19 Juni 2023

Cara Pasang GA4 pada Blogspot dengan Menggunakan Google Task Manager (GTM)

Tags


Cara Pasang GA4 pada Blogspot dengan Menggunakan Google Task Manager (GTM)


Hidup lagi riweuh-riwueh-nya malah ikutan Kelas BRT. Ini sih cari penyakit boleh dibilang. Kelas BRT selalu penuh tantangan dan rules-nya ketat. Nggak cocok sebenarnya untuk aku saat ini yang lagi padat pesanan jahitan seragam sekolah murid baru, jadwal full make up wisuda yang pada lulus, plus udah masuk bulan haji yang nota bene mulai sibuk juga ngurus nikahan klien Rumah Tsabita.


Tapi ya, mau gimana lagi. Kelas ini penting buat aku yang belum bisa pasang GA 4 sendiri tanpa bantuan para suhu blog.


Lalu kupikir lagi, aku selalu rela mengerjakan pekerjaan apapun, jam berapapun, demi klien dan customer langganan. Dibelain nggak tidur juga hayuk aja. Kenapa aku juga nggak melakukan hal yang sama demi kemajuan diri sendiri? Kenapa nggak memaksakan diri melakukan hal yang bisa menambah skill diri sendiri?


Makanya, meski hari-hari ini pekerjaan amat padat, aku nggak mau kehilangan kesempatan mengikuti kelas BRT yang kali ini membahas cara pemasangan GA 4 tahap dasar.



Kelas Blogger BRT


Kelas yang diadakan melalui Google Classroom ini diadakan Jumat malam mulai jam 7 sampai jam setengah sepuluh, atau nambah 1 jam dari waktu yang direncanakan selesai setengah sembilan malam.


Mengikuti Kelas BRT lagi setelah sekian lama vakum utak atik blog saja sebenarnya sudah jadi masalah buat aku. 20 menit pertama otakku baru mulai ON lagi tentang per-blog-an.


Sebelumnya, aku mengikuti kelas BRT Network tentang Cara Menaikkan DA Blog dan belajar SEO On Page untuk pemula. Semua kelas yang diadakan oleh BRT Network sangat aplikatif dan bisa dipraktekkan saat kelas berlangsung.


Dari kelas-kelas yang diampu sendiri oleh Mas Punto Wicaksono (atau biasa kami panggil Mas Pewe), SEO Spesialis inilah skill blogging-ku melesat. Banyak hal yang baru kuketahui saat mengikuti kelas yang sebelumnya nggak tahu sama sekali.


Itulah mengapa aku mengikuti kelas Cara Pasang GA4 ini meski waktu sangat sempit dan badan sedang tidak fit.


Google Analytic 4 (GA4)


Seperti diketahui oleh seluruh blogger, bahwa Google Analytic Universal (AU) akan segera dihapus dan harus pindah ke Google Analytic 4 (GA 4) mulai tanggal 1 Juli 2023.


Sekian lama menggunakan AU, sebagai blogger platform Blogspot aku sudah merasa nyaman dan terbiasa. Namun, dengan adanya kebijakan dari Google, maka blog Lasmicika ini pun harus segera update ke GA 4 segera sebelum 1 Juli.


Pengertian Google Analytic


Google Analytics merupakan layanan yang disediakan oleh Google dalam melacak traffic pada website / blog dan membuat report data traffic tersebut.


Melalui Google Analytic ini, pemilik blog dapat membuat setting event, membaca data, melihat page view (PV) satuan per artikel, dsb.

Pada akhirnya, Google Analytic membantu pemilik blog menganalisa kinerja blog berkaitan dengan :
  • Jumlah pengunjung blog
  • Halaman yang paling sering dikunjungi dalam sebuah blog
  • Darimana pengunjung blog 
  • Waktu yang dihabiskan untuk mengunjungi blog 
  • Dll


Google Analytics juga disertai dengan fitur dashboard, pelacakan Real-Time, dan analisis spesifik tentang visitor di blog lainnya, seperti gender visitor, kisaran umur, interest visitor, dan lain-lain.



Cara Pasang GA4 dengan Google Task Manager (GTM)


Pada Kelas BRT Network kali ini, Mas Pewe menjelaskan tentang Cara Pasang GA4 dengan cara manual Google Task Manager (GTM).


Ada kelebihan dan kekurangan menggunakan GTM ini jika dibandingkan dengan pemasangan GA4 secara otomatis.

