18 Maret 2022

Cireng Nasi Kobe Tepung Bumbu Putih, Praktis dan Enak

Tags

kobe tepung bumbu


Cireng Nasi Kobe Tepung Bumbu Putih, Praktis dan Enak


Cukup lama saya nggak bertemu Bulik Kaji Sofiyah sampai beberapa waktu lalu kami berpapasan di jalan, dan saya pangling. 

Bukan. Bukan karena Bulik bertambah putih, bertambah langsing, dan semacamnya yang bikin pangling. Tapi, sebagian wajahnya terlihat menghitam khas luka bakar yang berangsur mengering.

Ada apa gerangan yang terjadi? Ternyata Bulik terkena cipratan minyak goreng panas saat sedang menggoreng cireng!

Bukan sekali dua kali saya mendengar cerita tentang cipratan minyak. Meski tak pandai memasak saya sering juga bikin goreng-goreng sebagai pelengkap hidangan atau cemilan. 

Tapi memang, gara-gara cerita 'seram' seperti yang dialami Bulik itu makanya saya belum pernah sekalipun bikin cireng sendiri! Belum apa-apa udah takut kena cipratan minyak. 

Berbagai tips membuat adonan cireng agar tidak 'meledak' yang pernah saya dapat dari teman:
  • Uleni tepung aci dengan air panas,
  • Diamkan adonan agar 'tidur' sebelum digoreng.

Duh, ribet juga ya. Pokoknya saya tampung biar nanti kalau suatu hari bikin cireng, saya tahu caranya agar tidak 'meledak-ledak' ketika digoreng. Tapi toh belum pernah juga bikin cireng sendiri. Lebih sering bikin donat sepertinya, padahal prosesnya panjang berliku.

Nah, gara-gara Kobe Tepung Bumbu Putih saya jadi penasaran untuk bikin cireng sendiri. 

Kobe Tepung Bumbu Putih ini memiliki tekstur berbentuk kristal dengan butiran tepung renyah, jadi lapisan gorengan lebih tebal dan renyah.

Selain bisa untuk bikin gorengan, tepung bumbu putih dari Kobe ini bisa untuk membuat cilor (aci telor) karena teksturnya yang kenyal dan elastis saat diaduk. Ini bikin kita hepi ya untuk membuat sendiri berbagai makanan dan cemilan sendiri di rumah. Praktis nggak pakai ribet.


Tentang KOBE


Kobe sudah berdiri sejak 1979 yang berawal dari industri rumahan di Semarang. Produk pertama Kobe adalah tepung bumbu, yang kemudian menjadi tepung bumbu pertama di Indonesia.

Awalnya saya mengira Kobe adalah perusahaan asal Jepang karena dilihat dari namanya. Ternyata KOBE adalah singkatan dari Kata Orang Banyak Enak. Ya ampun, ternyata ya. 

Kobe sendiri memiliki tag line Kobe Ahlinya Tepung Bumbu.


Kali ini, termotivasi memanfaatkan bahan yang tersedia di rumah, coba bikin bikin cireng nasi Kobe Tepung Bumbu Putih yuk! Nggak akan meledak kok kalau cara membuatnya benar. 

Bahan-bahannya mudah didapat, memanfaatkan nasi yang kadang melimpah gara-gara banyak kiriman acara ini itu dari saudara dan tetangga kanan kiri. Hehe.... Oh ya, Kobe Tepung Bumbu Putih ini tanpa pengawet dan tanpa pewarna buatan loh.

cireng nasi kobe
cireng nasi Kobe 


Resep Cireng Nasi Kobe Tepung Bumbu Putih 


Bahan :


200 gr nasi putih
100 ml air putih
1 bungkus Kobe Tepung Bumbu Putih (75 gr)
10 gr daun bawang
Minyak goreng secukupnya

Bahan Bumbu Rujak:


1 sendok makan kacang tanah (digoreng)
100 gr gula merah
Terasi secukupnya 
50 ml air hangat
1 sachet BonCabe level 10 rasa original 
1 sendok makan air asam

Cara Membuat Cireng Nasi Kobe


  1. Aduk nasi dengan air, campurkan dengan Kobe Tepung Bumbu Putih serta daun bawang. Aduk sampai tercampur rata.
  2. Panaskan minyak dalam wajan. Setelah cukup panas, ambil setengah sendok makan adonan, goreng hingga kekuningan.
  3. Lanjutkan sampai adonan habis. Cireng nasi siap dihidangkan 

Cara Membuat Bumbu Rujak


  1. Haluskan kacang tanah dan terasi, beri air hangat.
  2. Tuang BonCabe level 10 dan air asam, aduk sampai rata.
  3. Bumbu rujak siap disajikan sebagai cocolan cireng nasi Kobe.

