26 Mei 2017

Kirim Buku Gratis Ke Seluruh Indonesia, Begini Caranya!

Tags


cara kirim buku gratis


Pada Hari Buku Nasional 17 Mei 2017, Presiden Joko Widodo telah menetapkan tanggal 17 setiap bulan sebagai hari kirim buku bebas biaya satu hari satu bulan. Pengiriman perdana kirim buku gratis dilaksanakan tanggal 20 Mei 2017.

Program ini sempat terhenti pada November 2018 karena adanya masalah pendanaan pemerintah.

Dilansir dari Kompas.com, Manager Public Relation PT POS Indonesia Tita Puspitasari pada tanggal 21 Maret 2019 menyampaikan bahwa program pengiriman buku gratis sudah kembali aktif sejak Maret 2019 lalu.


Seperti yang sudah dijalankan sejak Mei 2017, ketentuan kirim buku gratis ini adalah sebagai berikut:

  1. Layanan : Pos Kilat Khusus dan Paket Pos Biasa Dalam Negeri
  2. Berat per kiriman : maksimum 10 (sepuluh) kg dan dapat mengirim lebih dari 1 kiriman.
  3. Tempat pengeposan : kantor pos di seluruh Indonesia, tidak melibatkan Agenpos.
  4. Pengirim : Aktifis literasi dan donatur buku
  5. Tujuan Kiriman : 1). Aktifis literasi di seluruh Indonesia. 2). Pengelola Taman Baca Masyarakat di seluruh Indonesia.
  6. Waktu pengeposan : setiap tanggal 17 setiap bulan
  7. Ciri kiriman : terdapat tulisan "BERGERAK"

Pembaruan tata cara pengiriman buku gratis sekarang ini sangat berbeda.

Pedoman Pengiriman Buku Gratis 2019


Dengan diaktifkannya kembali pengiriman buku gratis ini, PT POS Indonesia melakukan perubahan jadwal pengiriman buku.

Berikut ini Pedoman Program Pengiriman Buku dalam Pelaksanaan Gerakan Literasi Nasional yang dilampirkan dalam surat edaran Nomor 0009/G/BS/2019, yang diterbitkan melalui posindonesia.co.id.


1. Jenis Buku


Jenis buku yang dikirimkan bukan merupakan buku teks pelajaran. Jenis buku-buku yang bisa dikirimkan antara lain:
  • buku teks penunjang pembelajaran,
  • majalah ilmiah populer,
  • hasil penelitian,
  • karya sastra,
  • majalah terbitan 5 (lima) tahun terakhir,
  • cerita bergambar,
  • ensiklopedia,
  • buku keagamaan,
  • buku panduan keterampilan.

2. Kriteria Buku


Buku yang dikirimkan memenuhi syarat-syarat sebagai berikut:
  • tidak bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila,
  • tidak diskriminatif berdasarkan suku, agama, ras, dan antargolongan,
  • tidak mengandung unsur pornografi,
  • tidak mengandung unsur kekerasan,
  • tidak mengandung ujaran kebencian.

 

3. Penerima Buku


Penerima buku merupakan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) yang sudah terdaftar di aplikasi Donasi Buku daring Kemendikbud. Aplikasi Donasi Buku daring dapat diunduh melalui Playstore Donasi Buku.

Perpustakaan yang dikelola oleh masyarakat dapat menjadi penerima buku setelah mendaftar melalui aplikasi Donasi Buku.


4. Tanggung Jawab


1. Donatur Buku


a. memastikan buku yang dikirim sudah sesuai dengan kriteria yang ditentukan,
b. mengirim buku ke satuan kerja di Kemendikbud terdekat,
c. mengisi formulir yang telah disediakan oleh satuan kerja Kemendikbud yang berisi informasi mengenai:
  • nama donatur,
  • alamat donatur,
  • nomor ponsel,
  • alamat pos-el
  • informasi buku yang akan dikirim, yaitu: judul buku, penerbit, tahun terbit, dan jumlah buku.
d. mengisi surat penyataan retensi.

retensi cara kirim buku gratis
surat pernyataan retensi

2. Satuan Kerja Kemendikbud


Satuan kerja Kemendikbud merupakan pihak yang bertugas dalam penyaluran buku donasi, mulai penerimaan dari donatur, sampai pengiriman ke penerima buku.

