16 Januari 2020

Tak Bisa Jauh dari Bunga, Untung Ada Flower Advisor!

Tags

Saya adalah salah satu penggemar bunga. Bisa dibilang, hidup saya tak bisa lepas dari bunga. Dari aktifitas keseharian hingga pekerjaan pun saya selalu melibatkan bunga. Tak bisa jauh deh dari bunga. Ibaratnya saya cari makan juga dari bunga. Haha!

Bukan, saya bukan penjual bunga tapi jenis usaha yang saya geluti sangat lekat dengan bunga.

Yess, sebagai pemilik usaha Wedding Organizer (WO) di bawah bendera Rumah Tsabita di kota kecil tempat saya tinggal, saya mengatur urusan dari hulu ke hilir segala tetek bengek persiapan acara pernikahan klien.

Perbedaan WO di kota kecil dengan kota besar adalah WO di kota kecil biasanya memiliki tim dekorasi sendiri alih-alih ber-patner dengan vendor dekorasi seperti di kota besar. Ada keuntungannya juga hal ini. Selain bidang usaha makin luas dan bisa merekrut lebih banyak tenaga kerja, WO kami juga dapat menyesuaikan selera klien berdasarkan budget karena tim dekorasi dikelola sendiri.

Begitu pula dengan kebutuhan bunga untuk dekorasi, kami bisa memiliki kebebasan pilihan secara mandiri, yang tentu saja bisa disesuaikan dengan permintaan klien.

Kenapa sih, harus ada bunga di pesta pernikahan?

Menurut saya bunga tidak sekedar 'benda' yang indah. Lebih dari itu, makna yang terkandung di dalamnya amatlah dalam. Bahkan ada pepatah "katakan cinta dengan bunga".

Itu bukan hal yang berlebihan. Bunga memang mampu mewakili berjuta kata dan ribuan kalimat. Bunga juga mewakili rasa bahagia, yang kemudian dibahasakan menjadi 'perasaan yang berbunga-bunga'

Nah, sebab pernikahan ibarat pintu gerbang menuju sebuah kehidupan yang penuh keindahan, maka dalam pesta pernikahan pun keberadaan bunga hampir tak dapat dipisahkan. Apalagi sekarang ini memesan bunga semudah sentuhan jari. Pembeli dan penjual bisa terhubung secara online 24 jam! Selain itu, pengirimannya pun mudah dan cepat. Toko bunga Jakarta selalu memberikan pelayanan terbaik bagi pemesan. Salah satunya adalah Flower Advisor.


Beberapa contoh manfaat bunga dalam sebuah acara pernikahan


1. Bunga untuk dekorasi pelaminan


Yang pertama dan utama penggunaan bunga dalam sebuah perhelatan pernikahan adalah dekorasi pelaminan. Dekorasi pelaminan ibarat wajah pesta. Jika wajahnya cantik, seolah yang lain termaafkan jika pun ada kekurangan. Ehehe!

Dari berbagai tema dekorasi, selalu ada unsur bunga di dalamnya. Dari tema klasik, modern, minimalis, bahkan rustik, semua menggunakan bunga. Dekorasi akan terkesan 'sepi' tanpa bunga.

Selain menambah semarak dan kesan wah, bunga-bunga segar juga membuat sekitar pelaminan harum semerbak. Aroma dari bunga ini dapat membuat kedua mempelai menjadi relaks lho! Bayangkan saja, mereka akan duduk (dan atau berdiri) di pelaminan sepanjang hari. Dari pagi, siang, hingga malam hari. Nah, wewangian segar bunga menjadi semacam aroma terapi yang menenangkan!


contoh bunga untuk dekorasi pelaminan
Yess Please dari Flower Advisor

Dekorasi pelaminan banyak didominasi oleh bunga krisan atau bunga seruni. Bunga krisan memiliki ragam warna yang sangat bervariasi. Hal ini membuat tim dekorasi bisa makin bebas mengeksplor imajinasi dan kreasinya dalam merangkai bunga sesuai tema.

Bunga krisan sendiri memiliki filosofi persahatan yang indah. Bukankah sebuah pernikahan merupakan ikatan persahabatan paling indah, paling tulus, dan bahkan paling tinggi nilainya di mata Tuhan?

Selain krisan, bunga yang sering digunakan sebagai dekorasi pelaminan adalah bunga aster atau daisy. Bunga aster juga mempunyai warna yang beragam. Bunga ini menyimbolkan kesucian atau kepolosan, keindahan, kemurnian dan juga kesetiaan cinta. Cocok sekali ya dengan makna pernikahan. Saling setia dalam cinta. Aishh... baper!

dekorasi pelaminan dengan bunga
Dekorasi pelaminan selalu menggunakan bunga

2. Dekorasi kamar pengantin


Nah, ini juga sangat penting. Namanya juga pengantin yang baru menikah, ya kan. Usai mengucap akad nikah, kedua mempelai harus menemui tamu-tamu yang datang mengucapkan selamat atas kebahagiaan mereka. Ya senang, ya terharu, tapi juga... yess, capek! Pastinya.

