28 Desember 2021

Intip Rahasia Sukses Artis yang Terjun di Bisnis Kosmetik Dan Skincare

Tags

rahasia bisnis artis



"Jangan pernah takut bermimpi. Suatu saat, mimpi itu akan terwujud. Saya sudah membuktikannya."

Tulis Ivan Gunawan dalam bukunya yang bertajuk Aku Berkarya dengan Cinta, terbitan Gramedia. Buku ini terbit tahun 2015, tapi sampai sekarang masih sering saya baca karena banyak pelajaran hidup yang memotivasi jiwa bisnis.


Ivan Gunawan, Inspiring Me


Sejujurnya, saya sangat terinspirasi dengan kiprah Ivan Gunawan dalam bidang fashion dan make up. Ivan Gunawan atau sering dipanggil Igun, memiliki butik yang menyediakan gaun dan busana desain karyanya sendiri.

Igun juga mengeluarkan produk fashion berupa scarf / kerudung dengan merek Mandjha. Selain itu, Igun juga terjun di bidang make up dan memiliki brand kosmetik sendiri yaitu Ivan Gunawan Cosmetics.

Kedua bidang fashion dan make up dijalani dengan sukses oleh Igun di samping beliau juga aktif membawakan bermacam acara di televisi.

Igun adalah satu dari banyak selebriti yang melihat bisnis kosmetik dan skincare sebagai peluang usaha yang akan sukses dan tidak pernah sepi peminat.

Igun fokus dengan produk kosmetik untuk kebutuhan para make up artist (MUA) yang ingin memilih produk lokal namun tak kalah berkualitas dibandingkan brand hi-end.

Brand Ivan Gunawan Cosmetics lekat dengan citra Igun yang selalu ingin perfect dalam segala hal, mewah, elegan, dan juga hi-class. Produk Ivan Gunawan Cosmetics mulai diluncurkan sejak September 2017 dan makin berkibar semakin hari.

Banyak keunggulan yang ditawarkan oleh Igun melalui produknya. Produk foundation liquidnya bisa digunakan untuk make up pesta maupun daily make up dan tersedia dalam berbagai shade yang disesuaikan tone kulit.

Produk lainnya adalah bedak tabur, bedak padat, bronzer, blush on, lipstick, eyeshadow, mascara, eyeliner, hingga setting spray yang membuat make up tahan lama dan awet.

Igun membuktikan mimpinya untuk sukses di bidang yang sesuai dengan karakteristik dan passion-nya.

bisnis kosmetik Ivan Gunawan
Ivan Gunawan Inspiring Me



Artis Indonesia yang Bisnis Kosmetik


Selain Igun, beberapa selebriti lain di antaranya adalah:

1. Felicya Angelista


Felicya terjun ke bisnis kosmetik dan skincare dengan brand Scarlett-nya. Produk ini kini sudah tersebar di seluruh Indonesia dan menjadi salah satu brand lokal yang berkualitas.

Felicya mengawali bisnisnya pada Oktober 2017 dengan membuat produk body lotion dan body scrub. Setelah sukses mencuri perhatian pecinta skincare, Felicya mengeluarkan produk facial wash.

Sekarang, produk Scarlett sudah semakin komplit, baik body care maupun face care,mulai dari masker, body shower scrub, krim acne (day and night), face serum, dll.

Produk Scarlett dari Felicya menyasar target pasar dewasa muda. Permasalahan kulit dewasa muda yang sering bermasalah dengan jerawat juga dimanfaatkan Felicya dengan mengeluarkan rangkaian acne series.

Tak tanggung-tanggung, istri Immanuel Caesar Hito yang baru saja melahirkan putri pertamanya ini, menggaet girl band Korea Twice sebagai Brand Ambassador untuk produk skincare-nya.

Kini, Scarlett melebarkan sayapnya dengan membuka beauty lounge & aesthetic clinic.


2. Ashanty


Ashanty terjun ke bisnis kosmetik dan skincare dan mengeluarkan produk kosmetik dengan brand Ashanty-H.

Produk kosmetiknya pun lengkap, mulai dari BB Cream, bedak loose powder, two way cake, lipstick, eyeshadow, shimmer, blush on, dll, sampai bulu mata / eyelashes.

