat masing-masing jenis tumbuhan secara optimal. Nah, uniknya, zat imunomodulator dalam tanaman herbal ini bisa dikombinasikan, dengan tetap mengutamakan pertimbangan keamanan pemakaian jangka panjang.


Penggemar setia tumbuhan herbal yang bingung dengan takaran dan kombinasi yang aman dikonsumsi untuk menjaga imunitas keluarga, sekarang tidak perlu khawatir lagi. PT Deltomed sudah memproduksi kombinasi manfaat meniran, daun kelor, dan kunyit ini dalam satu produk herbal yang aman sebagai imunomodulator, yaitu Imugard.


peran imunomodulator



Imugard


Imugard ini produk herbal dari Deltomed untuk meningkatkan daya tahan tubuh dengan formula 3 in 1 menuran, daun kelor, dan kunyit.

Manfaat tiga bahan utama yang terdapat dalam Imugard yaitu:

  1. Meniran, untuk membantu memelihara daya tahan tubuh
  2. Daun kelor, untuk melengkapi kebutuhan nutrisi
  3. Kunyit, untuk memperbaiki sistem pencernaan dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Imugard mudah didapatkan secara online di Deltomed Store (Official) baik di Tokopedia, Blibli, Lazada, Shopee, maupun Bukalapak. Selain itu Imugard juga dibeli secara offline di Century, Watson, Apotek, dan Toko obat retail.


harga imugard




Imugard ini dapat diminum satu kaplet setiap hari untuk menjaga daya tahan tubuh. Saat kondisi tubuh sedang drop, banyak kesibukan dan tubuh memerlukan tambahan suplemen hingga keadaan membaik, maka Imugard dapat diminum 2 kaplet sehari.

Semua orang  dewasa dan lansia dapat mengonsumsi suplemen herbal ini. Oh ya, anak di atas usia 12 tahun juga sudah dapat mengonsumsi Imugard ini.


Obat Herbal Bagi Ibu Hamil



Menurut dr. Ingrid, tumbuhan herbal segar masih aman dikonsumsi bagi ibu hamil Banyak tumbuhan segar yang kaya manfaat yang bisa dikonsumsi oleh bumil. Namun, jika dalam bentuk ekstrak, seperti obat dan suplemen yang mengandung herbal, penggunaanya harus sangat berhati-hati bagi ibu hamil karena kandungan dan dosisnya jauh lebih besar dari tumbuhan segar meski bentuknya kecil.

Tumbuhan herbal segar pun, masih harus dipilah lagi jenis yang aman bagi ibu hamil sesuai kondisi individu bumil masing-masing. Daun kelor yang disayur, dijus, pecel dan juga kunyit, masih aman selama dikonsumsi dengan jumlah tidak berlebihan sebagai makanan sehari-hari atau jamu. 

Banyak ibu hamil yang tidak merasakan efek samping mengkhawatirkan jika mengonsumsi herbal. Namun demikian, banyak juga wanita hamil yang sensitif terhadap tumbuhan herbal. Beberapa ibu hamil gampang mengalami kontraksi rahim saat meminum jamu kunyit asem, misalnya. Maka bumil dengan keadaan khusus seperti ini sebaiknya menghindari makanan atau minuman herbal baik dalam bentuk segar maupun ekstrak obat suplemen.


herbal untuk bumil
tetap sehat, bekerja sesuai protokol kesehatan


Konsumsi herbal jangka panjang



Suplemen herbal pada umumnya aman dikonsumsi dalam jangka panjang sampai 6 bulan. Namun, kondisi kesehatan tubuh yang berbeda-beda, atau orang yang memiliki riwayat penyakit bawaan seperti liver, kanker, gula darah, autoimun, dll, maka konsumsi herbal (baik itu tumbuhan segar maupun ekstrak/suplemen) harus disesuaikan dengan kondisi masing-masing.


Banyak sekali ilmu saya dapatkan dari webinar ini terutama cara menjaga imunitas keluarga selama pandemi dengan suplemen herbal. Tetap semangat, jaga kebersihan dan kesehatan diri dan keluarga. Semoga pandemi ini segera berakhir.***





Blog tentang kecantikan, make up, fesyen, mode, dan budaya

33 komentar:

  1. apa baiknya jangan sampai lewat dari 6 bulan ya kak mengkomsumsi suplemen setiap harinya ? atau baiknya dijeda kali ya waktunya, misalnya 2 bulan trus stop nanti beberapa bulan lagi komsumsi lagi, tapi suplemen herbal gak bikin ketergantungan kan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya memang tidak terus-terusan konsumsi suplemen untuk menunjang kesehatan meski berbahan herbal.

      Konsumsi jika kondisi sedang drop atau butuh banyak asupan energi tambahan.

      Hapus
  2. Aaaa mbak semoga sehat terus yaa sampe lahiran, wah untungnya ada suplemen makanan yang cocok ya khususnya untuk ibu hamil, apalagi dimasa pandemi ini pokoke kesehatan wajib nomerin 1

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penggunaan pada ibu hamil sebaiknya berhati-hati mbak.

      Hapus
  3. Keren banget nih Imugard pakai bahan2 alami utk menjaga imunitas tubuh. Sekarang emang zamannya kembali ke alam. Tak terkecuali dengan obat-obatan yang mengacu herbal.

    BalasHapus
  4. Saya suka minum teh daun kelor, bahkan daun kelor dibuat sayur sangat enak. Ada suplemennya bisa lebih praktis lg buat mengkonsumsinya...

