25 September 2020

Minum Indomilk Susu Bubuk, Maksimalkan Anak Tumbuh Tinggi, Tangguh, dan Tanggap

Tags

indomilk susu bubuk

Siapa sih, yang tidak bangga memiliki anak yang tumbuh tinggi, tangguh, tanggap, sehat, dan cerdas? Semua orang tua pasti akan sangat bahagia dong, pastinya. Anak tumbuh tinggi, tangguh, tanggap, sehat, dan cerdas tidak bisa terwujud sendiri loh ya, ada faktor dari dalam dan dari luar yang bisa mendukung.

Sedikit cerita nih, bulan Pebruari lalu, sebelum pandemi covid-19 dan sebelum dilaksanakan pembelajaran jarak jauh, Si Bujang mengikuti Lomba Pesta Siaga Pramuka. Peserta Pesta Siaga adalah anggota pramuka yang belum berumur sebelas tahun. Peserta yang terpilih sebagian besar anak dari kelas 4 dan kelas 5. Rupanya, beberapa anak yang menonjol di kelas 3, dipilih untuk menjadi peserta cadangan, termasuk si Bujang.

Saat itu sepulang sekolah, dengan riang gembira si Bujang memberitahukan bahwa dia terpilih sebagai salah satu peserta Pesta Siaga. Nampak sekali kalau si Bujang begitu bersemangat. Saya pun tak kalah bersemangat menyambut baik berita itu. Beberapa persiapan kami rancang bersama-sama selama masa persiapan jelang pelaksanaan Pesta Siaga.

Nah, dalam perlombaan apapun, tentunya peserta ditargetkan untuk mendapatkan nilai yang tinggi dan menjadi pemenang. Berlatih dengan giat, tentu menjadi satu keharusan jika ingin mencapai target tersebut.

Minggu pertama, semua berjalan lancar. Minggu kedua berlatih, semangat si Bujang agak mengendur ketika teman satu kelasnya banyak yang mengundurkan diri karena menjadi peserta cadangan. Rupanya, menjadi peserta cadangan bukan posisi yang keren menurut mereka. Saya pun mencoba berbicara, apakah ia akan mengundurkan diri saja seperti teman-teman satu kelasnya, atau akan tetap maju meski 'hanya' menjadi peserta cadangan. Si Bujang bilang, dia ingin tetap mengikuti Pesta Siaga itu, tapi tidak ada kawan saat berangkat dan pulang latihan. Menurut temannya, tidak berlatih pun tidak apa-apa karena hanya peserta cadangan.

Saya beri gambaran pada si Bujang, bahwa menjadi peserta cadangan itu sama penting dengan peserta inti. Peserta cadangan harus sama pintar dengan peserta inti, agar ketika sewaktu-waktu ditugaskan menggantikan peserta inti, ia sudah siap. Menjadi Pramuka harus tinggi semangatnya, tangguh, dan juga tanggap.

"Kamu pernah lihat mobil jeep yang ada ban cadangan menempel di belakang? Apa jadinya jika ban cadangan yang dibawa itu rusak, bocor, dan kempes? Jika tiba-tiba ban mobil meledak di jalan, sedangkan ban cadangannya rusak, apa yang akan terjadi? Mobil tidak bisa jalan meski membawa ban cadangan. Karena itu, peserta cadangan juga harus sama bagus dengan peserta inti. Nggak usah dipikirkan apakah menjadi cadangan atau tim inti, pokoknya latihan yang giat, agar nanti bisa mengikuti semua perlombaan. Kalau kamu berlatih, pintarnya juga buat kamu sendiri, bukan buat Pak Guru atau teman yang lain. Oke? " begitu yang saya katakan pada Si Bujang. Mendengar itu, si Bujang bersemangat lagi untuk berangkat latihan.


Baca juga: Khitan di Masa Pandemi Corona, Mungkinkah?


Pekan ketiga si Bujang berlatih di sekolah untuk perlombaan pesta siaga, ia kembali down. Teman-temannya dari kelas 4 dan 5 yang notabene lebih besar, sudah menguasai permainan tradisional yang akan dilombakan dalam pesta siaga tahun ini, yaitu permainan egrang. Egrang adalah permainan tradisional yang dimainkan dengan menaiki dua buah batang bambu lalu berjalan secara seimbang. Si Bujang sama sekali belum bisa. Setiap sore sepulang sekolah, ia bersemangat sekali belajar egrang. Namun, keesokan harinya ia kembali down dan merasa tidak akan sanggup mengejar ketertinggalan teman-teman peserta lain.

Melihat wajahnya yang putus asa, saya pun terenyuh. Saya ajak si Bujang bicara empat mata. Saya katakan sama dia, "Nggak apa-apa kok kalau kamu nggak jadi ikut Pesta Siaga tahun ini. Kan masih ada tahun depan."

