30 Desember 2021

Siasati Cara Menyimpan Uang Aman dengan Deposito BPR Komunal

Tags

deposito BPR Komunal

"Uang tidak bisa membeli kebahagiaan kecuali banyak," begitu isi cuitan salah satu selebtwat Bang Jek di akunnya.

Cuitan ini tentu setengahnya berisi candaan saja ya, tapi kok ada benarnya juga. Banyak hal yang didapat kalau punya banyak uang. Bisa umroh, misalnya, jalan-jalan bersama keluarga, dan lain sebagainya.

Minggu lalu karena salah satu kartu debet kedaluwarsa, saya pun pergi ke bank membuat kartu baru. Sekalian saja saya minta di-print-kan buku tabungan yang sudah lama tidak digunakan karena lebih sering menggunakan m-banking dan anjungan tunai mandiri dalam bertransaksi.

Setelah mengantri lama, pembuatan kartu pun selesai, dan juga cetak transaksi di buku tabungan. Sesampai di rumah, saya perhatikan kok salah satu saldo tabungan yang lama tidak saya isi makin bertambah malah makin berkurang bulan demi bulan.

Ya, bagaimana tidak. Bunga perbulan hanya sekitar 500 rupiah, sedangkan potongan administrasi 10.000 rupiah. Kalau tabungan tak pernah diisi, lama-lama habis dipotong biaya admin. Belum lagi resiko penurunan nilai mata uang yang merosot dari tahun ke tahun.

Trus gimana dong, cara menyimpan uang yang aman? 


Mengenal Deposito BPR Komunal 


Deposito merupakan salah satu produk penyimpanan uang yang disediakan oleh Bank dengan sistem penyetoran yang dilakukan di awal, serta memiliki ketentuan penarikan dana yang hanya bisa dilakukan sesuai dengan jangka waktu yang disepakati oleh nasabah dan bank.

Suku bunga yang diberikan deposito lebih tinggi daripada suku bunga tabungan biasa.
Jadi sederhananya seperti ini, contoh: saya menyimpan uang 100 juta di bank untuk diambil 12 bulan sejak uang disetorkan.

Uang tersebut aman tersimpan di bank. Selain pemilik nggak bisa sembarang mengambil sebelum jatuh tempo, bank juga memberikan bunga setiap bulan. Nilai uang yang merosot karena inflasi, tersiasati dengan bunga deposito tersebut. Potongan pajak diambil dari bunga.

Untuk penyimpanan jangka panjang, deposito merupakan cara yang aman.


Keunggulan Deposito BPR Komunal 


Melalui platform Komunal kita bisa dengan mudah mengakses ke lebih dari 1500 produk deposito di Indonesia secara transparan dan aman.

Selain itu, BPR menawarkan bunga deposito yang lebih tinggi dibandingkan dengan bank konvensional di Indonesia.

Pembukaan rekening deposito di BPR sampai dengan 2 miliar rupiah dijamin oleh pemerintah melalui Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).


Cara Bikin Rekening Deposito BPR Komunal


Saya pun tertarik membuka rekening deposito di BPR melalui platform Komunal ini. 

Kalau lokasi kantor BPR terdekat lumayan jauh, tenang saja. Bikin akun komunal bisa dilakukan dari rumah dengan membuka website-nya, atau bisa dari mana saja sih, asalkan terhubung dengan jaringan internet. Buat saya yang nggak bisa bepergian jauh apalagi mengantri lama, ini sangat memudahkan.

Secara berurutan, begini cara buka deposito BPR Komunal:

1. Buka website depositobpr

2. Buat akun Komunal dengan mengisi data-data yang ada. Isi sesuai KTP ya. Masukkan nomor rekening bank yang kita miliki. Jangan lupa masukkan kode referral LL3187 agar mendapat bonus referral ya.

Oh ya, ada promo cash back Rp 100.000,- selama bulan Desember untuk deposan baru, jika mencantumkan kode referral LL3187 yang akan masuk ke rekening bank kita.

Program promo Komunal Deposito BPR BrrBr! Hadiah: Hadiah Akhir Tahun + (Aman, 6 % dari manapun)

3. Setelah berhasil membuat akun Komunal dan login, pilih  produk deposito yang akan disetorkan. Ada banyak pilihan nominal mulai dari 1 juta rupiah sampai 2 miliar yang dijamin LPS.

Tulis kode promo RINTIKHADIAH untuk mendapatkan saldo DANA Rp 100.000,- untuk pembukaan deposito selama Desember ini.

Lanjutkan mengajukan deposito sampai terhubung privyid untuk menandatangani surat perjanjian.

