Khadijah Azzahra Pakai La Tulipe? Ini Tutorial Sebenarnya

Tutorial Make Up Barbie Look Oleh Khadijah Azzahra 



 

Pada Seminar dan Workshop kali ini, Rabu, 3 Oktober 2018 di Hotel Karlita Tegal, Khadijah Azzahra, MUA kontroversional asal Malang ini menggunakan produk-produk kometik dari La Tulipe sebagai sponsor. Mungkin dalam merias pengantin yang sebenarnya Khadijah memilih produknya sendiri. Namun step by step rangkaian pemakaiannya tetap sama dan dapat menjadi patokan bagi perias yang ingin menonjolkan gaya make up Barbie look dengan menggunakan produk brand lokal yang berkualitas.


Berikut ini tutorialnya :

1.       Baca bismillah.


Bagi Khadijah, membaca bismilah adalah keharusan dan sangat penting untuk booster mood dan meluruskan niat dalam merias.

2.       Membersihkan wajah. 

  •  Bersihkan wajah dengan susu pembersih, lalu angkat dengan kapas. 
  • Usapkan cleanser menggunakan tissue, tunggu sampai kering 
  • Semprotkan setting spray dari Gamat Spray secara merata  dengan jarak sekitar 30 cm dari wajah. Tunggu hingga kering atau dapat dipercepat juga dengan bantuan kipas.

Gamat Spray bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori.

sebagai setting spray
pembersih dan penyegar dari La Tulipe


5.       Membentuk alis.


Khadijah selalu mengawali langkah awal dengan membuat alis terlebih dulu. Itu sudah menjadi ciri khasnya sebab menurutnya alis paling mudah dibentuk saat wajah masih bersih.

Khadijah menggunakan pensil alis warna coklat tua untuk membuat alis. Make up muslim memang identik dengan alis coklat tua.
  1. Gambar alis dari bagian bawah lalu tarik keluar hingga puncak tertinggi alis lalu lengkungkan. Gunakan jempol  tangan kiri untuk menekan ke atas  bagian puncaknya untuk memudahkan.tarik garis pada alis bagian atas sejajar dengan garis alis bawah, lengkungkan setelah puncak dan mengecil sampai membentuk ujung alis. Bingkai alis sudah terbentuk. 
  2. Lakukan hal yang sama pada alis satunya dengan garis bantu penghubung pada bagian tengah hingga melewati hidung. Khadijah menyebutnya jembatan shirothol mustaqim. Jembatan ini memudahkan agar kedua alis sama tinggi antara alis kanan kanan dan kiri. 
  3. isi bagian dalam alis dengan menggunakan pensil alis dengan cara diarsir, bukan ditekan-tekan 
  4. rapikan bagian sekeliling alis yang tidak simetris atau melebar dan mengoreksinya dengan foundation menggunakan kuas pipih dan kaku. Kali ini foundation yang dipakai Khadijah menggunakan La Tulip Perfect Foundation warna Light Natural.

6.       Membuat riasan mata


Ciri khas Khadijah yang juga cukup ekstrim dan berbeda dengan MUA lainnya adalah membuat riasan mata setelah membentuk alis saat bagian wajah lain masih polos tanpa make up.
Berikut ini penampakan eyeshadow dari La Tulip baik pallet lengkap maupun pallet satuan kecil khusus eyeshadow.

pallet lengkap seri nomer 1, lengkap dengan foundation, lipstik, blush on, dan juga eyeshadow
pallet satuan eyeshadow

  1. tap tap foundation di sekeliling alis hingga kelopak mata dengan menggunakan spon kecil. 
  2. oleskan base eye shadow dengan jari secara merata di seluruh permukaan kelopak mata.
  3. aplikasikan eyeshadow mulai dari bagian bawah alis dengan warna krem.
warna krem untuk dasar, diaplikasikan pada bawah alis hingga kelopak mata
4. usapkan eye shadow warna oranye di mix dengan blush on warna oren di seluruh bagian kelopak mata membentuk setengah lingkaran hingga bagian dalam mata / pangkal hidung. Baurkan (blend) dengan menggunakan kuas kecil bulat yang halus 
mix dengan blush on untuk mendapatkan warna yg diinginkan
5. usapkan lagi eyeshadow warna coklat tua diatas warna oren, lalu baurkan. Sisakan sedikit warna oren dibagian tepinya untuk menampilkan gradasi warna. 
coklat tua
6. step berikutnya adalah membentuk cut crease dengan memulas foundation dari ujung mata bagian dalam hingga setengah bagian kelopak mata menggunakan kuas pipih, lalu tap-tap dengan spon kecil. Khadijah menggunakan spon dari Expert. Pembentukan cut crease inilah yang akan menghasilkan penampakan mata yang lebih lebar dan besar yang menjadi ciri khas make up Barbie look.  
7. pulaskan eyeshadow warna krem diatas foundi cut crease. Nantinya pada bagian cut crease ini bisa diisi dengan warna-warna lain sesuai dengan selera atau disesuaikan dengan kostum wardrobe yang digunakan.  
8. berikan gradasi warna transisi dengan warna tembaga pada bagian tengah luar kelopak agar tidak terputus dan nge-blend. Sempurnakan dengan gliter eyeshadow bubuk warna emas. Karena La Tulip belum mengeluarkan produk ini, Khadijah menggunakan gliter dari Make Up Forever.
warna tembaga untuk transisi warna pada bagian tengah kelopak mata

