30 Agustus 2020

Ketahui E-A-T Agar Blog Disukai Google Saat Belajar SEO

Tags

agar blog disukai google



Menulis blog menjadi pilihan saya untuk menyalurkan hobi menulis nonfiksi setelah sebelumnya rutin menulis di Wattpad Lasmicika1911 yang khusus disediakan untuk menulis fiksi. Dua-duanya sangat menyenangkan dan saya suka.

Berbeda dengan menulis di Wattpad yang sudah disediakan template yang sama, menulis blog tak cukup hanya bisa menulis saja. Banyak keterampilan pendukung yang harus dikuasai biar makin keren blognya. Tentu saja, jika diibaratkan, blog itu kan ibarat rumah. Bagus tidaknya rumah tentu saja tergantung pemiliknya. 

Trus menulis di Wattpad itu apa? 
Ngekos kali! Wkwkwk.... 

Nah, bulan Juli lalu saat mengikuti kelas menaikkan DA, saya mendapat banyak sekali materi blogging, salah satunya tentang SEO Onpage. Selain itu apa saja sih materinya?

Secara garis besar, materi di kelas ini ada 4, yaitu:
- Membaca Google Analytic (GA)
- Membaca Google Search Console (GSC) 
- Keyword research
- SEO Onpage

Sebelum materi kelas diberikan, semua peserta dipersilakan mengecek 'kesehatan' blognya dengan menggunakan:
- https://seositecheckup.com/
- https://www.woorank.com/
- https://suite.seotesteronline.com/seo-checker
- https://www.seoptimer.com/

Bisa sih, ngeceknya, tapi nggak ngerti cara membacanya, masalahnya di mana, dan bagimana memperbaikinya. Haha! Itulah gunanya berguru. Untung di kelas ini diampu oleh lima guru. Keempat situs di atas juga bisa mengindikasikan apakah blog kita disukai Google atau tidak.


Pentingnya Belajar SEO


Seperti kata coach Irwin, kelas ini dibuat untuk menaikkan standar blogger di Indonesia agar para blogger naik kelas.

Menurut Coach Irwin, sekarang ini standar dari agency atau perusahaan yang mencari para blogger meningkat. Dulu agency hanya tahu blogger tempat backlink saja.  Sekarang blogger dituntut untuk mendapatkan traffic ke situs mereka.

Lain cerita bagi mereka yang ingin tulisannya dibaca orang. Bukankah senang kalo banyak yang baca tulisan kita? Traffik naik, senengnya bukan main. Karena itu tidak sedikit blogger yang 'mengemis' traffic guna dapat PV yang diinginkan. Sudah blogwalking (BW), share ke social media, tapi tak kunjung dapat traffic yang diinginkan. Absen sehari saja dari BW atau share maka traffic turun. Ada yang mengalaminya? Saya juga begitu, hehe ....

Maka itulah dibuat Kelas Menaikkan DA dan SEO Basic untuk meningkatkan derajat para blogger di Indonesia.

Mengapa SEO? Sebab SEO itulah cara untuk mendapatkan traffic jangka panjang meski butuh waktu yang tidak sebentar. Kalau mau cara sebentar atau instan, ada caranya yaitu SEM (Search engine Marketing).


Macam-macam jenis SEO


SEO dibagi 3 Macam

White = Cara yang murni yang tidak dicampur dengan cara tipu-tipu atau rekayasa algoritma Google.
Black = Cara cepat untuk bisa menduduki posisi page one, tapi cepat hilang juga. Sayangnya tidak hanya link postingan saja yang hilang, tapi bahkan seluruh artikel bisa hilang kalau sampai diketahui Google.
Grey = cara ini penggabungan antara keduanya.

Intinya, SEO itu sebenarnya musuhnya Google. Semacam benci tapi rindu. Hehe ....


Algoritma Google Vs SEO


Jika membahas SEO, kita harus update tentang algoritma yang ada di Google. Ada banyak algoritma Google, tapi yang banyak dijadikan acuan untuk para content writer seperti Blogger adalah algoritma E-A-T.

Apa itu Algoritma EAT?


Expertise / Keahlian


Saat ini Google lebih menyukai artikel yang dibuat oleh penulis yang ahli dibidangnya. Contohnya pada kesehatan ada kaya halodoc, alodokter, Sehatq, dan masih banyak lagi.  Jika mereka menulis tentang kesehatan pasti lebih mudah menempati peringkat page one, karena Google percaya bahwa yang menulis itu ahli di bidangnya. Tulisan dari blog yang memang ahli di bidangnya, lebih disukai Google.