Menurut Mas Pewe sendiri, minusnya adalah setting-nya ribet dan tidak sederhana bagi pemula. Plus-nya tentu lebih banyak fitur yg bisa di-setting jika menggunakan GTM. 


"Itulah mengapa setting GA4 utk corporate harganya bisa di atas 40jt utk 1x setting full," terang Mas Pewe.


Cara Pasang GA4


  1. Buka halaman Google Analytics dan masuk ke bagian admin (tanda gear sudut kiri bawah)
  2. Buatlah properti baru (GA4)
  3. Ubah zona waktu berdasarkan wilayah masing-masing
  4. Setelah dibuat buka bagian aliran data/data streamer
  5. Di sini akan ada satu aliran data baru bertipe web, jika masih kosong create sebuah aliran data di sana
  6. Masukkan nama site, nama aliran data, dan pastikan tipenya adalah pengukuran Web karena pengguna GA4 lebih pager menggunakan PC.
  7. Klik nama aliran data yang sudah Anda buat untuk mendapatkan ID pengukuran datanya G-***, ID ini yang nanti Anda gunakan di set-up Google Tag Manager.


Cara Setting Google Task Manager (GTM)


Selanjutnya kita setting ke Google Tag Manager. Jika belum memiliki Google Tag manager, bisa membuatnya melalui akun google.

  1. Buka halaman tagmanager.google.com
  2. Buat akun, tambahkan nama akun, negara, di bagian container setup, masukkan url blog kita tanpa http/https dan target platformnya web
  3. Setelah Anda berada di halaman workspace GTM, buatlah sebuah tag baru
  4. Di bagian tag configuration klik dan pilih GA4 Configuration
  5. Masukkan ID pengukuran GA4 pada langkah setting GA4 di atas di kolom measurement ID
  6. Untuk bagian triggering, centang All Page untuk mengukur pageview


Memasangkan Kode GTM pada Template Blog


  1. Masih di GTM pindah dari tab workspace ke tab Admin
  2. Di bagian container ada menu install Google Tag Manager silahkan di klik bagian ini
  3. Ada dua kode yang perlu kita pasang di Blogspot, yaitu kode atas untuk bagian head dan kode bawah di bagian body (copy bagian head terlebih dahulu)
  4. Sebelum dipastekan ke template, silahkan parse dulu kode GTM di https://pewe19.github.io/parsing-html/ Paste-kan kode GTM di sana untuk mendapatkan hasil kode yang sudah di-parse.
  5. Selanjutnya buka dashboard Blogger.com dan masuk ke bagian template. Klik customize/sesuaikan.
  6. Taruh hasil parse tersebut di bawah kode <head> (biasanya di bagian atas)
  7. Selanjutnya kembali ke GTM untuk mengcopy kode kedua. Sama seperti kode pertama, lakukan parse kode dulu sebelum dicopy ke template blogger
  8. Di dalam bagian coding template blogger (pastikan Anda klik di salah satu baris codingnya) klik tombol CTRL+F
  9. Cari kode </head>
  10. Setelah ketemu, cek kode <body di bawahnya sampai dia ketemu simbol > (end of opening body tag declaration)
  11. Pastekan kode parse kedua di bawah kode <body> tersebut
  12. Simpan template.


Nah, itulah materi Kelas Blogger Jumat malam kemarin yang kuikuti. Jika data sudah terbaca, maka artinya pemasangan GA4 sudah berhasil.

Setelah ini masih ada kelas lanjutan tentang bagaimana cara membaca GA4 untuk berbagai keperluan terkait dengan dunia blog. Harapanku, aku masih bisa terus ikut Kelas BRT Network selanjutnya untuk terus mengasah dan meng-upgrade ilmu per-blogging-an yang sangat bermanfaat buat blogger seperti aku.


Buat yang baru mau memasang GA4, bisa mengikuti langkah di atas ya.

Selamat mencoba!




Nn



Blog tentang kecantikan, make up, fesyen, mode, dan budaya

1 komentar:

  1. Sampai saat ini belum juga berhasil, proses sudah dilakukan tapi tetap saja belum bisa dikoneksikan, padahal smw proses ya sejauh ini dijalani, entah apa yang missed, sampai tidak tahu lagi, lelah hayato

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Ditunggu tanggapan dan komentarnya ya.