19 Oktober 2019

Plus Minus Kuteks Kuku

Tags


Saya sukaaa banget mewarnai kuku. Masing-masing warna tuh kayak ngebawa nuansa berbeda. Kadang merah menyala, kadang pink lembut memesona, atau hijau kuning ceria.

Saya menikmati momen mewarnai kuku sebagai me time yang ga boleh diganggu gugat.
Kamu suka juga ngga Sist pake kutex? Kalo iya, toss dulu dong kita!

Ga ada alasan melarang orang menikmati kebahagiaan walau dengan cara sederhana kan?

Kebahagiaan random ini mirip lho seperti hebohnya anak-anak (juga dewasa) meneriaki bis Om telolet Om...! Lalu orang-orang tertawa senang jika om bis merespon dan membunyikan klakson telolet. Kek gitu doang, senengnyaaa... kek dapet apa. Padahal, jika masanya lewat, teloletpun terlupa dengan sendirinya. Sama dengan kutex ini. Timbang kutex doang, cintanya ampe segitunya.

Nah, biar hobi mewarnai kuku tetap bisa tersalurkan, sebagai muslimah, saya memanfaatkan periode bulanan. Kebetulan banget siklusnya cepat dan rutin.

Harus banget nunggu datang bulan, mba? Iya. Kan cat kuku/kutex ini menutup bagian anggota tubuh yang harus dibasuh saat wudu. Jadi, wudu kita ngga sah kalo pake kutex. Wudu ngga sah, otomatis salat juga ga sah dong. Makanya, kita pake cat kukunya pas lagi ngga salat aja ya Sist.
Kalo mens nya udah lewat, ya udah kita hapus lagi kutexnya. Gampang kan.

Apa saja sih kandungan dalam kuteks? Benarkah ada kandungan kimia berbahaya dalam kuteks dan bagaimana cara meminimalkan dampaknya ya?

Menurut penelitian yang dilakukan The Environmental Working Group dan Duke University menunjukkan kuteks mengandung bahan kimia berbahaya yang disebut triphenyl phopshte (TPHP). Nah, TPHP ini biasa digunakan dalam pembuatan plastik dan untuk penghambat api dalam furnitur busa.

Selain TPHP, bahan kimia lain yang terkandung dalam kuteks adalah:
1. Toluene, ciri khasnya adalah wangi yang menyengat.  Efek yang ditimbulkan saat digunakan adalah rasa mual, pusing, dan merasa letih, dan menjadi salah satu penyebab birth defect. Penggunaannya sudah di-banned di Eropa tapi masih digunakan di Amerika.
2. Dibutyl Phthalate (DBP), bahan kimia ini dapat mengganggu reproduksi seseorang. Penggunaanya pun sudah di-banned di Eropa namun masih banyak dipakai di Amerika.
3. Formaldehyde, uapnya bisa memicu asthma dan bisa menyebabkan kanker paru-paru.
4. Formaldehyde resin, yang dapat menyebabkan alergi.
5. Camphor, zat ini menyebabkan kuku berubah kuning ketika terlalu sering menggunakan kuteks akibat hilangnya nutrisi pada kuku.

Nah, kelima kandungan di atas sudah tidak boleh lagi ada dalam kuteks. Tapi beberapa perusahaan kosmetik tetap menggunakannya karena zat-zat tersebut membuat kuteks awet, fleksibel/mudah diratakan, kuat dan tak mudah terkelupas. So, jika kamu pengin beli kuteks, perhatikan labelnya ya. Ada istilah 3-free, 5-free, dan 9-free formula nail polish. Istilah ini menjadi klaim suatu brand kuteks yang sudah tidak lagi menggunakan bahan-bahan berbahaya di atas.

Saya kasih bocorannya ya, merek yang sudah 5-free yaitu: KL, O.P.I, ZOYA, CHANEL, Sally Hansen, L'Oreal, Wet n Wild. Semuanya brand hi-end dan drugstore.

Berikut ini tips aman memakai kuteks buat yang cintaaa banget pakai kuteks:
  1. Minimalkan penggunaan. Jika kuku jari tangan sudah berkuteks, biarkan kuku kaki polos. Begitu pula sebaliknya. Beri rentang waktu yang cukup untuk 'beristirahat' dalam penggunaan kuteks, misalnya cukup pakai seminggu dalam satu bulan, dan biarkan kuku dalam keadaan polos tanpa kuteks lebih lama.
  2. Baca label, hindari kuteks yang mengandung 3 atau 5 bahan kimia berbahaya di atas.
  3. Lakukan sendiri.
  4. Jangan dihirup, lakukan pengecatan kuteks di tempat terbuka dengan ventilasi yang baik.

Itu dia, serba serbi kuteks yang perlu kita tahu. Meski mewarnai kuku dengan kuteks membuat kita hepi dan percaya diri, tetap perhatikan aturan dan cara aman memakainya ya, Sist. Selain kita sesuaikan dengan kesehatan, juga kita sesuaikan dengan aturan agama kita.

Denger-denger sih ada kutex yang sah dipakai salat. Tapi saya sendiri belum pernah pakai. Belum lihat juga kaya apa wujudnya, dan apa saja bahan-bahan yang terkandung di dalamnya. Ada yang tau ngga belinya di mana? Kasi tau dong.***

Blog tentang kecantikan, make up, fesyen, mode, dan budaya

27 komentar:

  1. Klo ga lagi dapet tp pengen pake kuteks, aku biasanya pake merk inglot. Itu katanya bisa lewat air wudhu. Jd ga perlu nunggu datang bulan dulu buat pake kutek. Hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ooh, iya denger-denger sih gitu. Inglot ya mereknya. Bedanya dengan kutek biasa apa ya?