Istri Anang Hermansyah ini melihat kebutuhan konsumen akan produk kosmetik lokal berkualitas. Kosmetik ini bisa menjadi alternatif pecinta make up yang ingin memilih kosmetik lokal yang bagus dengan harga cukup terjangkau.


3. Shandy Purnamasari


Produk skincare MS GLOW milik Shandy Purnamasari menyasar target pasar usia dewasa. Rangkaian produk MS GLOW, diklaim aman bagi ibu hamil dan menyusui.

MS GLOW pertama diluncurkan pada Agustus 2016. Produknya antara lain BB Cream, aneka serum dengan varian yang disesuaikan kebutuhan kulit, masker, rangkaian produk perawatan kulit berjerawat, hingga perawatan kulit ketiak.

Selain skincare untuk perempuan, MS GLOW juga mengeluarkan rangkaian produk skincare khusus pria.

Istri dari pengusaha Gilang Widya Pramana pengusaha dan pemilik armada bus pariwisata Juragan 99 ini juga baru-baru ini berinovasi mengeluarkan produk bantal khusus yang aman digunakan saat beristirahat malam menggunakan produk skincare.


4. Natasha Wilona


Natasha Wilona juga terjun di bisnis kosmetik dan skincare dengan mengeluarkan produk dengan harga mulai dari harga di bawah Rp 10.000,- saja. Cocok sekali dengan kantong remaja perempuan yang ingin berdandan.

Produk dengan band Marswillow ini memang menyasar target pasar remaja. Produknya antara lain: lip liquid matte, candy lip crayon, pensil alis, sampai kutek kuku aneka warna.


Kisah sukses artis yang memiliki brand skincare dan kosmetik sendiri selalu bisa menginspirasi bagi saya.

Kehidupan artis dan selebritis memang sering digambarkan glamour dan terkesan foya-foya. Namun, di balik itu semua, ada perjuangan dan perjalanan yang sangat panjang sampai mereka bisa dikenal masyarakat luas seperti sekarang.


Gimana Sih, Artis Itu Bisa Bisnis Kosmetik?



Bagi kita yang bukan selebritis ataupun artis pun, sangat bisa membangun bisnis kosmetik dan skincare yang sukses seperti mereka.

Tak perlu khawatir, saat ini ada ADEV yang bisa memproduksi aneka produk skincare dan kosmetik sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan klien.

PT ADEV Natural Indonesia berfokus pada jasa maklon kosmetik dan personal care sebagai solusi bisnis kosmetik.

Sebagai satu pabrik kosmetik dengan fasilitas produksi lengkap di Indonesia, ADEV mampu memproduksi berbagai produk perawatan tubuh, mulai dari sabun batang sebagai produk unggulan, haircare, body care, face care, skin care, men's corner (produk perawatan khusus pria), hingga kosmetik untuk bibir.

PT ADEV Natural Indonesia yang berlokasi di Bogor, tepatnya di Kp. Curug Mekar, Kel. Curug Mekar, Bogor Barat, Bogor, Jawa Barat ini, sudah 15 tahun dipercaya sebagai jasa maklon kosmetik dan telah bekerja sama dengan ratusan brand kosmetik lokal yang sukses di pasaran.

Selain mengutamakan kualitas dan legalitas, ADEV juga sangat cocok untuk UMKM dan home industri kosmetik dan skincare skala kecil maupun skala besar karena menerapkan MOQ (minimum order quantity) rendah, mulai dari 1000 pcs, atau disesuaikan dengan jenis produk yang dipesan.

Jika ingin terjun di bisnis kosmetik dan skincare seperti para artis di atas, kita bisa meniru dan mengadopsi cara mereka berbisnis. Jurus Amati, Tiru, Modifikasi (ATM) selalu bisa diandalkan di bidang bisnis apa saja.

pabrik kosmetik custom
pembuatan kosmetik dan skincare di PT ADEV Natural Indonesia
(dok.: ADEV)

Tips Menjalankan Bisnis Kosmetik


Dari beberapa artis di atas, kita dapat menarik benang merah. Agaknya, inilah rahasia sukses bisnis kosmetik dan skincare para artis. Di antaranya adalah:

1. Tidak ada yang instan dalam membangun bisnis.


Bisnis apapun, termasuk bisnis kosmetik dan skincare dimulai dari bisnis kecil yang kemudian dikembangkan seiring waktu. Diperlukan waktu, energi, serta kedisiplinan dalam membangun market yang dituju.

