16 Maret 2022

Mau Motor Matic Awet? Ikuti Tips Perawatannya!

Tags

cara merawat motor matic



Mau Motor Matic Awet? Ikuti Tips Perawatannya!



Motor matic kini menjadi motor Indonesia yang digandrungi oleh berbagai kalangan. Kemudahannya untuk digunakan tinggal gas dan rem saja jadi alasan utama. Contoh motor matic yang laris di pasaran seperti Nex II dan Nex Crossover atau Address FI dari Suzuki.

Bisa dibilang sepeda motor sekarang menjadi pengganti kaki bagi saya yang tinggal jauh dari perkotaan. Mau berbelanja dan mencari apa saja harus ke kota menggunakan kendaraan sendiri kalau mau cepat dan hemat waktu. Maklum, transportasi umum masih terbatas dan tidak selalu ada.
 
Sama seperti kendaraan lainya, motor matic membutuhkan perawatan yang tepat agar mesin dan kondisi fisiknya tetap awet. Nah, apa saja sih perawatan yang selama ini dilakukan? Cek perawatan tepatnya di sini.


7 Tips Merawat Sepeda Motor Matic agar Awet


Motor yang menjadi kendaraan utama perlu perawatan yang tepat sehingga tetap nyaman dikendarai. Aktivitas sehari-hari bisa terganggu akibat ban motor kempes atau motor matic yang ngadat di tengah jalan.

Menghindari kerusakan yang bisa menguras isi dompet, perawatan motor matic harus dilakukan dengan benar. Lebih baik mencegah daripada servis mahal sekali, kan? Apa saja perawatannya, ikuti tipsnya berikut ini:

 

1. Rutin Mengganti Oli


Oli yang merupakan bahan pelumas mesin harus rutin diganti karena kualitasnya akan cepat menurun. Kualitas oli yang baik harusnya berwarna transparan dan cukup kental.

Jika oli yang digunakan sudah mulai berwarna kehitaman dan encer maka harus segera diganti. Penggantian oli ini biasanya sudah dijadwalkan oleh bengkel sesuai dengan km motor. Kita hanya perlu mengikuti jadwal tersebut agar mesin tetap terawat. Jangan sampai ganti olinya bareng dengan jadwal bayar pajak motor lho.


2. Selalu Mengecek Kondisi Ban


Tidak banyak yang melakukan hal ini, padahal kondisi ban ini sangat penting karena memberikan pengaruh besar apakah motor bisa berjalan dengan benar. Ban yang kurang angin akan membuat mesin bekerja dengan lebih berat.

Selain itu ban kempes juga bisa merusak velg ketika terus dipaksa berjalan. Kita juga harus siap dengan risiko bahan bakar jadi lebih boros. Oleh karena itu setiap sedang memanaskan motor cek kondisi ban apakah dalam kondisi angin yang pas.


3. Jangan Lupa Cuci Motor


Walaupun sedang musim hujan, kita harus tetap rutin mencuci motor. Lumpur bisa saja menempel pada bagian bawah motor yang membuat mesin jadi bekerja lebih keras. Selain itu lumpur yang menempel terlalu lama juga akan membuat kerak.

Ketika kerak yang menempel sudah berlebihan akan merusak komponen mesin. Idealnya kita perlu mencuci motor seminggu sekali jika sering digunakan. Motor yang bersih tentu akan memperbaiki penampilan dan lebih nyaman dikendarai. Motor yang bersih kinclong juga bikin lebih percaya diri juga kan, buat jalan-jalan?


4. Panaskan Motor Selama Beberapa Menit


Tidak ada bedanya dengan motor bebek biasa, motor matic juga sebaiknya dipanaskan selama beberapa menit sebelum digunakan. Fungsinya adalah untuk mempersiapkan mesin bekerja optimal sebelum motor berjalan.

Oli mesin juga akan bekerja melumasi mesin secara sempurna sebelum terjadi pergesekan antar mesin. Kita hanya perlu menyalakan motor selama maksimal 5 menit saja supaya tidak boros bbm.


5. Memperhatikan Perawatan Aki


Meskipun sudah menggunakan aki kering, namun kualitasnya harus diperhatikan. Pada saat servis pastikan aki motor di-charge sehingga daya yang tersimpan tetap terjaga. Teknisi juga harus mengecek kondisi aki apakah dalam kondisi baik.

