11 November 2019

Belajar Jahit Otodidak: Cara Membuat Pita Sederhana

Tags

aplikasi pita pada kebaya

Aplikasi pita ini mulai hype lagi ketika tren lengan terompet merebak. Karena fashion memang selalu kembali berputar dari masa ke masa, tak mengherankan jika banyak aplikasi yang dulu sudah 'tidak musim' suatu saat akan muncul lagi dan banyak diminati.

Membuat pita seperti ini biasanya tak diajarkan saat kursus menjahit ya, Sist. Namun, kita bisa belajar sendiri secara otodidak untuk membuatnya. Caranya pun cukup mudah. 

Hiasan pita sederhana ini banyak diletakkan tepat di atas lengan terompet. Tapi banyak pula yang diaplikasikan di beberapa bagian lain sesuai keinginan. Bahkan, pita ini dalam versi ukuran yang lebih kecil juga dipakai sebagai hiasan bross dagu. Banyak pula lho yang membuat pita-pita kecil seperti ini untuk jepitan rambut. Untuk hiasan pita pada kebaya pun oke kan?

Nah, kalian yang sedang belajar menjahit otodidak, tak rugi belajar cara membuat pita sederhana ini.
Berikut ini langkah-langkahnya:

1. siapkan kain ukuran 8 x 12 cm
 (atau ukuran lebih kecil / lebih besar dengan perbandingan 2:3)

2. lipat bagian memanjangnya, jahit, sisakan bagian tengah sedikit untuk lubang

3. jahit kanan dan kiri, dengan posisi lubang digeser ke tengah

4. bagian kanan dan kiri sudah dijahit, lubang ada di tengah

5. balik kain melalui lubang, agar jahitan tidak terlihat

6.a. tampak atas, jelujur dengan jarum tangan tepat bagian tengahnya

6.b. tampak bawah setelah dijelujur

7. tarik benang jelujur

8. ikat dengan sisa benang

9. aplikasikan pada bagian pakaian yang diinginkan

Nah, mudah bukan cara membuat pita sederhana ini? Bagi yang belajar secara otodidak pun pasti bisa mempraktekannya. 

Semoga bermanfaat!***

Blog tentang kecantikan, make up, fesyen dan mode, dan budaya

28 komentar:

  1. Wah... pakai kain perca alias kain sisa, terus dibuat jepit anak-anak yang banyak bisa juga nih Kak. Laku kali ya kalau dijual?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa banget.
      Banyak juga kok yang dibuat jepit rambut atau untuk souvenir pernikahan.

      Hapus
  2. Ayah dan Ibu saya tau jait, orang jaman dulu bisa apa aja ya. Kalau saya, boro-boro...jait pake jarum aja ga paham. Pernah sih punya keinginan belajar jait, tapi jaman sekarang nyari kursus begitu susah deh..apalagi di Jakarta

    BalasHapus
  3. Simple banget pekerjaannya ya mbak, namun hasilnya cukup manis.

    BalasHapus
  4. Bajunya jadi makin cakep ya mbak dengan tambhan pita. Tapi entah dari dulu aku menyerah belajar jahit, padahal ibu dan mertuaku semuanya bisa ngejahit.

    BalasHapus
  5. Sederhana pitanya tapi bikin canyik dan kelihatan istimewa. Bisa memanfaatkan perca pula..makasih sharingnya mbak

    BalasHapus
  6. Wah aku mau tuh, minati banget deh sama menjahit secara bayar jahit ke orang muuaahal makanya aku memilih beli yang udah jadi. Beli mesin jahit nih, mbak aja autodidak bisa, aku insyaAllah bisa juga ya

    BalasHapus
  7. Waaaah, kalau telaten pasti bisa ya mbak, makasih untuk sharingnya, bisa sambil dipraktikan

    BalasHapus
  8. Aaakkk, imut dan unyuuu banget :)
    Ternyata ga susah susah amat ya Mbaaa
    Asalkan ada kemauan aja sih yaaa

    BalasHapus
  9. Saya kasih link nya ke kakak saya ah, dia suka menjahit, dan barusan beli mesin jahit dong.
    Kalau saya suka jahit pakai tangan sih, mau beli mesin jahit, tapi saya lebih prefer beli laptop bagus dan anti lelet hahaha

