06 Oktober 2018

Khadijah Azzahra Pakai La Tulipe? Ini Tutorial Sebenarnya

produk la tulipe oleh khadijah azzahra


Tutorial Make Up Barbie Look Oleh Khadijah Azzahra



Pada Seminar dan Workshop kali ini, Rabu, 3 Oktober 2018 di Hotel Karlita Tegal, Khadijah Azzahra, MUA kontroversional asal Malang ini menggunakan produk-produk kometik dari La Tulipe sebagai sponsor.

Mungkin dalam merias pengantin yang sebenarnya Khadijah memilih produknya sendiri. Namun step by step rangkaian pemakaiannya tetap sama dan dapat menjadi patokan bagi perias yang ingin menonjolkan gaya make up Barbie look dengan menggunakan produk brand lokal yang berkualitas.


Berikut ini tutorialnya :

1. Baca bismillah


Bagi Khadijah, membaca bismilah adalah keharusan dan sangat penting untuk mood booster dan meluruskan niat dalam merias.

2. Membersihkan wajah


  • Bersihkan wajah dengan susu pembersih (milk cleanser), lalu angkat dengan kapas.
  • Usapkan toner menggunakan tissue, tunggu sampai kering
  • Semprotkan setting spray dari Gamat Spray secara merata dengan jarak sekitar 30 cm dari wajah. Tunggu hingga kering atau dapat dipercepat juga dengan bantuan kipas. Setting spray berfungsi untuk mengecilkan pori-pori.

gamat spray setting spray oleh khadijah azzahra
setting spray dari Gamat Spray
cleanser dan toner La Tulipe oleh Khadijah Azzahra
milk cleanser dan toner dari La Tulipe

3. Membentuk alis


Khadijah selalu mengawali langkah awal dengan membuat alis terlebih dulu. Itu sudah menjadi ciri khasnya sebab menurutnya alis paling mudah dibentuk saat wajah masih bersih.

Khadijah menggunakan pensil alis warna coklat tua untuk membuat alis. Make up muslim memang identik dengan alis coklat tua.

  • Gambar alis dari bagian bawah lalu tarik keluar hingga puncak tertinggi alis lalu lengkungkan.
  • Gunakan jempol tangan kiri untuk menekan ke atas bagian puncaknya untuk memudahkan.
  • Tarik garis pada alis bagian atas sejajar dengan garis alis bawah, lengkungkan setelah puncak dan mengecil sampai membentuk ujung alis. Bingkai alis sudah terbentuk.
  • Lakukan hal yang sama pada alis satunya dengan garis bantu penghubung pada bagian tengah hingga melewati hidung. Khadijah menyebutnya jembatan shirothol mustaqim. Jembatan ini memudahkan agar kedua alis sama tinggi antara alis kanan kanan dan kiri.
  • Isi bagian dalam alis dengan menggunakan pensil alis dengan cara diarsir, bukan ditekan-tekan
  • Rapikan bagian sekeliling alis yang tidak simetris atau melebar dan mengoreksinya dengan foundation menggunakan kuas pipih dan kaku. Kali ini foundation yang dipakai Khadijah untuk megoreksi sekeliling alis menggunakan La Tulipe Perfect Foundation warna Light Natural.

4. Membuat riasan mata


Ciri khas Khadijah Azzahra lainnya yang juga cukup ekstrim dan berbeda dengan MUA lain adalah membuat riasan mata setelah membentuk alis saat bagian wajah lain masih polos tanpa make up.