Apa jawab si Bujang? "Aku pengin ikut, tapi nggak mau main egrangnya. Kalau aku nggak ikut, takut Pak Guru marah," jawabnya dengan emosi campur aduk menahan tangis.

Saya kemudian bilang, "Nanti Ummi yang ngomong sama Pak Guru, ikutnya tahun depan karena masih kelas 3. Pak Guru nggak bakal marah. Sekarang, kamu latihan egrang buat senang-senang aja. Bisa egrang itu seru loh! Bisa kelihatan tinggiiii kaya badut di karnaval. Eh, nggak bisa egrang juga nggak apa-apa sih, tapi kalau pengin bisa, kita latihan lagi. Setuju?"

Si Bujang tampak lega. Sore itu ia bersemangat belajar egrang tanpa beban. Jatuh, bangun lagi, belajar lagi. Tawanya meledak setiap kali terjatuh dan bangun. Ia belajar dengan hati ringan, dan menikmati permainan egrang sebagai kesenangan saja. Dua hari kemudian, si Bujang sudah bisa berjalan dengan egrang seperti teman-temannya yang lain.

Pagi hari setelah tiga hari absen sebagai peserta pramuka pesta siaga, tiba-tiba si Bujang bilang, "Mi, aku mau ikut Pesta Siaga aja. Nanti aku pulang sore latihan dulu."


indomilk susu bubuk
Indomilk susu bubuk bantu anak tumbuh tinggi, tangguh, tanggap



Agar Anak Tumbuh Tinggi, Tangguh, dan Tanggap



Meski sebagian orang menganggap perlombaan yang diwajibkan oleh sekolah tidak mendukung eksplorasi minat dan bakat anak, tapi masih banyak pula manfaat yang bisa diperolah. Di antaranya:

1. Anak lebih banyak bergerak sehingga cepat tinggi


Di masa sekarang, aktifitas fisik anak makin jauh berkurang. Maraknya game online, membuat anak makin malas bergerak. Dengan adanya lomba seperti Pesta Siaga ini, anak menjadi lebih bergerak aktif. Permainan tradisional seperti egrang yang mengharuskan anak bergerak, membuat anak cepat tumbuh tinggi.


2. Membentuk mental tangguh


Ketika mengikuti lomba, anak dapat belajar arti perjuangan. Jika ingin mencapai tujuan dan mewujudkan harapan, maka seseorang harus tangguh dan pantang menyerah. Meski awalnya gagal, dengan berlatih terus menerus maka keberhasilan akan bisa diraih.


3. Melatih anak untuk tanggap


Dalam perlombaan berkelompok, anak berlatih untuk selalu tanggap terhadap instruksi pembina dan juga tanggap terhadap teman-teman. menjadi bagian dari tim tentu tak bisa egois dan hanya memikirkan diri sendiri. Masing-masing peserta harus tanggap dan saling peduli.


Jadi, mengikuti lomba pun dapat membantu anak tumbuh tinggi, tangguh, tanggap. Sama seperti manfaat susu bubuk kesukaan Si Bujang. Hehe....


tinggi, tangguh, tanggap
indomilk susu bubuk mengandung omega 3 yang bagus untuk otak



Menyiapkan Fisik yang Kuat Jauh-jauh Hari dengan Indomilk Susu Bubuk



Latihan pramuka untuk persiapan Pesta Siaga dilaksanan di sekolah selama hampir dua bulan, sejak Januari sampai Pebruari 2020. Setelah selesai jam pelajaran, para peserta yang terpilih dari kelas 3, 4, dan kelas 5, akan dikumpulkan dalam satu ruangan dan berlatih bersama guru dan Kakak Pembina. Praktis, waktu anak di sekolah menjadi lebih lama dan panjang. Energi menjadi semakin terkuras. 

Saya menyiapkan beberapa hal berikut untuk menunjang dan menyiapkan fisik si Bujang agar tetap kuat


1. Sarapan dan minum susu bubuk untuk anak


Sebelum berangkat sekolah, saya selalu mengharuskan anak-anak agar rutin sarapan. Sarapan sangat penting sebagai 'bekal' bagi tubuh dalam beraktifitas hingga siang. Tubuh yang saat tidur malam beristirahat dan tidak mendapat asupan makanan, membutuhkan sumber energi baru. Dengan sarapan, energi diperbarui, konsetrasi pun terjaga. 

Biasanya, si Bujang paling suka sarapan dengan nasi goreng, mi goreng, atau roti lapis. Segelas susu setiap pagi juga penting loh.