7.       Step selanjutnya pemakaian foundation.


  • Mula-mula, Khadijah menggunakan liquid foundation dari La Tulip warna porselen / terang nomor 01. Tap tap dengan tapel basah. 
Liquid foundation

  • Setelah itu, oleskan foundi krim warna ivory dengan kuas pipih sedang. Khadijah memakaikan foundi full menutup seluruh permukaan wajah dan bibir. Jembatan shirothol mustaqim kini hilang tertutup foundi. Khadijah pun menyarankan untuk tidak sayang / pelit saat memakai foundi cukup banyak agar mendapatkan hasil yang sempurna. Cara ini yang mengundang kontroversi dan kritikan pedas bagi Khadijah dari penyuka make up natural.
  1. Perfect Foundation cream
    • setelah kulit wajah tertutup sempurna dengan foundi, tap-tap menggunakan beauty blending.



Khadijah mengaplikasikan foundation satu persatu karena sifat foundi dari LaTulip yang memang creamy, sehingga tidak perlu di mix dengan liquidnya. Jika menemukan foundi produk lain yang agak keras Khadijah akan mencampurnya dengan foundi liquid.



8.       Membentuk contour wajah dan shading


Khadijah menggunakan contour kit coklat seri warna medium.
contour kit untuk membetuk shading

  • membentuk shading hidung dengan menggunakan kuas pipih agar lurus. Makin mengecil garis hidung, akan membuat hidung tampak makin mancung. 
  • shading bagian atas dahi 
  • shading pipi. Tarik garis dari pelipis turun sampai ujung bibir dalam kodisi wajah tersenyum agar nampak garis tulang pipinya. 
  • blend dengan beauty blending 
  • berikan sentuhan high light dengan foundi light natural pada bagian dagu, atas bibir, ujung batang hidung, bagian bawah shading pipi sampai ujung bibir agar member kesan tirus. Setelah itu blend lagi dengan spon/beauty blending sampai rata.

9.       Bedak tabur.

Khadijah menggunakan bedak tabur La Tulip warna Rachel kekuningan sampai full dan tertutup rata. Aplikasikan dengan menggunakan tapel kering terlebih dulu, baru setelah merata, usapkan dengan kuas bedaknya.  Jangan ragu memberikan bedak tabur. Seimbangkan dengan foundation. 


TIPS
Khadijah memberikan tips untuk mencegah crack / pecah pada garis senyum dan  bawah mata. Crack hanya akan terjadi karena tidak meresap dengan  sempurna bedak tabur dalam menutup foundation sehingga tidak benar-benar kering.



10.   Semprotkan setting spray untuk mengunci. 
  • Biarkan hingga benar-benar kering, atau dapat pula dibantu dengan kipas.


11.   Bedak Padat
two function cake
  •  Setelah setting spray benar-benar kering, pulaskan bedak padat. Kali ini Khadijah menggunakan seri nomer y10 natural Two Function Cake dari La Tulip, lalu set lagi dengan kuas.

Shading hidung 

  • Buat shading hidung menggunakan permainan warna bedak padat sampai shading  dalam benar-benar terlihat dan keluar shadingnya.



Tips saat wajah mulai berminyak

Jika setelah beberapa jam pemakaian make up wajah mulai berminyak, jangan dilap dengan tissue. Cukup ditap-tap dengan tapel bedak tabor sampai kering, lalu disempurnakan lagi dengan bedak padat.



Merapikan 

  • Rapikan alis yang tertutup bedak, bentuk kembali seperti saat pembuatan awal. Pada bagian dalam baurkan dengan sikat alis agar Nampak natural. . Jika ingin lebih sempurna lagi, tambahkan mascara alis. Namun, karena La Tulip belum mengeluarkan mascara alis, maka Khadijah memakai produk lain (Shumora).



12.   Pemakaian eyeliner


Eye liner cair tarik garis dari arah luar kelopak mata sampai bagian terdalam mata.