Berikut ini penampakan eyeshadow dari La Tulip baik pallet lengkap maupun pallet satuan kecil khusus eyeshadow.
pallette nomor 1 La Tulipe Khadijah Azzahra
pallet lengkap seri nomer 1


  • tap tap foundation di sekeliling alis hingga kelopak mata dengan menggunakan spon kecil.
  • oleskan base eye shadow dengan jari secara merata di seluruh permukaan kelopak mata.
  • aplikasikan eyeshadow mulai dari bagian bawah alis dengan warna krem.

pallette La Tulipe oleh khadijah azzahra
warna krem untuk dasar, diaplikasikan pada bawah alis

  • usapkan eye shadow warna oranye di mix dengan blush on warna oren di seluruh bagian kelopak mata membentuk setengah lingkaran hingga bagian dalam mata / pangkal hidung. Baurkan (blend) dengan menggunakan kuas kecil bulat yang halus 

eyeshadow dan blush on La Tulipe oleh khadijah azzahra
mix dengan blush on

  • usapkan lagi eyeshadow warna coklat tua diatas warna oren, lalu baurkan. Sisakan sedikit warna oren dibagian tepinya untuk menampilkan gradasi warna.

eyeshadow la tulipe khadijah azzahra
coklat tua

  • step berikutnya adalah membentuk cut crease dengan memulas foundation dari ujung mata bagian dalam hingga setengah bagian kelopak mata menggunakan kuas pipih, lalu tap-tap dengan spon kecil. Khadijah menggunakan spon dari Expert. Pembentukan cut crease inilah yang akan menghasilkan penampakan mata yang lebih lebar dan besar yang menjadi ciri khas make up Barbie look.
  • pulaskan eyeshadow warna krem diatas foundi cut crease. Nantinya pada bagian cut crease ini bisa diisi dengan warna-warna lain sesuai dengan selera atau disesuaikan dengan kostum wardrobe yang digunakan.
  • berikan gradasi warna transisi dengan warna tembaga pada bagian tengah luar kelopak agar tidak terputus dan nge-blend. Sempurnakan dengan glitter eyeshadow bubuk warna emas. Karena La Tulipe belum mengeluarkan produk ini, Khadijah menggunakan glitter dari Make Up Forever.

khadijah azzahra pakai la tulipe
warna tembaga untuk transisi

5. Step selanjutnya pemakaian foundation.


  • Mula-mula, Khadijah menggunakan liquid foundation dari La Tulipe warna porselen / terang nomor 01. Tap tap dengan tapel basah.

foundation khadijah azzahra
Liquid foundation

  • Setelah itu, oleskan foundi krim warna ivory dengan kuas pipih sedang. Khadijah memakaikan foundi full menutup seluruh permukaan wajah dan bibir. Jembatan shirothol mustaqim kini hilang tertutup foundi. Khadijah pun menyarankan untuk tidak sayang / pelit saat memakai foundi cukup banyak agar mendapatkan hasil yang sempurna. Cara ini yang mengundang kontroversi dan kritikan pedas bagi Khadijah dari penyuka make up natural look.
foundation khadijah azzahra
Perfect Foundation cream

  • setelah kulit wajah tertutup sempurna dengan foundi, tap-tap menggunakan beauty blending.

  • Khadijah mengaplikasikan foundation satu persatu karena sifat foundi dari LaTulipe yang memang creamy, sehingga tidak perlu di mix dengan liquidnya. Jika menemukan foundi produk lain yang agak keras Khadijah akan mencampurnya dengan foundi liquid.

6. Membentuk contour wajah dan shading


contour kit la tulipe khadijah azzahra
contour kit untuk membetuk shading
  • Khadijah menggunakan contour kit coklat seri warna medium.
  • membentuk shading hidung dengan menggunakan kuas pipih agar lurus. Makin mengecil garis hidung, akan membuat hidung tampak makin mancung.
  • shading bagian atas dahi
  • shading pipi. Tarik garis dari pelipis turun sampai ujung bibir dalam kodisi wajah tersenyum agar nampak garis tulang pipinya. Baurkan/blend dengan beauty blending
  • berikan sentuhan high light dengan foundi light natural pada bagian dagu, atas bibir, ujung batang hidung, bagian bawah shading pipi sampai ujung bibir agar member kesan tirus. Setelah itu blend lagi dengan spon/beauty blending sampai rata. 

