23 Juni 2021

Sambut Tahun Ajaran Baru, Pertimbangkan Hal Berikut Sebelum Putuskan Daftar Ruangguru

tahun ajaran baru


Tanpa terasa si Sulung sudah penerimaan laporan kenaikan kelas. Tahun ajaran nanti dia sudah kelas sembilan SMP. Selama libur kenaikan kelas ini si Sulung mendapat tugas dari gurunya untuk belajar matematika sebagai persiapan mengikuti seleksi olimpiade tingkat SMP.

Sebenarnya Sulungku ini termasuk mudah memahami pelajaran. Hanya saja dia mudah terdistraksi oleh hal-hal di sekitar. Jika kondisi sekitar ramai, konsentrasinya mudah buyar. Akibatnya, banyak soal-soal yang seharusnya bisa dikerjakan dengan mudah menjadi banyak kesalahan yang diakibatkan ketidaktelitiannya sendiri.

Saya berpesan pada Si Sulung agar serius belajar dan teliti dalam mengerjakan soal-soal. Terlepas nanti dia lolos seleksi mewakili sekolah dalam olimpiade atau tidak, semua yang dipelajari sekarang ini akan sangat berguna untuknya.

Tahun ajaran baru nanti, saya terpikir untuk mendaftarkan si Sulung bimbingan belajar online. Saya bertanya pada salah satu ponakan, Amiin, yang pernah menggunakan aplikasi belajar online Ruangguru ketika masih SMA. Sekarang ini ponakan tersebut sudah kuliah di Universitas Negeri Jenderal Soedirman (Unsoed) di jurusan yang ia inginkan.


Sebelum mendaftar, beberapa hal berikut bisa menjadi pertimbangan.


1. Guru / Pengajar di Ruangguru


Menurut Amiin, dia senang belajar di Ruangguru karena pengajar / guru menyampaikan materi secara gamblang. Penyampaiannya pun ringan dan menyenangkan. Terutama sekali untuk pelajaran exact seperti matematika, dia merasa lebih mudah mengikuti apa yang disampaikan di Ruangguru daripada materi dari guru di sekolah.

Hal ini dikarenakan guru di Ruangguru membahas rumus-rumus secara runut mulai dari konsep didapatkannya rumus tersebut. Ketika membahas soal, guru tidak hanya mengajarkan cara mengerjakannya saja.

Dengan memahami konsepnya, sangat memudahkan dalam mengerjakan soal perhitungan eksakta dan bukan sekedar menghapalkan rumus-rumus.


guru di ruangguru
materi disampaikan guru dengan video animasi




2. Metode Pengajaran


Penyampaian materi dengan menggunakan video animasi di Ruangguru menurut Amiin sangat menyenangkan dan tidak membuat bosan. Dia menjadi merasa tidak sedang belajar pelajaran sulit, tapi seolah menonton video saja. Dengan begitu, materi yang disampaikan mudah dicerna dan diingat. Video ini pun dapat dipelajari kembali sewaktu-waktu dengan menontonnya lagi di lain hari.

Metode pengajaran seperti ini sepertinya cocok untuk anak dengan mesin kecerdasan Intuiting extrovert (Ie) seperti Sulungku. Anak Ie memiliki kecenderungan mudah bosan dan menyukai hal-hal yang kreatif dan tidak biasa. Video animasi sebagai media penyampaian materi menurut saya sangat bagus untuk daya imajinasinya yang tinggi.


animasi ruangguru
grafik animasi membuat belajar jadi menyenangkan


Cara belajar anak dengan metode pengajaran seperti ini membuat pembelajaran jadi menyenangkan. Belajar bukan lagi suatu beban, akan tetapi justru menjadi suatu kegiatan yang menarik dan disukai. 

Jika anak sudah menyukai kegiatan belajar, artinya ia siap menerima ilmu pengetahuan apapun yang didapatkan dari pelajaran-pelajaran di sekolah.



3. Biaya


Dulu, sekitar tiga tahun lalu, Amiin hanya membayar paket Ruangbelajar by Ruangguru sekitar tiga ratus ribu rupiah saja per tahun.

Sekarang ini untuk harga paket SMP satu tahun kita hanya perlu membayar sekitar 600 ribu rupiah saja, belum termasuk diskon. Sangat terjangkau ya? Jika ambil paket sekalian dua tahun bisa lebih murah lagi.

Bayangkan, hanya dengan 50 ribu per bulan, kita bisa mendapatkan puluhan ribu video animasi berisi materi yang dapat didownload dan ditonton melalui hp atau komputer.

Selain itu siswa juga akan diberi kuis untuk menguji pemahaman materi yang disampaikan melalui video lengkap dengan pembahasannya.