Cara Google mengetahui situs / blog tersebut Expertise


Google menyukai web dan bog yang mempunyai niche. Jadi mulai sekarang tentukan niche blog kita mau ke arah mana. Jangan seperti blog Lasmicika ini. Ngakunya blog beauty and fashion, tapi isinya gado-gado.

Cara agar suatu blog tetap relevan dengan niche utama meski berisi beberapa topik


Niche adalah sesuatu yang dipahami oleh penulis blog. Jika paham masalah keuangan, bahaslah tentang keuangan. Begitu pula tulisan dalam blog. Tulis apa yang kita ahli membahas hal tersebut, termasuk untuk tulisan komersil seperti sponsor post (SP) dan content placement (CP).

Ada beberapa cara agar blog tetap relevan meski berisi beberapa topik dalam satu blog.
  1. siapkan kategori khusus, pisahkan masing-masing topik dengan label,
  2. tulis sendiri agar tetap relevan dan bisa dikaitkan dalam internal link antara satu artikel dengan artikel lainnya,
  3. bikin disclaimer dlm postingan bila perlu.
Tiga cara di atas bisa diterapkan supaya konten kita tetap terjaga, sekaligus jalan tengah antara penulis, pembaca, dan klien. Cara ini juga rupanya disukai Google.


Authoritativeness / Keabsahan


Authoritativeness yang bermakna otoritas adalah orang atau web / blog yang valid, akurat, konten terpercaya, dan dapat diandalkan.

Tahu tidak, Google sangat ingin mengetahui informasi mengenai pemilik blog loh, untuk mengetahui siapa sih yang menulis artikel ini. Google ingin memberikan pengalaman terbaik bagi penggunanya. Makanya Google akan memastikan bahwa penulis benar-benar menguasai apa yang ditulis oleh pemilik blog.

Nah, Salah satu cara agar Google mengetahui keabsahan atau otoritas blog adalah dengan membuat halaman ABOUT yang meyakinkan. Terlihat sepele, tapi cukup worth it.

Halaman About berisi info tentang penulis blog. Tuliskan semua tentang diri penulis dan cantumkan seluruh sosial media. Makin lengkap makin bagus dan disukai Google.

Pastikan isi media sosial penulis juga berisi tentang topik yang sesuai niche ya. Kaya penulis blog Lasmicika ini, sosial medianya isinya make up dan pakaian melulu. Wkwkk.... 


Trustworthiness / Kepercayaan


Blog kita harus memiliki indicator kepercayaan, salah satunya dengan menerapkan SSL (HTTPS). Bagi temen-temen yang belum mengaktifkan HTTPS segera mengaktifkannya guna masa depan blog yang lebih baik dan pasti lebih disukai Google. Pasti nggak mau dong, kalau blog Lasmicika ini dikunjungi terus ada tulisan: Situs tidak terpercaya. Kembali ketempat sebelumnya. Hahah!


Ingin tahu lebih banyak tentang EAT bisa baca baca dibawah ini:

https://webmasters.googleblog.com/2019/08/core-updates.html
https://www.mariehaynes.com/E-A-T/
http://www.thesempost.com/google-updates-quality-rater-guidelines/
https://www.pathinteractive.com/wp-content/uploads/docs/Lily_Ray_-Leveraging_E-A-T_for_SEO_Success-_Brighton_SEO-_compressed.pdf
https://www.gsqi.com/marketing-blog/google-core-ranking-updates-user-studies/
https://ipullrank.com/why-e-a-t-core-updates-will-change-your-content-approach/



Agar Blog Disukai Google


Agar blog kita disayang Google, ada beberapa hal yang perlu kita lakukan.

1. Perhatikan Konten


Kualitas konten itu nomor satu. Ingat, konten is king, Konten yang berkualitas pasti akan disayang dan disukai Google.

Jika ingin konten yang berkualitas maka isi konten kita harus mengandung informasi yang dibutuhkan pengunjung. Jika tidak, maka pengunjung akan langsung pergi begitu mereka tidak menemukan apa yang mereka cari dan bounce rate (BR) tinggi. Jangan lupa tambahkan foto, gambar infografis, atau video sebagai pendukung terbaik dari sebuah artikel yang kita tulis.

2. Pilih Judul yang Tepat


Tidak perlu bikin judul yang aneh-aneh, langsung saja kepada intinya. Saat ini judul click bait hanya bisa menang di sosmed dan grup WA keluarga saja. Mulai sekarang, yuk, berlatih membuat judul yang menjual namun tetap mengikuti kaidah SEO. 

3. Cari Tahu Apa Maunya Google


Sama seperti manusia, ketika suka terhadap lawan jenis pasti akan kepoin apa yang dia suka. Begitu juga kalau kita mau disukai Google kita harus tahu apa yang diinginkan.