2. Konsisten dengan branding yang diusung.


Dengan konsisten mengusung branding sesuai target pasar, cepat atau lambat masyarakat akan menyadari kehadiran brand produk yang terbilang baru diluncurkan.

Kualitas yang ditawarkan juga harus konsisten dan dijaga dalam memenuhi kebutuhan target pasar sehingga konsumen pun semakin loyal.

3. Setiap produk akan menemukan pemakainya.


Tak perlu khawatir menentukan harga produk yang baru diluncurkan karena setiap produk akan menemukan pemakai yang sesuai.

Tidak ada produk yang mahal ataupun murah, yang ada adalah produk yang mampu dibeli oleh masing-masing target pasarnya.

Tidak ada produk yang bagus ataupun jelek, yang ada adalah produk yang cocok dipakai oleh konsumen yang berbeda-beda kebutuhan perawatan kulit serta produk kecantikannya.

Memiliki produk kosmetik dan skincare dengan brand sendiri, tidak serta merta bersaing dengan brand kosmetik dan skincare milik artis dan selebriti papan atas, karena setiap produk memiliki pasarnya sendiri-sendiri.

Itulah mengapa makin banyak brand baru bermunculan dan sama-sama sukses meski sudah banyak produk sejenis.

4. Menjalankan Bisnis sesuai passion dan karakter.


Dalam menjalankan bisnis, akan terasa ringan dan dijalani sepenuh hati apabila sesuai dengan passion dan karakter pribadi.

5. Memahami kebutuhan pasar dan konsumen.


Saat kita bisa memahami apa yang paling menjadi kebutuhan pasar dan konsumen, maka kita akan dapat menentukan produk unggulan apa yang berpeluang paling besar untuk sukses di pasaran.

Jika satu produk sudah sukses mencuri perhatian masyarakat, maka selanjutnya akan lebih mudah mengenalkan pada masyarakat saat mengeluarkan produk baru.

6. Fokus pada keunikan dan keunggulan produk sendiri.


Para artis pelaku bisnis kosmetik dan skincare tersebut selalu fokus pada keunikan dan keunggulan produk dan brand mereka masing-masing. Dengan terus menjaga keunikan tersebut, brand mereka akan mudah diterima masyarakat.

7. Dikelola dengan profesional.


Bisnis kosmetik dan skincare milik para artis tersebut dikelola secara profesional oleh tim mereka secara terorganisir. Promosi terus dilakukan baik baik secara online maupun offline.


Ivan Gunawan launching
Igun mengadakan beauty class sebagai salah satu
strategi promosi saat lounching produk baru


8. Memiliki vendor terpercaya.


Pabrik yang mampu memproduksi berbagai produk kosmetik dan skincare sesuai dengan keinginan klien seperti PT ADEV Natural Indonesia. Informasi lebih lanjut tentang ADEV bisa juga dicek di akun instagram @adev.official


Itulah beberapa kisah sukses para artis yang memiliki brand kosmetik dan skincare. Meski penghasilan mereka sebagai artis sangat tinggi, tapi jiwa bisnis dan keinginan memiliki usaha mandiri tak bisa dipungkiri.


maklon kosmetik
vendor yang memproduksi kosmetik dan skincare
sesuai permintaan klien (dok.: ADEV)


Kesimpulan


Menjadi artis ada masa kejayaan dan ada pula masa redupnya. Namun, jika memiliki bisnis yang cemerlang, karir mereka akan abadi dan tetap dikenal masyaarakat.