      Hapus
  2. Saya pas masih sendiri nyaris gak pernah ngutekin kuku. Tapi setelah punya anak perempuan baru deh. Awalnya cuma jadi korban anak, "Bun, kukunya Mae warnai ya?" Berawal dari sana lah, akhirnya suka sama warna warni kuteks. Makenya paling cuma pas haid doang karena lagi gak shalat. Hehehe. Informasi mba jadi tambahan nih buat saya. Thanks yaa...

    BalasHapus
  3. dulu waktu kecil pernah smpat coba2 pakai kuteks. tpi hasilnya malah buat kuku saya jadi kasar mba. tfs. tips nya membantu sekali ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul. Itu efek dari bahan kimia yang terkandung dalam kutex. Makanya ada vitamin khusus untuk kuku untuk memperbaiki kesehatan pasca diberi kutex.

      Hapus
  4. Iya nih saya pernah denger ada kutex yang bisa dipake sholat. Tapi apa ya? Penasaran.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya belum nemu juga di kota saya. Belum nyari online juga sih. Masih menikmati kutex biasa.

      Hapus
  5. Daku belum pernah beli kutek yang merk2 di atas :D :D
    Tapi sering beli yang di minisoo. Suka sama warna-warnanya yag dove dan gampang banget dilepas. Jadi walaupun memang lagi nggak haidh.. kalo lagi iseng.. aku pake aja di rumah (kalo keluar masih belum PD), trus kalo mau sholat dinggal di cobel.

    BalasHapus
  6. Aku juga suka kak pake kutex. Sama juga pas lagi ga sholat pakenya hihi
    Tapi aku baru tau nih soal bahan2 yang dilarang. Kali lain akan leh perhatian deh. Tfs ya kak

    BalasHapus
  7. Berarti bisa jadi penanda dong mba, bila lagi pakai kutek kuku berati mbanya lagi dapet, hehehe.
    Emang sih mba, sebagian orang mewaranai kuku sebagai kebahagiaan tersendiri. Kalau aku sih nggak tahan dengan baunya dan nggak pandai juga buatnya. Bisa belepotan jadinya tangan.😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya saya juga kadang belepotan kalau tangan kiri yang makein tangan kanan.
      Tapi asyik aja sih, belepotan juga, ga papa ^:^

      Hapus
  8. Saya punya banyak kuteks dulu, soalnya bisnis Oriflame, jadinya suka beli produknya buat dicobain.
    Asyik sih pakai kuteks, tapi kalau sekarang nggak ada waktunya hahaha.

    Saya pengen nih pakai kuteks yang bisa dibuat sholat :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada ya kutex oriflame?
      Bagus ngga mba?
      Saya mau ah nanti beli ke saudara yang member oriflame

      Hapus
  9. Kutex, duh dulu juga sering pakai
    Tapi begitu menopause ngga bisa pakai lagi deh :D

    BalasHapus
  10. Kuteks saya ga tahu di ruangan yang mana menyimpan nya. Secara saya sendiri sama sekali tidak familiar
    Yang saya tahu ada tanga untuk mengambil pesanan ke sana

    BalasHapus
  11. Saya dulu pas lagi suka-sukanya pakai kutex juga make pas saat saat ga sholat saja. Gonta ganti warna dan suka tukeran sama teman-teman kantor jaman ngantor.

    Sekarang mau pakai kuteks lebih ke arah males saja, hahaha
    Padahal kalau pakai kutex suka banget ama aromanya. Kadang sengaja itu aku hirup.hahaha

    BalasHapus
  12. Aku dari dulu kok ya pengen sih pake kuteks, tapi gak pernah bisa pake sendiri, yang ada berantakan belepotan kemana-mana. Terus gak sukanya kalo abis pake kuteks ya itu dia mba kukunya jadi kaya kering.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Efek bahan kimianya itu mbak, makanya kuku jadi kering.
      Makanya ada vitamin khusus untuk kuku.
      Pakai kuteksnya juga sekali sebulan aja sih. Jarang-jarang, tidak setiap hari. Jadi ada waktu buat jeda kuku untuk istirahat.

      Hapus
  13. Teh Lasmi, toss dulu, ah! Ku juga penyuka kuteks! Dulu sebelum mengenal INGLOT, cyclus mewarnai kuku mengikuti cyclus haid, haha. Tapi sejak membaca banyak referensi bahwa kuteks yang kusebut namanya di atas itu bisa membuat air dan oksigen menembus ke bawah kuku, aku menggunakannya setiap hari, Teh, karena bisa dibawa shalat. Alhamdulillah, I am so happy. :) Haha.

    Salah satu me-time aku juga ini, Teh, mewarnai kuku. Haha. Tosssss!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Senangnya ketemu temen.
      Nanti saya cari ah inglot ini

      Hapus
  14. Aku suka makein kuyeks tapi gak suka pakai kuteks. Habisnya baru dipakai bentar udah ngelupas. Kan jadi sebel.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Ditunggu tanggapan dan komentarnya ya.