    BalasHapus
  5. Memang di amsa pandemi ini, saat masa kehamilan harus dijaga ekstra ya, Mbak. Apalagi Mbak Lasmi juga sering bekerja di luar rumah. Jadi perlu sekali menkonsumsi makanan atau minuman berbahan herbal.
    Jaga terus kesehatan sampai proses kelahiran, Mbak. Ibu dan bayi sehat.

    BalasHapus
  6. Wah Imugard bisa ya buat bumil mba? Jadi pengen coba juga, kemarin saya habis drop karena kecapean, siapa tau dengan Imugard ini bisa tetap terjaga daya tahan tubuh saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk ibu hamil sebaiknya konsumsi herbal segar mba, seperti sayur daun kelor, sari kunyit asem.
      Untuk suplemen ekstrak sebaiknya berhati-hati sekali karena dosisnya lebih tinggi daripada tanaman herbal segar.

      Hapus
  7. Amat jarang sih ada obat yang boleh dikonsumsi oleh ibu hamil, tapi Imugard ini emang lain dari biasanya bisa dikonsumsi ibu hamil.
    Mantep banget produsennya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Konsultasikan dengan dokter kandungan mbak, untuk penggunaan pada ibu hamil.

      Hapus
  8. Sehat-sehat terus ya kak dan calon dede, konsumsi herbal memang jadi pilihan ya karena lebih tenang untuk dirutinkan setiap hari

    BalasHapus
  9. Semoga sehat dan lancar terus kehamilannya ya, mbak.
    Memang bener, kita harus selalu jaga dan melindungi kesehatan dengan banyak minum suplemen.

    BalasHapus
  10. Wah lagi hamil mba? Sehat2 ya mba. Penting memang konsumsi imunomodulator di masa pandemi ini. Alhamdulillah ada imugard yg aman untuk ibu hamil ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk ibu hamil sebaiknya makan atau minum herbal segar saja mbak.

      Hapus
  11. wuah iya yah, ibu hamil nih fisiknya harus dijaga banget
    salah satunya butuh imugard sebagai penambah daya tahan tubuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Konsultasikan dengan dokter kandungan ya

      Hapus
  12. klo daun kelor biasanya dibuat sayur, baru tahu aku ternyata daun kelor nggak hanya enak saat di sayur, tapi juga sehat bagi tubuh ya mbak

    BalasHapus
  13. Ternyata bumil aman konsumsi Imugard ya kak.
    Karena kandungannya dari bahan herbal Indonesia.
    Semoga sehat selalu dan lancar hingga persalinan ya kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk bumil sebaiknya makan n minum tanaman herbal segar, bukan dalam bentuk ekstrak suplemen.

      Hapus
  14. Memberikan asupan suplemen herbal seperti Imugard ini adalah salah satu cara menjaga imunitas keluarga ya Mbak...

    BalasHapus
  15. Selamat atas kehamilannya, Mbak. Semoga sehat2 ya sama janinnya juga...
    Memang perlu banget nih jaga imunitas saat pandemi gini. Mengkonsumsi Imugard bisa jadi ikhtiar juga ya. Ini kandungannya ekstrak tanaman herbal dan aman. Makasih rekomendasinya...

    BalasHapus
  16. Sekarang gak perlu repot-repot parut kunyit lagi ya. Kan ada imugard. Suplemen herbal dengan segudang khasiat

    BalasHapus
  17. Waah imugard ini lengkap ya. Formulamya sudah 3 in one. Aman buat ibu hamil lagi. Aku belum pernah coba sih mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan lupa konsultasikan dengan dokter bagi ibu hamil

      Hapus
  18. Kalau daun kelor dan kunyit sih memang sudah terbukti khasiatnya sebagai penjaga imunitas tubuh. Bagusnya memang produk kesehatan begini sih diambil dari bahan alami agar aman buat kesehatan. terutama ibu hamil. Seamat ya Mbak atas kehamilannya, semogaa lancar sampai persalinan. Mengonsumsi jamu semoga makin sehat ya, terutama setelah melahirkan nanti. Makasih info seputar Imugard, bermanfaat!

    BalasHapus
  19. Daun kelor, ternyata manfaatnya banyak juga ya
    Terimakasih atas artikelnya
    Bermanfaat banget, siapa tahu nanti ada saudara saya atau pacar saya yang hamil, mau saya kasih tahu ah

    BalasHapus
  20. Kalau sudah dalam bentuk pil jadi enak konsumsinya

    BalasHapus
  21. Wah iya, ibu hamil emang sebaiknya jangan minum terlalu banyak pil berbahan kimia sembarang yaaa.. paling baik lebih baik menggunakan bahan herbal seperti imungard ini yaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Suplemen herbal pun tetap harus berhati-hati selama hamil mbak.

      Hapus
  22. Semangat mba..saat hamil emang perlu hati-hati ya saat konsumsi suplemen. Keren masih aktif ngerias meski tengah hamil. Sehat2 terus yaa

    BalasHapus
  23. Cara menjaga imunitas tubuh bagi para ibu hanil juga perlu kehati-hatian memang. Nggak bisa sembarang konsumsi jamu atau suplemen herbal sekalipun.

    Sehat sehat dan lancar sampai hari H tiba ya Mba. Sehat terus buat Mba dan si adik bayi.

    BalasHapus
  24. Ulasan informatif.
    Selamat menanti kelahiran anaknya, kak.
    Sehat selalu berkat manfaat baik dari daun kelor.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Ditunggu tanggapan dan komentarnya ya.