Oh ya, susu bubuk untuk anak, selain menambah energi juga banyak manfaat lainnya. Seperti Indomilk susu bubuk ini. Indomilk susu bubuk mengandung Opti Nutri, yaitu Omega 3 (asam linoleat), sumber protein serta kalsium yang tinggi. Si Bujang paling suka rasa coklat, meski Indomilk susu bubuk juga tersedia varian yang full cream (bebas gula) dan rasa plain (bebas gula). Indomilk susu bubuk instan cokelat ini memang enak, tidak terlalu manis dan gurih. 

Kadang saya ikut menghabiskan juga kalau si Bujang atau si Sulung tidak menghabiskan susunya karena kekenyangan, hihi.... Emak ikut minum susu? Boleh dong.

Manfaat susu bubuk yang diperoleh dengan sarapan Indomilk susu bubuk setiap pagi pastinya akan sangat menunjang tinggi pertumbuhan badan, makin tangguh hadapi tantangan, serta tanggap dalam menyerap pelajaran. Cara membuatnya sangat mudah, yaitu, 4 sendok makan Indomilk susu bubuk ditambahkan segelas air masak hangat, lalu diaduk. Anak-anak bisa membuat sendiri setiap pagi dan sore hari. Untuk aturan konsumsinya, Indomilk susu bubuk untuk usia berapa? Indomilk susu bubuk dapat dikonsumsi untuk anak usia 5 hingga 12 tahun ya.


Baca juga: Lebaran 2020 di Rumah Saja, Wellcome to The New Normal

2. Membawa bekal makan siang yang bergizi


Biasanya, kegiatan belajar mengajar sekolah negeri di kampung kami hanya berlangsung hingga tengah hari. Bahkan untuk kelas 3, jam 11 siang pun pembelajaran sudah selesai. Maka, saya tidak pernah membawakan bekal makan siang untuk si Bujang karena ia bisa makan siang di rumah. Nah, selama masa persiapan Pesta Siaga, saya membawakan bekal makan siang agar tidak perlu pulang ke rumah. Kebetulan, jarak sekolah dari rumah lumayan jauh dan ditempuh dengan jalan kaki.

Sebenarnya ada kantin yang menjual berbagai macam makanan. Namun, jika membawa bekal makan siang sendiri, hati ini merasa lebih tenang. Makanan yang dijual di kantin sebagian besar hanya makanan ringan. Tidak ada makanan berat yang bisa mengganjal perut mengganti energi yang sudah terkuras dari pagi sampai siang.

Karena membuat sendiri, inginnya sih, bekal makan siang bisa bervariasi menyesuaikan kesukaan si Bujang. Namun, apa daya, mak-emak selalu riweuh setiap pagi dan tak sempat membuat macam-macam makanan. Mentok-mentoknya, paling sering saya bawakan nasi putih dengan lauk ayam goreng, ikan goreng, atau telur dadar saja. Hihihi....

Oh ya, selain Indomilk susu bubuk ini tersedia dalam kemasan 400 gram, 800 gram, ada juga kemasan sachet satu kali penyajian 37 gram dan 27 gram. 

Nah, kemasan sachet ini praktis di bawa ke mana-mana, termasuk untuk bekal ke sekolah ya. Tinggal dituang, tambahkan dengan air hangat, aduk, lalu diminum. Praktis dan mudah.

Botol ukuran sekitar 160 ml - 185 ml ini pas untuk satu saset Indomilk susu bubuk. Setara sih dengan satu gelas porsi sekali minum buat si Bujang.


Indomilk susu bubuk
Kemasan saset 27gr (plain) dan 37gr (coklat)


Selain praktis, Indomilk susu bubuk kemasan saset ini mudah didapat di toko-toko sekitar rumah. Harganya pun sangat terjangkau, harga ecerannya cuma Rp 3.000,-. Karena sekarang lagi promo beli 5 gratis 1, jadi jatuhnya per saset hanya Rp 2.200,- saja. Sangat terjangkau kan?

Nutrisi dalam Indomilk susu bubuk kemasan saset  mengandung Optinutri yaitu Omega 3, sumber protein, dan juga tinggi kalsium, sama dengan Indomilk susu bubuk kemasan kotak.



3. Sayur dan buah segar bisa dicampur susu bubuk untuk anak?


Dua makanan ini biasanya anak agak pilih-pilih, sih. Terutama sayur. Si Bujang hanya menyukai sayur sop. Sedangkan jenis buah masih banyak disukai asal manis rasanya. Seperti semangka, pisang, apel, apel pir. 

Beberapa jenis sayuran yang banyak mengandung protein nabati dan kalsium tinggi kurang disukai si Bujang, seperti kacang-kacangan, tahu, dan tempe. Nah, Indomilk susu bubuk ini merupakan sumber protein dan kalsium yang tinggi. Jadi, kebutuhan nutrisi anak tetap bisa tercukupi untuk maksimalkan anak tumbuh tinggi, tangguh, tanggap. Bagaimana caranya? 