    BalasHapus
  10. Pita dengan warna senada untuk pemanis di pakaian memang makin mempercantik penampilan ya. Terimakasih sudah menambah ilmu dan wawasan nih. Bisa buat hiasan kain gorden juga nih supaya ada variasi hehehe

    BalasHapus
  11. Wah senangnya punya hobi menjahit
    Saya paling lemah dalam ketrampilan menjahit

    BalasHapus
  12. Wah, kelihatannya mudah yaaa? Tapi kira-kira berhasil nggak ya kalau aku buat sendiri? Lucu deh kalau diaplikasikan di baju-baju aku yang polos gitu. Biar jadi pemanis, hihihi ...

    BalasHapus
  13. Sepertinya gampang ya bikinnya, pakai jahit manual pun bisa ini kan ya.

    BalasHapus
  14. Kek gampang kelihatannya. Bisa di coba ini bikin pitanya buat ditempel di tas 😍

    BalasHapus
  15. Kain-kain perca bisa termanfaatkan dan bernilai ekonomis ya kalo gini.

    BalasHapus
  16. Wah.. bagus 😍 saya bisa belajar bikin pita juga nih, biar baju2 saya yg terlihat monoton bisa ditambahin pita agar terlihat lebih manis 🤗

    BalasHapus
  17. Sederhana tapi cantik ya pitanya..
    Wah bisa pake kain perca juga..

    BalasHapus
  18. Wah, ini bikin keingetan sama hobi lama waktu masih gadis. Aku suka menjahit. Waktu masih punya mesin jahit. Yang jadul itu lho. Aku sering bikin pita kayak begini. Sama baju2 boneka, tas, dan tempat pensil. Huhu... kepengen punya mesin jahit jadinya. Kepengen jahit-jahit lagi.

    BalasHapus
  19. Bagus sekali Mbak hasilnya. Makasih tipznya. Bisa digunakan saat bikinin baju anak.

    BalasHapus
  20. Sharingnya bermanfaat banget, tutorial bikin pita nya juga jelas, baju lama dengan penambahan pita ini pasti bikin jadi model baru ya, nanti mau coba praktekin

    BalasHapus
  21. Aku salut sama dirimu mbaaaa, pintar jahit ternyata. Dulu aku pernah punya cita-cita jadi penjahit loooh pas kecil. Karena ibuku bisa jahit dan kadang jahitin baju-bajuku. Sayang, makin gede kok akunya malas dan gak mau belajar dari ibu. Aku nemuin hobi lain, yaitu menulis. Nulis cerpen, nulis dongeng, nulis diary. Kakakaka.

    BalasHapus
  22. waktu wisuda kemarin, kebayaku ada ikat pinggang pitanya loh
    sengaja desain sendiri, biar sesuai dengan yang dimau
    tapi tetep yang jahitkan tentu penjahit profesional, hoho

    BalasHapus
  23. Lucuuuuuu.. Paling suka sama aplikasi pita ini. Pengen kursus jahit aku tuh. Tapi sekarang otodidak pun memungkinkan ya banyak media yang menyediakan cara menjahit. Tinggal mesin jahitnya kudu beli. 😂

    BalasHapus
  24. wah.. gampang banget ya ternyata bikin pita untuk aplikasi di baju. jadi pengen belajar jahit nih...

    BalasHapus
  25. Masya Allah, mba.
    Kamu da best!
    Multi talenta ya.

    Btw, bisa jahit atasan muslim jugakah?
    Atau jangan-jangan punya usaha konveksi ne :)

    BalasHapus
  26. Cantik banget mbak modelnya. Seneng banget punya keterampilan menjahit kayak begini. Kalo diliat dari tipsnya, membuat pita sederhana kayak begini kelihatannya mudah ya mbak

    BalasHapus
  27. Ya ampun,my wish comes true! Baru aja mau googling cara bikin pita kayak gini, Mba. Mau aku tempel di lengan baju, tapi mau bikin yang lebih kecil lagi. Eh nemu di sini. Aiiih. Thank you universe, thank you Teh Lasmi! 💞💕💖🙏

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Ditunggu tanggapan dan komentarnya ya.