7. Bedak tabur


bedak tabur khadijah azzahra
bedak tabur La Tulipe


  • Khadijah menggunakan bedak tabur La Tulipe warna Rachel kekuningan sampai full dan tertutup rata. Aplikasikan dengan menggunakan tapel kering terlebih dulu, baru setelah merata, usapkan dengan kuas bedaknya. Jangan ragu memberikan bedak tabur. Seimbangkan dengan foundation yang juga tebal.

TIPS

Khadijah memberikan tips untuk mencegah crack / pecah pada garis senyum dan bawah mata. Crack hanya akan terjadi karena tidak meresap dengan sempurna bedak tabur dalam menutup foundation sehingga tidak benar-benar kering.



8. Semprotkan setting spray untuk mengunci.


Biarkan hingga benar-benar kering, atau dapat pula dibantu dengan kipas.

9. Bedak Padat

 

bedak padat khadijah azzahra
two function cake

Setelah setting spray benar-benar kering, pulaskan bedak padat. Kali ini Khadijah menggunakan seri nomer y10 natural Two Function Cake dari La Tulipe, lalu set lagi dengan kuas.


10. Shading hidung


Buat shading hidung menggunakan permainan warna bedak padat sampai shading dalam benar-benar terlihat dan keluar shadingnya.


Tips saat wajah mulai berminyak

Jika setelah beberapa jam pemakaian make up wajah mulai berminyak, jangan dilap dengan tissue. Cukup ditap-tap dengan tapel bedak tabur sampai kering, lalu disempurnakan lagi dengan bedak padat.



11. Merapikan


  • Rapikan alis yang tertutup bedak, bentuk kembali seperti saat pembuatan awal. 
  • Pada bagian dalam baurkan dengan sikat alis agar Nampak natural. 
  • Jika ingin lebih sempurna lagi, tambahkan mascara alis. Namun, karena La Tulipe belum mengeluarkan mascara alis, maka Khadijah memakai produk lain (Shumora).

12. Pemakaian eyeliner


  • Eye liner cair tarik garis dari arah luar kelopak mata sampai bagian terdalam mata.

Tips : untuk menghindari bagian bulu mata extension yang tampak kosong, eyeliner dipakai lebih dahulu sebelum pemakaian bulu mata


13. Pemasangan bulu mata extension


  • Khadijah memulai pemasangan bulu mata dengan mengoleskan lem bulu mata pada kelopak bagian terdekat dengan bulu mata asli, menumpuk pada eyeliner. Tunggu hingga setengah kering.
  • rekatkan bulu mata, dimulai dengan bulu mata yang paling pendek menyerupai bulu mata asli dengan posisi agak kedalam sudut mata bagian dalam. Setelah itu disusul dengan bulu mata yang lebih panjang dipasang dengan posisi lebih kesudut luar mata. Hal ini agar bagian tengah tidak kosong.
  • langkah berikutnya oleskan lem bulu mata lagi, tunggu agak kering. Rekatkan bulu mata ketiga di bagian tengah mata. Rapikan dan pulaskan kembali eyeliner, lalu sempurnakan.
  • Rekatkan dengan bulu mata asli, lalu sempurnakan dengan maskara.

14. Pemakaian eye liner bawah dengan warna silver


15. Blush on


  • Blush on dipulaskan dari arah pelipis hingga mendekati sudut bibir dengan posisi wajah tersenyum dan nampak tulang pipinya. Mainkan gradasi warna blush on dengan warna cenderung coklat muda pada pulasan paling bawah, lalu kemudian membaur dengan warna yang lebih kemerah-mudaan pada bagian atas. 

blush on khadijah azzahra


  • pada bagian chip point (titik puncak pipi) sapukan warna blush on paling terang (baby pink). Baurkan dengan kuas.