Begitu pula bagi masyarakat umum dan profesional yang masih bekerja. Memiliki dan membangun bisnis sendiri saat masih muda, bisa menjadi penopang keluarga di masa tua, bahkan bisa diwariskan pada keluarga tercinta.***




Blog tentang kecantikan, make up, fesyen, mode, dan budaya

14 komentar:

  1. aku paling suka Scarlett :D pengen coba produknya Igun juga hehehehe

    BalasHapus
  2. Iya, banyak ya artis yang sukses dengan bisnis kosmetiknya
    Ternyata ini ya rahasianya,
    PT Adev membantu untuk miliki bisnis kosmetik sendiri ya mbak

    BalasHapus
  3. Menjalankan bisnis yang sesuai passion, itu yang utama, menurutku. Jadi bekerja dengan sepenuh hati. Skincare memang lagi booming ya akhir-akhir ini. Gak hanya wanita, pria juga... Saya sih cukup dengan sabun muka aja, hehehe...

    BalasHapus
  4. Kalo produk skin care dari artis, baru Scarlett yang aku gunakan. Cocok banget pula. Bakal repurchase trus nih.

    BalasHapus
  5. Iya ivan gunawan ini memang terkenal ya dengan bisnis fashionnya dan bisnis kosmetiknya. Keren. Tipe orang pekerja keras dan totalitas orangnya. Ditambah punya sifat perfeksionis ya. Bkin karyanya makin sempurna.

    Sekarang itu kalau mau bisnis kecantikan mau skin care dan kosmetik enak ya. Ga seribet dulu. Karena sekarang udah ada ADEV ya jdi ada yang bantuin

    BalasHapus
  6. Sekarang kita bisa juga ya bisnis skincare dan kosmetik brand sendiri.. Apalagi banyak jasa Maklon di Indonesia. Tapi, kita mesti jeli juga memilih jasa Maklon Kosmetik dan Skincare terpercaya dan berkualitas ya mbak. ADEV salah satu yg recommended buat kita-kita yang mau bisnis skincare dan kosmetik, aku dah buka web-nya, mereka punya struktur yg sistematis, dan pabrik kelas A.

    BalasHapus
  7. Aku belum cobain scarlett miliknya Felicya nih ... ada planning sih buat nyobain juga, tapi tunggu budgetnya dulu, hihihii, karena pakai skincare sih bagusnya berkelanjutan. 😅😅

    BalasHapus
  8. menarik memang, sudah banyak brand kosmetik milik artis or selebgram yang sukses di pasaran, ternyata ini rahasianya toh

    BalasHapus
  9. Wah peluang usaha menarik. Baru tahu ada perusahaan maklon kosmestik, dan kosmestiknya bisa pakai nama sendri

    BalasHapus
  10. Pastinya dapat jadi inspirasi bagaimana membuat branding dan menjaganya secara konsisten sehingga bisnis yang dijalankan bisa tetap eksis ya.

    BalasHapus
  11. Beneran aku dari dulu bertanya-tanya kenapa ya kok bisa banyak banget artis pada bikin merk dagang sendiri, ternyata memang bisnis kosmetik dan skincare tidak sesulit yang kita bayangkan ya.

    BalasHapus
  12. Bisnis kosmetik saat ini sedang marak. Tidak saja artis, masyarakat biasa pun sudah mulai melirik bisnis ini. Iklan Skincare banyak kita lihat di media internet. Bagi yang ingin berbisnis kosmetik, nah rahasia dari artis itu bisa jadi contohnya ya mbak.

    BalasHapus
  13. Saya baru tahu nih siapa-siapa di balik suatu brand kosmetik lokal. Pandemi ini banyak banget kosmetik lokal di e-commerce dengan aneka harga. Saya kenal beberapa yang disebut di atas dan jadi pemakainya. Btw, saya jadi kep dengan Marswillow. Cari aaah.... pengen jelajah lipcream.

    BalasHapus
  14. Bisnis kosmetik ini beneran bikin mupeng deh ih. Aku kepengen banget kalo punya modal. Toh gak perlu modal yang sangat besar ya buat terjun di sana. Ada tempat makloon. Kayak ADEV ini. Mana diurus semua perizinannya. Bahkan bisa hingga kehalalannya. Cuma kalo bisnis begini, perlu BA orang populer, biar bisa laris. Kalo aku, yang beli kayaknya bingung. Ini brand apa. Hehehehe.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Ditunggu tanggapan dan komentarnya ya.