Tak ketinggalan siswa juga dapat men-download ribuan latihan soal dan simulasi untuk PTS, PAS, UN, dan juga UTBK. Latihan soal ini dapat di-print juga loh. Ada juga rangkuman materi yang disajikan dengan visual secara menarik yang bisa didownload.

Dengan semua yang didapatkan siswa tersebut di atas, harga paket dari Ruangguru ini jelas sangat murah!



4. Keunggulan Lain


Ruangguru ini sangat cocok untuk anak-anak seperti si Sulung dan Amiin yang lebih berkonsentrasi jika belajar sendiri. Jika di sekolah yang ramai anak mudah terdistraksi dan sulit berkonsentrasi, Ruangguru bisa membantu mengulang kembali materi yang disampaikan guru di sekolah agar makin paham.

Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) seperti sekarang ini yang membuat proses pembelajaran menjadi tidak maksimal, memerlukan sumber belajar lain yang membantu anak dalam belajar.

Oh ya, yang menarik dari Ruangguru ini, siswa juga dibuat tertantang seperti sedang bermain game. Ada level-level yang harus diselesaikan dan mendapatkan poin-poin. Ada karakternya juga. Poin-poin yang didapatkan bisa ditukarkan dengan baju-baju lucu yang bisa dipilih sesuai perolehan poin. Jika siswa belum dapat menyelesaikan soal-soal materi pada level sebelumnya, maka materi berikutnya tidak dapat dibuka dan terkunci.

Sistem belajar yang menyenangkan seperti ini, agaknya disesuaikan dengan kondisi anak-anak sekarang yang menyukai tantangan ala game gadget. Itu menjadi nilai plus tersendiri dari Ruangguru.


game ruangguru
avatar karakter yang unik


Dari keunggulan-keunggulan di atas yang dimiliki oleh Ruangguru, saya menyimpulkan bahwa Ruangguru bisa menjadikan siswa menjadi lebih baik dari segi nilai dan karakter. Terbukti sekarang ponakan saya Amiin lulus dengan nilai memuaskan dan bisa masuk ke kampus impiannya. 

Nah, itu dia hal-hal yang perlu dipertimbangkan sebelum mendaftar Ruangguru dalam menyambut tahun ajaran baru. Dengan belajar sungguh-sungguh di sekolah didukung aplikasi bimbingan belajar Ruangguru, tahun ajaran baru nanti semoga banyak kemajuan bagi Si Sulung dalam memahami berbagai mata pelajaran.
 
Adakah pembaca yang juga sedang mempersiapkan buah hatinya menyambut tahun ajaran baru dengan mendaftarkan pada bimbingan belajar online seperti saya? Share di kolom komentar yuk!***




Blog tentang kecantikan, make up, fesyen, mode, dan budaya

8 komentar:

  1. RUANGGURU mantuullll!
    Saya udah ubek2 website-nya
    dan YES, banyaakkk banget benefit dan faedah yg bakal kita dapatkan

    KEREN!

    BalasHapus
  2. murah banget ya , cuma Rp 600 ribu pertahun

    sementara kualitas pendidikannya sangat mumpuni, siswapun bisa fleksibel dalam belajar

    BalasHapus
  3. Ruang guru ini beneran keren deh ya mbak baik program belajarnya maupun tenaga pengajarnya sangat profesional sekali

    BalasHapus
  4. Ruangguru ini membantu banget orang tua yang seharian bekerja dan tidka bisa mendampingi anak belajar. tentu saja nilai jadi lebih baik dengan bimbingan mentor terbaik

    BalasHapus
  5. Biayanya terjangkau banget ya, sudah dapat semua. Pilihan yg tepat ini apalagi saat pandemi keuangan betul-betul diperketat banget pengeluarannya

    BalasHapus
  6. Ruangguru itu andalan banget ya mbak, udah murah trus materinya lengkap. Anak2 gak bakal bosen

    BalasHapus
  7. Daku pernah lihat Avatar untuk yang punya akun ruangguru, menarik dan membuat semangat belajar. Apalagi ada progress belajarnya yang bisa kelihatan, udah sampai mana belajarnya

    BalasHapus
  8. Anakku yang cewek termasuk anak Ie mbak, memang cenderung mudah bosan dan menyukai hal-hal yang kreatif dan tidak biasa. Cocok bila belajar di Ruangguru yang sekarang sudah pakai video animasi sebagai media penyampaian materi. Dulu waktu dia masih SD belum ada. Dari segi biaya hanya 600K/tahun itu terjangkau banget.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Ditunggu tanggapan dan komentarnya ya.