Tahu sendiri kan, masa iya pengantin menemui tamu dengan wajah cemberut. Meski lelahnya luar biasa, kedua pengantin tetap harus tersenyum sepanjang hari.

Nah, begitu pesta dan acara melelahkan itu usai, kedua pengantin membutuhkan tempat nyaman untuk beristirahat. Apalagi jika bukan kamar pengantin yang wangi, indah, dan segar. Lelah penat seharian langsung lenyap seketika! Waah, hidup bagai di syurga. Apalagi ditemani bidadari cantik atau bidadara tampan yang sudah halal. Hemm...

Ada Sugar and Sweet yang berisi bunga White Lily dan Pink Rose yang sangat cocok untuk ditempatkan dalam kamar pengantin. Bunga mawar alias rose memang abadi. Tak ada kata basi. Selain warnannya yang lembut, wanginya juga sangat menenangkan.


contoh bunga untuk kamar pengantin
Sugar and Sweet dari Flower Advisor,
 sangat cantik sebagai pelengkap kamar pengantin

 

3. Foto prewedding


Kenapa foto prewedding berada di nomor tiga ya, padahal foto prewedding dilakukan sebelum pesta pernikahan. Hihi...

Saya masukkan ke dalam daftar nomor tiga, karena tren foto prewedding sekarang lebih menyukai tema alam tanpa banyak pernak pernik seperti bunga. Meski begitu, masih banyak pula penggemar foto prewedding yang memerlukan properti berupa bunga.

Bunga memang tak ada matinya. Foto-foto indah hasil jepretan fotografer akan makin 'wow' dengan sentuhan bunga sebagai pelengkap.

prewedding outdoor dengan bunga
foto prawedding menggunakan properti bunga

Ada rangkaian bunga Love From Barbara yang cocok untuk pelengkap foto prewedding indoor maupun outdoor. Ada bunga Lili, Aster putih, dan statice atau limonium yang sangat eksotis. Bunga lili sendiri melambangkan persahabatan dan cinta yang erat. Meski badai datang menerjang dan penuh lika-liku, jalinan cinta akan tetap abadi sampai akhir hayat. Aamiin.

contoh bunga untuk prewedding
Love from Barbara

4. Hantaran


Hantaran merupakan istilah yang banyak digunakan untuk mendeskripsikan barang bawaan yang dijadikan hadiah dari keluarga pengantin putra kepada keluarga pengantin putri.

Ada pula yang menyebutnya seserahan. Isinya bermacam-macam sesuai tradisi masing-masing daerah. Ada yang berupa perhiasan, pakaian, kosmetik, buku-buku, tas, sepatu, sampai parcel makanan dan buah-buahan.

Sekarang ini sudah menjadi tren bagi pasangan milenial untuk menambahkan bunga sebagai salah satu hantaran yang dibawa saat melamar. Hantaran bunga dibawa manakala baru melamar saat acara pertunangan maupun ketika keluarga pengantin putra datang hendak melangsungkan akad nikah di hari pernikahan.

contoh jenis bunga hantaran lily
Stunning Lily and Iris Bouquet dari Flower Advisor,
cantik untuk hadiah calon besan


Rangkaian bunga bertajuk Stunning Lily and Iris Bouquet cocok untuk disertakan dalam hantaran. Ada lili kuning yang ceria , serta bunga iris berwarna biru ungu yang eksotis. Bunga Iris sendiri melambangkan asmara lho! Wah!

5. Bunga tangan


Nah, ini juga bagian tak terpisahkan dari rangkaian acara spesial di hari pernikahan. Tak lengkap rasanya keanggunan pengantin putri tanpa adanya bunga tangan.

Bunga tangan ini menyesuaikan tema acara ya. Begitu juga pemilihan warna, biasanya diserasikan dengan gaun pengantin yang dikenakan mempelai putri.

 
buke bunga tangan dari mawar
Wrap of Love dari Flower Advisor,
cocok untuk bunga tangan pengantin

 

6. Karangan bunga


Karangan bunga sebagai tanda ucapan selamat biasanya dibuat dan dikirimkan oleh instansi tempat kedua mempelai bekerja. Selain itu karangan bunga juga dikirim dari rekan kerja, kenalan, relasi, kerabat jauh maupun dekat. Kalau dari mantan yang tak bisa hadir, yaa... bisa juga! Haha!