4. Setelah mengajukan deposito, data kita akan diulas oleh pihak BPR. Setelah approval dikirimkan melalui email beserta tagihan yang harus ditransfer. Setelah uang ditransfer, status deposito kita akan aktif pada menu Depositoku.

5. BPR memastikan alamat pengiriman bilyet melalui pesan WA. Isi data singkatnya, lalu tunggu bilyet dikirimkan.

6. Bilyet diterima melalui jasa antar barang.

Komunal
mendaftar Komunal sebagai deposan, isi kode refferal LL3187

deposito BPR Komunal
pilih nominal sesuai platform simpanan deposito yang diinginkan

Deposito BPR Aman


Jujur ini pertama kali saya berani menyimpan uang dalam bentuk deposito. Sebelumnya saya sering ragu karena belum mempelajari lebih dalam.

Benar kata pepatah, tak kenal maka tak sayang. Setelah mempelajari sistemnya, saya merasa aman menyimpan uang dalam deposito BPR Komunal.

Nominal dana yang didepositokan juga tersedia banyak pilihan mulai dari 1 juta, disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan tentu saja.

Jangka waktunya pun bervariasi, ada banyak pilihan, mulai dari 1 bulan, 2 bulan, 6 bulan, 12 bulan, dan seterusnya dengan suku bunga yang lebih tinggi dari produk deposito bank konvensional lain.

Jika sudah waktunya jatuh tempo, dana plus bunga deposito akan masuk ke dalam rekening bank yang kita isikan saat awal membuka akun Komunal.

deposito BPR aman
bilyet fisik sudah diterima


ARO dan Non-ARO


Bagaimana cara melanjutkan uang deposito yang sudah jatuh tempo?

Saat ini bank sudah menerapkan sistem perpanjangan deposito otomatis yang disebut Automatic Roll Over (ARO). Jadi, saat jatuh tempo, uang pokok akan didepositokan kembali secara otomatis selama jangka waktu yang dipilih sebelumnya. Jadi uang yang kita simpan akan terus terakumulasi sampai kita memutuskan untuk mencairkan deposito tersebut.

Jika kita memilih Non-ARO, artinya uang pokok beserta bunga akan dicairkan seluruhnya saat jatuh tempo.


Manfaat Deposito


Yang saya rasakan setelah mempelajari dan mendaftar deposito BPR Komunal, antara lain:

  1. Suku bunga lebih tinggi dari tabungan biasa. Jadi nggak tekor untuk biaya admin dong ya.
  2. Aman dan minim resiko. Dengan adanya Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) uang yang kita depositokan dipastikan aman hingga 2 miliar rupiah masih dijamin.
  3. Cocok untuk menyimpan uang jangka waktu tertentu. Dengan suku bunga yang lebih tinggi, deposito bisa menyiasati nilai mata uang yang terus merosot jika disimpan dalam bentuk tabungan biasa.
  4. Bisa diwariskan. Deposito bisa diwariskan kepada ahli waris apabila deposan meninggal dunia.
  5. Bisa dilakukan dari mana saja. Saat ini mengajukan deposito BPR Komunal bisa dilakukan dari mana saja tanpa perlu datang ke kantor dan mengantri lama. Termasuk dari pelosok kampung seperti tempat saya tinggal, juga bisa lansung mendepositokan uang dengan aman melalui komunal.id .
  6. Proses cepat. Saya membuka akun Komunal pagi hari, tanggal 23 Desember, lalu langsung mengajukan deposito sekitar jam 10. Ternyata jam 15.22 pengajuan sudah diterima. Uang deposit baru saya transfer hari berikutnya. Sayang, data singkat alamat pengiriman bilyet melalui WA yang seharusnya saya isi hari itu juga, baru saya isi keesokan paginya alias tanggal 25 Desember bertepatan saat Natal. Saya lupa kantor bank tutup tiga hari, karena bilyet fisik tentu saja harus dikirimkan saat jam kantor buka. Jadi baru Senin 28 Desember pencetakan bilyet fisik dilakukan. Hari Selasa bilyet dikirimkan dan Kamis ini sudah saya terima. Jadi sebenarnya prosesnya hanya 3 sampai 4 hari saja sampai bilyet diterima.

deposito BPR aman
sudah terdaftar sebagai deposan

Kesimpulan


Menyimpan uang dalam bentuk deposito sekarang lebih mudah. Deposito BPR aman dan minim resiko. Platform yang ditawarkan beragam mulai dari nominal 1 juta rupiah hingga 2 miliar yang dijamin LPS, bisa didepositokan dalam jangka waktu 1 bulan, 2 bulan, 3 bulan, dan seterusnya.