Tips : untuk menghindari bagian bulu mata extension  yang tampak kosong, eyeliner dipakai lebih dahulu sebelum pemakaian bulu mata

13.   Pemasangan bulu mata extension.


  • Khadijah memulai pemasangan bulu mata dengan mengoleskan lem bulu mata pada kelopak bagian terdekat dengan bulu mata asli, menumpuk pada eyeliner. Tunggu hingga setengah kering. 
  • rekatkan bulu mata, dimulai dengan bulu mata yang paling pendek menyerupai bulu mata asli dengan posisi agak kedalam sudut mata bagian dalam. Setelah itu disusul dengan bulu mata yang lebih panjang dipasang dengan posisi lebih kesudut luar mata. Hal ini agar bagian tengah tidak kosong. 
  • langkah berikutnya oleskan  lem bulu mata lagi, tunggu agak kering. Rekatkan bulu mata ketiga di bagian tengah mata. Rapikan dan pulaskan kembali eyeliner, lalu sempurnakan. 
  • Rekatkan dengan bulu mata asli, lalu sempurnakan dengan maskara.



14.   Pemakaian eye liner bawah dengan warna silver.


15.   Blush on


  • Blush on dipulaskan dari arah pelipis hingga mendekati  sudut bibir dengan posisi wajah tersenyum dan Nampak tulang pipinya. Mainkan gradasi warna blush on dengan warna cenderung coklat muda pada pulasan paling bawah, lalu kemudian membaur dengan warna yang lebih kemerah-mudaan pada bagian atas. 
  • pada bagian chip point (titik puncak pipi) sapukan warna blush on paling terang (baby pink). Baurkan dengan kuas.

16.   Pemasangan bulu mata bawah dipasang dibawah bulu mata asli.


17.   Lipstick


Khadijah memakai lipstick matte La Tulip seri nomor 10, lalu di mix dengan lipstick glossy warna senada. Mula-mula bentuk bingkai terlebih dulu dengan menggunakan kuas lipstick yang runcing. Setelah dibingkai, isi bagian dalam bibir.
matte


glossy


18.   High light.

  •  Langkah terakhir make up Barbie look ala Khadijah Azzahra adalah pemakaian highlight pada bagian ujung hidung, pangkal hidung, chip point, atas bibir, dagu, dan bagian dahi dengan menggunakan blush on warna keputihan.

19.   Hijab muslim


Ciri khas Khadijah adalah make up muslim yaitu dengan hijab yang praktis namun elegan. Kali ini Khadijah cukup menggunakan hijab simple berbahan organza creppe yang dililitkan pad leher kebagian belakang  setelah sebelumnya sudah diawali dengan kerudung dalam dan cepol dari Dacron. Tampilan elegan muncul dari kerudung panjang full bordir, payet dan mutiara pada bagian atas kepala. Sebuah crown silver menyempurnakan make up pengantin muslim Barbie look oleh Khadijah.

Begitulah step by step tutorial make up pengantin muslim barbie look dari Khadihah Azzahra dengan menggunakan sebagian besar produk dari La Tulip. Walau menggunakan produk lokal, ditangan seorang Khadijah dengan keahliannya mampu menyulap tampilan wajah biasa saja menjadi luar biasa.

Setelah melihat langsung Khadijah memperagakan tutorialnya, hasil akhirnya ternyata sama sekali tidak setebal yang diperkirakan banyak orang yang hanya melihat tutorial dari social media seperti instagram. Hasilnya sangat halus dan sempurna.

Kesimpulannya, jam terbang sangat menentukan tingkat keahlian seorang MUA dalam memoles make up. Jadi, teruslah mengasah diri untuk menjadi ekspert seperti Khadijah.

Semangat terus belajar !!
*****
 Di bawah ini foto-foto yang berhasil saya ambil dari tayangan proyektor



Khadijah memperagakan tutorial yang dapat diikuti oleh peserta seminar melalui layar proyektor
'jembatan shirothol mustaqim' untuk membantu menyamakan tinggi alis kanan dan kiri
pembuatan cut crease hingga sudut dalam mata /pangkal hidung untuk memberikan kesan mata yang lebar


membaurkan contour dalam dengan beauty blending



menyatukan bulu mata extension dengan bulu mata asli menggunakan maskara





blush on diusapkan dari pelipis kearah sudut bibir pada posisi tersenyum


highlight di chip poin


shading hidung


highlight pada dagu dan finishing touch



siap memakai hijab
hasil akhir
mba Eka berhasil mengambil foto bersama Khadijah

Blog tentang fashion, beauty, dan budaya

No comments:

Post a Comment