Karangan bunga biasanya diletakkan di depan gedung tempat acara pesta pernikahan diadakan. Jika pesta diadakan di rumah, biasanya karangan bunga diletakkan di depan pintu masuk menuju tenda.

Itu dia penggunaan bunga yang tak bisa dipisahkan dalam acara pernikahan. Bunga-bunga segar ini bisa didapatkan di Toko Bunga online dengan harga bersaing serta kualitas premium. Buat kalian yang lagi merancang konsep pernikahan nanti, silakan konsultasikan tema dan bunga apa yang cocok dengan wedding organizer kalian ya agar semakin puas.

***

backdrop bunga hias
dapat salam dari pecinta bunga :)

foto: dok. pribadi,
https://www.floweradvisor.co.id/
referensi tulisan: wikipedia

Blog tentang kecantikan, make up, fesyen, mode, dan budaya

73 komentar:

  1. Tambah wawasan tentang bunga nih jadinya. Tks mbak. Informatif sekali artikelnya.

    BalasHapus
  2. As always. Bahasanya ngalirrrr banget. Sukak deh 😘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai bahasa hati aja mak, lebih ngena, eheheh

      Hapus
  3. karena memang nggak jauh2 dari bunga ya, jadi memang fokusnya ka daerah bunga2 hahaha, kalo bunga bank dibahas nggak ya ? wkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bunga bank paling demen padahal. Maunya langsung dapat bunganya, nabungnya jarang, wkwk...

      Hapus
  4. Aku suka bunga, bentuknya serta wanginya 💖 bisa bkn mood booster.

    BalasHapus
  5. Bunga memang apik dan bener2 pas dipakai buat dekorasi. Mau sederhana atay mewah, kalau ada bunganya, terlihat elegan dan manis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak.
      Selain segar dan indah, juga wangi.

      Hapus
  6. Bunga memang paling pas buat dekorasi. Kalau ada unsur bunganya, dekorasi jadi kelihatan segar dan manis

    BalasHapus
  7. Jadi untuk dekorasi pakai bunga bunga segar ya...ah bunga emang lambang dari segala keindahan.
    Keindahan akam cinta, akan kasih sayang, ketulusan. Pokoknya bs jadi lambang sebuah perasaan dan juga ke sakralan.

    Dan kini semua bs dg mudah didapat karena membeli bunga bs dengan hanya tiduran

    BalasHapus
    Balasan
    1. (((Membeli bunga bisa dengan hanya tiduran)))

      That's the point.
      Mudah dan cepat

      Hapus
    2. G abutuh lagi merpati buat sampein pesan tapi Flower advisor ya buat sampein cintamu padanya atau cintanya padamu, hahahha

      Hapus
  8. Saya juga termasuk pecinta bunga
    Eh kini bunganya dipeti orang
    Ya hanya bisa pasrah saja
    Bunga memang manfaatnya banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salah sendiri bunganya disia-siakan. Kesian kan dia.
      Tau nggak, dia tiap hari ngomong sendiri, nyaut sendiri, semangatin diri sendiri, sambat sendiri....

      Eh, maaf ngelantur.

      Hapus
    2. iya kadang bunga memang seperti itu

      Hapus
  9. Pekerjaan nggak jauh dari bunga, bisa ketularan wangi nih mbak. Suka deh liat rangkaian bunganya ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wangi juga saya. Wangi parfum tapi.
      Hehe... parfum dukun manten kan lain wangi nya. Wkwk...

      Hapus
  10. Saya suka deh kalau ke resepsi pernikahan banyak dekorasi bunga asli. Kelihatan seger banget, ya

    BalasHapus
  11. Saya juga penggemar bunga.
    Dekorasi pengantin selalu bertebaran dengan bunga segar ya, salut sama yang ngedekor.
    Sekarang semakin dimudahkan dalam mencari bunga yg sesuai melalui Flower Advisor ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak.
      Tukang dekor saya laki-laki semua, seleranya bagus banget dalam merangkai bunga.

      Hapus
  12. Say it with flowers tuh benar adanya ya?
    Ngga kebayang pesta tanpa bunga walau sekedar bunga imitasi

    BalasHapus
  13. Aneka bunga dan warna bisa sebagai media perasaan kita. Mau sukacita atau dukacita. Untung ada FlowerAdvisor, pilihannya banyak banget...

    BalasHapus
  14. Bunga bahasa cinta universal. Seribu makna bisa hadir bersama bunga. Pas banget deh beli bunganya di FlowerAdvisor.

    BalasHapus
  15. Jadi tulisan tentang WOnya udah belum Mbak? Saya tu tertarik dari dulu, pengen punya usaha WO, tetapi belum kesampaian. Di Surabaya ini semoga bisa terwujud.