Dengan suku bunga lebih tinggi, Deposito BPR Komunal bisa dijadikan alternatif menyimpan uang yang aman untuk jangka waktu yang ditentukan.

Yang biasa terjadi, kalau saya nih ya, menyimpan di tabungan tuh nggak aman karena tergoda untuk berbelanja online maupun membeli barang kebutuhan meski sebelumnya niat menabung buat hal lain yang lebih penting.

Kalau deposito kan nggak diambil-ambil terus, jadi benar-benar disimpan untuk bisa dipakai buat tujuan semula. Gimana uang kita bisa tambah banyak kalau diambil terus, dipakai terus, padahal niatnya disimpan sampai terkumpul banyak. Kalau sudah banyak, bisa membeli kebahagiaan dong. Bisa buat naik haji, umroh, bikin rumah, jalan-jalan, dan lain-lain. Ya nggak? Ya iya lah masa enggak.***




Blog tentang kecantikan, make up, fesyen, mode, dan budaya

14 komentar:

  1. aku salfok dengan endingnya, membeli kebahagiaan. hihihihi. its true sih, kebahagian emang bisa dibeli tapi yang berupa fisik. seperti aku bahagia kalo bisa beli tab yang emang sangat dibutuhkan. bisa sih ya aku beli dengan deposito di BPR Komunal ya. soalnya bener banget tuh, uang di simpen di tabungan celengan rumah yang ada tiap hari makin menipis karena dicoceng mulu, alias dikit dikit diambil. hadeeuuh

    BalasHapus
  2. Kelebihan deposito ga bisa diambil sekehendak hari seperti tabungan ya mba dan bisa merencanakan keuangan untuk suatu keperluan dg deposito

    BalasHapus
  3. Toss mbak
    Aku juga jadi deposan di BPR Komunal mbak
    Ikut yg buat 3 bulan, buat persiapan dana liburan

    BalasHapus
  4. Ah benar juga. Uang emang nggak selalu bisa membeli kebahagiaan, kecuali dalam jumlah yang banyak.

    Kita memang selalu bisa investasi untuk menumbuhkan uang. Tapi kadang investasi juga membutuhkan dana yang nggak sedikit. Kan kita harus menyisihkan sebagian uang selain uang untuk kebutuhan pokok.

    Deposito Komunal kok keren banget ya. Kita bisa investasi mulai dari sejutaan. Aku pasti bakal ikutan buka deposito di sini dah.

    BalasHapus
  5. sejak sering disebut sama temen-temen soal Komunal, aku langsung kepoin
    dan seneng juga bisa menyimpan uang dalam bentuk deposito, mau ga mau kita harus tahan diri untuk nggak mengambil uangnya

    BalasHapus
  6. Deposito di BPR Komunal bisa jadi solusi dan alternatif menabung untuk masa depan juga ya, selain itu dengan berbagai macam keunggulan dan manfaaat yang akan didapatkan tentu bisa jadi pilianhan ynag tepat untuk masa depan

    BalasHapus
  7. Keren, ada siasat buat nyimpan uang dgn cara menggunakan Deposit BPR yg aman... Aku pun senang kalau udah bisa jadi pilihan buat menabung gini, jadi tidak tergiur beli yg tidak dibutuhkan lgi ya mba

    BalasHapus
  8. Serius bikin deposito semudah itu? Penasaran, jadi pengen coba juga. Kayaknya deposito ini juga cocok untuk aku yang boros

    BalasHapus
  9. Jadi kepikiran nih sama salah satu tabunganku yang nggak diapa2in dan memang tiap bulan itu selalu kena potongan admin. Hedew. Gimana jadinya gitu lihatnya. Jadi kepikiran mau buka deposito juga deh

    BalasHapus
  10. iya banget aku tuh auto hepi tau mba pas denger ada deposito sejuaan aja, dulu maju mundur bikin deposito karena masih ngerasa mahal minimal 5 sama 10 juta

    BalasHapus
  11. Bunga depositonya lebih besar dari deposito di bank konven.. ini cocok banget untuk investasi di awal

    BalasHapus
  12. Sekarang investasi makin mudah dan menyenangkan dengan adanya Deposito BPR Komunal.

    Saya juga udah cobain. Prosesnya mudah dan gak ribet.

    BalasHapus
  13. Memang kalo tabungan biasa itu biaya adminnya lebih tinggi dari pada bunganya.

    Aku pernah nabung 3 juta, tiga tahun kemudian bukannya nambah tapi berkurang 300 ribu, tinggal 2.7 juta doang.đŸ˜‚

    BalasHapus
  14. Emang bener sih, kalo mudah diambil malah mudah abisnya karena ada aja jadinya yang mau dibeli

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Ditunggu tanggapan dan komentarnya ya.