Berikut ini Satuan Kerja Kemendikbud yang ditugasi dalam hal pengiriman buku.



satuan kerja cara kirim buku gratis



satuan kerja cara kirim buku gratis

satuan kerja cara kirim buku gratis
Daftar Satuan Kerja Kemendikbud yang mengelola kirim buku gratis


Satuan Kerja Kemendikbud bertanggung jawab:
  1. membentuk dan menetapkan tim seleksi buku,
  2. membuat formulis isian penerimaan buku,
  3. menerima buku dari donatur,
  4. menyeleksi buku-buku yang akan dikirimkan,
  5. mengemas buku yang telah diseleksi,
  6. menyerahkan paket buku kepada PT POS Indonesia dan menerima resi pengiriman.
  7. mengelola administrasi berupa pencatatan buku donasi dan nomor resi,
  8. melaporkan hasil kegiatan seleksi buku kepada koordinator Gerakan Literasi Nasional pada akhir bulan melalui pos-el kirimbuku@kemdikbud.go.id

Pembiayaan

Pembiayaan pengiriman dibayarkan oleh Satuan Kerja yang ditunjuk tersebut di atas melalui belanja barang biasa (sesuai Peraturan Menteri Keuangan nomor 190/PMK.05/2012).
Pertanggungjawaban pembayaran pengiriman buku literasi harus dilengkapi dengan SPTJM (Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak) dari PT POS Indonesia (Persero) setempat setiap bulan.


Mekanisme Pengiriman Buku Gratis


  1. Donatur buku mengisi formulir isian, membuat surat pernyataan, dan menyertakan kelengkapan administrasi lainnya serta menyerahkan buku ke Satuan Kerja Kemendikbud setempat paling lambat tanggal 10 (sepuluh) setiap bulannya. Apabila diserahkan melewati tanggal 10, buku akan dikirim pada bulan berikutnya.
  2. Satuan Kerja Kemendikbud menerima dan menyeleksi buku dari donatur. Buku yang tidak lolos seleksi dapat diambil kembali oleh donatur paling lambat tujuh hari setelah pemberitahuan.
  3. Satuan Kerja Kemendikbud melakukan pengemasan buku yang sudah diseleksi.
  4. PT POS Indonesia (Persero) mengambil paket buku tersebut dari Satuan Kerja Kemendikbud, lalu mengirimkan paket ke alamat yang sudah ditetapkan. Kuota pengiriman buku paling banyak tiap Satuan Kerja adalah 3 kg per paket per alamat per bulan.
  5. PT POS menyerahkan resi pengiriman dan melaporkan hasil pengiriman buku tiap bulan kepada Satuan Kerja Kemendikbud.

Itu dia cara kirim buku gratis ke seluruh Indonesia. Jadi, yuk tetap nyumbang buku-buku layak baca! Tunggu apa lagi! Kan bisa gratis pengiriman bukunya.

Satu buku yang disumbangkan, membuka mata seribu generasi.***

Blog about fashion, beauty, and culture

26 komentar:

  1. Waah programnya bagus banget nih. Jadi mau tanya, kalau buku pelajaran anak2 yang buku sekolahnya bisa juga ga ya? Soalnya masih bagus2 tuh di rumah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selain yang berlogo dinas pendidikan bisa mbak.

      Hapus
  2. Ini pas nih, ada buku cerita bergambar anak ku yang udah ga di baca lagi. Berarti bisa ya mbak Lasmi di sumbangin tp ongkir.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa mbak. Silakan datang ke satuan kerja terdekat dari rumah mba Leha.