Nah, agar anak tetap memperoleh manfaat buah dan sayur, beberapa buah dengan rasa tidak manis bisa dibikin camilan enak. Bisa dibuat smoothies sayur yang ditambahkan susu bubuk untuk anak. Rasanya endes dan disukai anak-anak. Selain smoothies bisa juga dibuat puding buah dengan fla dari susu dan madu.

Selain protein dan kalsium, omega 3 atau disebut juga asam linoleat, juga terdapat dalam Indomilk susu bubuk. Omega 3 merupakan si pencetus perkembangan otak anak. 

Omega 3 sendiri merupakan salah satu jenis asam lemak baik. Hasil penelitian dari Oxford University menyebutkan manfaat omega 3 sangat banyak, antara lain: meningkatkan kecerdasan anak dalam menangkap pelajaran. Selain itu asam linoleat juga meningkatkan kemampuan membaca dan mencatat pelajaran, mencegah berbagai penyakit yang menghambat tumbuh kembang anak, meningkatkan kesehatan mental. Jadi sudah sangat tepat, jika minum Indomilk susu bubuk itu penting dan bermanfaat sekali agar anak tumbuh tinggi secara fisik, tangguh menghadapi tantangan, dan juga tanggap dalam menyerap pelajaran.

Indomilk susu bubuk ini dari Indofood yang sudah terpercaya dalam menjaga mutu produk. Indomilk susu bubuk untuk usia berapa? Susu bubuk ini bisa diminum untuk anak usia 5 sampai 12 tahun. 

Susu bubuk untuk anak ini tidak cocok untuk anak usia di bawah 1 tahun. Pastikan kemasan dalam kondisi baik saat membeli. Setelah dibuka, lipat kembali sachet dengan rapat, dan simpan di tempat yang sejuk dan kering. Jangan disimpan dalam lemari pendingin ya. Setelah dibuka kemasannya, sebaiknya Indomilk susu bubuk ini segera dikonsumsi maksimal 2 minggu. Jika sudah terjadi perubahan pada bau, warna, dan rasa, jangan diminum lagi ya.

Selamat membersamai dan memaksimalkan anak tumbuh tinggi, tangguh, dan tanggap bersama Indomilk susu bubuk. ***





Blog tentang kecantikan, make up, fesyen dan mode, dan budaya

12 komentar:

  1. Alhamdulillah si bujang sudah bisa naik engrang ya mbak. Cuma latihan dua hari sudah bisa, berarti otaknya pintar sekali ya. Mungkin ini karena banyak minum susu indomilk.😃

    BalasHapus
  2. Seneng banget pastinya ya Mbak Lasmi... melihat anak tumbuh kembang dengan baik, minum susu Indomilk membentuk mentalnya jadi tangguh ya, noted, tfs Mba, sehat selalu anak bujangnya yaa

    BalasHapus
  3. Indomilk susu favorit anak2 q dirumah bun, kalo sekolah juga pasti bawa bekal yang kotak kecil.

    BalasHapus
  4. Dengan nutrisi dari susu pertumbuhan Anak lebih optimal ya mom

    BalasHapus
  5. Wah sama, saya juga selalu mendorong anak untuk ikut lomba
    Jangankan anak, saya setua ini masih senang ikut lomba kok
    Lomba blog post :D
    Kalo menang berarti naik kelas
    Kalo kalah, saya udah belajar bikin tulisan yang lebih serius dan pantas untuk masuk meja juri

    BalasHapus
  6. Kalau susu bubuk itu baiknya hanya maksimal 2 minggu aja ya? Meski expired nya masih lama ya. Ilmu baru nih, soalnya daku juga kadang suka minum susu bubuk.

    BalasHapus
  7. Duh si bujang semangatnya bener-bener luar biasa. Ayo semangat yaa. Ga ada moment yg lebih indah selain bs mendampingi masa masa tumbuh kembang buah hati ya kak

    BalasHapus
  8. No wonder ya kalo susu disebut 5 sempurna melengkapi 4 sehat. Susu nyatanya banyak sekali manfaatnya.

    Salut untuk Indomilk yang sudah puluhan tahun hadir menghadirkan nutrisi tambahan bagi masyarakat

    BalasHapus
  9. Opti Nutri dari susu Indomilk sangat dibutuhkan oleh anak Indonesia agar tumbuh kembangnya optimal

    BalasHapus
  10. Wah benar ya mbak..
    Nutrisi yg baik bantu tumbuh kembang anak secara optimal

    BalasHapus
  11. Nutrinya mantap juga ya
    Cocok banget buat anak-anak,demi kebutuhan nutrinya terpenuhi

    BalasHapus
  12. ini susu kesukaan aku juga dari kecil mbak, bahkan sampe sekarang

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Ditunggu tanggapan dan komentarnya ya.