12 Januari 2021

Beragam Manfaat Daun Katuk untuk Kesehatan

Tags

manfaat daun katuk


Daun katuk merupakan salah satu jenis tanaman yang mudah dijumpai. Kita bisa menanam sendiri daun jenis ini agar bisa dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan. Atau selain menanamnya, kita juga bisa mendapatkannya dengan mudah dan harga murah.

Daun katuk mempunyai banyak kegunaan yang bisa dimanfaatkan. Kita bisa untuk mengkonsumsi daun katuk sebagai sayur atau juga olahan lainnya untuk mendapatkan manfaat daun katuk tersebut. Mengonsumsi daun katuk dengan rutin juga akan membantu meningkatkan kesehatan. Hal tersebut bisa didapatkan karena banyak kandungan bermanfaat yang dipunyai daun katuk. Mulai dari protein, kalsium, zat besi, lemak, serat, kalium, dan masih banyak lainnya. Dengan kandungan yang dipunyai daun katuk ini tentunya dapat memberikan manfaat kesehatan yang dibutuhkan. 


Adapun beberapa manfaat kesehatan mengonsumsi daun katuk adalah:


1. Menurunkan kadar gula darah


Manfaat pertama dari daun katuk adalah dapat menurunkan kadar gula darah. Bagi yang mempunyai kadar gula darah tinggi, akan efektif untuk mengonsumsi makanan dari daun katuk. Mengonsumsinya secara rutin dapat menjaga gula darah tetap stabil. Hal tersebut juga akan bermanfaat untuk mencegah resiko mengalami diabetes. Oleh karena itu, bagi yang mempunyai masalah kadar gula darah tinggi, sangat baik untuk mengkonsumsi daun katuk.


2. Mencegah obesitas


Manfaat kedua dari mengkonsumsi daun katuk yaitu dapat mencegah obesitas. Orang yang terkena obesitas atau kelebihan berat badan mempunyai resiko lebih tinggi terkena berbagai gangguan kesehatan dan penyakit. Oleh karena itu, penting nih, buat kita untuk bisa menjaga berat badan tetap normal dan menghindari obesitas. Nah, salah satunya dengan menggunakan daun katuk yang dapat membantu menjaga berat badan. Esktrak dari daun katuk dapat mengurangi pembentukan jaringan lemak. Sehingga hal tersebut akan mencegah obesitas. Selain mengonsumsi daun katuk, kita juga bisa mengonsumsi makanan sehat lain seperti buah dan sayuran.


manfaat daun katuk
beragam manfaat daun katuk untuk kesehatan


3. Mengatasi peradangan


Manfaat selanjutnya dari mengonsumsi daun katuk yaitu dapat mengatasi peradangan. Walaupun tidak terlalu berbahaya dan mengganggu, akan tetapi peradangan yang dialami akan lebih baik jika segera diobati. Peradangan merupakan respon tubuh yang mengalami cedera dan infeksi. Oleh karena itu, perlu segera diobati karena bisa membuat komplikasi penyakit yang lebih berbahaya. Untuk membantu menghilangkan peradangan, kita bisa menggunakan daun katuk yang mempunyai zat antiradang.


4. Meningkatkan produksi ASI


Manfaat dari daun katuk yang paling populer adalah membantu meningkatkan ASI. Hal tersebut karena daun katuk dapat meningkatkan hormon prolaktin dan oksitosin. Keduanya adalah hormon yang bertugas meningkatkan produksi ASI. Selain dengan mengkonsumsi daun katuk secara langsung, kita juga bisa memanfaatkan ekstrak daun katuk seperti produk dari Herbana yang menawarkan cara aman dan efektif meningkatkan produksi ASI. Produk Herbana mempunyai kandungan yang dapat merangsang pembentukan ASI secara alami.

Nah, ini bisa jadi rekomendasi buat yang lagi hamil kaya aku nih, buat persiapan. Jadi selain mengatur pola makan biar tetap cantik dan sehat selama hamil, bumil juga sudah memulai persiapan menyusui calon dede bayi. Tentunya agar nanti kita bisa meng-ASI-hi debay dengan maksimal. 