    BalasHapus
  16. Saya seneng banget kalau nemu bunga aneka warna.
    Di dekat rumah saya ada gedung yang biasa di pakai untuk resepsi pernikahan. Kalau malamnya ada acara, pasti paginya bakal banyak sekali bunga dibuang di halaman gedung itu. Sayang banget sebenarnya. Jadi kalau minggu pagi, saat jalan-jalan sama anak-anak, saya pasti mampir ke situ, memunguti bunga2 yang sudah dibuang itu. Sayang, soalnya masih seger-seger. Lumayanlah buat menghias ruang tamu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, biasanya awet sampai 3 hari masih segar. Apalagi pakai oase.

      Hapus
  17. Saya penasaran berkunjung ke rumahnya. Pasti tamannya dipenuhi bunga. Segar, adem.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau rumah saya malah tak punya halaman, langsung jalan gang. Jadi tanam bunganya di balkon atas dan di teras aja, meski sempit.

      Hapus
  18. wah sehari-hari mbak warna warni , cantik dan bau harum bunga ya. Seneng banget.
    Apalagi bunga untuk wedding itu loh, harumnya sedep bangeet sampai menembus kalbu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak.
      Wangi sampai ke tulang-tulang pokoknya.

      Hehe...

      Hapus
  19. Saya pun penyuka bunga... seger lihatnya... apalagi yang warna warni.. Keren ya flower advisor ini.. kita jadi lebih ngerti makna tiap bunga/buket...

    BalasHapus
  20. Bunga memang identik dengan wanita meski tidak semua wanita menyukai bunga.😄😄


    Terlebih kata romantis juga akan menarik dengan bahasa bunga, Meski saya sendiri tidak tahu bahasa bunga seperti apa.😄😄

    Saya cuma tahu bunga bank doang mbak.😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah yang terakhir itu bunga paling disukai semua orang mas :)

      Hapus
  21. Aku juga suka bunga Kak, malah di kantor, di mejaku, aku suka kasih bunga mawar 1 tangkai dan selalu berganti-ganti. Entah kenapa suka aja. Serasa keren dan pemberani sekali kalau ada bunganya.

    BalasHapus
  22. mumpung lagi cari bunga buat anniv nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aiiii...
      Aniv istri tercinta dikasih bunga. Romantis banget. Pasti istrinya langsung meleleh.

      Hapus
  23. jaman semakin maju, orag yang berjuaalan pun harus bsa memenuhi kebutuhan konsumen scra nyata. dan flower advisor bergerak di bidang ny dgn sangat baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul. Jemput bola dengan cara cantik.

      Hapus
    2. bener mba, jadi jangan capek untuk menjemput pujaan hati juga nih salah satunya hehe

      Hapus
    3. Nah cocok ini untuk para jomblo

      Hapus
  24. Dengan adanya platform ini jadi lebih mudah ya kalau mau mencari bunga atau apa gitu.. Zaman sekarang udah canggih banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh gimana nih sudah pengumuman pemenangnya juga ya

      Hapus
    2. Iya. Pemenangnya cowok semua lagi. Apa itu bukti para cowok juga penyuka bunga?

      ^,^

      Hapus
  25. Dekorasi kamar pengantin, aduh jadi betah.
    Tak ingin keluar kamar, kecuali jika lapar melanda
    Inginnya bulan madu sebanyak-banyaknya

    BalasHapus
  26. Masi ada yang kurang mbak: Bunga Deposito....

    BalasHapus
  27. Duuuh kenapa aku malah jd bayangin menikah setelah liat foto di atas. Wkwkwk
    Keren sih ini flower advisor

    BalasHapus
  28. Saya suka banget sama bunga, tapi nggak jago merangkai. Dengan adanya flower advisor ini acara rangkai-rangkai bunga jadi mudah ya, Mbak.

    BalasHapus
  29. Banyak sekali ya kegunaan dari bunga, bisa buat pre wedding, hantaran pernikahan, dekorasi pelaminan, dan kamar pengantin.😃😃😃

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa juga untuk merayu cewek, apalagi sambil bawa coklat pas Valentine ya.😃

      Hapus
  30. Bunga memang bisa membuat kita menyatu dengan alam yang penuh kesejukan dan keharuman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju. Karena sejatinya bunga adalah bagian kecil dari alam.

      Hapus
  31. Jadi ingat ungkapan "katakanlah dengan bunga - deposito" :D

    BalasHapus
  32. Bunga emang selalu ada, ya. Di saat suasana senang atau sedih

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Ditunggu tanggapan dan komentarnya ya.