Aki kering tidak bisa diisi ulang oleh gel elektrolit. Oleh karena itu jika sudah mulai mengalami kerusakan kita harus mengetahuinya sejak dini. Jangan terlambat mengetahuinya dan kita harus siap mengeluarkan banyak uang untuk membeli aki baru.


6. Cek Kondisi Oli Shockbreaker


Selain oli mesin, kita juga harus memperhatikan kualitas oli shockbreaker. Oli shock inilah yang akan menjaga komponen shockbreaker tetap bekerja dengan optimal. Oli biasanya harus diganti setiap 10.000 km sekali.

Untuk hal ini kita bisa menanyakan kepada teknisi kapan jadwal yang tepat sehingga tidak terlambat menggantinya.


7. Hindari Bermain Gas dan Rem Terlalu Cepat


Cara berkendara juga termasuk perawatan yang harus diperhatikan. Jadi kita harus menghindari penggunaan gas dan rem yang terlalu cepat kecuali kondisi terpaksa seperti mengerem mendadak.

Motor matic menggunakan transmisi otomatis yang jika ingin awet maka penggunaan kendaraan harus serba tepat. Terlalu sering menggunakan gas dan rem hampir di waktu bersamaan apalagi membuka gas terlalu besar bisa merusak sistem transmisinya.


Tidak sulit perawatan motor matic yang seharusnya diperhatikan. Tinggal apakah bisa lebih rutin dalam merawatnya biar bisa berdampak pada usia kendaraan alias lebih awet.

Blog tentang kecantikan, make up, fesyen, mode, dan budaya

11 komentar:

  1. Baru tahu lumpur menempel di mesin bikin kinerja mesin berat, itu mungkin lumpurnya tebal kayak lumpur Lapindo.đŸ˜‚

    Kalo ganti oli rajin sih, tiap dua bulan ganti, kalo sebulan sekali kurang ekonomis.đŸ˜„

    BalasHapus
  2. Pengguna motor matic sepertinya memperhatikan beberapa hal diatas akan membuat awet motor

    BalasHapus
  3. Semua tips di atas sudah dilakukan suamiku. Semoga motor matic kami bisa awet dipakai hingga bertahun-tahun mendatang, amiiin

    BalasHapus
  4. ternyata banyak ya perawatannya

    bisa dipermaklum sih, semakin dipermudah perawatannya juga harus telaten

    saya sih baik manual dan matic udah lama gak kendarai sepeda motor jadi sekarang gak berani :D

    BalasHapus
  5. Nah, mengganti oli bagian penting, apalagi kalau motor digunakan untuk menempuh jarak yang cukup jauh setiap harinya.

    BalasHapus
  6. Anakku pakai motor matic.Tapi ampunnn deh gak pernah telaten dirawat seperti tips diatas.Beberapa dibawa ke bengkel karena jarang di maintance.Thanks ya tipsnya

    BalasHapus
  7. Kapan hari service motor matic dan lumayan memang..Pasalnya, selama pandemi motor jarang dipakai. Biasa antar jemput anak-anak..eh PJJ, ya sudah ngambek deh motornya

    BalasHapus
  8. Pas banget nih lagi ada gelaran MotoGP, jadi kepikiran buat memerhatikan kesehatan motor. Biar pas dijalankan kondisinya baik

    BalasHapus
  9. Artikel yang singkat, padat tapi informatif. Mau saya bagikan ke anak bujang saya nih. Kadang dia suka malas merawat motor. Maunya tinggal pake aja. Padahal perawatan motor tuh sungguh penting untuk kenyamanan penggunaannya. Suka gemes liatnya.

    BalasHapus
  10. Wah ada kelewat nggak pernah saya lakukan nih, memanasi motor beberapa menit sebelum digunakan. Biasanya abis starter, ya langsung wuss ngegas

    BalasHapus
  11. Nah..tips dan poin-poin yang disampaikan sangat informatif sehingga kendaraan kesayangan atau
    motor matic yang dimiliki bisa lebih awet dan tidak murah rusak

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Ditunggu tanggapan dan komentarnya ya.