      Hapus
  3. Halo mb Lasmi. Mau tanya maksimal per paket itu 10 kg ya..bisa 2x 3 x dst kan misal jd 30kg jd 3x10kg bungkus bukunya? Itu isi form di kantor pos pas mau krm buku atau gmn? Bjku2 yg mau kita kirimkan lgs dicek ya jd kita tunggu dulu? Serius nih mau bebenah buku anak2 tp kelar UNBK dulu hehe thanks yaaa 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertama ke satuan kerja dulu. Form ngisinya di Satuan Kerja, dan buku akan diseleksi dan didata.

      Satu paket maksimal 3kg per hari per alamat tujuan. Mekanisme pengiriman diatur satuan kerja. Jika melebihi kuota akan dikirimkan pada bulan berikutnya.

      Hapus
  4. Bagus nih, gratis. Sehingga kita bisa ikut berdonasi atau menyumbang buku juga

    BalasHapus
  5. Bagus banget ada program kirim buku gratis semacam ini. Bakalan banyak banget yang terbantu ya mbak.. Karena kirim buku apalagi dalam jumlah banyak pasti berat ongkirnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak. Buku kecil saja 1 kg hanya berisi 4 buku. Kalau menyumbang taman baca kan biasanya buku yg dikirim banyak.

      Hapus
  6. Wah Keren nih
    Sering bingung, buku bekas anak anak sekolah mau diapain
    Ternyata ada solusi cerdas
    Mulai ngepack Buku bukunya ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Ambu.
      Silakan didonasikan ke taman baca yang sudah terdaftar ke dalam program donasi buku.

      Hapus
  7. Wah, baru tahu deh ada program ini. Ini berarti berlaku di 17 Maret 2020 ya, Mbak?

    Mulai dari sekarang deh, kumpulin buku-buku yang mau didonasikan. Jelang hari H tinggal dikemas, lalu dibawa ke kantor POS deh di 17 Maret besok. Sudah harus dipikirkan juga nih ya, buku-bukunya mau dikirimkan kemana.

    Paling banyak sih di aku buku anak-anak. Masih bagus-bagus. Isinya saja yang sudah nggak sesuai dengan usia mereka sekarang. Udah pada gede, soale.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sejak 2017.
      Sempat terhenti pada 2018, tapi aktif lagi Maret 2019.

      Hapus
  8. Waauuwww...ini beneran seluruh kantor pos di Indonesia bisa kan ya? Kenapa hal-hal begini kurang sosialisasi ya? Beruntung Mbak Lasmi sharing kita jadi tahu lho!

    Beneran keren ini krn biasanya kita mau kirim2 buku (donasi) berat diongkir. Ini mirip program pengiriman bantuan bencana ke Lombok waktu itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak Hani.
      Seluruh kantor pos bisa.
      Asal sesuai mekanisme.

      Hapus
  9. Wah bagus banget ada program pengiriman buku gratis. Saya baru tahu ini, jadi kalau kita mau mendonasikan buku ke taman baca buku dsj, bisa banget memanfaatkan program ini ya Mbak.

    BalasHapus
  10. Alhamdulillah akhirnya bisa mengirim kembali secara gratis ke TBM ya. Sangat membantu. Saat saya akan mengirimkan tahun lalu, harus bayar sendiri tuk 14 kg.
    Lumayan. Untung bisa pakai yg paket hemat.
    Tapi jika bisa gratis gini kan asyik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sempat terhenti 2018 sampai awal 2019.

      14kg lumayan juga ya :)

      Hapus
  11. Bagus banget ya mba ini program buku gratisnya jadi semoga makin variatif buku-buku di perpustakaan sekolah atau perputakaan daerah.

    BalasHapus
  12. Tiap bulam aku selalu kirim buku lewat layanan ini. Rasanya senang bisa berbagi ke pelosok negeri, karena memang pilihan taman bacaannya sampai pelosok ya. Maju terus Pos Indonesia!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak.
      Wah, pengguna aktif layanan ini ternyata mbak Kartika. Kereen.

      Hapus
  13. Programnya sangat bagus kak, karena kita bisa berbagi ilmu lewat buku ke pelosok negeri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak. Pernah juga kah kirim buku pakai paket ini?

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung. Ditunggu tanggapan dan komentarnya ya.