30 Desember 2020

Caraku Dapat Uang dari Internet

Tags

cara dapat uang dari internet


Benar kata pepatah, segala sesuatu yang dikerjakan sungguh-sungguh, akan membuahkan hasil. Termasuk hobi menulis dan bersosial media berbagai platform, sangat bisa mendatangkan uang. Asal mau mempelajari apa dan bagaimana cara kerjanya, jalan rejeki dari internet akan terbuka lebar.

Saya sendiri sudah memiliki usaha mandiri di bidang make up dan jahit tailor bi bawah bendera Rumah Tsabita. Namun, sebagai seorang Intuiting extrovert (Ie) yang memiliki kecenderungan mudah bosan. Jadi, ketika rasa jenuh dan bosan ini datang, saya akan mengalihkan mood pada hobi menulis. Siapa sangka, berawal dari hobi menulis ini saya bisa menghasilkan uang dari internet juga.

Meski awalnya hanya iseng dan sekedar menghilangkan bosan, lama kelamaan saya berpikir bagaimana caranya hobi menulis ini bisa menghidupi dirinya sendiri. Artinya, segala pengeluaran berkaitan dengan menulis di berbagai platform yang mau tak mau harus terus terhubung dengan internet, saya usahakan agar tidak menggunakan uang belanja rumah tangga ataupun mengambil uang usaha.

Nah, sejak itu saya mulai mencari jalan bagaimana agar hobi ini bisa menghasilkan uang yang cukup. Cukup untuk membeli kuota, cukup untuk jajan, cukup untuk membeli perintilan keperluan hobi, dan lain-lain. Hehe....

Berikut ini caraku mendapatkan uang melalui internet:


1. Menampilkan iklan di Blog dengan Google Adsense


Penghasilan dari iklan di blog sering disebut duit recehan loh. Wkwk.... Mungkin karena kisaran pasar iklan blog berbahasa Indonesia hanya ratusan sampai ribuan rupiah saja per klik. Tapi, walaupun recehan, penghasilan iklan Google Adsense masih banyak diminati oleh mereka yang menggeluti dunia web dan blog. Yah, receh pun jika dikumpulkan sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit, kan.

Oh ya, untuk bisa menayangkan iklan Google di blog juga butuh usaha. Jadi, jangan remehkan si receh ini. Bagi yang sudah mantap optimasi untuk mendapatkan uang dari iklan GA, penghasilannya bisa mencapai puluhan bahkan ratusan juta per bulan lho! Itu baru satu blog, bayangkan jika memiliki banyak blog yang sudah bisa menayangkan iklan. Wah, hitung sendiri deh totalnya.

Selain blog, channel Youtube juga bisa menjadi sumber penghasilan dari internet melalui tayangan iklan. Saya juga berharap bisa segera memonetisasi channel Youtube agar bisa menghasilkan uang. Tapi syaratnya belum terpenuhi.


2. Menulis untuk Promote Post di Blog


Sering disebut artikel berbayar, untuk menulis satu blogpost ini mesti sesuai dengan ketentuan klien pemesan. Biasanya klien akan memberikan brief mengenai hal-hal apa saja yang harus ditulis oleh bloger dalam artikelnya. 

Sebagaimana tujuannya, artikel yang dibuat akan menitikberatkan pada mempromosikan suatu produk atau jasa dengan menyisipkan kata kunci yang relevan serta menyertakan 1 external link dofollow menuju website klien.

Harga sebuah artikel berbayar berkisar antara 200 sampai 500 ribu untuk satu tulisan, tergantung jumlah kata dalam artikel dan kualitas blognya. Harga yang lebih tinggi hingga jutaan rupiah sangat mungkin diberikan oleh klien sesuai perjanjian dengan penulis blog.


3. Menayangkan Content Placement (CP) di blog


Content placement (CP) diberikan dalam bentuk artikel yang siap publish di blog dengan menyertakan satu atau dua external link dofollow menuju website klien. Harga sebuah CP berkisar antara 100 sampai 250 ribu sesuai kesepakatan.

Meski terdengar bisa menghasilkan uang dengan mudah, adakalanya bloger tidak ingin menayangkan CP dalam blognya karena beberapa alasan, salah satunya karena tidak sesuai dengan niche atau topik blog. Untuk saya pribadi, meski awalnya hanya ingin menulis tentang kecantikan, seiring waktu blog Lasmicika ini berubah menjadi niche umum alias campur-campur. Jadi asalkan tidak terlalu melenceng jauh dari tema tulisan yang sering saya tulis, bisa tetap menayangkan artikel placement.


4. Mengikuti campaign di Instagram, Twitter, dan Facebook


Semenjak pandemi dan dianjurkan lebih banyak beraktifitas di rumah, sekarang ini makin banyak kesempatan bagi pemilik akun media sosial untuk mengikuti berbagai campaign. Bermacam-macam program dan event dari pemilik produk dan jasa yang membutuhkan influencer di dunia maya. Tujuannya tak lain untuk meningkatkan engangement terhadap produk atau jasa.

Dalam campaign seperti ini, para influencer akan mendapatkan fee. Besar fee cukup bervariasi antara 50 ribu sampai jutaan rupiah sesuai kesepakatan dengan klien.


Selain keempat hal di atas, sebenarnya masih banyak sekali kesempatan untuk bisa mendapatkan uang melalui internet. Seperti mengikuti berbagai lomba, kuis atau giveaway, promo barter produk, menjadi penulis artikel (content writer), atau bisa juga menjual berbagai produk secara online melalui market place, online shop, dan lain-lain. Semua itu bisa mendatangkan penghasilan uang dengan bantuan internet.

Tentu, pada prakteknya, dapat uang dari internet tidak semudah yang saya tulis di sini. Semua butuh effort. Saya berguru ke sana kemari dan bertanya pada orang-orang yang mau dan ikhlas berbagi ilmu. Saya mengikuti berbagai kelas blog secara online, salah satunya cara meningkatkan DA agar bisa mengoptimalkan pengetahuan di bidang ini.

Selain itu saya juga bergabung dengan komunitas-komunitas baik di grup fb maupun grup WA agar makin luas dalam pergaulan dunia per-bloging-an maupun influencer.

Sekian waktu berjalan, keempat hal di ataslah yang menjadi sumber untuk menghasilkan uang. Namun, sebagaimana tujuan awal saya yang menekuni dunia menulis sebagai hobi, saya masih memprioritaskan pekerjaan offline atau pekerjaan di dunia nyata yaitu berwirausaha. Menulis dan bekerja online seperti di atas tetap saya jalani dengan enjoy tanpa menganggu pekerjaan sebelumnya. Saking random-nya aktifitas saya di dunia nyata maupun dunia maya, jika ada yang tanya, "Mbak, pekerjaannya apa tho, sebenarnya?", saya jawab, "serabutan." Hihihi....

Yup! Semua yang berpotensi menghasilkan uang, baik melalui pekerjaan offline maupun melalui internet, semua saya jadikan pekerjaan utama, tidak ada pekerjaan sampingan atau pekerjaan kecil-kecilan. Tinggal prioritasnya saja untuk mengatur waktu sebaik-baiknya.***




Blog tentang kecantikan, make up, fesyen dan mode, dan budaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Ditunggu tanggapan dan komentarnya ya.