Praktis dan mudah sekali ya. Lebih mantul disajikan dengan minuman teh hangat. Bikin betah di rumah deh.


Variasi Tepung Bumbu Kobe


Selain tepung bumbu putih, banyak varian lainnya loh, sesuai kebutuhan dan variasi masakan. Yaitu:
  • Kobe Tepung Tempe Kriuk
  • Kobe Tepung Kentucky Super Crispy
  • Kobe Tepung Bumbu Putih 
  • Kobe Tepung Serbaguna
  • Kobe Tepung Bakwan & Perkedel
  • Kobe Tepung Pisang Goreng 

varian kobe
varian tepung bumbu Kobe



Tahu aja, kita orang Indonesia nggak semuanya bisa masak. Jadilah berbagai tepung bumbu dari Kobe ini disesuaikan dengan jenis masakan yang pastinya praktis, cepat, tapi hasil akhirnya sesuai harapan.

Untuk yang hampir nggak ada waktu buat belajar masak, belajar meracik tepung dengan bumbu yang beraneka rupa seperti saya, cocok lah ya.

Resep lain berbagai masakan praktis dan enak, juga bisa didapatkan di website Dapur Kobe. Bisa dicoba semua resepnya biar nggak bosan itu-itu saja jajan dan lauknya. Resepnya mudah, cocok untuk orang sibuk tapi ingin masak sendiri untuk keluarga.


Keunggulan Kobe Tepung Bumbu Putih 


  • Dengan butiran tepung kristal membuat lapisan lebih krispi dan lebih tebal.
  • Tekstil lebih garing dan kerenyahan yang tahan lama.
  • Mengandung tepung tapioka sehingga dapat membuat masakan lebih kenyal dan juicy jika dijadikan campuran bahan.
  • Gluten free, tanpa pengawet, dan tanpa pewarna buatan.

Nah, itu dia resep Cireng Nasi Kobe Tepung Bumbu Putih. Cemilan begini cocok dinikmati pas siang hari yang panas atau juga dingin karena hujan.

Kalau anak-anak mah, asal ada cemilan hangat, pasti dilahap. Bumbu rujak mereka ganti dengan bubuk BonCabe saja. Memang mereka penyuka pedas juga.

Gimana, ada yang sama kah, sekeluarga penyuka cemilan bikinan sendiri dengan cocolan sambal pedas juga? Biasanya kalau bikin cireng dicocol apa nih, di rumah? Share di kolom komentar ya.***

Blog tentang kecantikan, make up, fesyen, mode, dan budaya

4 komentar:

  1. Baru tahu kalo goreng cireng itu bisa meledak gitu, serem ih sampai kena mukanya, pasti sakit banget. Belum lagi nanti bekasnya ya.

    Kalo aku kadang beli Kobe tepung tempe kriuk buat goreng tempe, emang bikin gorengan tempe renyah, cuma sayangnya sekarang minyak goreng lagi naik daun.đŸ¤£

    BalasHapus
  2. Kesukaan banget kalau ada bumbu instan seperti ini, masak jadi lebih cepet dan gampang. Jadi gak perlu mencampur beberapa bumbu tinggal menggunakan tepung bumbu kobe langsung kriuk kriuk..

    BalasHapus
  3. Beneran ada singkatannya?. Kata Orang Banyak, Enak. hehehe?

    Biasanya buat goreng jamur sama ayam fillet , bisa di cemil atau di buat lauk

    Tapi klo untk cireng belum pernah sih, kayaknya.
    istri soalnya yang masak-masak

    BalasHapus
  4. Sekarang jamannya serba praktis ya
    ada bumbu instan
    sayas sering beli bumbu ini tapi dijual kembali hehe

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Ditunggu tanggapan dan komentarnya ya.