Google adalah mesin pencari informasi terbaik saat ini, tentunya ingin memberikan yang terbaik untuk para konsumennya. Google pasti memberikan informasi yang relevan dengan apa yang konsumen butuhkan. Karenanya penulis blog harus menyediakan informasi yang berbobot tinggi untuk memenangi persaingan.

Ada beberapa pertanyaan yang sampai saat ini masih belum terjawab oleh database Google.
Kita bisa mencari tema apa yang mau kita tulis dan kita bahas yang belum pernah dibahas oleh blog manapun.


Itu dia materi dasar SEO dan hubungannya dengan algoritma Google. Gara-gara materi ini sekarang job placement yang tak berkaitan dengan make up, fashion, dan budaya, akan saya edit agar tetap relevan dengan isi utama blog Lasmicika ini. Pastinya juga agar blog Lasmicika ini makin disukai Google.

Nggak nyambung ya disambung-sambungin aja. Selalu ada cara untuk kita bersatu kan?
Ehehe! Kalau kamu?***


Blog tentang kecantikan, make up, fesyen dan mode, dan budaya

15 komentar:

  1. Ternyata, mau Google tiap saat berganti-ganti ya. Tiap update algoritma, mau Google berubah. Hehe..

    Sebagai blogger, kita mah nurut aja maunya Google apa. Klo membandingkan teknis SEO beberapa tahun lalu dengan yang sekarang, memang selalu menuntut kita agar update dan menyesuaikan. Tetap semangat belajar.

    BalasHapus
  2. Selama ini aku paling ga nyambung kalau diajarin SEO. Tpbaca ini jd bs ngerti. Makasi ya 😁

    BalasHapus
  3. Warning "Situs tidak terpercaya. Kembali ketempat sebelumnya" ini masih lumayan sering saya terima kalau pas BW ke teman-teman blogger. Sayang aja kalau nggak diaktifkan https-nya jadi bisa mengurangi minat orang untuk berkunjung.

    BalasHapus
  4. Selalu salut dengan teman-teman blogger yang rajin-rajin banget ikutan kelas.
    Kalau saya sepertinya belom pernah sama sekali nih ikutan kelas blogger, semuanya otodidak hahaha.

    Pengen juga ikutan sebenarnya, tapi terkendala waktu banget.
    Padahal ilmunya mantul-mantul ya.
    Saya jadi bikin blog baru dengan niche khusus nih, mau liat seberapa baik si google terhadap blog dengan 1 niche :D

    BalasHapus
  5. Mantap sayyyy ini aq juga lagi menyelami nih ^^ smoga aku bisa sampai akhir doakan ya mbaa hehe

    BalasHapus
  6. Ilmu daging banget nih Mba
    Mantab djiwaaa
    Aku mau coba aplikasikan d blogku juga
    Makasiii Mbaaa

    BalasHapus
  7. kebetulan saya juga sedang belajar SEO dari mas Ardan (komunitas ISB) nih

    Benar-benar ilmu baru untuk saya dan excited banget

    BalasHapus
  8. Saya masih belum terlalu paham masalah seo, sepertinya ribet banget, bacanya saja sudah pusing.

    Tapi memang jika menguasai SEO maka pengunjung akan datang sendiri dari google, visitor naik. Tapi sayangnya kebanyakan orang cuma baca saja tapi tidak meninggalkan komentar, padahal kalo dikasih komen tambah semangat ya.

    BalasHapus
  9. Wah mantap ini, tulisan ini juga bisa membantu para blogger belajar ttg seo ya mbak.
    Krn seo itu perlu buat blogging

    BalasHapus
  10. wah ilmu baru nih. keren banget. terima kasih infromasinya, Kak.

    BalasHapus
  11. Setuju banget sama mba lasmi, perlu banget berguru untuk memperlajari sesuatu. . Karna terkadang kita bisa aja ngebaca dan ngecek, tapi bingung harus ngelakuin apa.

    BalasHapus
  12. Makasih sharingnya kak..jadi belajar lagi deh sayanya ini gimana bikin tulisan ya baik biar disukai google :)

    BalasHapus
  13. EAT. Mudah diingat, nih, akronimnya. Makasih ya.
    Iya nih, blog gado-gado itu trust-nya sulit naik di mata google. Ajek saja di angka yang sama.

    BalasHapus
  14. Makasih sharingnya mba, singkat tapi mengena banget terutama tentang link link yang bisa digunakan untuk optimasi SEO ini

    BalasHapus
  15. Ahh rangkuman yang enak dibaca, nih. Makasih sharing ilmunya, Mbak.
    Btw blog ini kok masih "not secure" ya Mbak meski sudah "https"?
    Coba disetting ulang kalau mau secure :)

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Ditunggu tanggapan dan komentarnya ya.