5. Meningkatkan daya tahan tubuh


Manfaat daun katuk selanjutnya yang perlu diketahui adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Mempunyai daya tubuh yang baik akan membuat tubuh lebih sehat dan mencegah berbagai penyakit. Oleh karena itu, mengonsumsi daun katuk atau ekstrak daun katuk seperti Herbana juga akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Ekstrak daun katuk mempunyai sifat antibakteri dan antijamur yang membantu mencegah terjadinya infeksi dalam tubuh.***



Blog tentang kecantikan, make up, fesyen, mode, dan budaya

21 komentar:

  1. Daun katuk jadi inget zaman masih punya anak bayi, zaman ASI eksklusif. Bagusnya sekarang udah ada dalam bentuk kaplet sih, ga kayak dulu harus bikin sayur...wkwkwk...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ini bisa jadi alternatif buat yang tetep mendapatkan manfaat daun katuk tapi ngga suka sayuran ya.

      Hapus
  2. khasiat daun katuk yang paling terkenal adalah memperlancar ASI
    soalnya Ibuku dulu cerita kalau harus konsumsi daun katuk supaya ASInya lancar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya mba
      Paling kondang emang buat melancarkan ASI.

      Hapus
  3. Jadi ingat abis lahiran dimasakin mertua sayur katuk. Harus dihabisin semangkok besar sendirian, hahaha. Meski nggak terlalu suka tapi karena manfaatnya yang baik untuk pelancar dan memperbanyak ASI tetap saya makan juga ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe...
      Divariasikan cara mengolahnya kali ya, biar lebih friendly di lidah.

      Hapus
  4. wah ternyata daun katuk juga punya banyak manfaat lainnya ya mba
    selama ini aku tahunya yg untuk melancarkan asi saja

    BalasHapus
  5. Daun katuk memang punya banyak manfaat,bukan hanya baik dikonsumsi ibu menyusui juga. Daun katuk enak nih kalau dijadikan tumisan sayur.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, kadang aku juga dibuat campuran otak arik telor atau dimasukin ke nasi goreng gitu sih kalau bosan disayur beningan.

      Hapus
  6. aduh gimana ya biar suka makan daun katuk ini :((
    aku tuh terdoktrin ini nih rumput. jadi mau makan itu geli sendiri kak
    padahal manfaatnya banyak sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada herbana sekarang mba. Praktis, alami, dan tetep bisa dapat manfaat daun katuknya.

      Hapus
  7. Emak yuni nanam katuk di depan rumah. Kadang-kadang, kami memasaknya menjadi tumis. Enak banget. Kadang-kadang juga diminta sama para ibu-ibu menyusui. Ternyata ada banyak manfaatnya.

    BalasHapus
  8. Dulu tahunya cuma buat melancarkan produksi asi doang. Ternyata semakin kesini semakin banyak manfaatnya. Aku kemarin dolan ke desa trus dimasakin daun katuk enakk ternyata. Apalagi ditambah nasi jagung

    BalasHapus
  9. Yang paling ingat di kepala kalau daun katuk tuh bagus banget buat ASI
    Makanya sejak anak pertama tidak pernah lua konsumsi

    BalasHapus
  10. Aku suka banget nih daun katuk apalagi di kasih santen bening rasanya kian manis dan gurih

    BalasHapus
  11. Aku konsumsi daun katuk saat hamil dan menyusui aja. Hehe. Terus pernah juga pas anak udah usia 3 tahu tapi akunya kepingin sayur daun katuk Kebayang segernya itu lhoooo.

    BalasHapus
  12. Aku ketinggalan nih infonya berarti kak. Selama ini cuma tau daun katuk untuk peningkat asi. Karena selama menyusui emang aku suka konsumsi kak..
    Ternyata manfaatnya lebih dari sekedar booster ASI.
    Banyan juga ya manfaatnya.

    BalasHapus
  13. Inget banget dulu-dulu kakakku sering makan sayur bening daun katuk. Ternyata bagus banget untuk produksi ASI ya kak. Di rumahku dulu banyak pohon katuk ini. jadi kalau mau masak tinggal petik aja di depan rumah

    BalasHapus
  14. Daun Katuk disup juga seger ya Mba, dulu aku juga minum pas ngasih ASI

    BalasHapus
  15. aku taunya itu bagus untuk ibu menyusui doang sih, soalnya ibu waktu habis lahiran dulu sering konsumsi daun katuk dibikin sayur bening gitu...

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Ditunggu tanggapan dan komentarnya ya.