high lighter khadijah azzahra
high light untuk chip point


16. Pemasangan bulu mata bawah dipasang di bawah bulu mata asli.



17. Lipstick


  • Khadijah Azzahra memakai lipstick matte La Tulipe seri nomor 10, lalu di mix dengan lipstick glossy warna senada. 
  • Mula-mula bentuk bingkai terlebih dulu dengan menggunakan kuas lipstick yang runcing. Setelah dibingkai, isi bagian dalam bibir.
lipstik khadijah azzahra
lipstik matte
lipstik glossy khadijah azzahra
lipstik glossy
 

18. High light

high lighter khadijah azzahra


Langkah terakhir make up Barbie look ala Khadijah Azzahra adalah pemakaian highlight pada bagian ujung hidung, pangkal hidung, chip point, atas bibir, dagu, dan bagian dahi dengan menggunakan blush on warna keputihan.


19. Hijab muslim


  • Ciri khas lain Khadijah Azzahra adalah make up muslim dengan hijab yang praktis namun elegan. 
  • Kali ini Khadijah cukup menggunakan hijab simple berbahan organza creppe yang dililitkan pada leher kebagian belakang setelah sebelumnya sudah diawali dengan kerudung dalam dan cepol dari dacron. 
  • Tampilan elegan muncul dari kerudung panjang full bordir, payet dan mutiara pada bagian atas kepala. 
  • Sebuah crown silver menyempurnakan make up pengantin muslim Barbie look oleh Khadijah.


Begitulah step by step tutorial make up pengantin muslim barbie look dari Khadihah Azzahra dengan menggunakan sebagian besar produk dari La Tulipe. Walau menggunakan produk lokal, di tangan seorang Khadijah Azzahra dengan keahliannya mampu menyulap tampilan wajah biasa saja menjadi luar biasa.

Setelah melihat langsung Khadijah memperagakan tutorialnya, hasil akhirnya ternyata sama sekali tidak setebal yang diperkirakan banyak orang yang hanya melihat tutorial dari social media seperti instagram. Hasilnya sangat halus dan sempurna.


Noted:
The magic is in your hand, not your product.



Kesimpulannya, jam terbang sangat menentukan tingkat keahlian seorang MUA dalam memoles make up. Jadi, teruslah mengasah diri untuk menjadi exspert seperti Khadijah.

Semangat terus belajar !!

*****

  Berikut ini foto-foto yang berhasil saya ambil dari tayangan proyektor:


seminar di kota kecil khadijah azzahra
suasana Khadijah memberikan tutorial
cara khadijah azzahra bikin alis
'jembatan shirothol mustaqim'
agar mata lebih lebar khadijah azzahra
pembuatan cut crease
shading pipi khadijah azzahra
pembuatan kontur wajah
bulu mata khadijah azzahra
maskara setelah pemasangan bulu mata
blush on khadijah azzahra
blush on diusapkan dari pelipis kearah sudut bibir
make up barbie look khadijah azzahra
high light pada chip point
shading agar hidung mancung khadijah azzahra
shading hidung
agar glowing khadijah azzahra
hi-light pada bagian dagu dan finishing touch
pakai hijab khadijah azzahra
memakai kerudung dalam sebelum kerudug luar
make up barbie look khadijah azzahra
hasil akhir
make up barbie look khadijah azzahra
hasil akhir make up barbie look Khadijah Azzahra
khadijah azzahra cantik
berebut foto

Blog tentang kecantikan, make up, fesyen, mode, dan budaya

2 komentar:

  1. Finally, blogwalking ke blognya Mbak Lasmicika. Ini manfaat banget, mengingat dari kemarin bingung belajar make up buat wisuda bulan depan. Secara nggak pake MUA kan ya, jadi kudu belajar dari sekarang :'D

    Salam blogger sejiwa dari Bianglala Hijrah, Mbak.. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih sudah mampir.
      Kalau untuk wisuda, look-nya yang ringan saja.
      Kalau ngikutin tutorial ini, too much jatuhnya. Next lah saya bikin khusus make up wisuda, insya Alloh.

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung. Ditunggu tanggapan dan komentarnya ya.